Jumat, 04 Desember 2015

Kampung Cai Rancaupas



Supeerr dadakan untuk bisa ngecamp di Rancaupas. Tadinya formasi lengkap kami berlima tapi karena keadaan cuaca yang sangat tidak mendukung membuat kedua teman kami jatuh sakit dan membatalkan perjalanan bersama menuju Kampung Cai Rancaupas.

Trip kali ini saya memang sengaja untuk tidak cari tahu tempat tujuan kita pergi. Karena saya pikir semua sudah diurus Mike, Jadi saya hanya ikut saja dan terima beres. Kapan lagi kaaannnn bisa jalan terima beres dan semuanya sudah diatur orang lain. Biasanya kan saya selalu jadi orang yang paling sibuk untuk cari info transportasi menuju tempat tujuan.

Explore Ciwidey dalam waktu satu hari satu malam. Kenapa saya bilang satu hari satu malam? Karena keberangkatan kami menuju Bandung disore hari dan tiba ditempat tujuan hampir dipertengahan malam. Okeeee...Saya, Mike dan Setya tetap melanjutkan perjalanan walaupun kedua teman kami sedang sakit. Mungkin next time kita bisa jalan bareng ya guys. Cepet sembuh kalian :)

Sabtu, 28 November 2015
Sedari pagi Mike sudah berkoar di group untuk menanyakan keberangkatan kami. Setya jalan dari Bekasi Harapan Indah. Nah saya dan Mike berhubung rumahnya masih dikawasan Tangerang Selatan. Jadi kita bisa bareng ke Bandung. Awalnya sih Mike mau bawa motor tapi gak jadi karena suatu hal. Makanya saya naik gojek dengan harga promo Rp. 20.000 agar bisa sampai ke Ciputat. Disana ada pool primajasa jurusan Bandung - Cililitan. Bis itulah yang kami naiki selama 3 setengah jam.




Pukul 16.22PM Akhirnya setelah setengah jam nunggu didalam Bis Primajasa, Mulai juga perjalanan kami menuju Terminal Leuwi Panjang. Selama diperjalanan kami habiskan waktu dengan obrolan mengenai trip tahun depan. Selang beberapa jam saya pun sudah mulai mengantuk.

Berhenti di 57KM saya pun turun untuk ke toilet. Tapi setelah saya keluar dari toilet, Mulai kelimpungan gegara banyaknya bis Primajasa yang sedang antri untuk mengisi bensin. Sempat panik karena saya lupa bis mana yang saya naiki sebelumnya. Sampai akhirnya saya lihat penampakan mukanya Mike dipaling depan bis. Hahhahahahaa...Dodol banget yaaaa, pake acara lupa bis mana yang saya tumpangi sebelumnya. maklum yah, Masih setengah watt matanya juga.

Pukul 20.04 PM Tiba di Terminal Leuwi Panjang untuk menunggu kedatangan Setya yang sudah tiba sedari tadi. Sebelum melanjutkan perjalanan kami pun makan malam dulu di warung makan dalam terminal.

Saya pesan ayam goreng plus nasi, 2 tusuk ati ampela dan teh botol. Setelah saya selesai makan, ibu penjaga warung pun memberitahu total makanan saya. Kalian tau totalnya berapaaaaa....Rp. 60.000 aja dulu dengan makanan yang se-alakadarnya gitu.

Saya pun shock dan salah juga kenapa gak tanya harga dulu sebelum makan. Kaget dong dengan harga segitu yang hampir setara dengan makanan diresto. Tau gitu kan makan diresto aja ketawan. Tempatnya nyaman dan tidak campur asap bis yang lalu lalang.

Saya pun minta perincian harganya : Ayam goreng 25.000, nasi 5.000, 2 ati ampela 15.000, teh botol 5.000. Seharusnya 50.000 dooonggg, Kenapa saya diminta 60.000. Karena jengah dengan kelakuan ibu warung itu saya pun minta balik uang saya "Bu kalau kasih harga jangan asal tembak gitu dong. Itung ulang lagi deh harga saya kenapa jadi 60.000. Sini balikin 10.000 nya. Karena total semuanya bukan 60.000 tapi 50.000 | iya yah masa sih | itung sendiri aja deh bu | yaudah ini saya balikin" Asli bete banget sama ni ibu-ibu yang alesannya lucu aja sih.

Yaaahh relain aja lah yaaaa dan juga sebagai pelajaran dimana pun tempatnya mau yang pinggir jalan pun sekalian, Harus tau dulu harganya berapa. Jangan penah berasumsi kalau pinggir jalan harganya palingan cuma dibawah 30.000. Kita gak pernah tau mereka berjualannya seperti apa. 

Pukul 20.45 PM Ibu warung menawarkan kami untuk carter angkot menuju Rancaupas dengan harga Rp. 250.000-, Tapi karena saya merasa sudah ditipu sama ibu warung. Jadi saya pun menolak dengan alasan sudah dijemput teman yang ada didepan. Karena udah males jadi saya pun langsung ngeloyor pergi. Haduh baru juga mulai perjalanan udah bete aja.

Mike coba tanya-tanya angkot yang ada didepan ternyata carter angkot kesana memang sekitaran 300.000an. Tapi tetap saya pun menolak karena saya merasa kita gak terlalu buru-buru kesananya. 

"Kenapa gak ngeteng aja sih? | Sahut Mike : Emang lo gak apa-apa? | Lah emang kenapa gw? | Bukan gitu gw takut lo gak bisa aja | Celetuk Setya : Kan kata bang Mike kak Dian princess | Whaaatttt gw princess? Apanya yang princess? gw udah biasa ngeteng kali" Mike dan Setya pun ketawa karena saya kesel dengan kata princess.

Asliiii geli banget kalau saya dibilang princess, Beda jauuuhhhh sama princess kali. Emang si Mike dodol banget, Bilang ke teman lainnya kalau saya itu Princess yang gak bisa cape-cape dan jangan yang aneh-aneh kaya naek turun mobil bak.

Dia belum tau aja kalo dulu pas ke Papandayan saya harus naik mobil bak terbuka. Pernah pulang dari Malang ke Jakarta sendirian naik turun kereta, ojeg, becak lanjut bis. Kaya gitu yang dibilang Princess, Isssshhhhh pites juga nih si Mike. Hahahahhaa..

Pukul 21.45 PM Sesampainya di Terminal Ciwidey ternyata angkot yang bisa mengantarkan kami ke Rancaupas sudah habis karena angkot beroperasi sampai jam 8 malam. Akhirnya saya pun menanyakan alternatif lain ke tukang gorengan, Kali aja bisa membantu kami cari info. Satu-satunya cara adalah naik ojeg dengan harga 50.000 kata akang gorengan. 

Saya pun menanyakan ke salah satu tukang ojeg pangkalan "Pak ari ka Rancaupas sabarahanya pak? (Pak kalau ke Rancaupas berapa ya?) | Ooohhh bade Ka Rancaupas, yaudah atuh yuk sok mangga neng, ngan 75ribu hungkul ( Oohh mau ke Rancaupas, Yaudah yuk silahkan neng, Cuma 75ribu aja) | Aaahhh atuh pak mahal sakitu mah, 40ribu wae nyaaa paakkk. Hayuk atuhlaahhh pan abdi teh ngan tiluan hungkul pak ( Yah pak mahal, 40ribu aja yah pak. Kan saya cuma ber3 aja pak) | Tong atuh neng, 50ribu deh kalo gitu. Itung-itung buat kedinginan dijalan neng" Begitulah perdebatan alot antara saya dan ketiga ojeg pangkalan yang ada diterminal.

Gak lama kami nego masalah harga, Datanglah supir angkot yang menawarkan jasanya. Saya masih tetap minta seharga 40 ribu tapi pak sopirnya minta dilebihin goceng. Yasudahlah saya terima aja, Dari pada harus naek ojeg kedinginan pula terus belum lagi kan tau sendiri medan pejalanan disana. Tidak ada penerangan sama sekali dan jalananya pun berliku-liku. Makanya kami beruntung ada juga angkot yang masih mau mengangkut kami.

Pukul 22.30PM Sampai di depannya gapura KAMPUNG CAI RANCAUPAS. Anehnya lagi supir angkot gak tau Rancaupas itu tempat apa. Sampe akhirnya pak supir bilang "Neng ieu mah siga dileweng, teu sieun neng ke dalemna kitu (Neng ini mah kaya digunung, gak serem neng kedalemnya | Aaahhhh bapak tong nyingsieunkeun kitu atuh, teu aya nanaon kok pak (aahh bapak jangan nakutin gitu, gak ada apa-apa kok pak) | Bisi aya begal eta teh neng, Tingali atuh eta meuni poek. Sepi deui neng, sieun bapak oge ningalina (Takut ada begal neng, liat dong itu gelap, takut bapak juga liatnya) | Hahahahaha gak apa-apa kok pak, Kan kita bertiga pak | Hati-hati ya neng | Iya pak makasih :)"


Memang iya sih kedalamnya gelaaapppp banget, Sampai saya pun juga ngeri liatnya. Kita juga belum tau apakah jalan menuju kedalamnya jauh sekali atau tidak. Kami pun langsung mengeluarkan senter Karena penerangan hanya dibagian jembatan saja.

Setelah kira-kira 300meter dari gapura, Akhirnya kami melihat banyak perkemahan disana. Biaya tiket masuk Rp. 10.000 dan untuk yang mau camping juga dikenakan Rp. 10.000. Cari spot yang oke karena gak enaknya di Rancaupas itu parkir mobil bisa dimana saja. Tidak teratur untuk penempatan mobil dan motor.

Jadi untuk kemah disana pun tidak ada istilah private camp. Jadi selalu berdekatan dengan mobil yang sudah diparkir sedari tadi. Jadilah kita cari spot dekat pintu masuk saja yang masih banyak spot kosongnya. 2 Hammock sudah terpasang dan 1 tenda juga sudah dipasangkan oleh Setya dan Mike. Kalau saya tugasnya cuma senterin mereka berdua saja. Hihiiiiii...

Kata Setya : Princess gak usah ikut-ikutan pasang tenda -___-" #jitaksetya

Selesai sudah pasang tenda dan hammock, Kami lanjut cari makan malam disana. Jangan khawatir buat kalian yang tidak bawa kebutuhan logistik karena disana sudah banyak warung jajanan. Dingin sekali disana jadi saya pesan mie kari ayam telor ditambah teh hangat dengan harga Rp. 19.000.

Setelah selesai makan malam kami pun beli kayu bakar dan minyak tanah untuk bikin api unggun. Satu ikat kayu bakar Rp. 12.000 dan satu botol minyak tanah Rp. 15.000. Lumayan kan bisa menghangatkan tubuh sesaat dengan membuat api unggun. Ternyata nih teman-teman, Bawa kayu bakar itu berat banget loh. Saya aja coba angkat kayu bakar aja gak bisa.

Masih menunggu kedatangan mie kari ayam
Saking dinginnya kupluk ditutupin hoodie
Iniloh kayu bakar yang gw kira enteng ternyata berat banget
Wohoooo Api unggun sudah jadiiii
Anget anget anget

Minggu, 29 November 2015

Pukul 02.00AM Setelah badan hangat, Kami pun tidur ditempat masing-masing. Setya dan Mike tidur di Hammock yang ditambah sleeping bag agar hangat. Sedangkan saya tidur sendirian didalam tenda dengan sleeping bag yang kurang hangat karena bahannya parasut. Duuuuhhhh salah banget nih adek saya pilih sleeping bagnya. Bukannya menghangatkan tubuh tapi malah lembab karena dingin. 

Pukul 05.00 AM Mike sudah manggil nama saya dari luar tenda agar saya terbangun. Rasanya baru aja tidur kok udah pagi aja. Karena saya tidak mau melewatkan sunrise begitu saja. Jadi saya paksakan mata untuk bisa melek secepatnya. Tapi baru juga keluar tenda sebentar, Saya udah balik lagi kedalam tenda. Hahahaha...Dingiiiiinnn boookkkk. 

Akhirnya saya pun nambah pake sweater lagi. Jadi total pakaian yang saya pakai ada 5 yaitu tanktop, kaos, 2 sweater dan jaket parka. Lumayan bisa bikin hangat sesaat. Suncatcher pun beraksi sekarang juga.

Walopun agak mendung, Tetap ada sinar mentari pagi
Badan agak hangat, main ayunan dihammock
Morning Rancaupas
Biasan Sunrise dipagi hari


Matahari pagipun telah muncul
Kalau main kesana hati-hati banyak tanah gambutnya
Setya dan Dian pasrah aja kalau disuruh begaya sama Mike
Kita mah ngikut aja deh kalau disuruh sama tukang poto :p
Kalo ini candid, Entah kapan si Mike fotonya
Masih banyak asap api unggun, Itu bukan kabut ya guys

Rancaupas juga ada outbond nya
Rumah pohon ini unik sekali, Tapi sayang udah gak kepake
Luasnya hamparan rerumputan ini untuk pasang tenda
Banyak tanah gambut dan rerumputannya pun masih berembun jadi bikin sepatu basah
Pasang tenda disini gak ada tetangganya hihiiii..


Ilalangnya cakep banget buat pemotetan
Beautiful view


Ditempat ini banyak kubangan

Mentari pagi yang membuat mata kami silauuuu


Pukul 06.30AM Kami sarapan di warung ibu Nani makan nasi goreng dan teh manis hangat dengan harga Rp. 20.000. Lumayanlah rasa nasi gorengnya, Yaaa walopun gak ada rasa bumbunya. Cuma berasa kecap aja sama asinnya telor. Tetap saja makan karena perut sudah keroncongan. Selesai sarapan, Saya pun gak betah pake sepatu basah, Akibat tanah gambut dan embun. Jadi saya membeli sendal jepit swallow dengan harga Rp. 17.500. Mahal juga yah swallow, Kalau di Jakarta aja saya beli cuma 10.000 tapi disini lumayan juga naiknya. Yaudahlah yaaa...Dari pada kaki keriput gegara kedinginan. Yakaaaaann... :p

Warung jajanan Rancaupas

Nasi Goreng gak ada rasa bawangnya

Pukul 07.00 AM Akhirnya kami diperbolehkan masuk ke Penangkaran Rusa tanpa biaya apapun hanya membeli pakan untuk rusa seharga Rp. 5.000/kantong kecil. Kami beli 3 kantong untuk makanan rusa biar lebih puas aja main-main sama rusanya. Sebelum turun, Saya pastikan ke penjaga Penangkaran Rusa kalau kita diperbolehkan turun atau tidak. Dan ternyata diperbolehkan untuk pengunjung dapat berinteraksi secara langsung dengan rusa. Karena di penangkaran ini, Semua rusa sudah jinak. Jadi aman untuk para pengunjung bisa berinteraksi dengan rusa.

Tidak ada biaya masuk ke Penangkaran Rusa

Wajib dibeli Pakan Rusa agar bisa berinteraksi langsung dengan rusa

Disuapin kaya gini nih yang disukain sama si Rusa manja
Rusanya Cute abiiiisssss
Pelataran samping Penangkaran Rusa
Haiiii Rusa manja...Kamu lagi nunggu wortel yaa. Sini foto dulu, Tar dikasih wortel deh
Ini dia si rusa manja yang maunya disuapin. Segitu wortelnya udah abis, gw dikejar dong Hahhaa..
Nih si Mike orang pertama yang turun ke Pelataran Penangkaran Rusa
Gak lama kemudian kita berdua nyusul. Ati-ati yah, banyak ranjau :p
Nah ini rusa manjanya amit-amit. Kalau wortelnya dilempar, Dia gak akan mau ambil
Tapi kalau disuapin kaya gini, Dia mau banget dan gragas pula

Diseruduk Rusa

Kalau mau langsung berintraksi dengan rusa. Disinilah tempatnya agar kalian bisa langsung tuun kebawah

Gak lama kami turun di Penangkaran Rusa ini, Semua pengunjung pun ikut turun juga dan bermain bersama rusa. Gak lama kemudian si Setya celetuk : Tuh MTMA ala-ala tuh datang | Mana mana? | Tuh liat deh yang pake kaos MTMA, Biasalaahh ikut-ikutan gitu kak | *Gak lama kemudian Marshal Sastra dan David nongol*. Ternyata itu bukan MTMA ala-ala boookkkk. Tapi emang Crew MTMA asli yang datang Buhahahaaaaa....

Marshal Sasra dan David host MTMA Trans TV

Sengaja coba dadah-dadah ke mereka, Eh ternyata si David yang balas duluan. Dan dia bilang "bro dapet kelinci gak bro disana | Hahaahahhaa...Rusa kaliiii bukan kelinciii" Dikira kita lagi cari telur paskah kali yah disana. Kita pun akhirnya masih melanjutkan main bersama rusa. Ternyata main sama mereka tuh asik, cuma gak asiknya kalau udah dicium rusa. Baju jadi kotor karena ada bekas lumpurnya di moncong dia. Belum lagi saya pun diseruduk sama Rusa gegara bercandain dia waktu kasih wortel. Hahahahhaa...Makanya jangan bercanda sama rusa yang pake lonceng deh. Dia mah nakal banget siiiii, Gak asik kalo diajak bercandanya. Hih!!
Sini sayang dielus-elus dulu yah sayang
Ya ampuuunnn NAAAKKK...Akhirnya kamu ketemu juga sayang *Begitulah drama antara gw dan anak rusa*
Abaikan crew MTMA yang mungkin heran liat ting
kah gw. Aaaahhh bodo amat, Gak kenal ini 


Mike sunbathing bareng Rusa

Cewe yang dibelakang kita crew MTMA juga
Ternyata tu cewe nunggu giliran kita foto bareng rusa


Ngaso dulu sembari ditemani 2 rusa yang lagi kasmaran #sotoy
Masih di area Penangkaran Rusa
Hotel kami berbintang banyak :p
Pukul 08.30AM Kami sudah kembali ke tenda untuk packing. Tapi emang dasarnya agak males yah. Kita malah masih leyeh-leyeh dong di hammock sembari meragain gaya omongannya marshal dan david saat membawakan acara MTMA. Ketawa ketiwi gak karuan sampai akhirnya diingatkan kembali kalau kita masih harus melanjutkan perjalanan menuju Kawah Putih. Untungnya sih posisi Kawah Putih tidak terlalu jauh dari Rancaupas. Jadi bisa berjalan kaki kesananya.

Entahlah si Mike kenapa harus tutup muka segala. Hih!!
Beginilah enaknya Hammockan bisa bobo-boboan bermacam gaya
Makin terang, Makin ramai pengunjung nih Rancaupas
Masih loh tetep lanjut pemotretannya. Eh salah denk...WEFIE
Agaaaiiiinnn MIKE!!!

Pagi yang Ceraaaahhhhh :)
Hammocking by Ulina Hammock
Leyeh-leyehnya kelamaan
Seperti biasa keduluan Timelapse
Tenda kita menyendiri
Setengah jam sudah leha-lehanya, Akhirnya kami pun packing beneran agar tidak terlalu siang untuk meninggalkan Rancaupas. Masih ada beberapa tempat lagi yang akan kita kunjungi. Nah karena sudah pagi dan tidak diperlukannya penerangan. Jadi saya bisa dong bantu-bantu beresin tenda. Eeeehhh si bocah cilik yang bernama Setya celetuk "Princess mah gak usah ikut-ikutan beresin tenda" Ituuuuu rasanyaaaaaa pengen dijitak banget ya tuh bocah. Udah dibilangin eikeeeee bukan princess. hih!!!

Cewe tangguh nih, Udah kaya laki!! :p
Mike beresin Hammock

Pukul 09.00AM Selesai packing masih melanjutkan perjalanan kami menuju Kawah Putih. Letak Kawah Putih hanya sekitar 300meter saja. Pagi itu langit sangat labil, Kadang gerimis rintik-rintik tapi setelah itu cerah dan lanjut kembali mendung. Awan hitam masih terus berjalan mengikuti arah angin, Makanya masih gak jelas cuaca pagi itu. Kalaupun memang hujan, Kami sudah prepare jas hujan juga payung. Jadi tidak terlalu khawatir jika hujan turun. Lucunya saat kami jalan keluar dari Bumi Perkemahan Rancaupas, Mike ditanya bapak-bapak yang melintas dengan bahasa sunda. Karena Mike gak ngerti sama apa yang dikatakan bapak itu. Makanya saya yang menjawab pertanyaan si bapak. Padahal mah si bapak itu cuma tanya, Ada acara apa rame-rame disana. Hihihiii..
Mike dan si cewe tangguh

Byeeee Rancaupas

Hayooookkk Semangat....Bentar lagi sampe depannya Rancaupas

Dijembatan inilah semalam saya minta tebengan mobil tapi malah dicuekin. Hahahaha..

Monggo bisa dilihat harganya

Sebenernya gaya gw gitu lagi liat tu 2 orang yang mau lewat
Iiiissshhh KZL....Padahal pas mereka foto-foto kita gak ganggu loh

Mohon abaikan orang-orang yang ada dibelakang kami

Itinerary :
SABTU, 28th 2015
  • 16.22     Perjalanan dari Ciputat - Terminal Leuwi Panjang
  • 20.04     Tiba di Terminal Leuwi Panjang lanjut makan malam
  • 20.45     Perjalanan menuju Terminal Soreang
  • 21.45     Tiba di Soeang, Lanjut naik angkot ke Rancaupas
  • 22.30     Akhirnya sampai juga di Rancaupas
  • 22.59     Setelah keliling cari spot tenda, Akhirnya nemu juga
  • 23.30     Makan Malam

Budget :

  1. Bis Primajasa PP Rp. 150.000
  2. Makan di Terminal LP Rp. 50.000
  3. Angkot ke Terminal Ciwidey Rp. 8.000
  4. Angkot ke Rancaupas Rp. 45.000
  5. HTM Rancaupas Rp. 20.000
  6. Jajan di Rancaupas plus toilet Rp. 61.500
  7. HTM Kawah Putih Rp. 33.000
  8. Strawbery Rp. 20.000
  9. Angkot Situ Patenggang Rp. 7.000
  10. HTM Situ Patenggang Rp. 14.000
  11. Makan siang Situ Patenggang Rp. 24.000
  12. Angkot ke Rancabali Rp. 2.000
  13. Angkot ke Terminal Ciwidey Rp. 15.000
  14. Colt mini ke Terminal LP Rp. 12.000
  15. Nasgor Terminal LP Rp. 19.000
  16. Gojek Ciledug - Ciputat & Lebak Bulus - Ciledug Rp. 40.000
  17. TOTAL : Rp. 520.500

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk ah komen daripada cuma sebarin Spam

Copyright 2012 Dian Juarsa. Diberdayakan oleh Blogger.