Jumat, 20 Agustus 2021

Sawah Segar Sentul : Resto di area persawahan

Hari libur telah tiba, rumah kami kedatangan Mertua, Adik ipar dan Keponakan. Sayangnya saat kedatangan mereka, di rumah sedang tidak ada apa-apa. Jadilah adik ipar kasih ide untuk makan diluar di daerah Sentul, Bogor. 

Untungnya lokasi rumah ke Sentul tidaklah jauh. Yah hanya menghabiskan waktu 30 menit saja untuk sampai ke Sentul.

Perjalanan kami dari rumah pada pukul 10.30 WIB. Letak rumah kami di daerah Sawangan, Bojongsari Baru. Berhubung kami tidak tau tempatnya dimana. Jadilah Waze mulai beraksi.

Resto ini memang sedang hitz dikalangan anak muda. Kalau saya malah tidak tau sama sekali. 

Kedatangan kami pun juga hanya untuk makan siang saja disana. Ada resto di area persawahan dengan udara yang begitu sejuk.

Bagi kalian yang datang ke Sawah Segar Sentul menggunakan kendaraan mobil harap berhati-hati yah karena jalanan yang sempit, berkelok dan adanya tanjakan curam yang membuat pengendara harus selalu waspada. Apalagi tiap weekend perjalanan menuju Sentul selalu dipenuhi oleh kendaraan berplat B a.k.a warga Jakarta.

Sawah Segar Sentul terletak di Jl. Air terjun bidadari. Bojong Koneng, Babakan Madang. Sentul, Bogor. Di area Babakan Madang memang ada banyak resto yang lagi hits. 

Disana ada beberapa resto yang sangat ramai pengunjung sehingga membuat jalanan yang sempit jadi bikin macet.

Area resto yang kami lewati sebelum sampai di Sawah Segar Sentul yaitu Omah Omar, Villa Aman D'sini, The Edensor hills, gaya rimba resto alam dan barulah Sawah Segar Sentul.

Setelah melewati the edensor hills, kami masih mengikuti jalan hingga akhirnya menemukan banner bertuliskan Curug Bidadari. 

Disana akan ada warga yang meminta pungutan biaya liar. Warga tersebut akan meminta uang seikhlasnya kepada tiap pengendara. Daripada ribet berurusan dengan warga sana, walhasil kamipun memberikan uang seadanya.

Jalanan menuju Sawah Segar Sentul sangatlah jelek dan banyak bebatuan lepas. Apalagi ada beberapa turunan curam yang harus kami lewati. 

Disana kami melewati Gaya Rimba Resto Alam, setelah beberapa puluh meter barulah kami menemukan Sawah Segar Sentul.

Tempat parkir di depan Sawah Segar Sentul hanya cukup untuk sekitar 10 mobil saja. Jadi kalaupun banyak pengunjung yang membawa mobil berdatangan. Siap-siap saja mobil kalian akan terparkir sedikit jauh dari restonya. 

Beruntung kami mendapatkan parkir di dekat resto. Jadi tak perlu kejauhan untuk jalan menuju resto.

Saat akan memasuki Sawah Segar Sentul akan disambut dengan lagu sunda yang khas dengan gemercik air dan terdengar suara angin yang membuat seluruh tumbuhan disana bergoyang sehingga menghasilkan suara yang mendayu-dayu.

Rumah joglo di dekat pintu masuk sudah ada pelayan yang menyambut kami memberikan beberapa menu sebelum kami mendapatkan tempat untuk makan. 

Disana ada rumah kayu, gubuk pinggir sawah dan beberapa gazebo di samping area persawahan. Jadi kami tidak dapat menentukan mau makan di area mana.

Setelah kami memesan makanan seperti Gurame asam manis, Satu ekor ayam kampung, Sayur kangkung dan sop iga dilengkapi dengan es jeruk dan teh manis menghabiskan biaya sebesar Rp. 660.000. 

Harga yang cukup mahal menurut saya untuk makan disana. Tapi untuk rasanya jangan ditanya ya guys karena memang enak juga sih.

Kami mendapatkan tempat makan di gubuk dekat persawahan. Sayangnya gazebo disana sudah dipenuhi pengunjung dan untuk rumah kayu hanya bisa untuk 4 orang saja. 

 

Sebelum makanan tiba, kami sempat berkeliling sawah. Siang itu sangat terik sekali, tapi rasanya tidak begitu panas karena angin sepoi-sepoi. 

Seluruh tumbuhan bergerak mengikuti arah angin dan teriakan anak-anak yang seringkali terdengar karena mereka sangat excited untuk berjalan di area persawahan.

Disana ada kandang ayam, kolam ikan, ayunan dan kursi santai untuk menikmati pemandangan sawah yang menghijau dengan keindahannya. Ada beberapa spot untuk pengunjung bisa berfoto di tengah sawah. 


Beberapa kali kami berpapasan dengan pengunjung lainnya, akan tetapi karena area persawahannya sudah dilengkapi dengan bebatuan/conblock. Sehingga sangat aman jika saat itu hujan turun dan bagi pelayan yang akan mengantarkan makanan kepada pengunjung pun tak perlu khawatir akan becek dan licinnya area persawahan disana.

Bagi orang tua yang membawa anak-anak harap selalu mengawasi anak kalian. Walaupun area persawahan sudah dilengkapi dengan bebatuan dibagian jalan setapaknya. tetap saja akan sangat berbahaya kalau sampai harus terjatuh di area persawahan.

Air terus mengalir dan kolam ikan dipenuhi oleh anak-anak yang sedang memberikan makanan kepada ikan. 

Bahkan ada beberapa anak-anak yang berfoto dengan menggunakan bendera merah putih. Yah seniat itu pengunjung datang dengan membawa bendera merah putih. hehehehe...

Ada beberapa peraturan yang harus diikuti oleh pengunjung, seperti :

  • Pelanggan wajib meninggalkan KTP saat order makanan
  • Untuk makan di gazebo saat weekdays diberi waktu selama maksimal 90 menit. Sedangkan weekend atau holiday maksimal 60 menit. Kalau butuh nambah waktu lagi, kalian harus bayar 300.000/jam
  • Minimum order Rp. 400.000/saung
  • Untuk pemotretan prewedding atau komersil. Wajib lapor pihak management sawah segar sentul. Hmmm sepertinya ada biaya tambahan.
Nah sekarang kalian tau kan apa saja sih peraturan yang harus kalian perhatikan saat order makanan disana. Jadi gak bisa sembarangan datang gitu saja dan hanya untuk berfoto saja. Semuanya ada aturannya bung.


Untuk biaya yang diterapkan di gazebo sebenarnya masuk akal sih karena memang tempat itu jadi incaran pengunjung saat akan makan disana.

Beda halnya jika kalian memilih makan di gubuk atau rumah kayu. Tidak ada peraturan seperti itu sama sekali.

Fasilitas yang diberikan Sawah Segar Sentul ada musholla dan toilet yang bersih. Jadi tak perlu khawatir saat akan mencari tempat untuk beribadah.

Bahkan untuk tempat cuci tangan saja, ditiap saung sudah tersedia washtafel. Jadi gak perlu repot kan kalau mau cuci tangan.

Sekian sudah pengalaman kami makan di Sawah Segar Sentul. Semoga bermanfaat dan kalian pun juga ingin mencoba makan disana. Ingat ya makan disini agak sedikit merogoh kocek lebih dalam lagi. Tapi untuk sajian makanan dan viewnya sih oke semua. The best lah!!!

Cheers,
20 Aug 2021

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk ah komen daripada cuma sebarin Spam

Copyright 2012 Dian Juarsa. Diberdayakan oleh Blogger.