Selasa, 26 November 2019

Flower Dome dan Cloud Forest di Gardens by the bay Singapore


Yuhuuuuu kami sudah tiba di Gardens by the bay setelah menunggu para lelaki jumatan sebelum kami bisa berjalan-jalan kembali. Sebelum kesini kami sempat keliling Ion Orchard terlebih dahulu. Gak belanja sih, palingan cuma foto-foto saja.


Nah setelah jumatan kelar, kami melanjutkan perjalanan menuju Gardens by the bay. Enaknya di Singapore di tiap perjalanan tidak pernah ada kata MACET!!!

Jadi saat tour guide mengatakan "Kita akan tiba di gardens by the bay pukul 2 siang" yah benar adanya tepat jam dua kami telah tiba disini. jaraknya pun hanya memakan waktu tak sampai hingga setengah jam.

Sesampainya di Gardens by the bay, kami tidak langsung masuk karena ritual biasanya kalau anak kantor kumpul ya pastinya harus ada kenang-kenangannya dulu. Jadi kami bisa berfoto bersama, jarang-jarang kan teman kantor bisa lengkap. Yah walaupun ada satu orang yang tidak bisa ikut.



Jarak dari pemberhentian bus menuju pintu masuk terbilang lumayan jauh juga yah. Buat kalian yang akan mengunjungi Gardens by the bay, gunakanlah sepatu yang nyaman agar perjalanan kalian tak terganggu karena kesakitan.

Jarak dari pemberhentian bus menuju pintu masuk berjarak hingga 500 meter. Tapi selama diperjalanan menuju pintu masuk kalian akan disuguhkan dengan banyaknya tanaman rimbun sepanjang perjalanan. Belum lagi suara burung berkicauan pun menemani perjalanan kami.

Yah anggap saja kita sedang masuk ke dalam hutan yang berada di tengah kota. Udaranya pun sejuk walaupun siang itu terasa begitu terik sekali.

Garden by the bays adalah salah satu taman di tengah kota yang merupakan taman buatan yang dirancang oleh pemerintah Singapura seluas 101 hektar. Ada tiga taman tepi laut disini yaitu Bay South garden, Bay East Garden dan Bay Central Garden.

Dari ketiga area tersebut, Bay South garden adalah area wisata yang paling luas karena terdapat atraksi wisata seperti Supertree Grove, OCBC Skyaway, Flower Dome dan Cloud Forest. 

Biaya tiket masuk untuk kedua taman konservatori (Flower Dome dan Cloud Forest) sebesar 28 dollar Singapore. Jumat, 4 October 2019 nilai dollar Singapore ke Rupiah Rp. 10.300 jadi biaya tiket masuknya sebesar Rp. 288.400.

Bagi yang tertarik dan ingin mengunjungi Gardens by the bay, taman berteknologi mutakhir ini buka pada pukul :
  • Taman Konservatori : 09.00 AM - 09.00 PM
  • OCBC Skywalk : 09.00 AM - 09.00 PM
  • Supertree Groove : 05.00 AM - 02.00 AM
  • Outdoor Gardens : 05.00 AM - 02.00 AM



SUPERTREE GROVE

Gardens by the bay dibuka pada tahun 2012 di atas tanah reklamasi dari laut. Kawasan ini terbilang unik karena adanya penggabungan antara alam dengan teknik dan teknologi muktahir yang dapat menciptakan lingkungan dengan menampilkan tanaman di seluruh dunia.

Supertrees adalah struktur mirip pohon yang mendominasi lanskap taman dengan ketinggian dari 25 meter hingga 50 meter. Seringkali pohon ini disebut dengan pohon baja yang dirancang oleh Grant Associates dengan rekayasa  imajinatif Atelier One dan Atelier Ten yang memiliki banyak fungsi.

The Supertrees adalah rumahnya bagi tumbuhan pakis, tanaman merambat, anggrek dan berbagai macam koleksi tumbuhan bromeliads yang telah dilengkapi dengan teknologi lingkungan yang meniru fungsi ekologi pohon seperti sel fotovoltaik yang memanfaatkan energi matahari yang dapat digunakan untuk beberapa fungsi.

Beberapa fungsi dari Supertrees seperti pencahayaan, memiliki kesamaan bagaimana cara tumbuhan berfotosintesis, bagaimana cara tumbuhan menyerap air, pengumpulan air hujan yang digunakan untuk irigasi dan air mancur, dan terakhir memiliki fungsi pemasukan dan pembuangan udara sebagai bagian dari sistem pendingin konservatori.



OCBC SKYWALK

Selain Supertrees groove, ada pula OCBC Skywalk yang bisa kalian kunjungi dengan pemandangan yang begitu indah dari ketinggian. Apalagi setiap malam tepat pukul 07.45 PM dan 08.45 PM akan selalu ada The Mesmerizing Garden Rhapsody Show.

The Mesmerizing Garden Rhapsody Show akan menampilkan tata cahaya visual terbaik yang dimana pertunjukan cahaya akan menyesuaikan irama musik yang biasanya lagu diputar yaitu instrumental.  

Sayangnya kedatangan kami ke Gardens by the bay hanya tiga setengah jam saja. jadi tepat pukul 05.30 PM kami harus kembali ke bus untuk menuju restaurant. 

Jadi buat teman-teman jangan sampai kelewatan yah The Mesmerizing Garden Rhapsody Show, nantinya akan menyesal loh kaya saya ini :(

OCBC Skywalk memiliki ketinggian hingga 22 meter dengan panjang hingga 128 meter  yang dimana kalian dapat menikmati pemandangan panorama Gardens by the bay dan Marina Bay Skyline. 

Ada biaya tiket yang harus kalian bayar jika ingin merasakan sensasinya berjalan di OCBC Skywalk dengan harga 8 dollar Singapore = Rp. 82.400.

Shuttle Service

Buat kamu yang ingin berkeliling Gardens by the bay tanpa capek, kalian bisa mencoba Shuttle Service yang beroperasi pada pukul 09.00 AM - 09.00 PM setiap harinya. Shuttle Service ini akan berkeliling konservatori dan Bayfront Plaza.

Jika ingin berkeliling dengan menggunakan Shuttle Service, jangan lupa beli tiketnya yah dengan biaya 3 dollar sing = Rp. 30.900. Bagi penumpang yang menggunakan kursi roda tidak dipungut biaya apapun.

Pembelian tiket bisa di Ticketing Counters yang terletak di :
  • The Canopy (Dekat pintu masuk Flower Dome)
  • Bayfront Plaza & Floral Fantasy (Dekat pintu keluar MRT Bayfront)
  • Supertree Grove (Tiketing khusus pembelian OCBC Skywalk)

Tak hanya shuttle service saja, disini juga tersedia penyewaan baby stroller dan wheelchair.

Untuk penyewaan baby stroller dikhusukan untuk anak dengan berat badan maksimal 15 kg, dengan biaya sewa sebesar 2 dollar sing = Rp. 20.600 perhari dengan batas waktu maksimal peminjaman pukul 09.00 PM. Terakhir peminjaman pukul 08.00 PM.

Sedangkan untuk wheelchair dikenakan biaya sebesar 2 dollar sing = Rp. 20.600 perhari dengan batas waktu maksimal peminjaman pukul 09.00 PM. Terakhir peminjaman pukul 08.00 PM. Sama halnya dengan baby stroller.

Peminjaman baby stroller dan wheelchair terdapat di The Canopy (Visitor Services Centre), Golden Garden & Floral Fantasy (Information Counter).


FLOWER DOME

Sebelum memasuki Flower Dome, kami diberikan tiket satu persatu karena saat berada di dalam kami bisa terpisah dengan rombongan. Tapi dengan catatan, tepat pada pukul 05.00 PM kami harus berkumpul kembali di tempat semula kami berkumpul sebelum masuk ke konservatori.

Tiket yang telah diberikan pun jangan sampai hilang karena tiket tersebut bisa di pakai untuk masuk ke Flower Dome dan Cloud Forest.

Saat akan memasuki Flower Dome, Tiket akan di scan oleh petugas dan kemudian pengunjung bisa menikmati pemandangan di dalam Flower Dome yang memiliki iklim menyesuaikan dengan tema bunga saat kalian kunjungi.

Flower Dome setiap tahunnya akan memiliki tumbuhan bunga yang seringkali berbeda, jadi tak heran jika Flower Dome selalu dipadati oleh pengunjung dari berbagai negara.

Pintu Masuk Flower Dome

Kubah Bunga

Bunga Dahlia

Saat memasuki kubah bunga dengan design yang berteknologi tinggi. Siap-siap kalian akan tercengang dengan pemandangan di dalamnya. 

Bagi pecinta bunga akan merasa sangat bahagia saat melihat seluruh bunga di Flower Dome bermekaran. Tapi tak menutup kemungkinan bagi mereka yang tidak terlalu menyukai bunga pun akan terkesima dengan kebun bunga yang berada di dalam rumah kaca ini.

Flower Dome memiliki luas hingga 1.2 hektar yang memiliki iklim dengan suhu dari 23 derajat celcius - 25 derajat celcius. Makanya di dalam Flower Dome terasa begitu dingin saat berada di dalam ruangan walaupun matahari begitu terik.

Bunga Mawar

Bunga Azalea Putih

Bunga Daisy

Setiap per tiga bulan bunga yang tumbuh di Flower Dome akan terus berganti mengikuti bulan tertentu kapan bunga-bunga itu akan bermekaran. 

Seperti contoh saat Flower dome ini dipenuhi dengan bunga tulip yang akan bermekaran pada bulan April - Mei. Sedngkan bunga sakura bermekaran pada bulan Maret - April. Tergantung tema tiap bulannya, akan ada bunga apa lagi selanjutnya.

Nah di bulan November 2019 - Jan 2020 akan ada schedule untuk Poinsettia Wishes Floral Display.

Saat kedatangan kami di bulan September, Bunga yang menghiasi beberapa spot yang ada di Flower Dome seperti Bunga Azalea, Bunga Rhodendron, Bunga Calendula, Bunga Aster, Bunga Dahlia dan masih banyak lagi berbagai jenis bunga yang bermekaran.

Selfie bareng Bunga Daisy

Bunga Rhododendron
Bunga Aster

Selama berkeliling di Flower Dome, pengunjung sibuk mengabadikan moment yang dimana Flower Dome memiliki keindahan dengan beragam jenis bunga yang memiliki warna berbeda-beda. Kalian akan bingung memilih jalur mana yang bisa dilalui agar semua spot bisa dikunjungi.

Flower Dome ini memiliki ratusan ribu jenis bunga. kalian bisa memilih ke jalur kanan yang dimana kalian akan melihat berbagai jenis tumbuhan kaktus dengan pemandangan marina bay sands dari kejauhan.

Untuk jalur sebelah kiri, ada beragam jenis bunga dengan sebuah lorong yang telah dipenuhi dengan bunga dan daun rambat sehingga bisa untuk dijadikan spot instagamable dengan indahnya bunga yang berwarna-warni ada disana.

Sayangnya saat saya melihat tangga, saya tidak sempat naik ke atas tangga tersebut karena dikejar-kejar oleh waktu. Buat kamu yang ingin berkunjung ke Gardens by the bay, ada baiknya gunakan waktu seharian untuk menikmati keindahan taman kota berteknologi tinggi. 





Tak hanya tumbuhan bunga dan kaktus saja yang ada di Flower Dome. Ada pula beragam jenis pohon ada disini. Batang pohon yang tumbuh pun terlihat begitu unik dengan bentuknya yang tidak beraturan. 

Semua tumbuhan di Flower Dome tumbuh begitu sempurnanya dengan kecantikan dan keindahannya yang membuat para pengunjung berdecak kagum. Udara dingin yang telah dibuat sedemikian rupa agar tumbuhan tidak mati karena kepanasan.

Tumbuhan pun memiliki iklim yang berbeda-beda, sehingga suhu di dalam Flower Dome perlu diatur sesuai dengan tumbuhan apa yang ada di dalam Flower Dome. Memang tiap beberapa bulan, tumbuhan yang hidup di Flower Dome akan berbeda mengikuti tema yang ada.





CLOUD FOREST

Jangan heran dengan antrian di Cloud Forest karena di dalamnya terdapat air terjun buatan yang begitu tinggi. Selama antrian, saya menghabiskan waktu hampir setengah jam lamanya. Itu pun bisa dibilang termasuk paling cepat karena kebetulan saat antri tidak terlalu jauh dari pintu masuk.

Saat telah melewati pintu masuk kalian akan kagum dengan air terjun buatan yang memiliki tinggi hingga 35 meter dengan derasnya air yang berjatuhan dari ketinggian. Cipratan air yang menghembus karena adanya angin membuat pakaianmu terkena cipratan air.

Tak hanya itu saja, bahkan ada yang ela mmebawa jas hujan plastik agar bisa berfoto pada bagian bawah air terjun dekat dengan sekat seperti pagar agar pengunjung tidak melewati batas yang elah ditentukan.

Pintu Masuk Cloud Forest
Tiket Masuk yang sama dengan Flower Dome

Air terjun buatan di Cloud Forest
Cloud Forest memiliki luas hingga 0.8 hektar yang dimana kelembaban 80% - 90% dengan suhu dari 23 derajat celcius - 25 derajat celcius. Cloud Forest lebih tinggi ketimbang Flower Dome karena Cloud Forest menyerupai hutan puncak gunung setinggi tujuh lantai. 

Kondisi cuaca di Cloud Forest pun menyerupai kelembaban di dataran tinggi antara 1.000 meter hingga 3.000 meter di atas permukaan laut.

Di dalam Cloud Forest kalian akan menemukan keanekaragaman hayati dan geologi hutan yang unik dan berfungsi sebagai daya tarik utama dari destinasi holtikultura terkemuka di Singapore.

Waterfall View

Cloud Walk
Pada bagian Cloud Forest kalian dapat merasakan beberapa sensasi seperti saat kalian masuk kalian bisa merasakan hembusan angin yang sedikit tertutup kabut dengan percikan air yang berasal dari air terjun.

Tak hanya itu saja, pada bagian lantai dasar terdapat Secret Garden, Cloud Forest Gallery dan Cloud Forest Theatre. Jika kalian masih memiliki cukup waktu untuk explore Cloud Forest kalian bisa naik ke atas dengan menggunakan lift. Antrianya jangan ditanya yah, udah pasti lebih panjang lagi antriannya.

Jika ingin merasakan seperti di atas puncak gunung, kalian akan menemukan Lost World dan dapat melewati Cloud Walk seperti jembatan yang berkelok dengan melihat keindahan dari keanekaragaman hayati dan geologi.

Setelah itu, bisa turun dengan melewati jalan setapak dari Cloud Walk menuju Treetop Walk yang memiliki panjang hingga 122 meter. Setelah melewati Treetop Walk kalian akan menemukan Crystal Mountain yang menampilkan berbagai staklatit dan staglamit dan kristal berlubang.


Sedihnya saya hanya dapat menikmati pada bagian lantai dasar saja. Sehingga tak dapat menikmati bagian atasnya karena waktu yang tak memungkinkan. Saran terbaik saat mengunjungi Gardens by the bay adalah sempatkan waktu seharian untuk explore semuanya.

Apalagi travellingnya saat weekend yang artinya dimana-mana selalu padat dengan pengunjungnya. Sekian sudah petualangan kami selama di Gardens by the bay yang dimana saya banyak menyesalnya karena tidak terlalu menikmati perjalanan disana akibat ramainya pengunjung dan banyak spot yang tidak dapat dikunjungi :(

 Cheers,
26 Nov 2019

DISCLAIMER :
Tulisan ini murni dari pengalaman pribadi. Seluruh biaya yang dikeluarkan pun dari kantor. Tidak ada paid promote, collaboration ataupun Sponsorship.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk ah komen daripada cuma sebarin Spam

Copyright 2012 Dian Juarsa. Diberdayakan oleh Blogger.