Senin, 22 Januari 2018

Kereta Ekspress SHIA dari Stasiun Sudirman Baru (BNI City)


Minggu, 21 January 2018 saya dan Dinda menghabiskan waktu dijalan dengan menggunakan kereta. Yap naik kereta dari rumah menuju Bandara Soekarno Hatta. 

Saya bertempat tinggalkan di Ciledug harus menggunakan kereta dari Stasiun Jurang Mangu menuju Stasiun Tanah Abang untuk bertemu dengan Dinda. Dari Stasiun Tanah Abang kami masih harus transit ke Peron 3 menggunakan kereta jurusan Bogor dan turun di Stasiun Sudirman Lama.

Setelah bertanya dengan keamanan stasiun, untuk menuju Stasiun Sudirman Baru (BNI City) diharuskan berjalan kaki dari Stasiun Sudirman Lama.

Kalau kamu sudah sampai di Stasiun Sudirman Lama, keluar terlebih dahulu dari stasiun untuk menuruni anak tangga hingga Blora setelah itu belok kiri dengan berjalan kaki sekitar 200 meter saja, tidak terlalu jauh kok dari Stasiun Sudirman Lama.

Bisa juga dengan menggunakan Bus Transjakarta loh. Nama halte busway di Stasiun Sudirman Baru (BNI City) yaitu Halte Stasiun Sudirman Baru. 

Rute Bus Transjakarta yaitu Stasiun Sudirman Baru (BNI City) - Hotel Indonesia - Sarinah - Bank Indonesia - Gambir - Istana Negara - Monas. 

Untuk Rute Kedua dari Bus Transjakarta yaitu Stasiun Sudirman Baru (BNI City) - Hotel Indonesia - Tosari - Dukuh Atas - Karet - Semanggi - Kuningan - Rasuna Said - Menteng.

Jadi bagi kalian yang males bawa kendaraan pribadi juga bisa kok dengan mudahnya menggunakan transportasi umum. 

Sesampainya di Stasiun Sudirman Baru (BNI City) kami disambut oleh security yang telah memberikan pengarahan untuk membeli tiket kereta. Kami harus naik kelantai 1 dengan mengunakan travelator, tidak ada lift untuk menuju lantai 1 saat didepan pintu masuk.

Travelator menuju lantai dua

Sesampainya diatas, kami berdua kagum dengan Stasiun Sudirman Baru (BNI City) dengan interior yang terlihat mewah.

Lantai marmer dengan  nuansa serba putih dihiasi tiang dibagian atap berwarna orange memberikan kesan yang tidak monoton dengan penghias tanaman dibagian tengah, dimana para pengguna kereta dapat menunggu dilobby ini.

Beberapa security yang berjaga pun dengan ramahnya memberikan informasi kepada pengunjung yang kebingungan saat tiba di Stasiun Sudirman Baru (BNI City). Maklum stasiun ini baru saja beroperasi pada bulan Desember 2017. Jadi masih banyak yang belum paham bagaimana cara membeli tiket dan lain sebagainya.

Lobby Stasiun BNI City

Keberangkatan dan Kedatangan kereta sudah terorganisir dengan sangat baik. Saat kami tiba di Stasiun Sudirman Baru (BNI City) tepat pada pukul 10.31 AM.

Security yang membantu meminta kami untuk segera bergegas karena kereta akan tiba tepat pukul 10.51 AM.

Benar saja, Kereta tiba tepat pada waktu yang telah ditentukan. Tak perlu khawatir tertinggal kereta karena setiap setengah jam sekali kereta akan tiba sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Information of Railink

FASILITAS RAILINK

  • Vending Machine

Bergegas mencari mesin tiket untuk pembelian tiket karena disini untuk pembelian tiket tidak dapat menggunakan cash melainkan dengan debit card, credit card, prepaid card atau voucher.

Tak perlu khawatir tidak bisa menggunakan mesin tersebut karena akan selalu ada staff yang siap membantu kalian untuk memberikan pengarahan dalam pembelian tiket.

Semua jenis kartu debit bisa digunakan dan untuk kartu kredit yang bisa digunakan berlogo Visa, Mastercard dan JCB.

Prepaid Cash / e-money yang bisa digunakan adalah BRIZZI, BNI Tapcash, Jakcard dan TCash.

Setiap mesin pembelian tiket sudah dibatasi dengan sekat antrian agar warga Jakarta lebih membudidayakan ANTRI #ups maaf capslocknya rusak :p

Ticket Machine
Cara pembelian tiket :
- Pilih Buy Ticket
- Setelah itu Reguler Ticket
- Pilih tujuan stasiun yang akan dituju. Contoh : BST (Bandara Soekarno Hatta)
- Ubah Number of Passenger jika penumpang lebih dari satu orang
- Pilih Jam keberangkatan yang kamu inginkan
- Setelah selesai klik Booking
- Cek terlebih dahulu keberangkatanmu. Jika sudah benar, masukkan nomor handphone
- Setelah itu, Print
- PEMBAYARAN : pilih Kartu Debit/Kartu Kredit/Prepaid Card/Voucher
- Setelah memilih kartu mana yang akan digunakan, masukkan ke EDC machine
- Saat proses payment EDC masukkan password kartu debit/gesek kartu kredit pada EDC machine
- Setelah semua proses selesai maka tiket yang dibutuhkan akan keluar sesuai nominal yang dibeli 

Airport Railway Ticket

Airport Railway Ticket sudah ditangan dan kini saatnya memasuki koridor stasiun yang terletak dilantai G. 

Saat akan memasuki koridor, kami harus melewati pintu otomatis yang dimana bagian barcode harus di tap in kebagian lampu yang menyala agar pintunya terbuka secara otomatis.

Untuk turun ke koridor kalian bisa menggunakan travelator atau menggunakan lift. Keduanya bisa kalian gunakan sesuai kebutuhan.

Awal kereta beroperasi harganya diskon hingga 70 persen menjadi Rp. 30.000. Namun sekarang harganya sudah menjadi Rp. 70.000. Kemungkinan akan ada kenaikan harga menjadi Rp. 100.000 tapi informasi ini masih tentative dan belum ada kepastian.

  • Comfortable Seat

Memasuki kereta dengan interior yang mewah, jajaran kursi yang begitu luas dan tidak terlalu berdempetan. Kaki pun bisa selonjoran selama dikereta. 

Memang kereta yang super nyaman dan patut diacungi jempol dengan perubahan transportasi umum yang lebih baik.

Kereta Ekspress SHIA (Soekarno Hatta International Airport) ini untuk permulaan buka jalur hanya di Stasiun Sudirman Baru (BNI City) dan Stasiun Batu Ceper. Rencananya akan ada di Stasiun Manggarai dan Stasiun Duri juga. Untuk saat ini kedua stasiun tersebut masih dalam proses, harap bersabar yah warga Jakarta.

Comfortable Seats
Jarak kursi yang tidak terlalu berdempetan memberikan kenyamanan kepada penumpang dengan desain jendela yang lebar dan kursi yang dapat direbahkan dan juga ditegakkan.

Tombol untuk merubah kursi berada disisi kanan dan kiri kursi. Sehingga memudahkan penumpang saat akan merubah posisi duduk.

Kursi yang juga tidak terlalu kecil dengan sekat dibagian atas untuk menyimpan tas dan cahaya lampu yang begitu terang dibagian tengah koridor kereta.

Luxury Design

Forward Facing Train Seats
Tak hanya itu saja, ditiap gerbong memiliki Forward Facing Train Seats sehingga dapat memudahkan penumpang untuk berpindah tempat saat kereta meluncur.

Saya pikir posisi kursi hanya ada satu arah saja sehingga saat keberangkatan saya menuju Soekarno Hatta International Airport posisi duduk saya menjadi berjalan mundur. Hahahaa... 

Jadi buat kalian, mumpung kereta bandara masih sepi. Coba deh jalan dulu cari kursi lain sebelum kereta sudah melaju agar tau posisi duduk mana yang lebih nyaman. Karena saat duduk dikursi lebih enak maju kedepan ketimbang seperti berjalan mundur.

  • Disabled Seats

Gerbong kereta saat ini memiliki 6 gerbong diantaranya terdapat Disables Seats pada gerbong 1 dan gerbong 6 masing-masing 4 pasang kursi dengan posisi berhadapan seperti commuterline.

Kursi ini hanya berada dibagian tiap ujung gerbong. Mungkin akan ada beberapa yang belum paham. Tapi tak perlu khawatir karena di tiap peron kereta akan selalu ada security yang berjaga disana.

Disabled Seats

Wheelchair Fastener
Bagian samping kursi disabilitas terdapat pengikat untuk kursi roda. Jadi penumpang dapat dipindahkan ke kursi disabilitas.

Pengikat ini dapat dikencangkan dan dilonggarkan sesuai dengan ukuran dari kursi roda yang dibawa.

Fasilitas ini dapat memudahkan penumapang yang berkebutuhan khusus. Jangan lupa yah letak gerbong manakah khusus untuk kursi roda.

  • Charging USB Port

Lupa charger handphone atau lupa charger power bank yang akan dibawa untuk travelling?

Tidak perlu khawatir saat kalian menaiki kereta bandara karena setiap kursinya terdapat Charging Port USB. 

Waktunya pun untuk charger hp juga cukup kok karena perjalanan menuju bandara memakan waktu selama 50 menit. Mungkin kalau tidak ada berhentinya di Stasiun Batu Ceper bisa lebih cepat lagi yah.

Charging Port USB
Jangan lupa bawa USB cable masing-masing yah. Karena pihak bandara tidak menyediakan USB cable. 

Juga tak perlu rebutan dengan penumpang disebelah karena setiap kursi ada 2 colokan untuk USB cable kok. Perjalanan terasa aman dan nyaman selagi ada colokan. pasti kalian lebih khawatir hp mati kan ketimbang ketinggalan dompet :p

  • Baggage Here

Setiap gerbong kereta memiliki tempat untuk menyimpan koper ataupun carrier bag bawaan kalian.

Letak untuk tempat penyimpanan tas berada didekat pintu sehingga memudahkan penumpang saat akan turun dari kereta.

Ada juga tempat penyimpanan tas dibagian atas kursi untuk tas yang berukuran lebih kecil dan mudah dibawa kemana saja.

Put your luggage here


Kebanyakan penumpang yang membawa barang bawaan tidak mau meletakkan terlalu jauh dari mereka sehingga masih saja ada penumpang yang membawa kopernya ke tempat mereka duduk.

Untungnya kondisi kereta saat ini masih sepi, jadi masih dimaklumi. tapi nanti saat kereta sudah benar-benar ramai. Ada baiknya simpanlah tas pada tempat yang telah disediakan yah. Karena kenyamanan tak hanya difasilitasi dari pemerintah saja melainkan bermula dari diri sendiri.

  • Toilet + Nursery Room

Sebenarnya menggunakan kereta ada enaknya juga. Kenapa? karena saat sudah tidak tahan ingin buang air, Kereta SHIA telah menyediakan fasilitas toilet yang dilengkapi dengan meja untuk mengganti pakaian bayi.

Penumpang tak perlu khawatir selama diperjalanan jika sudah tak tahan ingin buang air.

Bagi orang tua yang memiliki bayi pun tak perlu was was karena di toilet Kereta SHIA multifungsi dengan disediakannya meja khusus untuk mengganti pakaian bayi. Tak hanya di toilet wanita saja melainkan di toilet pria pun juga ada.



Toilet dengan nuansa putih yang berukuran kecil memiliki pintu yang didorong kesamping. Sempat agak bingung saat membuka pintu toilet. Untungnya ada cleaner yang memberitahu cara membuka pintunya. Inget yaaa...tarik kesamping.

Disini toiletnya pun dilengkapi dengan flush jet layaknya seperti toilet di pesawat.

Kondisi toilet dikereta terbilang sempit dan saat kereta melaju kencang terasa sekali guncangannya selama didalam toilet. Kebayangkan maksud saya seperti apa.

  • Bonus (Instagramable)

Nah ini dia nih bonusnya berada di Kereta SHIA, posisi ditengah koridor kereta bisa juga dijadikan spot yang kece buat di instagram. Hahaha..

Mungkin buat kamu yang suka sekali di foto atau suka fotoin orang. Kondisi didalam kereta ini terbilang keren untuk menghiasi feed instagrammu.


  • Integrated Building Bandara Soekarno Hatta

Sesampainya di Integrated Building bandara Soekarno Hatta. Kami akan menuju skytrain, lagi-lagi kami terkesima dengan desain interiornya yang begitu unik. Bagian tengah lobby terdapat pohon kelapa yang dapat mempercantik ruangan dengan posisi kedua eskalator berada tepat disisi kanan dan sisi kiri.

Tak hanya itu saja, dibagian tengah lobby juga terdapat Alfa Express, Bakso A fung dan banyak lagi. Jadi disini juga tak perlu khawatir kelaparan.

Vending machine and Information board

Waiting Lounge

Blue Lounge
Waiting Lounge dengan furniture berwarna hijau dan biru menghiasi ruangan untuk penumpang sekedar istirahat sejenak sebelum kereta tiba.

Disini pun tersedia banyak tempat charger disetiap sudut ruangan.
  
Tak hanya disediakan tempat charger saja. Jika kamu bosan menunggu kereta tiba, kamu bisa menonton TV karena bagian sudut kanan dan sudut kiri terdapat LCD TV.

Toilet di Stasiun Sudirman Bau (BNI City)
Ada yang unik di Stasiun Sudirman Baru (BNI City) yaitu toilet nya yang unik. 

Saat memasuki toilet terdapat hiasan daun diantara kaca dengan washtafel ber-marmer putih dengan jumlah 4 buah dan kebersihan toilet yang masih terjaga memberikan kenyamanan kepada setiap penumpang.

Bagaimana?

Bangga kan punya transportasi umum yang layak untuk penumpang. Sekarang giliran kita menjaga kebersihan stasiun dan ikuti peraturan yang ada.

Noted :
Bagi kalian yang ingin melanjutkan ke Terminal 2 atau Terminal 3 bisa transit untuk naik Skytrain. Keluar dari Terminal Railink belok kiri lalu ikuti lorong setelah itu akan ada eskalator menuju lantai 2. Nah disanalah kalian bisa menunggu kedatangan Skytrain.


10 komentar:

  1. Akhirnya yaaa Jakarta punya transportasi yang layak buat buru-buru kalau ke Airport. Pas lagi promo gue sebenarnya udah mau cobain nih, tapi kelupaan.
    Isi keretanya mirip-mirip sama KLIA Express di KL. Semoga tarif perjalanannya segera disesuaikan, biar makin banyak yang pakai kereta ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa ahirnya Jakarta punya transportasi yag layak. Bye macet, Bye Jakarta kalo udah mau take off. Harga masih ada perubahan kembali. Semoga aja gak terlalu mahal yes

      Hapus
  2. Lumayan mudah buat ke bandara buat yg rmhnya jauh, tapi krn rmh saya deket bandara ngak akan pakai kereta bandara ini hehhehe

    BalasHapus
  3. Hahhahaa kalo rumahnya dekt mah gak perlu kereta ini ya. Tapi kali aja abis landing tetiba ada job di jakarta. Langsung cuusss naik kereta ini karena lbh cepat

    BalasHapus
  4. Bagus ya stasiun baru ini. Mau nyobain suatu saat nanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesekali cobain kak. Nyaman banget naik kereta SHIA

      Hapus
  5. Jadi mau nih naik railink. Nyaman banget keretanya ya. Sering lihat kalaulagi nunggu kereta di st. sudirman lama sampai anakku penasaran kereta apa itu bagus banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa keretanya emang kece banget. Apalagi kenyamanan nya, gak ada tandingannya lah. Wajib coba sih sesekali mah gpp

      Hapus
  6. keretanya berhenti di terminal brapa kak di Soekarno Hattanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kak...keretanya berhenti di integrated building dan nanti lanjut lagi ke terminal selanjutnya

      Hapus

Yuk ah komen sambil rumpi lebih baik, daripada cuma sebarin Spam

FANPAGE FACEBOOK

Twitty

Contact Us


Haloha...Jika kalian menemukan kendala atau masalah dengan Blog Untold Story. Kalian bisa menghubungi kami dengan mengisi Contact Form dibawah ini. Apabila ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau ingin bekerja sama dengan kami. Dengan segera mungkin kami akan cepat tanggap dan menyediakan waktu untuk anda. Kami juga menerima kritik dan saran yang membangun agar Blog Untold Story dapat berkembang lebih baik lagi. Terima Kasih 


Name :

Email: *

Message: *



Hubungi Kami :
Nama : Dian Juarsa
Email : dianpjuarsa@gmail.com
Phone : 0813 222 030 93