Selasa, 17 Desember 2019

Houbii 3rd Anniversary ada promo menarik selama liburan sekolah



Houbii Urban Adventure Park yang kini sedang menyelenggarakan ulang tahunnya yang ketiga, gelar rangkaian kompetisi indoor adventure keluarga di bulan Desember ini yang didukung oleh Greenfields sebagai sponsor utama rangkaian acara.

Wahana indoor adventure park terbesar di Indonesia, Houbii terletak di Pondok indah yang dimana tepat pada hari Minggu tanggal 15 Desember 2019 akan menampilkan Neona, Fateh Halilintar serta workshop bersama Psikolog Perkembangan Anak dari Klinik Pela 9 dan Donna Agnesia sebagai sebagai guest speaker  yang akan berbagi pengalaman seru menikmati olahraga bersama keluarga.

Berhubung kehadiran saya selama di Houbii tidak bisa menikmati seluruh permainan disana karena sedang hamil muda. Jadilah saya tertarik mengikuti workshop bersama Psikolog Perkembangan Anak dan Donna Agnesia yang akan membahas jauh lebih dalam lagi tentang perkembangan anak di Generasi Z dan Generasi Alpha.

Generasi Z : Lahir dari tahun 1995 - 2009, Digital Natives, mahir menggunakan teknologi, Terhubung secara global terhadap dunia digital, Fleksibel, Cerdas dan Toleran terhadap budaya yang berbeda. 

Sedangkan Generasi Alpha : Lahir dari tahun 2010 - 2025, Google Kids/iGen, mengenal teknologi, memanfaatkan teknologi dengan benar dan akrab dengan teknologi.

PARENTING WORKSHOP

Seperti yang kita ketahui saat ini banyak sekali anak dibawah umur satu tahun telah memiliki gadget masing-masing. Sedangkan gadget memiliki dampak negatif bagi perkembangan anak diantaranya yaitu :

  • Anak jadi kurang aktif karena terlalu lama di depan layar gadget dan dapat mengakibatkan obesitas akibat tidak adanya pergerakan yang dilakukan oleh anak
  • Anak memiliki gangguan kesehatan mata karena terlalu lama berada di depan layar gadget
  • Anak jadi tidak terlalu aktif sehingga membuat kondisi tubuh anak menjadi mudah lelah
  • Sulitnya berkonsentrasi saat melakukan sesuatu
  • Kondisi anak jadi lebih agresif
  • Sulitnya mengontrol emosi anak
  • Terpapar pornografi

Dari sharing di atas saya dapatkan dari Ibu Kristin seorang psikolog dari Klinik Pela 9 yang memberikan informasi tersebut dari para orang tua yang seringkali sharing tentang perkembangan anak.

Sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh para ibu agar dapat membantu anak bermain dan bergerak agar tidak terlalu fokus dengan gadget yang mereka miliki. Bahkan ada yang sangat perlu diperhatikan bagi orang tua, di umur berapakah saat yang tepat untuk anak memiliki gadget masing-masing. 

Ibu Kristin, Donna Agnesia dan MC
Sekarang kita bahas terlebih dahulu untuk usia anak yang aman saat memiliki gadget dan batas waktu yang harus diberikan oleh para orang tua agar anak tidak berlebihan saat menggunakan gadget.

Peran orang tua sangat penting bagi perkembangan anak, berikut beberapa informasi yang bisa dilakukan oleh para orang tua agar paham batasan waktu yang dapat diberikan oleh anak saat bermain gadget, yaitu :

  • Anak berumur dibawah 2 tahun tidak boleh menggunakan gadget dan dapat diberikan hanya pada saat video call saja. Itu pun tidak sampai berjam-jam, hanya beberapa menit saja.
  • Anak berumur 2 - 5 tahun bisa diberikan gadget dengan batasan waktu minimal sejam dan harus didampingi orang tua saat menggunakan gadget
  • Anak di atas 5 tahun diberikan pembatasan waktu bermain gadget selama dua jam sehari
  • Jangan belikan gadget khusus untuk anak dibawah umur 13 tahun.
  • Tetapkan area bebas gadget di area rumah seperti area kamar anak. Jangan ada TV ataupun komputer di dalam kamar
  • Dorong anak melakukan aktivitas lain yang melibatkan interaksi langsung dan berhubungan dengan dunia nyata
  • Pilihlah kegiatan lain yang membuatnya bergerak secara fisik dan menantang secara mental
  • Jadilah role model yang baik untuk anak.
Donna Agnesia dan Anaknya yang cantik
Ada beberapa tipe permainan anak yang bisa dilakukan bersama orang tua agar anak tidak terlalu fokus dengan gadget seperti :

Konstruktif play yaitu ajak anak bermain dengan cara menyusun sesuatu seperti menyusun balok atau menyusun puzzle.

Simbolik Play yaitu Ajak anak bermain dengan kegiatan seni seperti melukis, bernyanyi dan bermain dengan cat lukisan.

Dramatic Play yaitu Ajak anak bermain pura-pura seperti menjadi dokter, pilot, penyanyi dan lain sebagainya. Agar melatih imajinatif anak saat bermain.

Kompetitif Play yaitu ajak anak berolahraga seperti kegiatan outbond, bermain ular tangga, hide and seek dan masih banyak lagi. Tujuannya agar anak bisa bergerak dan tetap aktif.

Physical Play yaitu aktivitas yang membuat anak aktif seperti motorik kasar dan motorik halus. Contohnya untuk motorik kasar seperti berlari dan memanjat. Sedangkan motorik halus berkaitan dengan jemari tangan.

Sama halnya seperti orang tua saat mengajak anak bermain di Houbii Urban Adventure Park yang dimana ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan selama bermain disana.

Seperti yang diungkapkan oleh Bapak Edo Ariesta Afrianto selaku General manager Houbii Urban Adventure Park yang memiliki misi adanya interaksi antara anak dan orang tua dengan cara berolahraga seperti loncat di atas trampoline bersama yang memiliki manfaat sebagai kardio untuk anak dan juga orang tua.

Houbii memiliki luas lebih dari 3.000 meter dan berkapasitas hingga 1.500 orang dengan rancangan arena yang modern serta aman untuk semua orang. 

Oleh karena itu, Houbii mengajak keluarga Indonesia untuk melakukan quality parent-child time dengan melompat di area trampolin, memanjat di area climb dan ropes, hingga berlari dan melompat di area Dodge Ball serta Houbii Slam.


Ada info menarik bagi para orang tua selama sebulan yaitu Holiday Pass yang berlaku dari 15 desember 2019 - 15 January 2020 dengan membayar tiket masuk lalu lakukan top up sebesar Rp. 100.000. Maka anak kalian dapat bermain sepuasnya tanpa biaya lagi.

Sayangnya, promo diatas tidak berlaku untuk pendamping yah. Jadi tiket yang berlaku tetap di harga normal yaitu :
  • Solo (1 orang) sebesar Rp. 225.000/pax
  • Buddy (2 - 3 orang) sebesar Rp. 200.000/pax
  • Combo (4 otang lebih) sebesar Rp. 175.000/pax

Tiket diatas sudah termasuk dari playpack dan grip socks. Jadi bagi para anak dan pendamping diwajibkan menggunakan kaos kaki khusus. Sedangkan sepatu dan sandal wajib diletakkan di area penyimpanan yang telah tersedia.

Tak perlu khawatir saat ajak anak bermain di Houbii karena dari biaya tiket masuk yang telah dibayarkan sudah termasuk dari asuransi dan adanya tim medis yang tersedia di Houbii. Sehingga jika terjadi sesuatu yang tak diinginkan, Houbii telah bekerjasama dengan rumah sakit Siloam.

SAFETY ROPE COURSE

Saat memasuki area Houbii tepat di sebelah kanan kalian akan melihat permainan untuk uji keseimbangan dan keberanian. Anak yang memiliki tinggi di atas 110 cm bisa bermain di Safety Rope Course ini. 

Bagi yang ingin bermain Safety Rope Course disarankan untuk menggunakan helm pengaman dan harness yang akan disangkutkan kepada tali yang dimana setiap kaki berpijak dan mulai berjalan, rel tali tersebut harus di pindahkan setiap ganti poisi.


Saat permainan berlangsung tiap anak tidak dapat saling mendahului karena tali yang tersangkutkan pada rel harus berjalan sejajar. Jika ingin mendahului orang yang berada di depannya, paling tidak harus berpindah posisi dan geser posisi tali yang tersangkutkan pada rel ke arah yang berlawanan.

Safety Rope Course ini memiliki banyak rintangan yang harus di lewati seperti sedang masuk ke dalam hutan yang dipenuhi dengan beragam macam tangga, ayunan, jaring, tangga yang menjuntai, tiang pemadam kebakaran dan hula hoop yang dapat dilewati dengan beragam rintangan.

Kegiatan ini akan melatih kekuatan tangan kalian dan juga melatih keseimbangan. Setiap rintangan yang menanti akan ada uji ketangkasan dalam mengatur posisi tubuh agar dapat dilewati dengan lancar dan tanpa kendala.

SAFETY MAIN COURT

Trampolin raksasa yang memiliki 12 trampoline tekuk ke arah dinding dengan beberapa trampoline yang terletak pada bagian tengah arena dapat membuat anak bebas loncat dari satu trampolin ke trampolin lainnya.

Ada banyak manfaat bermain trampolin untuk anak yaitu dapat meningkatkan keteramplian motorik anak, dapat membantu meningkatkan koordinasi dan keseimbangan, melompat dapat menghilangkan stress, bergerak aktif di atas trampolin akan melancarkan aliran oksigen ke otak dan bermain trampolin juga dapat memberi efek positif pada masalah perilaku anak-anak.

Permainan trampoline di area Safety Main Court di khususkan untuk anak di atas 110cm. Bagi anak yang tinggi badannya di bawah dari itu, butuh pengawasan orang tua saat berada di atas trampolin.

X - SLIDE

Yakin bermain X Slide di Houbii?

Ketinggian dari X-Slide ini mencapai hingga 7 meter loh dengan penurunan 902 derajat. X-Slide berbeda dengan slide lainnya. Kalian harus siap meluncur dari ketinggian yang akan membuat jantung berdegup lebih kencang lagi.

Ada beberapa anak yang mengurungkan niatnya untuk berseluncur karena mungkin sudah jiper duluan saat melihat ketinggian dari X-Slide tersebut.

Tapi ada pula beberapa anak yang terlihat begitu excited dengan X-Slide dan berani mencobanya hinge berkali-kali. Siapkan jantung kalian saat bermain X-Slide dan jangan pernah pejamkan mata saat bermain X-Slide karena akan membuat kepala jadi lebih pusing.

SAFETY FOAM PIT & MINI WALL CLIMB

Yuhuuuuu permainan yang sangat disukai anak-anak ini pun dapat melatih keberanian anak. Mereka bisa memanjat dengan ketinggian sesuka hati tanpa pengaman apapun dan kalian bisa melompat dan terjun langsung ke area busa yang begitu empuk.

Jika tak ingin memanjat, anak pun bisa melompat dari ketinggian hingga 1 meter lalu mendarat di area busa yang berwarna-warni.

Tak hanya melatih keberanian saja melainkan dapat melatih uji ketangkasan, kekuatan dan konsentrasi saat berusaha memanjat setinggi mungkin.

HAPPY LITTLE GYM

Bagi anak yang memiliki usia di bawah 3 tahun atau memiliki tinggi badan di bawah 110 cm. Orang tua dapat mengajak bermain di area Happy Little Gym. Disini pun anak dapat bermain secara leluasa tanpa gangguan.

Permainan yang berada di area Happy Little Gym terbuat dari busa sehingga jauh lebih aman saat anak bermain dan berloncatan di dalamnya. Tapi sayangnya, sebagian pendamping banyak yang lebih memilih bermain trampolin ketimbang masuk ke area ini untuk anaknya.

memang tak jadi masalah. Akan tetapi, sangat beresiko jika anak dengan tinggi badan di bawah 110 cm bermain di Safety Main Court. Pengawasannya harus jauh lebih ketat agar tidak tersenggol dengan anak lainnya yang memang masuk dalam kriteria permainan.

SAFETY FREE RUN

Permainan disini untuk anak yang memiliki tinggi di atas 110cm dan sudah terbilang expert karena seringkali Safety Free Run dijadikan latihan untuk para atlet. Free Style selalu jadi andalan mereka saat bermain di area Free Run. 

SAFETY DODGE BALL

Ada yang tau permainan dodge ball?

Buat kalian yang tertarik untuk bermain dodge ball di atas trampoline, area Safety Dodge Ball adalah tempat yang tepat untuk permainan dodge ball.

Peraturan permainan dodge ball yang harus kalian lakukan adalah permainan maksimal untuk 8 pemain tiap timnya, saat melempar bola harus dengan tangan bukan dengan kaki yah, posisi pemain terakhir yang masih bertahan adalah pemenangnya dan terakhir keputusan wasit tidak dapat diganggu gugat oleh pemain.

Kamu akan dinyatakan keluar dari permainan akibat kamu sudah terkena lemparan bola dari pihak lawan, kamu melempar bola dan ditangkap oleh pihak lawan, kamu melempar bola dan terkena pada bagian kepala, kmau memegang bola selama 10 detik lamanya dan terakhir kamu melewati dan memasuki zona aman atau zona netral.

Seru bukan jika permainan ini dilakukan secara beramai-ramai.

SAFETY SLAM DUNK

Buat pecinta bola basket, di Houbii telah tersedia Safety Slam Dunk yang dimana kalian bisa merasakan sensasinya menjadi pemain NBA. Bayangkan saja kalian bisa melompat lebih tinggi agar bisa melempar bola setinggi mungkin.

SAFETY AIR BAG


Setelah asik bermain di semua area yang ada di Houbii. Neona hadir untuk tampil di atas panggung dan tak disangka antusias anak-anak yang ada disana sangat excited sekali saat melihat Neona tampil dengan enerjik.

Semua anak yang berada disana berlarian dan duduk rapi di depan panggung sembari mengabadikannya dengan ponsel mereka masing-masing. Tapi ada pula banyak anak yang sangat menikmatinya tanpa menggunakan gadget.

Sayangnya Fateh Halilintar tampil saat di sore hari dan saya tak sempat menunggu atraksinya Fateh di atas panggung. Semoga Houbii memberikan hiburan yang sangat menarik bagi anak-anak.

Cheers,
17 Desember 2019

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk ah komen daripada cuma sebarin Spam

Copyright 2012 Dian Juarsa. Diberdayakan oleh Blogger.