Senin, 23 September 2019

Dunia Kartun telah hadir di DUFAN


Hampir seluruh warga Jakarta pasti sudah tau dengan Dufan. Siapa sih yang tidak tahu dengan Dufan yang dimana tempat inilah semua umur akan merasa kembali ke masa kecil kembali. Semua wahana yang memacu adrenaline hingga wahana yang bersahabat dengan mereka yang tidak berani dengan tantangan pun ada.

Setiap permainan memiliki standard keamanan karena dalam pengecheckan mesinnya pun secara berkala. Ada waktu tertentu setiap wahana harus di maintain agar kondisinya tetap memiliki standard keamanan yang telah ditetapkan oleh pihak Dufan.

Bedanya dengan sekarang pintu masuk Dufan sudah memiliki wajah baru. Kini pintu masuk Dufan jarak terdekatnya dari Pintu Barat setelah itu lurus saja ikuti jalan lalu belok ke kanan ambil arah ke Telaga Sampireun.

Tepat di samping Telaga Sampireun kontur jalan yang sangat luas dengan beragam warna warni lengkap dengan kanopi dapat kamu lewati untuk menuju pintu masuk Dufan.

Pintu Barat DUFAN
Pintu terbaru di DUFAN
Kontur jalan yang begitu ceria dengan beragam warna lengkap dengan tulisan DUFAN, kanopi sepanjang jalan agar pejalan kaki terasa nyaman saat melintasi jalanan menuju pintu masuk Dufan. Kanopi tersebut memang wajib terpasang agar para pengunjung tidak kepanasan atau kehujanan.

Tak disangka saat akan mendekati area pintu masuk Dufan, sudah banyak pengunjung yang antri di depan pintu masuk Dufan. Padahal kedatangan saya kesana pun tepat pada Sabtu, 21 September 2019 pukul 09.00 AM yang dimana pintu masuk Dufan belum dibuka.

JAM OPERASI DUFAN

Dufan beroperasi pada pukul 10.00 AM - 07.00 PM. Jadi kalian bisa main sepuasnya selama di Dufan tak lebih dari jam 7 malam. Saran saya buat kalian yang memang merencanakan bermain di Dufan seharian. Ada baiknya permainan terakhir berakhir pada Bianglala. 

Kalian bisa melihat city light kota Jakarta dari ketinggian. Apalagi gemerlap lampu yang berwarna warni di area Dufan pun akan membuat pemandangan terlihat begitu cantik, atau mungkin naiklah saat menjelang matahari terbenam.

Sungguh luar biasa sekali pemandangan Jakarta dari ketinggian. Dijamin kalian akan betah berlama-lama di atas saat bermain Bianglala. Apalagi saat naiknya dengan pasangan, sudah pasti suasana pun jadi semakin romantis.

Kicir Raksasa Bianglala

Antrian di Dufan


TIKET MASUK DUFAN

Pusing gak sih kalau kalian lihat antrian yang sangat membludak seperti itu. Saya pun lihatnya sempat hopeless sih. Tapi ya mau gimana, Dunia Kartun telah beberapa bulan lalu launching sehingga pengunjung banyak sekali yang berminat untuk mencoba semua wahana baru yang ada disana.

Apalagi sedang ada promo hingga akhir september 2019 bisa dapatkan kartu annual pass seharga Rp. 299.000 ribu saja. Bayangkan dong siapa sih yang tidak tergoda dengan harga yang sangat murah di Dufan. Apalagi kalian bisa sepuasnya bermain kapan saja. Kalau harga Annual Pass saat tidak promo sebesar Rp. 400.000.

Tapi ingeeeettttt... Setiap ada promo disitulah kalian harus siap berkorban #caelah hahahahhaa...

Kalian harus rela antri berjam-jam untuk mendapatkan annual pass. Karena peminat annual pass dengan harga yang sangat murah memang banyak diminati. Antriannya pun sudah seperti ular, melingkar dari dalam hingga luar gedung.

Buat yang tidak mau ribet antri untuk annual pass juga tak masalah kok beli harga tiket dengan harga normal.

Harga tiket masuk Dufan saat weekdays Rp. 200.000 (Reguler) dan Rp. 450.000 (Premium) sedangkan weekend Rp. 295.000 (Reguler) dan Rp. 550.000 (Premium).

Untuk promo uniknya hadir di bulan tertentu ya guys, jadi kalau kalian penasaran kapan saja akan ada promo bisa kepoin aja IG nya @infodufan. Disana biasanya suka ada promo unik sebesar Rp. 145.000 untuk weekdays dan Rp. 195.000 untuk weekend.

Premium Fast Track
Antrian Annual Pass

FASILITAS DUFAN
Ada beberapa fasilitas Dufan yang dapat dinikmati oleh pengunjung yang tak ingin ribet bawa banyak barang yang tak terlalu penting saat bermain di tiap wahana. Kebayang gak sih, saat kalian ingin bermain lalu harus bawa tas besar yang berisi tablet atau gadget lainnya yang bikin berat tas bawaan.

Sudah saatnya kalian mencoba Loker Penitipan Barang yang ada di pintu masuk saat tangan kalian di cap oleh petugas Dufan.

Kalau bingung cara penggunaan Loker Penitipan Barang, kalian tak perlu khawatir karena akan ada petugas yang membantu kalian untuk memberitahukan cara penggunaanya.

Instruksi Operasional Loker 

Cara Menyewa Loker :
  • Pilih menu di kiri layar yang bertuliskan Untuk Menyewa Loker Baru
  • Silahkan pilih loker yang akan digunakan, Baggage atau Single
  • Masukkan PIN yang sesuai dengan tanggal lahir kamu
  • Pilih satu warna dan tunggu hingga lampu indikator pintu menyala
  • Masukkan uang sesuai nominal yang ditentukan, hanya menerima pecahan Rp. 10.000 dan Rp. 20.000
  • Lalu buka pintu loker
  • Masukkan barang kamu yang akan disimpan di dalam loker
  • Tutup loker setelah digunakan
  • Terakhir tekan tombol untuk mengunci pintu loker
Loker di Dufan

Cara Membuka dan menggunakan Loker kembali :
  • Pilih menu di kanan layar yang bertuliskan Untuk Membuka Loker
  • Masukkan tanggal lahir yang menjadi PIN kamu
  • Tekan salah satu warna yang kamu pilih sebelumnya
  • Pilih menu di kanan layar jika masih ingin menggunakan loker
  • Setelah lampu menyala. Buka Pintu dan ambil barang yang diperlukan
  • Terakhir tutup pintu dan tekan tombol untuk mengunci

Cara Membuka dan Mengakhiri Sewa Loker :
  • Pilih menu di kanan layar bertuliskan Untuk Membuka Loker
  • Masukkan tanggal lahir yang menjadi PIN kamu
  • Tekan salah satu warna yang sebelumnya kamu pilih
  • Bila ingin mengakhiri penggunaan loker. Pilih menu sebelah kiri layar yang bertuliskan Selesai Menyewa Loker
  • Setelah indikator lampu menyala. Buka pintu loker lalu ambil barang kamu dari loker.
  • Tutup pintu loker setelah selesai menggunakan.

Cukup mudah kan penggunaan lokernya. Tapi kalau masih bingung tinggal panggil petugas Dufan saja yah. Agar kalian tetap nyaman saat proses penyewaan loker berlangsung.

Scooter di Dufan

Scooter Dufan 

Sempat penasaran melihat seorang bapak yang asik membonceng anaknya yang berdiri di depan kursi scooter. Pas sekali buat para orang tua yang membawa anaknya berkeliling Dufan dan Dunia Kartun agar tidak cepat lelah.

Bahkan tak hanya anak kecil saja yang dapat menggunakannya. Ada juga loh wanita atau pria separuh baya yang dapat menggunakan scooter tersebut. Memang fasilitas scooter sangat membantu sekali bagi para orang tua ataupun anak yang ingin berkeliling Dufan dan Dunia Kartun.

Harga sewa perjamnya Rp. 125.000 memang harga sewanya terbilang sangat mahal tapi worth it untuk digunakan saat berkeliling. Dijamin kalian tak akan mudah lelah saat berkeliling. 

Tapi kalau kamu mau main wahana, ada baiknya tidak perlu menyewa yah karena tidak ada tempat untuk parkir scooter ditiap wahana. 

Kalau masih sanggup berjalan kaki untuk berkeliling, lebih baik tidak usah menggunakan scooter karena penyewaan scooter khusus untuk orang yang sangat membutuhkan saja. Kalau kamu merasa masih muda, ada baiknya berjalan kaki saja karena jauh lebih sehat loh :p

Untuk penyewaan Scooter terletak di sebelah kanan saat pintu masuk Dufan. Kalian bisa tanyakan saja ke petugasnya prosedur peminjamannya seperti apa.

Musholla dan Toilet Dunia Kartun

Musholla dan Toilet Dunia Kartun

Ada yang berbeda dengan desain cantik dan unik di Dunia Kartun. Bahkan untuk Musholla dan Toilet pun letaknya berdampingan. Buat yang bingung dimanakah letak musholla dan toilet, kalian tinggal cari saja wahana Paralayang dan Karavel. Letak Musholla dan Toilet tepat berada pada bagian tengah di kedua wahana tersebut.

Bangunan yang berwarna pink, biru dan kuning adalah untuk Musholla. Tempat wudhunya pun berada di depan gedung Musholla. Sedangkan Toiletnya terdapat warna kuning, orange, pink dan coklat. Semua warna terlihat menggemaskan saat dijadikan satu.

Pada bagian toilet terdapat kusen jendela buatan yang berwarna orange dengan bentuknya yang menggemaskan. Sedangkan musholla pada bagian kusen jendelanya memiliki warna biru. Lucu yah!!!

Air isi ulang di dekat Musholla dan Toilet Dunia Kartun

Air Isi Ulang Siap Minum

Bagi para pengunjung jangan lupakan botol minuman kalian harus selalu dibawa. Yaaahh daripada beli minuman di dalam area Dufan. Ada baiknya membawa botol minum agar bisa di isi ulang saat bermain di Dunia Kartun.

Air terasa begitu menyegarkan dan dingin pula. Jadi jauh lebih hemat bukan saat bermain di Dufan bisa bawa botol minuman sendiri. Bagi yang membawa makanan ke area Dufan pasti akan disita, beda halnya dengan botol minuman.

Botol minuman masih diizinkan untuk masuk ke area Dufan dan Dunia Kartun.

Gerbang Masuk DUNIA KARTUN

Setelah kalian tau apa saja fasilitas Dufan yang bisa dinikmati. Kini saatnya berkunjung ke Dunia Kartun yang dimana ada banyak wahana yang dapat dimainkan oleh anak-anak yang memiliki tinggi hingga 100cm.

Jadi buat para orang tua yang seringkali kecewa saat ajak putra putrinya bermain ke Dufan karena ada peraturan tinggi badan. Kini tak perlu khawatir lagi karena sekarang sudah ada banyak permainan di Dunia Kartun yang bisa dinikmati oleh anak-anak kecil.

Lokasi Dunia Kartun dari pintu masuk tepat berada di sebelah kanan saat akan memasuki wahana Dufan. Luas Dunia Kartun sebesar 3 hektare yang kini memiliki 7 wahana terbaru yang launching secara bersamaan saat liburan anak sekolah. 


MAU TAHU APA SAJA WAHA TERBARU DI DUNIA KARTUN?

Kini saatnya kami menjelajah Dunia Kartun yang telah launching untuk wahana terbarunya yang bisa dinikmati oleh anak-anak dengan desain yang unik sehingga ada banyak spot yang sangat instagramable.

Spot menarik yang ada di Dunia Kartun sangat tak mudah dilewatkan begitu saja. Apalagi permainannya yang tak disangka ada pula wahana yang memacu adrenaline dan bisa dinikmati oleh anak-anak.

Bahkan ada pula beberapa permainan yang berada di kawasan Dunia Fantasi terdapat di Dunia Kartun dengan ketinggian dan kecepatan yang pastinya jauh berbeda. 

Sekarang yuk kita menjelajahi Dunia Kartun. 

1. Baling Baling

Baling baling dapat dinikmati oleh remaja yang memiliki ketinggian hingga 30 meter dengan putaran ride 160 derajat dengan kapasitas hingga 30 orang. Sepintas memang permainan ini mirip dengan Tornado tapi jangan salah, Baling baling jauh lebih menegangkan.

Saat permainan semua pengunjung harus duduk di tiap baling baling. Setiap baling baling memiliki kursi sebanyak 5 seats. Saat semua sudah duduk dengan pengamannya masing-masing. Maka pijakan yang sebelumnya terpijak kini terbuka hingga kaki pun tergantung.

Putaran pertama terasa begitu menyenangkan karena masih pelan tapi saat sudah mulai sampai di puncak tertinggi kami pun diputar bagaikan permainan tornado. Bedanya Baling baling memiliki dua poros yang dimana satu poros akan memutar baling baling dan satu porosnya lagi di tiap baling baling akan terus berputar.

Jadi posisi duduk kami pun seakan-akan dipermainkan karena saat melayang rasanya seperti ingin terjatuh namun tertahan dan terbanting kebelakang lalu berputar-putar kembali. Tapi seruuu banget!!! Kalau kamu ingin memacu adrenaline, Baling baling wajib harus kamu coba yah.

Baling baling di Dunia Kartun


2. Karavel

Karavel atau Galleon Race memiliki kapasitas hingga 24 orang dengan minimal tinggi badan 100 cm yang dapat dinikmati oleh anak-anak, permainan yang sangat menyenangkan. Setiap kapal memiliki tempat duduk untuk 2 orang.

Jadi buat para orang tua yang ingin bermain dengan anaknya bisa duduk secara berdampingan. 

Permainan ini kalian dapat merasakan sensasinya diterjang ombak saat dalam keadaan tenang, lalu ombak tingggi menghadang sehingga membuat kapal pun tak hanya berputar pada satu poros melainkan terombang ambing bagaikan di terjang ombak besar.

Perompak pun yang mengendalikan kapal terus berputar lalu saat setiap kapal terasa seperti terombang ambing membuat kecepatan pun terasa lebih cepat. Kapal naik turun mengikuti alur ombak yang sedang menerjang kapal.

Seru banget deh tapi hati-hati bisa bikin pusing juga loh permainan ini. Tapi lucunya tidak berpengaruh dengan anak-anak karena saya pun amazing saat lihat ada banyak anak-anak yang turun dari wahana langsung berlarian untuk bermain karavel lagi. Huft rasanya kuingin jadi anak kecil lagi huhuuuu....

Karavel Dunia Kartun
Kapal perompak diterjang ombak
Antrian Karavel gemaaassss


3. Paralayang

Kalian ingin merasakan terbang melayang di langit dengan kecepatan tinggi dengan hembusan angin yang terus menerjang penerbanganmu?

Coba rasakan saja berputar dengan satu poros dengan kondisi setiap kursi melayang ke atas lalu ke bawah dan kembali melayang lagi ke atas.

Wahana Paralayang ini bisa dinikmati oleh orang tua bersama anaknya karena setiap kursi dapat berdampingan sehingga orang tua pun dapat merasakan permainan anak-anak dengan kecapatan penuh.

Sayangnya wahana Paralayang ini tidak saya suka karena setelah permainan, saya merasa mual dan pusing. Padahal saat putaran pertama staff Dunia Kartun menginformasikan kepada pengunjung jika tidak sanggup melanjutkan permainan bisa turun dari wahana tersebut.

Berhubung saya pun merasa penasaran dengan permainannya. Jadilah saya masih melanjutkan Paralayang dan akhirnya tepar juga karena mual dan pusing. Hahahaha... 

Wahana Paralayang yang unik 
Paralayang Dunia Kartun


4. Turbo Drop


Wahana Turbo Drop sangat mirip dengan Hysteria dengan ketinggian yang berbeda. Turbo Drop memiliki ketinggian hanya 8 meter saja. Jadi anak-anak pun bisa menikmati permainan dengan berat badan maksimal 75kg. Sedangkan Hysteria memiliki ketinggian hingga 20 meter.

Sayangnya saya tidak ikut naik permainan ini karena malu, mayoritas anak kecil yang bermain di wahana Turbo Drop. Jadilah saya hanya melihat mimik wajah anak-anak yang dengan senangnya bermain Turbo Drop dengan teriakannya sambil tertawa.

Turbo Drop ini tidak seekstrim dengan Hysteria. Permainan ini secara perlahan akan naik lalu dijatuhkan dengan kecepatan tidak terlalu kencang. Lalu naik lagi kembali dengan kecepatan sedang langsung turun ke bawah kembali.

Lokasi Turbo Drop di dekat Kolibri
Turbo Drop hampir mirip dengan Hysteria


5. Kolibri

Ada yang tau Gajah Bleduk?

Nah kolibri ini hampir sama dengan Gajah Bleduk, hanya saja visual Dunia Kartunnya yang terlihat bebeda dengan putaran ride hingga  360 derajat yang berkapasitas hanya 28 orang saja.

Saat berputar kemudinya bisa dikendalikan sehingga bisa naik turun semaunya dengan putaran yang tidak terlalu kencang sehingga sangat aman jika dinaiki oleh anak-anak. Bahkan orang tua pun juga bisa ikut mendampingi saat permainan berlangsung.

Ada satu hal lagi yang berbeda dengan Kolibri yaitu tinggi badan anak 100 cm dapat menikmati permainan ini kalau Gajah Bleduk bisa dinaiki untuk anak dengan ketinggian 110 cm.

Kolibri Dunia Kartun

6. Zig Zag Bumper Car

Permainan bom bom car sama seperti dengan zig zag. Wahana ini sudah dipadati oleh anak-anak yang siap beraksi dengan mengendalikan kemudi untuk dapat berputar-putar seakan sedang balapan. Zig zag berkapasitas 20 mobil untuk kapasitas 40 orang.

Setiap mobil memiliki 2 seat yang berdampingan, sehingga anak pun dapat ditemani oleh orang tuanya saat sedang balapan mobil di dalam arena balap. Wahana Zig Zag tidak pernah sepi dari pengunjung karena ada banyak sekali peminatnya.



7. New Ontang Anting

Permainan New Ontang Anting adalah salah satu wahana yang juga banyak digemari. Kalian bisa merasakan berputar di atas langit dengan kecepatan tinggi sehingga membuat perputaran yang awalnya terasa lambat hingga terus dengan kecepatan tinggi.

Wahana Ontang Anting bergerak hingga 360 derajat sesuai arah jarum jam yang membuat para pengunjung berteriak karena kegirangan. Bisa dibilang permainan ini tidak terlalu ekstrim namun bisa membuat sedikit mual dan pusing.

Sedihnya permainan New Ontang Anting adalah salah satu wahana yang wajib saya hindari. Entah mengapa saya selalu mual, pusing dan muntah setelah bermain New Ontang Anting. Ada yang bilang faktor U tapi ada juga yang bilang saat bermain pada waktu yang tidak tepat. 

Entahlah jadi saya sudah tidak bisa lagi bermain New Ontang Anting. Hiks

New Ontang Anting
Menantikan presentasi Haunted Coaster dari Pihak Dufan

Dunia Kartun sebenarnya memiliki 9 wahana terbaru. Namun untuk kedua wahana terbaru seperti Haunted Coaster dan Magical Unicorn masih belum launching bulan ini. 

Jadi kalian harus bersabar sampai akhirnya kedua wahana tersebut akan hadir. Sedikit bocoran saja yang saya dapatkan dari Kak Ticha Hestiningrum Desanti selaku Vice President Brand Promotion and Activation kalau permainan Haunted Coaster ini sangat ditunggu oleh pengunjung.

Haunted Coaster

Haunted Coaster memiliki rel track yang sangat panjang sejauh 600 meter. Permainan ini mirip roller coaster, namun bedanya permainan ini tidak berada di luar ruangan melainkan berada di dalam ruangan. 

Kalian akan dibawa ke dalam abad 19 yang dimana kalian harus menyelamatkan diri dari serbuan serigala. 

Kecepatan roller coaster yang begitu kencangnya untuk menghindari serangan serigala sehingga kecepatan melaju tak hanya ke depan saja melainkan kalian akan merasakan seperti di tarik dengan kecepatan penuh.

Bayangkan saja, saat melaju kencang harus siap meluncur dengan ketinggian hingga 14 meter. Lalu melaju cepat dengan ketinggian yang sama. 

Rasanya sudah tidak sabar saja ingin merasakan sensasinya bermain Haunted Coaster yang akan launching pada bulan Desember 2019.

Magical Unicorn

Pertunjukan show ini akan berlangsung pada bulan Oktober 2019 dengan menyajikan live show yang menarik dengan tema kartun seperti unicorn pun akan hadir di Magical Unicorn. Biasanya anak-anak sangat suka dengan pertunjukkan Magical Unicorn.

Tak hanya itu saja, ada pula loh souvenir yang dijual dengan tema unicorn. Jadi siapkan kantong kalian agar bisa membeli souvenir lucu dan unik dari Unicorn.


DUNIA KARTUN INSTAGRAMMABLE

Tak terasa permainan yang baru telah hadir di Dufan dan kini anak-anak pun bisa menikmati permainan di Dunia Kartun. Ada banyak spot yang instagramable yang dimana bagi siapapun yang datang ke Dunia Kartun akan merasa senang berfoto-foto.

Kalian akan merasa seperti masuk ke dalam Dunia Kartun yang begitu penuh warna. Antrian pun jangan ditanya, Tiap permainan selalu ada antrian panjang. Melihat anak-anak berlarian kegirangan dengan pantauan orang tua, membuat Dunia Kartun serasa milik anak-anak.

Memang Dunia Kartun mayoritas dipenuhi dengan anak kecil tapi tak menutup kemungkinan ada pula banyak orang dewasa yang juga ikut memantau anak-anaknya berlarian kesana kemari.




Sempat agak malu sih saat bermain di Dunia Kartun karena saat antri pun lebih banyak anak kecilnya ketimbang orang dewasa. Kalaupun ada orang dewasa, sudah dipastikan orang tua dari anak tersebut. Jadilah saat bermain di Dunia Kartun tidak semua wahana saya coba.

Yah hanya saja ada permainan seperti Baling baling yang mayoritas saat bermain pun berbarengan dengan abege alias anak baru gede. Permainan ini lebih banyak peminatnya kaum lelaki, mungkin karena perputarannya dari dua poros jadi terlihatnya sangat ekstrim.

Padahal kalau kita rasakan sendiri, jauh lebih seru kok dan pastinya kecepatannya tidak terlalu kencang seperti di Tornado. Jadi jauh lebih aman jika anak-anak ikut merasakan permainan ini.

Kupon annual pass dan kupon makan
Area Food Court di Dunia Kartun
Fun Gelato di Dunia Kartun

Setelah hampir seharian bermain di wahana Dunia Kartun. Kami pun mencari makanan yang bisa mengisi perut agar bisa bermain di wahana lainnya. Ternyata food court telah tersedia di Dunia Kartun dengan bentuk yang begitu unik dan lucu.

Bagi para orang tua yang sudah lelah menemani anak-anaknya bermain, bisa juga loh mampir di tempat makan yang berjualan seperti columbus yang menjual aneka ayam, Basoka yang menjual bakso, Dekko yang juga menjual makanan seperti ayam penyet serta Fun Gelato yang menjual ice cream.

Kebetulan kedatangan kami dapat undangan dari Dufan yang dimana kami dibekali kupon sebanyak 40 lembar yang senilai Rp. 400.000. Kami bisa makan sepuasnya selama berada di Dunia Kartun dengan aneka pilihan makanan yang telah ditentukan.

Tempat permainan games seperti lempar bola dll
Souvenir Dufan
Sekian sudah bermain-main di Dunia Kartun Dunianya anak-anak. Terima kasih banyak atas undangannya bisa mencoba semua wahana terbaru di Dunia Kartun. Akhirnya saya pun mendapatkan annual pass kembali.

Terima kasih kepada Frelly dan Ronald yang sudah seharian bermain di Dunia Kartun. Semoga saja saat launching Haunted Coaster di bulan Desember kami bisa merasakan sensasi menegangkan saat launching pertama.

Kami sudah tidak sabar menantikan kehadiran Haunted Coaster yang sangat di tunggu-tunggu. 


DUNIA FANTASI
Facebook : Dufan-Taman Impian
Instagram : @infodufan
Youtube : Dufan Ancol
Website : www.ancol.com 

Cheers,
23 September 2019






2 komentar:

  1. Wahhh udah lama juga gak ke Dufan, ternyata sekarang udah banyak banget wahana baru dan menggiurkan disana. Pasti seru...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seruuu abis apalagi pas cobain baling baling, bikin nagih. Cobain deh kalau lagi main ke Dufan

      Hapus

Yuk ah komen daripada cuma sebarin Spam

Copyright 2012 Dian Juarsa. Diberdayakan oleh Blogger.