Jumat, 12 Maret 2021

Vaksin Influenza di usia 7 bulan - Berapa biaya nya di tahun 2021?

Hallo bun...Baru aktif lagi nih bikin tulisan. Maklum sekarang ini anak saya sudah semakin lincah karena sudah bisa merangkak kesana kemari. Jadi kerepotan deh ngurusinnya. 

Sekarang ini, saya mau sharing nih berapa sih biaya Vaksin Influenza untuk bayi di usia 7 bulan.

Sebenernya bayi bisa mulai Vaksin Influenza saat usianya sudah menginjak 6 bulan. Berhubung saat usia anak saya 6 bulan, ada beberapa suntikan yang sudah dilakukan anak saya. Jadilah Vaksin Influenza baru saja dilakukan saat anak saya sudah memasuki usia 7 bulan.

Di masa pandemi seperti ini sangat ditakutkan terkena penyakit flu karena seringkali diindikasi kan dengan virus corona. Maka dari itu, untuk pencegahan agar anak kami tidak mudah terjangkit flu. Walhasil kita vaksin influenza agar kekebalan tubuhnya semakin oke. Walaupun masih ada beberapa ibu muda yang tidak melakukan vaksin tersebut.

Sebenarnya kembali lagi dengan para orang tua masing-masing. Apakah Vaksin Influenza penting atau tidaknya untuk anak mereka. Kami hanya berjaga-jaga saja agar anak kami bisa kebal dengan flu. Akhirnya dokterpun membuat janji untuk melakukan Vaksin pada tanggal 6 Maret 2021.


APA ITU INFLUENZA?

Penyakit influenza seringkali menyerang saat musim dingin atau musim pancaroba (ganti musim). Seringkali penyakit flu ini dianggap enteng karena memang semacam penyakit musiman yang bisa sembuh dalam waktu dekat.

Flu adalah penyakit infeksi saluran nafas tanpa mengenal umur, jenis kelamin dan lain-lain. Akan tetapi, Flu juga dapat menyebabkan komplikasi serius. Itulah mengapa pentingnya vaksin influenza untuk mencegah penyebaran dan dapat melindungi diri dari virus tersebut.

Komplikasi akibat penyakit flu lebih beresiko terjadi pada Lansia, Wanita Hamil dan anak usia 6 bulan hingga 5 tahun. Maka dari itu, pemberian Vaksin Influenza sendiri dapat dilakukan setahun sekali untuk memberikan kekebalan dari penyakit flu.


MANFAAT VAKSIN INFLUENZA? 

Memang flu itu hanya menyebabkan gejala yang ringan. Biasanya hanya butuh cairan seperti minum air putih yang banyak dan banyak istirahat, keesokan harinya atau beberapa hari akan sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi, flu ini bisa menyebabkan komplikasi bagi mereka yang rentan.

Komplikasi yang terjadi antara lainnya adalah pneumonia, gangguan sistem saraf pusat dan gangguan jantung. Selain itu juga, Flu dapat memperparah kondisi penyakit kronis seperti asma, diabetes dan gagal jantung kongestif.

Maka dari itu, pemberian vaksin influenza sangat perlu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus. Apalagi di tengah pandemi Covid-19, pemberian vaksin influenza dianggap dapat mengurangi resiko terjadinya gejala infeksi Corona yang parah. Tapi bukan berarti dengan pemberian vaksin influenza dapat mencegah virus corona yaahhh. Itu beda lagi tsaayyy!!!

Ada beberapa efek samping yang dapat ditimbulkan dari pemberian vaksin influenza seperti Demam, Mual, Sulit bernafas, Suara serak, Bengkak di area yang disuntik, Jantung berdebar, Hidung meler, Sakit otot dan Sakit tenggorokan.

Beruntungnya anak saya setelah sejam melakukan Vaksin Influenza tidak ada efek samping apapun. Begitupun sesampainya di rumah hingga keesokan harinya tidak ada efek samping yang terjadi pada anak saya.

Namun jika kalian mengalami efek samping yamg telah disebutkan sebelumnya. Ada baiknya langsung konsultasikan kepada dokter, agar cepat dapat penanganannya.

Berikut biaya yang kami keluarkan untuk Vaksin Influenza sebesar  Rp. 936.600. Berikut perinciannya :
  • Konsultasi spesialis anak Prof. Rulina Suradi, dr. spa Rp. 450.000
  • Vaksinasi anak Rp. 100.000
  • Vaksin Vaxigrip Tetra  Rp. 285.285
  • Alkohol Swab Rp. 358
  • Needle 24g (terumo) Rp. 3.718
  • Sensi Glove Rp. 7.150
  • Administrasi rawat jalan Rp. 90.000

 

Setiap rumah sakit memiliki harga yang berbeda yah. Kalian cukup lihat saja biaya vaksinnya berapa. Anak kami diberikan Vaksin Vaxigrip Tetra dengan biaya sebesar Rp. 285.285.

Disclaimer : Tulisan ini murni hasil biaya sendiri dan tidak ada paid promote ataupun endorse. Untuk harganya pun dapat berubah setiap saat, jadi jangan terlalu jadikan patokan untuk Vaksin Influenza ya bun.


Cheers,
12 March 2021



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk ah komen daripada cuma sebarin Spam

Copyright 2012 Dian Juarsa. Diberdayakan oleh Blogger.