Jumat, 30 Oktober 2020

Rapid Test atau Serologi Test Covid-19 di RS Pondok Indah Bintaro

Tak terasa sudah 7 bulan work from home dan akhirnya kantor bisa buka kembali dengan syarat tertentu. 

Ada beberapa persyaratan yang harus kami patuhi sebelum masuk ke kantor, yaitu :

  • Wajib Rapid Test/ Serologi Test Covid-19 sebelum mulai beraktivitas kembali di kantor.
  • Setelah mendapatkan hasil Rapid Test/Serologi Test, wajib memberikan hasilnya ke HRD. Jika hasilnya Reaktif maka karyawan dilarang masuk kantor.
  • Aktivitas karyawan di kantor dibatasi hanya sampai sore pukul 17.00 WIB
  • Pembagian shift karyawan dibagi menjadi 2 team. Jadi kami kerja seminggu di kantor dan minggu depannya kerja di rumah.
  • Mengikuti protokol kesehatan yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Dari persyaratan diatas sebenarnya saya pernah melakukan test serologi saat akan melahirkan. Tapi untuk hasil test serologi hanya berlaku selama 14 hari saja. Jadi saya harus mengulang serologi test lagi.

Ada 2 pilihan yang dapat saya pilih yaitu Rapid Test atau Serologi Test. Dari kedua test tersebut saya lebih memilih Serologi Test karena hasilnya jauh lebih akurat ketimbang Rapid Test.


Memang dari segi biaya pun berbeda. Biasanya Rapid Test dikenakan biaya sebesar Rp. 150.000 sedangkan Serologi Test sebesar Rp. 250.000. Bila ada tambahan surat keterangan untuk perjalanan maka harganya menjadi Rp. 350.000.

Harga diatas berlaku di Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro. Kebetulan saya melakukan test tersebut di rumah sakit terdekat.


Jumat, 30 Oktober 2020 saya melakukan Serologi Test via drive thru. Tempat untuk melakukan Rapid Test/Serologi Test berada di area parkiran. Jadi tidak perlu turun dari mobil karena perawat akan datang menghampiri ke tiap mobil yang berdatangan.

Saat pendaftaran, perawat akan meminta data dan KTP kita. Hasil test akan dikirim melalui email. Jadi saya hanya menulis alamat email dan tanda tangan saja. Untuk pembayaran bisa cash, debit card dan credit card.

Setelah didata, saya tinggal menunggu giliran dipanggil oleh security. Setelah security memanggil giliran saya, mobil kami akan diarahkan ke tenda putih. Disanalah saya akan melakukan Serologi Test.



Cara mendeteksinya dilakukan dengan mengambil darah pada bagian lengan lalu darah akan dimasukkan ke tabung darah untuk diproses di Laboratorium.

Hasil dari Serologi Test akan keluar selama 2 jam. Sedangkan Rapid Test hanya 15 menit saja hasilnya sudah keluar.



Alhamdulillah hasilnya non reactive dan ada catatan harus di test ulang setelah 7 hari kemudian untuk memastikan kembali hasil berikutnya.

Jadi minggu depan saya bisa kembali kerja di kantor. Yeaaayyyy...

Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat ya teman-teman. 

Cheers,
30 October 2020



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk ah komen daripada cuma sebarin Spam

Copyright 2012 Dian Juarsa. Diberdayakan oleh Blogger.