Senin, 18 Mei 2020

Pencarian USG 4D termurah di Jakarta tahun 2020


Kehamilan saya seminggu lagi akan memasuki usia 28 minggu yang artinya akan menmginjak 7 bulan. Biasanya kalau umur janin sudah memasuki trimester ketiga, dedek bayi a.k.a Baby J bisa terlihat  lebih jelas bentuk wajahnya seperti apa.

Saya sangat penasaran sekali, ingin rasanya bisa melihat raut wajah Baby J yang lagi meringkuk di dalam perut. Makanya saya pun sangat berinisiatif untuk mencari USG 4D termurah di Jakarta.

Memang harga USG 4D terbilang sangat mahal dari harga USG 2D atau 3D. Makanya saya harus rajin cari informasi kesana kemari agar mengetahui biaya yang harus dikeluarkan.

USG 4D tuh ada yang tidak di cover asuransi loh. Tapi balik lagi yah tiap asuransi memiliki kebijakan yang berbeda. Tidak semuanya sama, jadi buat kamu yang penasaran apakah di cover asuransi atau tidak. Kalian bisa tanyakan kepada pihak asuransi yang kalian gunakan saat ini.

Sebenarnya dokter saya tidak terlalu menyarankan untuk USG 4D karena memang selama kontrol kehamilan Baby J dalam keadaan normal dan tidak ada kelainan apapun.

Akan tetapi berhubung saya memang sudah tidak sabar ingin melihat wajah Baby J. Jadilah saya agak sedikit memaksa ke suami untuk diperbolehkan USG 4D.

Alhamdulillahnya suami pun memperbolehkan untuk USG 4D dan saya pun sangat berantusias untuk mencari rumah sakit yang menyediakan USG 4D dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Sebelum pencarian rumah sakit yang menyediakan USG 4D. Ada baiknya kita cari tahu terlebih dahulu manfaat dari USG 4D yang bisa dirasakan oleh ibu hamil.

USG 2D di Rumah Sakit Siloam Semanggi

APA MANFAAT USG 4D?

Selama kontrol kehamilan di rumah sakit, dokter saya selalu memberikan print out USG 2D yang dibandrol dengan  biaya Rp. 250.000 belum termasuk dengan biaya konsultasi dokternya yah. Berhubung tiap rate dokter berbeda, jadi saya tidak mencantumkan biaya konsulnya.

Setiap bulan saya selalu rutin untuk USG 2D karena memang tiap rumah sakit memiliki kebijakan yang berbeda.

Ada juga kok rumah sakit yang dimana USG dapat dilakukan hanya sekali saja selama trimester pertama dan trimester kedua. Jadi selama kehamilan hanya 3 kali saja di USGnya. Kembali lagi semua tergantung dari kebijakan kamu dan pihak rumah sakit yah.

USG 2D hanya bergambar hitam putih saja. Bahkan kita pun terkadang bingung melihatnya mana bagian kepala dan mana bagian kaki, jadi masih terlihat sangat samar.

Beda halnya dengan 3D dan 4D yang memiliki gambar jauh lebih jelas terlihatnya. Beruntungnya waktu saya ajak keponakan kontrol kehamilan. Saya diberikan hasil cetak 3D secara gratis oleh dokter. Sehingga hasil gambar yang saya dapatkan memang jauh lebih jelas.

Nah sekarang saya akan mencoba untuk USG 4D yang memiliki manfaat dapat mendeteksi kelainan pada janin seperti dapat melihat kondisi janin, apakah ada kelainan pada tengkorak bayi, bibir sumbing, kaki bengkok atau kondisi spina bafida (bayi gagal berkembang dengan baik).

USG 3D di Rumah Sakit Pertamina

Selain itu, USG 4D lebih akurat dalam mendeteksi jenis kelamin bayi. Namun kondisi itu pun tergantung juga dengan posisi bayi saat di USG. Terkadang ada pula bayi yang enggan menunjukkan jenis kelaminnya karena tertutup pangkal paha atau lain sebagainya.

Seperti kasus teman saya, sudah 2 kali mencoba USG 4D maksud hati ingin melihat jenis kelamin bayinya. Eeeehh ternyata si dedek bayi posisinya hanya terlihat punggungnya saja dan untuk kedua kalinya tertutup oleh pangkal pahanya.

Bahkan untuk menunjukkan wajahnya pun enggan. Setiap USG 4D pasti saja wajahnya di tutup oleh kedua tangannya. Jadi harap sabar-sabar ya bunda. Gak selamanya USG 4D bisa berhasil begitu saja. 

Dari hasil pencarian informasi mengenai USG 4D yang terbaik di usia kandungan berapa. Ternyata ada baiknya dilakukan saat usia kandungan sudah memasuki 26 - 30 minggu. Agar dapat terlihat lebih jelas.

Tapi tak menutup kemungkinan, ada banyak juga kok ibu hamil yang sudah melakukan USG 4D saat usia kandungan menginjak 24 minggu. 

Jika USG 4D dilakukan diatas 30 minggu, kepala bayi mungkin berada di bawah panggul. Jadi percuma saja untuk cek USG 4D.

BIAYA USG 4D DI JAKARTA

Berhubung biaya USG 4D sangatlah mahal dan biayanya pun takut tidak di cover asuransi. Maka dari itu, saya pun berinisiatif untuk mencari informasi mengenai biaya USG 4D di tiap rumah sakit yang berada di Jakarta.

Berikut saya akan sharing ke kalian dari hasil pencarian USG 4D dari yang paling mahal hingga yang paling murah.

RS Pondok Indah - Puri Indah 
Biaya yang dikenakan untuk USG 4D + CD Rp. 1.500.000 dan untuk rate konsultasi dokter dari Rp. 300.000 - Rp. 500.000.

Alamat : Jl Puri Indah Raya S-2, RW 02. Kembangan Sel. Jakarta. 021 25695200.


RSIA Bunda Menteng
Biaya yang dikenakan untuk USG 4D memiliki perbedaan jika anaknya single atau kembar. Untuk biaya USG 4D + Konsultasi Dokter untuk Single Rp. 1.800.000. Sedangkan biaya USG 4D + Konsultasi Dokter untuk Kembar Rp. 2.500.000. 

Mohon maaf sebelumnya, Saya tidak dapat informasi apakah dapat CDnya juga atau hanya print out USG 4D saja.

Alamat : Jl Teuku Cik Ditro. No. 28. RT/RW 009/002. Gondangdia, kec Menteng. Jakarta Pusat. 1 500 799.


RS Siloam Semanggi
Biaya yang dikenakan untuk USG 4D Rp. 884.000 belum termasuk dengan biaya konsultasi dokter. Sedangkan di Siloam Semanggi hanya satu dokter yang dapat melakukan USG 4D yaitu dr. Alvin Setiawan dan harus bikin janji dulu sebelum datang ke rumah sakit.

Alamat : Jl Garnisun No. 2 - 3 Karet Semanggi, Kec Setiabudi. Jakarta Selatan. 021 29962888.


RS YPK Mandiri
Biaya yang dikenakan untuk USG 4D Rp. 1.300.000. Biaya tersebut sudah termasuk dari biaya konsultasi dokter dan juga CD. Untuk melakukan USG 4D mohon bikin janji terlebih dahulu ya bun.

Alamat : Jl Gereja Theresia. No. 22. RT/RW 007/004. Gondangdia, kecamatan Menteng. Jakarta Pusat. 021 3909725.


RS Anggrek Mas
Biaya yang dikenakan untuk USG 4D Rp. 450.000 sudah termasuk dengan biaya konsultasi dokter. Sayangnya hanya dapat print out saja tanpa CD dan biaya adminnya sebesar Rp. 45.000. Untuk USG 4D disini tidak perlu membuat janji terlebih dahulu, Jadi kalian bisa langsung datang saja.

Alamat : Jl Anggrek. No. 2. RT/RW 009/002. Kebon Jeruk. Jakarta Barat. 021 5305720.


Dari seluruh hasil penelusuran saya untuk USG 4D, kemungkinan saya akan mencoba USG 4D di Rumah Sakit Anggrek.

BAD NEWS

Pasien covid 19 kini sudah tembus mencapai 17.000 orang. Walhasil suami pun menolak untuk datang ke Rumah Sakit Anggrek Mas karena kondisi saat ini semakin kacau. Apalagi saat kontrol kehamilan, kami berdua diwajibkan untuk screening paru-paru dan rapid test.

Sedangkan biaya tersebut tidak di cover oleh BPJS ataupun asuransi lain karena alasannya sebagai preventif, bukan karena ibu hamil ada gejala yang mengacu pada covid 19.

Jadi pihak rumah sakit memiliki protokol kesehatan untuk screening terlebih dahulu sebulan sebelum melahirkan. Doakan kami semoga hasil dari screening paru dan rapid testnya negatif, agar kami bisa diberi kelancaran dan kemudahan saat proses persalinan nanti. Amiiinnnnn..

Info diatas yang saya dapatkan adalah hasil dari bertanya kepada customer service di tiap rumah sakit yah. Jadi untuk biayanya pun sewaktu-waktu pasti akan ada perubahan. Terima kasih sebelumnya telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat bagi para ibu hamil yang ingin sekali USG 4D.


Cheers,
18 May 2020
Disclaimer : biaya yang saya dapatkan dari hasil pencarian melalui pertanyaan ke tiap customer service di rumah sakit tersebut yah. Untuk biayanya pun berlaku hanya di tahun 2020, jadi tiap tahun pasti akan ada perubahan biayanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk ah komen daripada cuma sebarin Spam

Copyright 2012 Dian Juarsa. Diberdayakan oleh Blogger.