Rabu, 31 Januari 2018

Skytrain menuju Terminal 2 dan Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta

Vending machine and Information board
Setelah meluncur kencang menggunakan Kereta SHIA untuk sampai ke Integrated Building Bandara Soekarno Hatta, Kami harus melewati lorong untuk menuju pintu otomatis yang telah tersedia. 

Diharuskan antri untuk menuju Integrated Building Bandara Soekarno Hatta dan jangan sampai kalian kehilangan tiket yah. Karena kalian masih membutuhkan Barcode untuk menuju pintu otomatis.

Saat memasuki bagian tengah lobby kalian akan disuguhi pemandangan yang terlihat begitu mewah dengan hiasan pohon kelapa yang berada di dekat eskalator di sisi kanan dan kiri.

Terdapat 4 buah Vending Machine yang dibagian tengahnya terdapat Information board.

Di sisi kanan pintu otomatis terdapat Waiting Lounge dengan furniture berwarna hijau, Kursi rotan yang dihiasi bantal sofa berwarna warni dan sofa yang berbentuk persegi berwarna biru yang dimana bagian bawah sofa terdapat beberapa colokan.

Waiting Lounge
Waiting Lounge with green furniture
Blue Lounge

Bagian samping Waiting Lounge terdapat Vending Machine sebanyak 4 buah lengkap dengan queue pole yang berdekatan dengan Alfa Express.

Toiletnya pun berada didekat Waiting Lounge.

Takut kelaparan? Tidak perlu khawatir karena disana pun ada yang jual makanan juga.

Saat kedatangan kami kesana untuk lantai 1 masih belum beroperasi karena terdapat sekat yang menutupi eskalator sehingga penumpang tidak dapat naik keatas

Bagaimana Cara naik Skytrain?

Bagi kalian yang ingin melanjutkan perjalanan menuju Terminal 2 atau Terminal 3, kalian akan diarahkan menuju shelter skytrain yang mengharuskan kalian untuk keluar melewati lorong.

Keluar dari railink akan ada penunjuk arah menuju stasiun yang dimana kalian dapat melanjutkan perjalanan ke Terminal yang akan kamu tuju.

Seperti biasa budayakan antri saat akan keluar melalui pintu otomatis yang dimana kalian masih menggunakan barcode yang didapat saat membeli tiket di vending machine atau by online.

Signing

Pemandangan saat berada di tengah koridor akan disuguhkan pemandangan yang begitu mewah dan modern.

Desain interior yang didominasi berwarna putih membuat seisi ruangan terlihat begitu luas dengan cahaya yang menelisik masuk melalui atap yang terdapat kaca dibagian sisi kanan dan kiri.

Atapnya pun dibuatnya begitu tinggi sehingga ruangan tak terlihat sempit dengan tiang-tiang yang begitu kokoh masih didominasi dengan warna putih.

Lobby Integrated Building
Tempat sampah berdasarkan kategori

Menjaga kebersihan memang sangat diharuskan sehingga disediakan tempat sampah sesuai dengan kategori plastic, paper and food waste. Kalian bisa membuanganya sesuai yang tertera.

Melewati Lorong

Saat akan menuju shelter skytrain terlebih dahulu keluar dari Integrated Building melewati lorong yang masih under renovation. Disana kalian akan diarahkan kembali menuju lantai 1 dengan menggunakan eskalator di sisi kanan ujung lorong.

Disana sudah ada security yang berjaga dan akan bertanya kepada pengunjung agar tidak kebingungan saat sampai disana. Mereka akan mengarahkan kepada tiap pengunjung agar tidak kesasar.

Naik kelantai 1 akan langsung terlihat waiting room kembali yang dimana sudah banyak pengunjung yang menantikan kedatangan skytrain.

Connecting to Waiting Room of Skytrain

Waiting Room

Sesampainya di lantai satu kalian masih harus terus berjalan hingga ujung. Disana akan banyak sekali kursi yang disediakan untuk para pengunjung saat menunggu kedatangan kereta.

Kondisi waiting room masih banyak yang direnovasi karena memang belum lama skytrain ini beroperasi. Tapi dari segi pelayanannya pun sangat terstruktur dengan rapi.

Saat menantikan skytrain tiba akan ada queue pole yang telah dijaga oleh security agar tetap rapi dan antri saat akan memasuki skytrain. 

Utamakan terlebih dahulu bagi penumpang yang akan turun, setelah semuanya turun maka queue pole akan mulai dibuka untuk penumpang yang akan masuk ke skytrain.

Disana pun akan banyak bapak-bapak berkaos biru muda yang menawarkan jasa angkut barang karena memang posisi dari shelter skytrain menuju stasiun KA SHIA terbilang cukup jauh untuk berjalan kaki. 

Mereka akan siap mengantarkan kalian ke stasiun / shelter selanjutnya.

Perhatikan bapak berkaos biru dan topi biru


Mobile Charging Station

Ada lagi nih fasilitas yang jangan sampai terlewatkan yaitu Mobile Charging Station yang dimana kalian tak perlu khawatir jika kehabisan daya baterai.

Bagi pengguna samsung fasilitas ini sangat membantu sekali karena ada wireless charging phone juga. Cukup letakkan handphone samsung anda maka hp secara otomatis akan bertambah daya baterainya.

Bagi pengguna hp selain samsung pun tak perlu khawatir karena bagian bawahnya sudah tersedia colokan untuk universal adapter. Jangan lupa bawa adapter portable kemana-mana yah
Samsung Adapter

Skytrain 

Skytrain beroperasi setiap 20 jam sehari pada pukul 04.27 AM - 00.17 AM. Waktu yang tertera disesuaikan dengan jadwal kedatangan kereta bandara dan 4 jam sisanya akan digunakan untuk daily maintenance dan istirahat. 

Emangnya cuma kamu aja yang bisa istirahat, skytrain juga butuh istirahat loh biar gak cepat rusak :p

Skytrain pertama kali beroperasi pada tanggal 26 Desember 2017 yang dilengkapi dengan 1 trainset yang terdiri dari 2 gerbong kereta. 

Rencananya sih akan ada 3 trainset yang terdiri dari 6 gerbong kereta agar dapat mengangkut penumpang lebih banyak lagi.

Perjalanan dari shelter skytrain menuju Terminal 3 hanya memakan waktu selama 5 menit saja. Waktu yang sangat efisien sekali. Akan tetapi, karena masih terbatasnya trainset yang beroperasi. Makanya saat menunggu skytrain-nya pun butuh waktu hingga 15 menit.

Semoga secepatnya skytrain bisa bertambah lebih banyak lagi agar memudahkan penumpang dalam menggunakan transportasi umum jika tidak membawa kendaraan pribadi.

Jumlah penumpang yang tidak terlalu padat

Terdapat 2 gerbong kereta untuk skytrain


Pemandangan dari Skytrain

Saat antrian untuk penumpang yang akan memasuki skytrain sudah dipersilahkan masuk. Ternyata jumlah tempat duduk yang berada di skytrain tidak terlalu banyak.

Sekedar informasi saja buat penumpang lainnya jika menggunakan skytrain

Mohon untuk utamakan penumpang disabilitas, wanita hamil, lanjut usia dan ibu yang membawa anak karena memang tempat duduk itu diprioritaskan untuk mereka.

Kalau kalian merasa sehat dan masih sanggup untuk berdiri, Ada baiknya berpegangan lah pada tiang atau bersandar saja.

Lagipula kalian tidak akan rugi kok hanya sekedar berdiri selama 5 menit saja. Karena pemandangan dari ketinggian terlihat begitu indah. 

Kalian bisa melihat kendaraan lalu lalang, parkir mobil yang berjajar melengkung, kemegahan Terminal 3 dari kejauhan dan terakhir dapat melihat lapangan terbang yang dimana banyak pesawat yang parkir disana. 

Parkir mobil di Terminal 3

Connecting to Terminal 3

Sesampainya di Terminal 3 masih harus berjalan kaki kembali untuk naik dengan menggunakan eskalator atau mungkin capek berjalan juga bisa menggunakan lift yang telah tersedia.

Connecting to Terminal 3 memiliki desain interior yang begitu elegant dan mewah. Kaca besar sebagai pengganti tembok membuat cahaya yang masuk terlihat ruangan terasa begitu lapang dan luas.

Connecting menuju Terminal 3

Eskalator yang menjadi penghubung ke lantai atas menuju Terminal 3
Pintu masuk Terminal 3
Dengan adanya Skytrain dapat memudahkan penumpang untuk melakukan pergerakan antar terminal hanya dalam waktu 5 menit saja. Tanpa perlu resah dengan waktu yang tidak menentu lagi. 

Karena kini Bandara Soekarno Hatta telah memberikan kemudahannya dengan segala fasilitas yang diberikan.

Skytrain pun tidak dipungut biaya alias Free. Gunakanlah transportasi umum untuk memudahkan kalian dalam mengejar waktu agar kejadian yang tak diinginkan tidak terjadi.

Cheers,

Dian Juarsa
31 Jan 2018

5 komentar:

  1. aku sudah naik skytrain ini, tapi rasanya seperti naik kereta di taman mini ya, soalnya jalannya berasa lambat ini. kalo lagi buru-buru pasti rada panik nih..tapi so far bagus sih ya, penghubung antar terminalnya pakai kereta gini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahaaa iyaaa kak beneerrr. Lambaaatttt banget macam buat jalan2 asik aj

      Hapus
  2. mau bertanya, kalau dari terminal 2 kedatangan via maskapai (emirates airlines) menuju terminal 3 untuk connecting flight tiap berapa menit adanya skytrain? dan gain 2 jam kira2 dapat gak ya untuk estafet flight nya dr terminal 2 ke 3

    BalasHapus
  3. Ada baiknya datang lebih awal saja ke bandara. Karena untuk skytrain memang selalu ada tiap 15 - 20 menit. Tp tergantung juga dari jumlah penumpang yang diangkut. Karena kan jumlah skytrain terbatas. Ditambah lagi perjalanan menuju skytrainnya saja kalau dari integrated building terbilang cukup jauh.

    BalasHapus
  4. Kalo dari stasiun railink menuju terminal 2, selain naik skytrain, bisa naik apa ya? Soalnya jadwal tiba railink ku di SHIA Station pukul 18:07. Sedangkan skytrain yang mau otw ke terminal 2, berangkat pukul 18:10. 3 menit kyk nya ngga bakalan sempet ya

    BalasHapus

Yuk ah komen sambil rumpi lebih baik, daripada cuma sebarin Spam

FANPAGE FACEBOOK

Twitty

Contact Us


Haloha...Jika kalian menemukan kendala atau masalah dengan Blog Untold Story. Kalian bisa menghubungi kami dengan mengisi Contact Form dibawah ini. Apabila ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau ingin bekerja sama dengan kami. Dengan segera mungkin kami akan cepat tanggap dan menyediakan waktu untuk anda. Kami juga menerima kritik dan saran yang membangun agar Blog Untold Story dapat berkembang lebih baik lagi. Terima Kasih 


Name :

Email: *

Message: *



Hubungi Kami :
Nama : Dian Juarsa
Email : dianpjuarsa@gmail.com
Phone : 0813 222 030 93