Kamis, 04 Juli 2019

Test Make up Pengantin wajib dilakukan sebelum Pesta Pernikahan


Ada beberapa penata rias pengantin yang memberikan harga murah untuk penata rias pengantin dengan konsekuensi tidak ada test make up sebelum hari H. Kebayang gak sih kalau kamu mau menikah tapi kamu tidak tau hasil kerja penata rias sebelum pesta pernikahan.

Sedangkan warna kulit tiap orang tentu berbeda. Apalagi foundation yang kita gunakan tidak hanya satu macam saja melainkan ada banyak warna foundie yang akan dipakai oleh pengantin. 

Kalau salah mencampurkan warna dari tiap racikan yang diberikan, bisa berakibat warna wajah kita tidak sesuai dengan warna kulit aslinya. 

Yakin kamu mau terlihat berbeda antara warna kulit wajah dengan warna kulit tangan kita?

Seringkali ada banyak pengantin yang kecewa dengan hasil riasan dari penata rias pengantin hanya karena mempercayakan portfolio saja tanpa mencari tahu terlebih dahulu dan berharap hasil yang didapatkan sempurna seperti yang terlihat di social media penata rias pengantin tersebut.

Jangan terlalu percaya dengan apa yang kita lihat di social media. Setiap foto yang di share pasti ada sentuhan editingnya walaupun sedikit. 

Boleh saja mencari referensi dan rekomendasi dari social media tapi lebih baik lagi cari tahu terlebih dahulu. Apa saja testimoni yang diberikan oleh para customer sebelumnya. Lalu tanyakan kepada beberapa teman yang mungkin pernah memakai jasa penata rias pengantin tersebut.

TIPS MEMILIH PENATA RIAS PENGANTIN


Nah ada beberapa tips untuk kamu agar tidak kecewa dengan hasil akhir riasan untuk pengantin. Ada baiknya perhatikan beberapa tips dibawah ini :
  • Mencari referensi atau rekomendasi teman, kerabat terdekat atau keluarga. Setelah itu cek portfolio, testimoni dan jangan lupa kepoin juga customernya. Biasanya customer sering memasang foto hasil riasan pengantinnya.
  • Tentukan penata rias pengantin sesuai budget yang kamu miliki. Jangan memilih penata rias dengan harga yang tidak sesuai karena biasanya suka ada biaya tak terduga diluar harga paket penata rias.
  • Tanyakan kepada penata rias pengantin apakah ada test make up atau tidak? Kalau ternyata tidak ada test make up, lebih baik cari yang lain saja. Agak ngeri tsaayy kalau kita cuma pakai modal percaya saja.
  • Jika ada test makeup, Tanyakan lokasi penata rias pengantinnya dimana. Jika terlalu jauh lokasinya dari tempatmu menikah, ada baiknya pertimbangkan terlebih dahulu. 
  • Beritahu keinginanmu kepada penata rias pengantin. Tidak perlu sungkan ataupun malu karena ada banyak hal yang dimana penata rias pengantin harus ketahui. Seperti ada alergi atau tidaknya dan makeup yang digunakan dengan produk apa. Kali aja ada beberapa produk yang tidak cocok.
  • Beritahu pula kepada penata rias pengantin perihal tema pernikahanmu, baju pengantin yang dikenakan, lalu ada tidaknya adat dan budaya pada pernikahanmu.
  • Jangan lupa tanyakan harga paket yang diberikan oleh penata rias pengantin. Apa saja yang didapatkan dengan harga paket yang diberikan. Biasanya hal yang ditanyakan seperti riasan untuk kedua orang tua, among tamu dan penerima tamu.
Perhatikan semua tips yang ada diatas karena akan memberikan kemudahan pula kepada calon pengantin saat mempersiapkan pernikahan sebelum hari H.

Kondisi kulit sebulan sebelum hari H

KONSULTASI KEPADA PANATA RIAS PENGANTIN

Setelah mendapatkan penata rias pengantin yang sesuai dengan keinginan, tanyakan pula kapan test make up akan berlangsung. Saya pribadi sebulan sebelum hari H sudah melakukan test make up agar tau kondisi kulit terakhir.

Jika kamu ada alergi atau biasanya saat akan mendekati hari H kebanyakan calon pengantin akan mengalami peningkatan hormon sehingga kulit wajah jadi lebih berjerawat. Konsultasikan kepada penata rias pengantin, Agar mereka tau produk apa saja yang akan digunakan untuk calon pengantin supaya tidak memperparah kondisi kulitmu.

Still on progress

Jangan lupa beritahu tema pernikahan yang akan berlangsung saat pesta pernikahan. Biasanya pesta pernikahan memiliki tema seperti garden party, cherry blossom, adat jawa dan lain sebagainya. Karena biasanya penata rias pengantin akan menyesuaikan warna riasannya dengan pakaian yang akan kalian kenakan saat akad nikah dan resepsi.

Rabu, 3 July 2019 saya pun melakukan test make up dengan teman saya yang juga berprofesi sebagai MUA. Kalau kamu kepo sama hasil riasannya bisa follow aja instagramnya di @adindasoenarto. Produk yang digunakan juga bukan yang murahan yah. Jadi aman untuk kulit wajahmu.

@adindasoenarto Penata Rias favoritekuuuuhhhh, hasil riasannya selalu kece badai

Beberapa request pun saya lontarkan agar saat di hari istimewa riasan pengantinnya tidak mengecewakan.

Biasanya request utama saya selalu dibagian kelopak mata karena pada bagian kelopak mata, tidak terlihat lekukannya sehingga membuat mata yang tampil dengan warna eye shadow secara seketika tidak akan terlihat saat membuka mata.

Tak hanya itu saja, untuk bagian bulu matanya pun saya minta yang tebal dan panjang. Agar saat difoto mata saya terlihat begitu tegas. 

FYI, saya kurang suka tampil natural saat acara pernikahan. Saya mau terlihat manglingin. Kalau tampil natural mah sama saja seperti dandanan saya sehari-hari kalau ada event.

Jaw on point


Terakhir pada bagian pipi dan rahangya. Bersyukur punya rahang lancip dan tegas tapi pada bagian pipinya dibutuhkan perona pipi agar terlihat lebih fresh. Untuk bagian blush on memang sengaja tidak terlalu tampil terlalu terang agar terlihat sedikit semu-semu saja. 

Begitu pun pada bagian warna lipstick. Ada 2 warna yang akan saya gunakan di hari yang sama namun berbeda acara. Liptick berwarna coral akan saya gunakan saat akad nikah berlangsung. Sedangkan liptick berwarna merah akan saya gunakan saat resepsi pernikahan.

Hiasan rambutnya pun juga akan berbeda. Rencana saya saat akad nikah pada bagian rambut akan ditambahkan crown dan juga bunga melati. Saat touch up untuk resepsi pernikahan, barulah saya mulai menggunakan siger adat sunda.

Dinda pun sempat menanyakan Apakah saya yakin bisa kuat pakai siger selama 3 jam saat acara pernikahan?

Memang siger itu saat di kepala akan terasa sakit karena kencang dan bikin sedikit pusing. Tapi masalahnya keinginan saya saat resepsi perikahan ingin memakai baju adat sunda. Berarti siger harus tetap terpasang. Sedangkan saat akad nikah hanya sejam saja, makanya sengaja saya beli crown untuk penghias rambut.

Berhubug jeda waktu dari akad nikah ke resepsi hanya sejam saja. Jadilah utuk riasan make up nya tidak banyak diubah, hanya di touch up saja. Sedangkan rambut tinggal lepas crown saja lalu pasang siger.

Riasan akhir untuk Akad Nikah dan Resepsi

Untuk hiasan rambut seperti crown saya beli sendiri karena memang tidak termasuk dalam paket penata rias. Paket pernikahan yang saya pilih termasuk dari penata rias pengantin yang akan berganti kostum sebanyak dua kali (akad dan resepsi), kedua orang tua calon mempelai tanpa berganti kostum, satu adik saya mengenakan beskap dan empat penerima tamu mengenakan kebaya saat resepsi pernikahan.

Biaya yang dikeluarkan pun tak sampai 10 juta. Nah masalah biaya kalian bisa tanyakan langsung ke empu sanggar yah karena memang untuk harga paket penata rias pernikahan ada yang standard dan ekslusif. Tergantung dari kebutuhan tiap calon pengantin.

Kebetulan untuk among tamu di acara kami tidak ada saudara dan hanya tetangga saja. Jadi kami tidak sewakan kebaya untuk para among tamu. Balik lagi untuk penata rias pengantin harga paketnya sesuai kebutuhanmu saja yah.

Sekian sharingnya, semoga artikel ini bermanfaat dan jadi ada bayangan untuk para calon pengantin saat akan test make up karena ada beberapa point yang harus kalian ingat saat akan memilih penata rias pengantin.

Cheers,
5 July 2019

DISCLAIMER :
Tulisan ini murni dari pengalaman saya pribadi. Seluruh biaya yang dikeluarkan pun dari uang sendiri. Tidak ada paid promotecollaboration ataupun Sponsorship.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk ah komen daripada cuma sebarin Spam

Copyright 2012 Dian Juarsa. Diberdayakan oleh Blogger.