Jumat, 09 Maret 2018

Proses Refund FACEBOOK 13 juta rupiah


Human Error seringkali terdengar ditiap kesalahan yang sering kita perbuat. manusia memang tak pernah luput dari kesalahan. Apapun itu kesalahannya tetap saja harus dipikirkan jalan keluar yang terbaik seperti apa.

Saya pun melakukan kesalahan yang sangat fatal terjadi pada hari Senin, 26 February 2018.

Kesalahan terkadang terjadi karena kelalaian kita, Keteledoran kita, Ketidak telitian kita terhadap sesuatu sehingga membuat kejadian yang sebenarnya tak terjadi malah menjadi kejadian yang menyeramkan dalam waktu sesaat.

Saya memiliki 2 akun social media di dalam satu Facebook yaitu akun pribadi dan akun bisnis. Salah satu akun saya yaitu akun bisnis sangat aktif tiap harinya melakukan iklan di Facebook. Sehingga saya harus melakukan transaksi pada facebook dengan menggunakan kartu kredit HSBC.

Memang saya sengaja tidak menghapus angka kartu kredit saya agar memudahkan saya dalam bertransaksi.

Kesalahan saya karena ke- sok tahuan saya dalam melakukan tiap langkah transaksi di dalam Facebook.

Kronologi Cerita nya yaitu :

Saya terbiasa menggunakan handphone saat akan bertransaksi iklan dalam Facebook. Biasanya kalau di handphone akan ditanyakan nominal berapa yang akan kamu habiskan untuk melakukan iklan. Biasanya saya selalu melakukan iklan sebesar Rp. 140.000 dalam jangka waktu seminggu. Jadi tiap harinya akan ter-deduct Rp. 20.000 dalam facebook (Pakai sistem deposit)

Nah karena saya ingin sesekali mencoba melakukan transaksi pada komputer agar layarnya lebih lebar dan lebih nyaman dilihatnya. Akhirnya saya ikutilah langkah-langkah yang tertera. Namun saya bingung dengan tampilan layar yang ada dikomputer.

Saat saya ingin boost post salah satu postingan di timeline Facebook. Tampilan yang keluar pada layar berupa nominal sebesar Rp. 13.891.155 yang artinya sisa limit dari kartu kredit saya.

Saya pikir itu hanya pemberitahuan saja kalau nominal didalam kartu kredit saya sebesar itu dan saya pikir jika saya tekan tombol "Lanjut Pembayaran" akan keluar langkah berikutnya. Ternyata saya SALAH!!!!

Ternyata dana saya sebesar Rp. 13.891.155 langsung masuk kedalam sistem otomatis yang terdapat di Facebook. Yaaapppp dana yang sangat besar untuk sebuah iklan yang setiap harinya pemakaian saya hanya  Rp. 20.000 perhari. Jika dikalkulasikan butuh berapa tahun saya bisa menghabiskan deposit yang sudah masuk dalam Sistem Otomatis Facebook.

Sebut saja shock theraphy dalam waktu sekejap membuat saya lemas dan kepala pusing kliyengan, kacau balau dan juga tahan nangis karena malu. Gak mungkin kan mewek-mewek didepan banyak orang.

Akhirnya saya cari cara bagaimana dapat mengembalikan dana yang sudah masuk. Saya kalut sekali sehingga banyak teman saya sadar dengan perubahan raut muka saya yang tidak terkontrol.

Yaappp saya termasuk orang yang sangat ceria sehingga saat terkena masalah apapun itu, teman saya pasti menyadarinya kalau saya sedang dalam masalah.

Sayapun menceritakan kronologis yang terjadi saat itu kepada teman-teman saya. Mereka membantu saya dalam mengirimkan email kepada Facebook. Dari yang hanya menggunakan bahasa indonesia hingga menggunakan bahasa inggris.

Terima kasih Mia Ginting dan Merry Filiana yang sudah banyak membantu saya dalam mengirimkan email karena sedang kalut pikiran pun kemana-mana.

Tak hanya teman kantor saja yang menolong saya. Bahkan teman trip saya pun ikut membantu cari jalan keluar terbaik agar saya dapat meminta kembali dana yang telah ter-deduct otomatis pada kartu kredit saya.



Balasan otomatis dari Facebook

Miss_Nidy pun mengirimkan beberapa link aktif untuk menyelesaikan permasalahan saya. Link tersebut adalah permasalahan yang pernah dialami oleh orang terdahulu dengan case yang sama seperti yang saya alami. Bahkan salah satu linknya terdapat link Help Centre dari facebook.

Permasalahan bagi yang menggunakan kartu kredit (Klik Disini)
Permasalahan bagi yang menggunakan kartu debit (Klik Disini)

Kak Aip pun ikut membantu dengan bertanya pada beberapa teman admin yang pernah mengalami hal yang sama. Mereka menyarankan saya untuk mematikan proses iklan agar tidak tergerus dananya. Dalam sesaat saya pun langsung mematikan proses iklannya. Sehingga dana deposit masih utuh didalam Facebook.

Bahkan saat saya cerita permasalahan saya dengan Rizki dan koko Robert P mereka pun dengan senang hati mau membantu saya. Kalau worst case nya saya tidak dapat proses refund. Mereka siap membantu dana yang telah saya keluarkan. Thank you kalian berdua, aku sangat terharuuuuuu.

Ada lagi kedua teman saya Vidha Kiky dan Aldit yang mau mendengarkan cerita saya sambil mewek-mewek ditempat dengan keadaan muka yang udah bengep karena nangis berjam-jam. Mereka berdua sangat membantu saya karena telah menjadi pendengar yang baik saat saya menceritakan kronologisnya dengan menangis sepuas-puasnya. 

Terima kasih juga dengan salah satu tim saya Pak Robin yang dimana dia akan membantu agar proses boost post postingan di Facebook, dananya bisa dinaikkan pada bulan april hingga juli agar biaya yang sudah saya keluarkan dapat membantu pengembaliannya berupa cash tiap bulannya.

Dalam keadaan kalut saya masih memiliki teman yang sangat perduli dengan permasalahan saya. Sudah 2 kali saya kirim email tapi jawabannya sangat tidak membantu.

Saya cuma bisa pasrah saja, semoga jawaban email terakhir dapat memberikan pencerahan bagi saya.

***

Keesokan harinya, Selasa 27 feb 2018 tepatnya pada siang hari saya mendapatkan email yang membuat saya sedikit lega. Ternyata dana yang telah saya keluarkan dapat diproses refund tapi membutuhkan waktu hingga 7 - 10 hari kerja yang artinya kemungkinan pada tanggal 13 maret akan terselesaikan permasalahan saya.

Alhamdulillah saya bisa mendapatkan jawaban yang aktif dari manusia. Ternyata kemarin itu jawaban yang saya terima dijawab otomatis oleh sistem Facebook. Pantas saja saya bingung maunya Facebook itu apa. Hahahaa...

Setidaknya dari permasalahan ini saya mendapatkan pencerahan terhadap masalah yang saya alami dan semoga teman-teman tidak merasakan apa yang saya rasakan.

Semoga proses refund berjalan lancar dan tidak ada kendala sedikitpun.

Balasan Email terakhir dari Facebook

***

Di artikel ini saya akan membagikan cara-cara bagaimana supaya dana kalian dapat kembali. Saya juga akan menyertakan beberapa link aktif yang akan sangat membantu kalian jika kejadian seperti ini sedang kamu alami.

Beberapa langkah yang harus kamu lalui yaitu :
  • Matikan semua iklan yang sedang berjalan agar dana tidak tergerus secara berkala (Klik Disini)
  • Laporkan masalah yang kalian hadapi ke Facebook (Klik Disini)
  • Kalian dapat menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris sesuai kenyamanan kalian. Pastikan kalau kalian harus menjelaskannya dengan sangat rinci. Kalau perlu sertakan attachment bukti pembayaran yang telah terpotong dari kartu kredit kalian.
  • Bila langsung ada jawaban yang sangat cepat dari pihak Facebook. Jawaban tersebut adalah jawaban otomatis dari Facebook. Jadi jangan dulu kecewa ataupun senang. Biasanya mereka akan membalas email selama 2 - 3 hari karena email yang masuk sangat banyak, jadi harus bersabar.
  • Setelah mendapatkan email balasan dari Pihak Facebook bahwa dana kalian dapat di refund atau tidak. Barulah kalian dapat melakukan proses selanjutnya yaitu menantikan dana kembali selama 7 - 10 hari kerja.
  • Jika dana belum juga kembali, hubungi bank terkait dan pastikan kalian harus memiliki bukti email dari pihak Facebook sebagai tanda bukti.
Saat ini, saya masih dalam tahap menunggu proses refund oleh pihak Facebook dan pihak bank terkait. Doakan saya yah teman-teman agar proses refund bisa berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala sedikitpun.

Kejadian ini sebagai pelajaran buat saya bahwa saya tidak boleh gegabah dalam melakukan sesuatu. Jika kurang meyakinkan ada baiknya batalkan proses yang akan terjadi. Jangan terlalu terburu-buru dalam melakukan sesuatu.

Setiap permasalahan adalah pembelajaran diri agar lebih berhati-hati dalam melangkah dan janganlah gegabah dalam melakukan sesuatu.

***

Apakah dana saya sudah kembali atau belum? 

Jumat, 9 Maret 2018 Saya memberanikan diri untuk menelpon bank terkait perihal proses refund karena paksaan teman saya untuk menanyakan kembali sampai mana prosesnya.

Jujur saya sangat deg degan sekali saat akan menelpon bank terkait karena takut ada masalah yang tidak diinginkan. Akan tetapi rasa penasaran yang memuncak, akhirnya saya memberanikan telpon bank HSBC.

Alhamdulillah proses refund berjalan dengan lancar dan ternyata dana saya sudah kembali per tanggal 27 Feb 2018. Tak disangka balasan email yang saya terima dari Facebook itu langsung diproses saat itu juga.

Terima kasih Facebook atas bantuannya, dana saya pun telah kembali lagi. 


Cheers,
Dian Juarsa

9 Mar 2018

10 komentar:

  1. Ngeri banget ya. Pelajaran mahal buat para admin FP. Supaya lebih berhati2 lagi pas ngiklan. Alhamdulillah bisa balik lagi uangnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa kak aiiipppp alhamdulillah banget.kudu hati-hati banget biar gak keulang lagi kejadiannya

      Hapus
  2. Ikut lega dan sudah kembali dan dengan cepat, Mbak Dian. Ini satu lagi bukti bahwa Facebook sebuah perusahaan besar yang bekerja secara efisien dan profesional. Nggak heran ya mereka bisa merebut hati dunia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak alhamdulillah lega bangeeettt rasanya. Setidaknya pembelajaran jangan sok tau biar gak kejadian kaya gini. Iya Facebook bagus dlm menanggapi masalah. Fast respond ya kak

      Hapus
  3. Mungkin lain cerita kalau proses refound nya gagal no approve

    Lebih teliti lagi ya mba ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyeeesss kakaaa...Makasiiii banyak kak

      Hapus
  4. untung bisa refund, aku pun bisa panik mbak kalo kejadian. kemarin aja pas mau belanja online aku pun salah transfer nominal untunglah CS yang marketplace sigap jadi bisa direfund lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kita sama2 beruntung ya kak. Kebayang kan kalo gak bisa refund. Mewek mewek dah yg ada hahahaha...

      Buat pelajaran kita jg ya kak biar lbh teliti. Semoga gak ke ulang lg. Amin

      Hapus
  5. Alhamdulillaaaah lancar semuaaa ya proses refundnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak alhamdulillah bgt dananya bisa balik lg

      Hapus

Yuk ah komen sambil rumpi lebih baik, daripada cuma sebarin Spam

FANPAGE FACEBOOK

Twitty

Contact Us


Haloha...Jika kalian menemukan kendala atau masalah dengan Blog Untold Story. Kalian bisa menghubungi kami dengan mengisi Contact Form dibawah ini. Apabila ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau ingin bekerja sama dengan kami. Dengan segera mungkin kami akan cepat tanggap dan menyediakan waktu untuk anda. Kami juga menerima kritik dan saran yang membangun agar Blog Untold Story dapat berkembang lebih baik lagi. Terima Kasih 


Name :

Email: *

Message: *



Hubungi Kami :
Nama : Dian Juarsa
Email : dianpjuarsa@gmail.com
Phone : 0813 222 030 93