Rabu, 15 Januari 2020

Buang Air Besar Berdarah saat Kehamilan Trimester Pertama


Siapa sih yang tidak khawatir dengan kondisi ada bercak darah di celana dalam setelah BAB yang begitu menyiksa telah terjadi saat kehamilan di usia kandungan 12 minggu. banyak yang bilang jangan paksakan mengejan tapi apa daya, perut ini rasanya mules gak karuan.

Sebenarnya sebelum saya hamil, tidak ada riwayat ambeien yang pernah saya alami. Walalupun sempat BAB tidak lancar tapi tidak pernah sampai kejadian ambeien. Memang dari dulu kalau BAB tidak tiap hari melainkan bisa dua hari sekali atau tiga hari sekali.

Selama ini saya tidak pernah merasa terganggu dengan kondisi yang jarang BAB. Walaupun banyak yang bilang ada gangguan di pencernaan saya. Tapi saya tidak merasa ada kesakitan ataupun BAB keras untuk dikeluarkan.

Makanya saat di kehamilan pertama saya ini, baru pertama kali saya merasakan begitu susahnya BAB. Bahkan saya bisa menghabiskan waktu di dalam toilet hingga sejam lamanya. Sempat nangis kencang selama di dalam toilet saking stressnya kenapa begitu susah BAB keluarnya.

Suami pun sempat curiga, jangan-jangan ambeien dan yang terasa ingin keluar bukannya pup melainkan benjolan yang terdapat di dalam anus. Sempat suami pun memberikan saran untuk berhenti mengejan dan sentuh bagian anus. Apakah memang ada sesuatu seperti benjolan keluar?

Ternyata yah benar saja, ada benjolan yang seakan keluar padahal masih berada di ujung dan belum sempat keluar. Suami pun memberi saran untuk segera periksa ke dokter karena takut membahayakan janin.

APA SAJA TANDA GEJALA AMBEIEN

Ada beberapa tanda gejala ambeien yang saya rasakan, yaitu :
  • BAB keras dan terasa sensasi panas pada anus
  • Keluar darah berwarna merah terang setelah BAB
  • Rasa sakit di dekat anus
  • Terdapat tonjolan di sekitar anus
  • Nyeri, mules atau sakit selama atau setelah BAB
  • Terasa ada tekanan yang tidak nyaman. Padahal sudah tidak ada apa-apa

PENYEBAB AMBEIEN SAAT HAMIL

Kami pun langsung berobat ke dokter dan selama konsultasi dengan dokter memang seringkali ibu hamil ada yang merasakan ambeien selama kehamilan. Itu hal yang wajar karena disebabkan oleh rahim yang mulai membesar hari demi hari dan juga terjadinya peningkatan hormon progesteron selama kehamilan menyebabkan dinding pembuluh darah mengendur dan menyebabkan mereka lebih mudah membengkak. Sehingga progesteron berkontribusi terhadap sembelit dengan memperlambat kerja saluran usus ibu hamil.

Setelah periksa ke dokter setidaknya agak sedikit tenang kaena dapat pencerahan yang setidaknya saya tau bagaimana cara mengurangi agar tidak terjadi lagi ambeiennya. Obat yang diresepken oleh dokter berupa obat herbal yang dapat saya beli di apotik luar yaitu Ardium Tablet 500mg.


CARA MENGATASI AMBEIEN SAAT HAMIL

Ada beberapa cara yang harus diterapkan saat keadaan ambeien agar dapat mengurangi rasa nyeri dan kalau bisa jangan sampai kambuh lagi, yaitu :
  • Perbanyak minum air putih agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Jika air biasa bikin mual dan muntah seperti apa yang saya alami. Mungkin bisa coba dengan air hangat.
  • Perbanyak makanan berserat tinggi. Berhubung saya tidak terlalu suka dengan sayuran, jadilah saya gantikan dengan jus beetroot dengan apel setiap pagi sebelum makan (Saat perut kosong). 
  • Jangan duduk terlalu lama karena semakin memberikan tekanan pada pembuluh darah anus dan rektum
  • Lakukan senam kegel agar dapat melancarkan aliran darah yang bisa meredakan dan mencegah ambeien atau wasir.
  • Berendam dengan mengisi air bak kamar mandi dengan air hangat dan rendam tubuh selama 10 - 15 menit setiap hari (2 atau 3 kali sehari).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk ah komen daripada cuma sebarin Spam

Copyright 2012 Dian Juarsa. Diberdayakan oleh Blogger.