Rabu, 24 September 2014

Pulau Pahawang

Berbagai macam kendala membuat saya harus stop untuk travelling karena kuliah yang semakin padet. Tapi kalo kaki udah gatel ingin jalan, segala carapun bisa dikendalikan dengan mulus. Cari-cari trip ke Pulau Pahawang melalui Backpacker Indonesia di bulan september membuat saya semakin tergiur dengan godaannya.

Oke kali ini ada dua trip yang membuat saya ngiler di bulan yang sama tapi tanggal yang berbeda. Awalnya saya udah oke menetapkan perjalanan menuju Pulau Pahawang di akhir september. Tapi ternyata akhir september ada uts dan detik-detik saya datang bulan. Jadi saya cancel perjalanan di akhir september.

Walhasil ada yang menawarkan perjalanan menuju Pulau Pahawang pada tanggal 20 - 21 september di hari sabtu dan minggu. Team leader yang menawarkan jasa tersebut yaitu Reffly Maliangkay 0812 9730 8822 / 0838 7162 7770 dengan harga Rp. 420.000 karena kurang dari 10 orang. Kalau lebih dari 10 orang cuma kena Rp. 395.000 aja.

Oke pas bangeettt...saatnya saya mengiyakan tawaran dia di pertengahan bulan. Sebenarnya saya ikut trip ini gak boleh ada yang tau, karena takut diocehin ini itu.

Nah karena saya cuma cerita ke Rizki Fran yang selalu saya panggil "bebeb", dia bukan pacar loh ya. He is my best partner in crime at the beach, versi cowonya dan kalo versi cewenya si Jeniver Sarvenda. Jadilah saya jalan ke Lampung berdua saja. Dan kebetulan kita berdua sama-sama lagi jenuh sama ini itu. Hihiii...

Jum'at 19 September 2014
Waktu terus berputar dengan cepat, tidak terasa waktu telah menunjukkan pukul 16.30PM tepat didepan Polda kami janjian untuk menuju Semanggi. Karena rencana kami ke Merak menggunakan bis di pemberhentian Slipi Jaya.

Akhirnya kami pun jalan kaki dari Polda ke Semanggi, lumayan jauh bro!!! Tapi kita tetep semangat mencari bis arah slipi. Gak lama kami tunggu di depan halte, datang juga bis Mayasari Bakti Rp. 3.000. Hanya 30 menit saja sudah sampai di Slipi Jaya, seharusnya gak sampai 30 menit sih. Karena kita kelewatan turunnya gegara gak pernah naik bis ke Slipi. Jadi aja terpaksa harus jalan kaki (Again!!!) ke slipinya. Hahaha...bener-bener olahraga jalan kaki mulu.

Ngantor pake baju ini, ke merak pun pake baju ini. hahaaayyy..

17.00PM masih terlalu sore untuk langsung menuju ke Merak. jadi kami pun mencari makanan untuk mengganjal perut. Saat saya makan siomay Rp. 9.000, bapak penjualnya bertanya tujuan kami kemana.

" Neng mau kemana? | Mau ke Merak nih Pak | Saya kasih tau aja ni neng, Kalo ke Merak naik jurusan Bandung - Merak aja yah | Emang kenapa pak? kan sama aja ke Merak | Kasian sama neng aja kalo naik jurusan Kp. Rambutan - Merak, karena pasti penuh banget. Tar neng berdiri dong kesananya | Oohhh gitu ya pak...oke pak tar aku cari yang Bandung - Merak deh. Makasi banyak ya pak ".

Untungnya bapak penjual baik ngasih info yang benar. Mau tau kenapa Bandung - Merak kosong. Karena penumpang kan turunnya di Bandung, Jadi aja pas ke Jakarta bis nya kosong melompong.

Tepat pukul 17.59PM Kami naik Bis Arimbi Rp. 25.000. Wohoooo kosong aja gitu bis nya...Kami pun bebas mau duduk dimana saja. Karena saya paling suka duduk di deket kaca, jadi saya pilih duduk dipojok. Cowok harus ngalah yoooo :p

Perjalanan pun dimulai, baru beberapa menit bis berjalan, kami pun sudah di alam masing-masing, dengan kesibukan sendiri mendengarkan ipod dan mata pun sudah tidak tau mau melek atau merem tapi at the end merem juga.

Bangun-bangun sudah sampai di Cilegon saja, Hahahhaa kebluk juga ya saya. Selalu terlelap kaya orang mati, Makanya ini alasannya kenapa Jeniver "teman dekat saya" selalu khawatir kalo saya ikut trip sendirian. Karena selalu cepat terlelap dimana aja. Hiihiii...

21.15PM kami sangat-sangat kecepetan sampai di Merak. Padahal meeting point nya aja jam 11 malam. Yaudahlah yaaaa...lebih baik kecepetan dari pada telat. ya ndaaakkkk...

Jadi kami pun killing time dengan mencari makanan, perut sudah lapar karena minta diisi dan cari makanan di Merak pun susah banget. Saya sudah 2kali makan di Pelabuhan Merak, dan selalu gak enak makanannya. Akhirnya bebeb iki pilih warteg, kali aja enak. Lagi-lagi berharap sesuatu yang gak pasti #halah...

Baru juga sampai, udah ada kapal yang melintas

Kosong bangetkaannn..karena kapal berangkat pukul 00.00

Killing time nya foto-foto juga

Bener aja kaaaannnn...Makanannya tetep GAK ENAK!!! Ikan bawal yang saya pilih keraaaasss banget, gak bisa dimakan trus lagi telornya juga gak enak asiiinnnn.Aaahhh udahlah gak beres makanannya.

Saya kasih saran aja deh, kalau emang dari awal keberangkatan belum terasa lapar. Udah deh mendingan beli aja trus bungkus dan tar makan kalo udah sampe Merak.

Karena makanan disana mahal dan gak enak. Saya aja cuma makan ikan sama telor abis Rp. 20.000. Kalau enak siihh gak masalah sama harganya tapi kan kalo gak enak ya nyesek juga. Perut pun masih lapar. Huhuhu..

23.00PM Kita semua berkumpul juga di depan indomaret Pelabuhan Merak. Total peserta kami hanya ber 7 saja. Ada beberapa yang ganti hari jadi akhir bulan makanya jadi kurang dari 10 orang. Padahal awalnya ada 15 orang.

Kita semua udah kumpul, proses perkenalan pun sudah dimulai. Agak masih kikuk-kikuk gituuu deh. malu-malu mesyeeeemmm hahaaayyy...

Inilah kapal penyebrangan yang kami gunakan

00.10AM kami semua sudah masuk dermaga dan menunggu kapal parkir a.k.a bersandar. Lumayan lama loh nunggunya, karena kan gak mudah yaaa parkir kapal. Bedalah sama parkir motor ato mobil. Naaahhh...masuk juga kita ke dalam kapal dan memilih ruang VIP a.k.a Lesehan agar kami bisa tidur dan istirahat Rp. 15.000

Lesehan di Kapal
Baru nyadar..kanan kiri gw laki semua -__-"
Ini sih edisi akting tidur-tiduran. Pantes gw gak cocok jd artis

Sebelum tertidur pulas, tetep foto-foto sama si bebeb, kalo ini menandakan kita lesehan loh di ruangan yang ber-AC.

Sebenernya kalo saya gak terlalu cape, gak pernah minum antimo. Tapi karena si bebeb iki minum antimo dan saya pun juga merasa sangat cape sekali. Akhirnya saya ikut-ikutan minum antimo. Bukannya apa-apa sih, saya tuh typical orang yang gak suka minum obat atau tablet ato pil apapun kalo bukan karena terpaksa. Apalagi antimo....haduuuhhh anti banget. Karena pasti bawaannnya mau tidur mulu.

Sabtu, 20 September 2014
03.15AM sampai juga di Bakauheni, tapi tetap saja harus menunggu setengah jam untuk bersandar, makanya lumayan bisa lanjutin tidur bentaran. Setelah pagi sekali kita sampai Bakauheni, Mobil APV jemputan kita sudah tiba sedari tadi.

Wuiiiiiihhh wuiiihhh mewaaahhhh...baru kali ini jemputannya mobil APV. Biasanya nih yah, kalo travelling ke lampung macam ke Gunung Krakatau dan Teluk Kiluan jemputannya angkot kuning dan mobil elf. Tapi tidak untuk Pulau Pahawang. APV aja duluuuu transportasinya. Oke saya puas dengan anda sodara Reffly #Loh hahhaa...

04.00AM Perjalanan dimulai menuju Dermaga ketapang dan disini saya tidak bisa banyak cerita selama diperjalanan karena saya benar-benar tepar. Mata sama sekali tidak melek dan meleknya pun setelah sampai di Dermaga Ketapang tepat pukul 06.20AM.

Nah disini ada yang miris sekali, saya melihat sebuah mobil pick up yang diubah menjadi angkutan umum dan isinya semua anak sekolah ber baju pramuka.

Mirisnya adalah mereka untuk berangkat sekolah bela-belain nangkel dimobil agar tidak telat berangkat sekolah dan muatannya pun melebihi kapasitas normal. Harus lebih banyak bersyukur kalau liat kondisi seperti itu. Perjuangan mereka untuk sekolah sangat tinggi #salut

Liat kan penuh dengan anak sekolah

06.20AM kami tidak langsung naik kapal karena harus sarapan dulu dan ganti pakaian. Jadi sehabis sarapan langsung lanjut snorkeling, keren gak tuh hajaaarrrr abiiissss biar makin cape. Tetep kita sih seneng banget kalo udah berurusan dengan air laut.

Menu makanan di pagi hari yaitu telor dan gorengan udang Rp. 13.000. Mata masih sepet harus tetep paksain sarapan biar gak masuk angin. Kalo perlu sebelum masuk angin harus minum tolak angin ato antangin ato sejenis nya lah. Lebih baik mencegah kan dari pada tar masuk angin beneran.

Dermaga Ketapang di pagi hari

Anggap aja masih bisa dibilang sunrise yah :p
Hihiiiiyyy..gak tau lagi liatin siapa
Kapal ini saya foto karena lucu aja
Let's get lost baby
08.00AM mari kita hopping island, spot pertama yaitu snorkeling di Pulau Tegal. Saya gak banyak cerita di tempat ini karena saya gak kuat dingin sedangkan pagi itu airnya dingin plus angin sepoi-sepoi makin lah bulu kuduk berdiri. Oke saya mendingan naik lagi ke kapal dan nunggu diatas kapal sambil liat teman lainnya bermain air dengan ceria :(

Dibawah ini pemandangan selama perjalanan menuju spot pertama yaitu Pulau Tegal

Liat-liat dulu siapa aja yang mau turun
Nah ini masih harus selfie sebelum turun kapal

Kenapa saya males turun dari kapal karena airnya masih dingin dan angin lumayan juga, jadi buat saya makin kedinginan. Maklum saya itu kan gak kuat dingin yaaa, ditambah lagi suka alergi dingin gitu. Makanya pemanasan dulu deh diatas kapal, kalau emang dirasa udah cukup kuat, baru deh nyemplung.

Siiiipppp nyemplung juga akhirnya, tapi baru juga renang 10menitan, udah naik lagi ke kapal karena menggigil. hahahhaa....gak asik ni badan #sigh

Mariiii lanjut spot kedua yaitu Pulau Gosongan timbul, nah spot kali ini sama seperti sebelumnya. karangnya gelap, jadi agak parno juga nyeburnya terus lagi nih karangnya tajem-tajem banget dan cetek. Makanya saya cuma di kapal aja liatin teman-teman snorkeling

Sebelum Snorkeling, selfie dulu sama bintang pundak :p

Kerang ini namanya KIMA RAKSASA atau bahasa latinnya ( Tridacna Gigas )
Bosen nunggu yang lain naik, tetep harus killing time :p

Dan ala-ala sunbathing pun dimulaaaaiiiii!!!

PULAU MAITEM

Lanjuuuutttt ke spot yang ketiga yaitu Pulau Maitem, nah disini baru saya mulai nyemplung karena matahari udah mulai unyu-unyu nongolnyaaaa. Jadi udah gak begitu sedingin kaya tadi pagi. Mariii kita nyempluuuunggg...setelah saya liat pemandangan bawah lautnya, masih tetep karangnya gelap gitu, gak ada yang berwarna. Makanya saya cuma renang aja selama di maitem.

Gaya andalan kalo di air
Bisa juga seimbang duduk di bambu, segitu goyang karena ombak
Dian dan Reffly

Editannya sadiss..Thank you Reffly
Say Cheeerrrsss..
Selesai juga renangnya, tapi teman yang lain masih melanjutkan snorkelingnya. Gak lama kemudian dibawain bintang laut sama bebeb iki dan Nemo sama guide Pahawangnya. Aaaaaahhhhh cantik!!! Lumayaaaannnn buat di foto :)

Haiiiii Nemoooo
Nemo Jantan lebih gelap dan besar
Kenalkan kami adalah bintang Lampungwood

11.00AM kami sudah lapaaarr..saatnya makan siang di kapal. Tapi sebelum menyantap makan siang, kami harus bersandar dulu di sebuah pulau. Karena Pulau tempat kita snorkeling yaitu Pulau Maitem. Jadi kami pun bersandar di Pulau Maitem.

Di pulau ini tidak ada rumah tapi ada 3 anjing yang tidak terurus. Kasian anjing-anjing itu, seperti kena penyakit kulit. Bulunya juga abis dan yang terlihat hanya kulitnya si anjing. Yah istilahnya kaya borokan gitu anjingnya. Nah si anjing ini selalu menggonggong kalo ada orang yang lewat dilahan mereka. Yaiyalah udah pastinya...namanya juga anjing. hihihii...

Setelah kapal bersandar, kami bukannya makan siang tapi malah lari ke arah pantai karena kegirangan liat pantai yang indah.

Pasirnya memang putih tapi masih banyak batu karang kecil-kecil berwarna hitam. Dan di pulau ini bisa menyebrang dengan jalan kaki karena pasirnya yang timbul di pertengahan laut menuju pulau yang satunya lagi.

Saya juga kurang tau juga, apakah di pulau yang satunya banyak penduduk atau tidak. Karena yang lalu lalang menuju pulau yang satunya yaitu ibu-ibu bawa termos nasi. Macam abis botram aja mereka sekeluarga. Pantainya kereeennnn...cuma pasirnya masih bikin sakit di kaki

Pulau Maitem
Pemandangan di sebelah kiri saya

Air laut nya bening
Pemandangan di sebelah kanan

Puas foto-foto, puas keliling pulau dan puas lari-larian di Pulau, Sekarang saatnya makan siang. Matahari semakin terik dan kulit pun sudah mulai semakin gelap. Makanan sudah siap sedari tadi dan akhirnya kami pun makan juga.

Menu Makan Siang

12.00PM Setelah makan siang, kami melanjutkan perjalanan meuju Pulau Kelagian. Nah ini Pulau selalu ada di tiap blog orang. Katanya sih Pulaunya TNI Angkatan Laut, Pulau kelagian ini pasirnya seperti sagu. Lembuuuutttt sekali dan disana ada beberapa penginapan. Tapi kami tidak menginap di pulau ini.

Pulau Kelagian TNI AL Lampung

Dermaga Pulau Kelagian dari kejauhan
Viewnya langsung liat gunung

Bagian ujung Pulau Kelagian

Pulau Kelagian
Dare to stand alone
Pohon pun bisa dijadikan sandaran :p

Cewe nya cuma bertiga aja (Beti, Muntia dan Dian)

Tidur-tiduran sudah, keliling pulau sudah, bercanda juga sudah, dari pada diem akhirnya kami melanjutkan snorkeling kembali. Wow....dalam sehari snorkeling di 4 pulau sekaligus. Gak ada kata capenya kalo finding nemo.

14.20PM Kami melanjutkan perjalanan menuju Pahawang Besar, disanalah penginapan kami selama semalam dan sebelum menuju ke Pahawang besar, kita snorkeling disana dulu sambil menikmati air di sore hari. Tapi di Pahawang tidak ada sunset :(

Pemandangan selama di perjalanan

Spot untuk snorkeling
Sebelum gaya loncat indah :p
Horaayyyy berhasiiilll
Nah ini cowo-cowo yang gak takut tenggelam, makanya pake pelampung

Yuhuuuu...suka banget duduk disini

Pengennya loncat di tebing, tapi karena gak ada tebing ya perahu pun jadi lah#songong

16.00PM waktu pun semakin sore, mari kita menuju penginapan untuk bersih-bersih dan makan malam. Di spot sekarang ini kami tidak menemukan apapun tapi memang banyak sekali ikan-ikan lucunya yang berwarna-warni.

Sesampainya di penginapan kita gak langsung makan melainkan membereskan semua barang bawaan kami. Ternyata kita sewa 1 rumah dengan 2 kamar. Rumahnya bersih dan toiletnya pun bersih. Jadi toiletnya ada 3 terdiri dari di dalam rumah 1 toilet dan di luar rumah ada 2 toilet.

Tapi saya lebih memilih mandi ditoilet luar. Oiyaaa untuk toiletnya lupa fotonya, yang penting toiletnya bersih. Setelah selesai bersih-bersih, saya baru inget kalo sendal saya ketinggalan di Pulau Kelagian. Yaahhh ampuuunnn ada aja yang ketinggalan, ikhlasin aja deh sendal jepit yang sudah 2 tahun saya ajak jalan kesana kemari. Untung masih ada sepatu :(

18.30PM Saatnya makan malam dan barbequean. Untuk menu makanan kami selama di Pulau ya memang selalu ikan. Karena kan namanya juga dilaut, sudah pasti ikan itu jadi favouritenya menu makan siang, malam dan pagi. Hihiiiii....

Makan malam dan barbeque sudah selesai, saatnya tertidur pulas. Sebenarnya ada 2 kamar tapi kita cewe-cewe tidurnya diluar. Kasur yang ada di dalam kamar kami pindahkan ke ruang tengah biar bisa rame-rame. Tadinya saya masih mau ngobrol dulu sambil tidur-tiduran dikasur. Tapi entah kenapa udah gak ada energi sama sekali dan tertidur pulas

Minggu, 21 September 2014

06.30AM Terbangun dari tidur berharap masih pagi sekali, ternyata saya dan Muntia adalah  orang terakhir yang masih dikasur. hahahha...yang lainnya udah hunting sunrise aja di Dermaga Pahawang Besar. Karena sarapannya belum siap, saya pun masih leyeh-leyeh dikasur.

Gak lama kemudian disuruh bangun karena sarapan sudah siap. Karena seabis sarapan langsung melanjutkan perjalanan, maka saya pun sudah ganti baju tanpa mandi. Cuma gosok gigi, cuci muka dan pake sunblock. Hihihiii...namanya juga mau snorkeling lagi ke 2 pulau. Jadi gak perlu mandi segala :p

Sunrise Pulau Pahawang Besar

Dermaga Pulau Pahawang Besar

Pagi-pagi udah mejeng di dermaga

View dari depan penginapan
Menu Sarapan kami

Pemandangan bagian kiri tepat dari tempat kami sarapan
Pemandangan bagian depan tepat dari tempat kami sarapan
Kapal Lestari yang menemani kami untuk hopping island
Disuruh gaya ala model, malah begini jadinya -__-"

Abaikan mickey mouse dibelakang saya. Thanks!!!

07.42AM Setelah semuanya siap dan selesai sarapan. Kami mulai melakukan perjalanan menuju Pulau Kelagian Kecil dan snorkeling lagiiiiiii. Wohoooo...puas banget deh snorkeling mulu. Nah disini saatnya kita cari lagi nemo yang lucu-lucu. Let's goooooo traveller...

Pemandangan di Perjalanan
Pulau Kelagian kecil
Walopun gerimis tetep harus naik bambu :p
Udah lah gak usah ditanya, emang selalu ada pose kaya gini #sigh

Abaikan yang pake monokini polkadot, perhatikan view belakangnya aja

Karena saya kecanduan My trip My adventure, jadi aja liat tebing di Kelagian kecil buat saya ingin kesana. Tadinya mau loncat tapi kan gak dalem yaaa dan banyak batu karangnya juga. Jadi ya cuma foto-foto aja di tebing itu. Dan saya lah orang pertama yang terkesima liat pelangi. Cantiiiiikkkkk banget.

Padahal gerimisnya cuma bentaran aja dan lucunya, walopun gerimis masih tetep ada loh matahari yang terik di pagi hari. Mungkin air hujan kiriman kali yah. Karang disini tajem-tajem banget, hampir semuanya luka karena kebeset karang. Tapi tetep aja fun, karena kan lukanya kalo kena air laut pasti cepet keringnya. Apalagi Farhan, kaki abis sama luka doang. Darah ngucur aja didiemin dan malah asik foto-foto. Hahahaa...

Liat karangnyaaa yang tajem
Pelangi tepat di belakang kami. Aaaaakkkk...I feel Excited

Maksud bebeb iki mau foto sendiri, tapi gw kok kena juga -_-
Mau incer pelangi lagi tapi udah hampir pudar pelanginya #sigh

Masih ada mataharinya kaaannn tapi gerimis
Yes berhasil bisa nyengir didalam laut
Nemo betina nya lucuuuuu
Kalo yang besar Nemo Jantan dan yang kecil Nemo Betina

Nemo Jantan warnanya agak gelap

09.00AM Sehabis snorkeling masih ada  pantai yang harus kami kunjungi yaitu  Pahawang Kecil. Nah disini ada villanya milik bule perancis tapi sayangnya kami tidak boleh kesana. Dan pembatasnya adalah kayu besar. Boleh masuk kedalam kalau sewa penginapan disana. Saya baru tau kalo vilanya bule perancis itu bisa disewakan. Menurut info yang saya dapat sih tidak untuk disewakan. Tapi entahlah yaaaa...yang penting saya suka dipantai ini.

PAHAWANG KECIL

Pemandangan selama di perjalanan menuju Pahawang Kecil
Panorama Pahawang Kecil
Gradasi 3 warna air laut yang cantik!!!
Abaikan tulisan love nya ya, itu bekas bebeb iki buat foto2
Dari Pasir Timbul menuju Pahawang Kecil
Kapal pengunjung berjajar dengan rapi dan siap mengantarkan kami kemana saja

Pose ala model gak kesampean *tolong jangan diabaikan, Thanks!!!*

Cantiknya bukan main pemandangan yang dibelakang saya

Ceritanya mau ke kahyangan, tapi gak sampe-sampe :(

Ada tumbuhan bakau nya juga

10.00AM Lanjut lagi snorkeling di Pahawang Kecil, lucunya disini kita semua kaget liat anak kecil dengan semangatnya mendayung perahu kecil dari Pahawang besar menuju Pahawang Kecil. Kereeeeennnn.
\
segitu ombaknya lagi lucu-lucunya, mereka tetep berani mengarungi ombak yang tidak berarti apa-apa bagi mereka. Hahahaa....

Mungkin mereka masih kecil, jadi belum mikirin tar akan terjadi apa saat mereka mendayung perahu. Polos, berani dan mereka tau apa yang membuat mereka senang dengan mengarungi lautan. Naik kapal aja bisa butuh waktu sekitar 15menitan loh. Berarti kalo mendayung, nah kalian pikir sendiri aja deh berapa lama waktu yang mereka capai hingga sampai di Pahawang Kecil.

Ini dia nih bocahnya

Snorkeling di Pahawang Kecil

10.45AM balik ke penginapan karena kita harus sudah sampai di bakauheni tepat waktu. Packing semua barang bawaan jangan sampai ada yang tertinggal. Setelah beberes dan sudah selesai nge-pack, waktunya makan siang.

Ternyata ada barang saya yang ketinggalan, untungnya muntia ngasih tau *barang yang tertinggal dirahasiakan*. Menu makan siang sama seperti sebelumnya yaitu ikan tapi bedanya cuma di sayurannya saja.

Menu makan siang

Ritual biasanya sebelum meninggalkan Pulau Pahawang Besar ya harus meninggalkan jejak dengan cara mengabadikan moment bersama teman baru.

13.00PM Saatnya kami menuju Dermaga Ketapang. Byeeee.....Pahawang Besar, kalau kita berjodoh pasti akan ketemu kembali kok. Tapi kali ini kami harus menyelesaikan perjalanan kami selama 2hari 1 malam. Senang bisa bertemu dengan Twin's Pahawang yang ngocol, Nemo yang lucu dan Pantai yang cantik-cantik.

Pemandangan selama di perjalanan menuju Dermaga Ketapang

Maaf saya emang narsis, tapi jangan gumoh ya liatnya

13.46PM Tiba di Dermaga Ketapang dengan ombak yang kencang karena tertiup angin. Turun di bebatuan dan membuat kaki kiri saya keceblos dengan kedalam sampai sepaha.

Untungnya pas keceblos dibebatuan banyak karung semen, jadi kaki gak ada luka cuma kotor aja sama debu semen. Udah kaya masuk jebakan batman aja. Untungnya pas jatoh gak ada yang liat. Hahaha...-__-"

Kan kan kan narsis lagi. Maaf yaaaa :p

Berpamitan dengan Twin's nya Pahawang, kami siap melanjutkan perjalanan selama 3jam menuju Pelabuhan Bakauheni. Waktu pulang memang lebih lama karena macet total akibat adanya perbaikan jalan dimana-mana.

Belum lagi kami mampir dulu untuk sekedar beli oleh-oleh. Buka tutup jalan sudah diberlakukan karena jalanan memang sudah banyak yang berlubang.

Untungnya pas kita pulang sedang dibuka jalannya dan supir yang membawa kita menuju Bakauheni canggih banget. Nyelip truk-truk besar dengan lihainya tanpa ada rasa khawatir sama sekali. Karena kami kelelahan jadi banyak yang sudah tewaaaassss terlebih dahulu

Muntia dan Beti

17.10PM Yaaappppp sampai juga di Pelabuhan Bakauheni. Pertama kalinya saya sampai pelabuhan ini di sore hari.

Biasanya selalu sampai di malam hari, tidak disangka kita tiba terlalu cepat. Mungkin karena supirnya juga kali ya yang rada edan bawa mobilnya.

Makanya cepat sampai di Bakauheni. Tapi karena kita naik kapal pada pukul 17.30PM akhirnya kita lari-larian agar tidak tertinggal kapal. Lumayan ngos-ngosan loh larinya. Padahal jarak tempuh kita lari gak begitu jauh. Maklum jarang olahraga jadi ya berasa banget ngos-ngosannya.

Halte bus di Bakauheni
Didalam kapal semuanya naik kelas bisnis Rp. 5.000 tapi saya tidak ikut masuk ke ruangan itu. Karena buat apa ambil kelas yang lesehan, sedangkan masih sore bukan jam saya tidur.

Akhirnya saya hanya menitipkan tas sama bebeb iki dan saya pun diluar mejeng dicafenya kapal ferry.

Menikmati pemandangan pulau dari kejauhan sembari makan pop mie dan angin terus berhembus dengan lembutnya. Gak lama kemudian ternyata bebeb iki, muntia dan ojan keluar juga dari sarangnya. hahahhaa...males kaaannn kalo diem aja diruangan. Mana ruangannya remang-remang gitu lagi.

Eh ada Ojan di belakang kita
Seduh Pop Mie Rp. 2.000 / Beli Pop Mie Rp. 10.000
Mari makaaannn

Gak lama bebeb iki maen di cafe nya kapal ferry, perut dia udah ngerasa gak enak. Katanya sih masuk angin. Aaahhh payah niiii...badan keren tapi udah masuk angin aja. Hihihii... :p

Tapi masih ada muntia yang ikut nimbrung di cafe itu. Jadi selama di perjalanan saya habiskan waktu dengan mengobrol bareng muntia. Tak terasa sudah ada pengumuman kalau sebentar lagi akan sampai di Pelabuhan Merak. Jadi kami pun siap-siap bereskan barang bawaan.

20.20PM Setibanya di Pelabuhan Merak yang dicari adalah makanan. Saya dan bebe iki masih belum lapar karena tadi di kapal abis makan pop mie.

Makanya kita berdua cuma nemenin yang lainnya makan nasi goreng. Sehabis makan kami pun naik bis primajasa Merak - Kp Rambutan Rp. 25.000. Awal mula perjalanan mulus saja, saya pun tertidur lelap seperti biasanya. Tiba-tiba handphone saya terus berdering dan agak kaget

"Beb aku ketinggalan bis sama reffly | Hah...ketinggalan *masih gak mudeng gegara baru bangun tidur* | Aku udah di bis primajasa juga tapi dibelakang kamu | Apaaaaa...kamu ketinggalan bis? kok bisaaaaa *baru nyadar dan baru engeh* | Iya tadi aku turun di pom bensin buat ke toilet, eh malah udah ditinggalin. Padahal udah bilang sama keneknya | Yaudah aku bilang supirnya deh"

Sebelum tanya supirnya saya mencoba untuk hubungi Reffly dan semua nomor telponnya susah sekali dihubungi. Whatsapp dan bbm pun gak masuk, jadi saya coba sms ke nomor simpatinya. Akhirnya dibales juga sama Reffly. Tapi dia masih di pom bensin dan belum dapet bis primajasa juga.

Akhirnya saya hold pembicaraan dengan reffly dan menanyakan supir bis, dimana pemberhentian selanjutnya. Setelah saya tanya supir dan menjelaskan kronologisnya, eeehhh si kenek malah nyolotin. Udah ngajakin ribut aja, dikira takut kali. Tapi emang takut sih hahhaha...

Supir pun memberitahu kalau bis sekarang yang saya tumpangi akan berhenti di karang tengah. Gak lama kemudian bebeb iki dateng dengan muka yang sumringah. Kita semua pun tertawa lega karena ketemu juga dengan si bebeb iki. Tapi tinggal nasibnya reffly nih yang masih belum jelas.

Akhirnya kita putuskan untuk tunggu reffly di kp rambutan saja. tapi sampai pukul 23.45PM reffly masih juga belum dapet bis. Akhirnya reffly mengusulkan untuk titip carrier nya di salah satu dari kita agar dia bisa ambil carriernya. Karena Muntia tinggal di Salemba jadi Muntia yang bawa carriernya reffly.

00.20PM sesampainya di Kp rambutan saya dan bebeb iki baru berasa lapar, selagi kita nunggu yang lainnya ke toilet. Kita makan malam dulu biar gak kelaperan di jalan. Gak lama kemudian kami pun berpisah.

Saya naik taksi ke Ciledug, Bebeb iki naik ojeg ke kemang dan yang lainnya naik taksi ke salemba. Pengalaman yang tidak akan terlupakan dan ada beberapa pelajaran selama kita menaiki bis apapun itu.

Pertama, setiap mau ke toilet ato pun ke mini market harus selalu bawa kantong ajaib a.k.a tas kecil yang berisikan identitas diri, uang dan handphone.

Kedua, Selalu bilang sama temen sebelah kalau mau ke toilet. Agar ada yang memberitahu jika bis akan jalan. Kalo emang teman kamu sedang tertidur, bangunin aja sebentar. Pasti mereka ngerti kok.

Ketiga, Gak mungkin kan kita catat no polisi bis nya. Jadi handphone jangan pernah di flight mode selama di perjalanan agar tidak susah dihubungi. Sekian infonya dan terima kasih atas waktu yang sangat berkesan ini teman-teman.

Budget Pengeluaran

• 03.15     Tiba di Pelabuhan Bakauheni
  • 04.00     Perjalanan menuju Dermaga Ketapang
  • 06.20     Tiba di Dermaga Ketapang, Sarapan dan ganti baju
  • 08.00     Perjalanan dimulai snorkeling Pulau Tegal, Pulau Gosongan Timbul dan Pulau                           Maitem