Kamis, 04 Juni 2015

Curug Cikaracak



Tertarik dengan postingan Backpacker Jakarta di salah satu socmed, Saya ingin mencoba untuk bergabung dengan mereka tepat di H-2.

Share cost dengan biaya Rp. 50.000 sudah termasuk biaya transport dan tiket masuk. Kunjungan kali ini menuju  Curug Cikaracak terletak di Pangrango National Park, Dusun Cibeling, Kampung Cinagara, Kec Caringin.

Sebelum perjalanan dimulai, Saya sudah cari tau dari berbagai blog orang, Kalau trekking menuju Curug tersebut sangatlah sulit medannya.

Justru itu yang saya incar, Yaaahhh itung-itung latihan naik Gunung Gede lah ya. Kali aja kan saya kuat gitu. Meeting point di Stasiun Bogor tepat pukul 08.00 AM, Peserta yang ikut ke Curug sekitar 44orang. Wowww banyak sekali yang ikut one day trip Curug Cikaracak.

Minggu, 31 May 2015

Pukul 04.30 AM Saya sudah terbangun dari tidur dan prepare perlengkapan untuk saya bawa seharian itu. Dari Baju ganti, Cemilan, Minuman, Underwater case sampe kamera gak akan saya lupakan setiap trip kemana aja.

Pake masker takut tidurnya gak kekontrol. Haha..

Pukul 05.35 AM Perjalanan dimulai dari Stasiun Jurang Mangu. Baru juga 10 menit sampe stasiun, Eeehh kereta Tanah Abang udah dateng. Dari Jurang Mangu ke Tanah Abang hanya memakan waktu 15 menit saja. Lalu melanjutkan perjalanan kembali dengan berpindah ke Peron 3 untuk menuju Stasiun Bogor.
Kereta jurusan Bogor datang juga

Pukul 07.14 AM Sampai juga di Stasiun Bogor, kepagian dari waktu yang telah ditentukan. Meeting Point nya memang di Stasiun Bogor tapi semuanya nunggu di Dunkin Donuts. Karena gak ada tempat duduknya jadi ngampar deh nunggu di Stasiun.

Sampe juga di Stasiun Bogor

Gak lama kemudian, satu persatu datang dan kami berkumpul di Stasiun Bogor. Setelah semuanya kumpul, kami harus melanjutkan perjalanan menuju Kec Caringin, Desa Cinagara dengan  menyewa angkutan sebanyak 4 mobil.

Sebelum keberangkatan, berdoa dulu biar lancar di perjalanan

Pukul 09.30 AM kami telah meninggalkan Stasiun Bogor dan harus membagi setiap satu angkutan berisi 11 orang. Tapi mobil kami hanya berisikan 10 orang saja. Yaaahhh Lumayanlah yaaa gak terlalu berdempetan karena sempit. Lagian kan tas yang kami bawa pun juga bisa membuat sempit dalam angkutan. Perjalanan pun dimulai dengan arahan dari mobil yang pertama jalan.

Cuma kita bertiga aja yang sadar kamera

Setelah 2 jam putar sana sini, Ternyata kami nyasar!!!! Well kapan sampenya kita kalo nyasar gini. Kata supirnya tau tempat nya dimana, Ternyata gak ada yang tau. Dari tanya orang sana sini masih aja nyasar.

Berkali-kali kami berhenti agar tepat sampe tujuan, masih juga nyasar. Padahal udah dikasih tau di Kec Caringin, Desa Cinagara Cibeling, Tetap saja kita gak sampe juga, Untungnya sih pemandangannya enak diliat jadi gak ada yang bete walopun nyasar juga.

Beginilah pemandangan selama di jalan
Tapi bukan ini tujuan kami, masih jauh bro

Pukul 11.30 AM Akhirnyaaaaaa sampai juga di parkiranya Curug Cikaracak. Tapi kami masih harus trekking selama 1 setengah jam. Gak masalaaaahhhh kalo cuma trekking aja. Wong udah biasa kok jalan berjam-jam, Jadi bisalaaaahhhh kalo cuma jalan kaki segitu doang.

Awalnya sih saya mikir gitu, Tapi kenyataannya trekking kesana gak sembarangan loh. Bener-bener penuh perjuangan. 

Dari Zona Kering, Zona Basah, Zona lumpur sampai Zona Air kita lalui bersama. Ini sih sama aja kaya mau mendaki gunung gede dong. Mana saya pake sendal jepit yang licin. Walhasil saya nyeker juga a.k.a tanpa alas kaki. Sakit? Udah pasti, Linu? Jangan ditanya, Kesel sendiri? iya kesel banget. 

Pokonya kalau dibilang nyesel, iya saya nyesel ikutan jalan ke Curug Cikaracak. Hahahahaha....

Abisnya medannya separah itu sih. Biasanya kan kalo ke curug tuh gak gitu-gitu banget medannya. 

Lebih baik saya manjatin bebatuan deh dari pada harus menyusuri hutan yang ilalangnya masih setinggi badan, Belum lagi bebatuan yang tinggi dan mengharuskan saya manjat berkali-kali ke bebatuan tersebut. 

Tapi mau diapain lagikaaannnn...Wong sya sudah ada disana, Jadi ya telan bulat-bulat deh.

Baru sampai di Parkiran
Kak Nina, Dian dan Rahmah menyusuri area persawahan
Untung sawahnya masih cantik, Semuanya hijau dan ada yang menguning
Hayoookkk semuanya...Siap banget kan berpetualang
Jalan setapak pun kami lewati bersama
Ada sawah dan ada gunung terus sampingnya aliran sungai yang mengalir
Say Cheeerrrssss
Padi yang mulai menguning
Pemandangan yang tidak akan membuatmu menyesal

Aliran sungai yang membuat saya pengen buru-buru nyemplung
Masih terus menyusuri jalan setapak


Air dengan ketinggian sebetis

Menyusuri sungai yang pertama

Perjalanan bebatuan dengan kaki tanpa alas sedikitpun
Yaaaasss bisa foto juga disini setelah antri dulu

Pukul 13.10 PM sampe juga di Curug Cikaracak...Cuma sayangnya saya kurang suka dengan Curugnya karena gak bisa buat renang cantik, belom lagi gak enjoy sampe sana. 

Aliran sungainya terlalu deras, bukan air yang tenang. Untuk menuju tepat bawahnya Curug Cikaracak masih harus rock climbing tanpa safety gear. Gak deh...Gak berminat saya untuk naik keatas, Agar bisa lebih dekat dengan Curug Cikaracak. Sedih deh liat kondisi disana, banyak ranting dan pepohonan yang rubuh jadi terlihat seperti sampah. 

Saya tuh dari dulu suka dengan curug yang kondisi airnya tenang dan bisa untuk renang plus loncat dari ketinggian. Kalo di Curug Cikaracak sama sekali gak bisa semuanya. Jadi disana cuma numpang foto bentaran plus makan siang. 

Nah lucunya nih, pas makan siang saya gak bawa bekal sama sekali. isi tas cuma cemilan aja, Tadi kan mikirnya bisa beli makan siang dulu yah di jalan. Ternyata gak bisa sama sekali, tau gitu kan beli makan dulu di Stasiun Bogor. 

Untungnya Rahma berbaik hati mau sharing makan siangnya dengan saya. Hiks....Makasiiii banyak yaaa neng Rahma. Baiiiikkkk banget siiihhh mau sharing makan siangnya sama saya. Mungkin karena muka saya memelas kali yaaa, Jadinya Rahma kasian liatnya. Hahahhahaa..

Curug Cikaracak

Kondisinya sedang banyak pengunjung
Lihat Ranting pohon yang bertebaran dimana-mana


Abaikan saja pepohonan yang tumbang itu
Rahma, Dian dan Kak Nina




Anggep aja kuping kelinci
Aliran sungai yang begitu deras
Ada orang Arab nyasar kemari

Seger sih kalo main disini
Persiapan foto bersama, Photographer udah siap didepan
Masih dengan wefie nya
Udah siap banget ini buat difoto rame-rame. Eeehh ada yang motoin kita dari samping
Pas banget mataharinya lagi lucu-lucunya
Mau naik keatas batang pohon, Malah udah difotoin
Rahma kedinginan main air di Curug kecilnya

Lagi difotoin sama entah siapa lah itu, Eeeehh kak Nina juga fotoin dari samping
Wohooooo Backpacker Jakarta siap difoto bersama
Mana cukup cuma foto sekali. Hihihihii...

Pukul 14.25 PM kita sudah selesai main air di Curug Cikaracak. Mariiii melanjutkan perjalanan yang menantang ini. Jelas aja sih menantang, wong saya baliknya gak pake alas kaki sama sekali. Jadi cuma modal pede aja deh dijalan, Semoga kaki gak luka sama sekali dan semoga aja gak nginjek yang aneh-aneh.

Apalagi pas nginjek lumpur, itu yang paling serem. Takut ada apa-apanya di dalam lumpur itu. terus lagi kan banyak bebatuan yang tajam.

Makanya harus ekstra hati-hati banget deh. dan untungnya sesampainya di Parkiran, kaki aman dari injek yang aneh-aneh. Cuma pada lebam aja bagian telapaknya, Karena kan harus nginjek bebatuan disana. Toilet yang tersedia hanya 2 saja, jadi kami menumpang ganti baju di rumah warga.

Makanya kami gak mandi sama sekali, yaudahlah yaaaa kan di Curug juga main air dan main basah-basahan. Jadi anggep aja deh udah mandi di alam. Hahahahhaa ngeles!!!

Sore yang cerah


Selesai sudah perjalanan kami ke curug cikaracak. Walopun saya tidak begitu suka dengan Curug Cikaracak, Setidaknya saya punya 2 teman yang baik-baik. Semoga aja next trip kita bisa bertemu kembali yaaaa :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk ah komen daripada cuma sebarin Spam

Copyright 2012 Dian Juarsa. Diberdayakan oleh Blogger.