Selasa, 06 Maret 2018

Belajar konten SEO Blog bagi pemula


Terkadang banyak diantara mereka yang kurang paham tentang dunia blogger sehingga masih banyak yang selalu menyepelekan pekerjaan ini. Pikiran mereka bahwa menjadi blogger itu enak, hanya dengan modal pinter mengarang cerita saja sudah bisa disebut sebagai blogger.

Siapa bilang?

Tak hanya pintar merangkai kata demi kata namun juga harus bisa mengulik html yang sudah ada di tiap template yang kami pakai seperti blogspot.com atau wordpress.com. Tergantung apa pilihan kami yang akan digunakan sebagai wadah tulisan kami.

Saya lebih memilih menggunakan blogspot karena dari awal kuliah sudah diajarkan menggunakan blogspot sehingga sedikit demi sedikit saya memahami bagaimana cara mendesign blog hingga mengedit html yang sudah tertera disana.

Memang sedari kecil saya sudah menyukai dengan dunia tulis tapi tulisan saya pun hanya sekedar curhatan yang gak penting hingga akhirnya saya pernah memikirkan

"Bagaimana caranya tulisan saya dapat dilihat banyak orang".

FLASHBACK

Dulu saya itu termasuk orang yang sangat gaptek dengan dunia digital hingga akhirnya saat mata kuliah cyber communication. Kami diajarkan tentang menulis di blogspot dan binggo...!!! inilah wadah tulis menulis yang saya inginkan.

Tahun 2012 saya sudah mulai menulis tentang perjalanan saya tiap weekend. Saya memang senang  sekali travelling.

Tak hanya sampai disitu saja, saya pun juga senang berbagi informasi perjalanan saya. Di blog yang dulunya www.more-story.blogspot.com saya rajin sekali mengulas informasi biaya yang sering saya keluarkan.

Kini blog saya sudah berganti nama domain menjadi www.dianjuarsa.com.

Awalnya saya tidak ingin merubah nama blog saya tapi berhubung saran teman bahwa ada baiknya semua socmed dengan nama yang sama agar mudah diingat orang. Jadilah domain saya dengan nama sendiri.

Alasannya simple karena nama instagram saya @dianjuarsa, Facebook @dianpjuarsa dan Twitter @dianpjuarsa. Jadi dari semua social media yang saya miliki dengan nama yang sama sehingga akan mudah dalam pencarian.

WORKSHOP SEO CONTENT FOR BLOG

Dari pencarian saya mengenai workshop SEO ternyata Blogger Perempuan mengadakan workshop Konten SEO Blogger yang dimana memang saya sedang mempelajari bagaimana cara mengoptimalkan SEO agar blog saya dapat terindeks oleh google pada halaman utama.

Banyak cara yang harus dilewati oleh para Blogger agar dapat mengasah kemampuannya untuk dapat mempertahankan setiap artikelnya bisa terindeks pada google. Tidaklah mudah mengikuti cara yang akan kami bahas perihal SEO tapi kalau tidak mau belajar, bagaimana caranya kami bisa sukses.

Maka dari itu, saya mengikuti workshop yang diadakan oleh Blogger Perempuan pada hari Sabtu, 3 maret 2018 tepat pada pukul 09.00 AM di Ev Hive Plaza Kuningan. Dengan biaya pendaftaran sebesar Rp. 100.000 sudah termasuk dengan makan siang.

Peserta Workshop SEO Content for Blog

Mbak nunik adalah seorang content writer yang pengalamannya sudah banyak sekali di dunia tulis menulis. Bahkan buku hasil karyanya sendiri pun sudah ratusan. Tak hanya itu saja, blog yang dimiliki mba Nunik pun dihinggapi viewer hingga lima juta setiap harinya. Woowww Amazing!!!

Saya saja tak sampai seribu viewer yang mengunjungi blog saya. Paling mentok setiap harinya hanya sekitar 600 saja. Jumlah yang masih terbilang sedikit sehingga saya ingin belajar banyak mengenai SEO agar setiap artikelnya selalu terindeks google dihalaman utama.

Foto bareng Mba Nunik (Tengah)

Mari kita mulai, Apa saja sih yang harus dilakukan bagi blogger pemula


  • Membuat Konten SEO
Dalam pembuatan artikel dipastikan minimal 1.000 kata. Mengapa? karena artikel yang dibuat sebanyak itu terlihat lebih serius dalam menulis dan terhindari dari faktor curiga copy paste

Usahakan apa yang kamu tulis original. Kalaupun kamu mendapatkan beberapa kalimat dari artikel lain, ada baiknya sebutkan sumber tersebut. Sebaiknya jangan cantumkan link aktif karena akan berpengaruh tidak baik pada artikelmu.

Optimalkan dengan cara minimal seminggu sekali harus ada artikel di blogmu. Lebih bagusnya sih setiap hari bisa membuat sebuah artikel kalau kamu sanggup.

  • Pemilihan Tema
Sesuai dengan apa yang kamu sukai, pemilihan tema pun dapat kamu tentukan apa yang ingin kamu posting seperti berita yang sedang popular, catatan perjalanan atau mungkin cerita tentang kehidupan sehari-hari atau bisa juga berupa opini. Semua tergantung pilihanmu. 

Saran saja bagi kalian yang membuat isi artikel perihal berita yang sedang viral, ada baiknya jangan memojokkan siapapun. usahakan tulisanmu netral atau tidak memihak ke siapa-siapa sehingga artikel dapat dihinggapi oleh pembaca.

  • Pencarian Keywords
Menurut saya pencarian keywords ini terbilang sangat menyulitkan. Terkadang pikiran saya selalu stuck dengan apa yang bisa dihubungkan oleh judul. Seharusnya jangan pernah stuck dengan satu kalimat. 

Maka dari itu, tentukan keywordmu dan bisa kamu cari di : 

keywords.id
keywordtool.io
google adwords
add on

Pilihan tersebut bisa kamu tentukan sesuai kenyamanan masing-masing. Mba Nunik lebih sering memakai keywordtool.io namun harus berbayar tiap bulannya. Kembali lagi dengan kalian, apakah worth it berbayar untuk keyword atau mungkin belum mau. Silahkan tentukan pilihanmu sendiri.

Ada 2 keyword yaitu Keyword Utama dan Longtail Keyword. Berikut contoh untuk keyword yaitu :

KEYWORD UTAMA

- Kacamata
- Senam Aerobic
- Jerawat
- Anak Muntah

LONGTAIL KEYWORD

- Kacamata minus
- Senam Aerobic menurunkan berat badan
- Menghilangkan bekas jerawat secara alami
- Anak muntah karena masuk angin

Nah dari contoh diatas pastinya kalian mengerti dong maksudnya bagaimana. kalau masih belum paham, oke saya akan jelaskan.

Saat pembuatan artikel, pastikan kamu harus memasukkan 4 kata keyword utama dalam artikelmu. Tapi jadikan keyword utama tersebut sebagai satu kalimat yang nyaman dibaca. Setelah itu, agar artikelmu lebih kerucut lagi, masukkan longtail keyword sebanyak 2 kalimat maksimalnya. Atau kamu pun bisa juga memasukkan longtail keywords pada akhir artikel.

LATENT SEMANTIC INDEXING (LSI)

adalah metode yang memanfaatkan model statistik matematis yang digunakan untuk memahami antara istilah dan konsep dalam konten atau persamaan kata/kalimat yang terindeks oleh google. Sebut saja keyword semantik yang juga bisa kamu masukkan pada artikelmu. Seperti contoh dibawah ini :

SUSU IBU HAMIL
- Nutrisi Ibu Hamil
- Susu Ibu Menyusui
- Nutrisi Ibu Menyusui

SUSU PERTUMBUHAN
- Susu Anak
- Susu Pertumbuhan Anak
- Susu Anak Terbaik

Dari contoh diatas, sudah terlihat perbedaannya kan. Dalam satu kata kunci bisa diperluas tanpa menghilangkan satu kalimat namun dapat ditambah/diubah dengan kalimat lain. Setelah merumuskan keyword semantik, masukkanlah kedalam artikel yang akan kamu buat.

  • Judul yang menarik
Setelah menentukan keyword dan memilah memilih keyword manakah yang akan kalian masukkan dalam artikel. Kini saatnya kamu harus membuat judul yang memiliki daya tarik tersendiri. Ingat yah untuk pembuatan judul cukup 5 kata saja dan harus mengandung keyword utama atau longtail keyword.

Memang ada beberapa artikel yang sudah booming selalu membuat judul lebih dari 5 kata. Akan tetapi, bagi kalian yang sangat memperhatikan SEO. Judul yang ideal itu tidak lebih dari itu.

Sebenarnya judul pun sangat berpengaruh dihinggapi oleh pembaca. Jika judulnya menarik, sudah bisa dipastikan banyak yang akan berkunjung ke artikel kalian.

  • Struktur & Artikel
Dalam pembuatan artikel terdapat struktur yang harus kalian pahami dan mengerti. Buatlah kalimat pembuka saat akan membuat artikel setelah itu sharing tentang pengalaman kalian, lanjutkan dengan beberapa informasi terkait dalam artikel. Kalian pun bisa menambahkan pengalaman kembali yang disertai oleh beberapa tips yang bermanfaat.

  • Subtittle
Penulisan pun perlu diperhatikan pada saat paragraf pertama jangan pernah lupa untuk di bold. Satu paragraf tidak usah terlalu banyak, hal terpenting adalah berilah sedikit informasi yang sesuai dengan isi artikelmu.

Setelah itu, pilih heading 3 untuk di wordpress atau pilih subheading di blogspot. Penulisan seperti ini sangat cepat terindeks oleh google.

  • Internal Link & Eksternal Link
Jangan pernah lewatkan internal link dan eksternal link karena akan sangat berpengaruh dalam pencarian google.

Dalam satu artikel kalian dapat memasukkan maksimal 6 internal link dan minimal 3 internal link. Mengapa? karena average time bagi pengunjung sangat berpengaruh dan akan membuat pembaca semakin penasaran terhadap tulisanmu.

Nah untuk eksternal link cukup satu saja. Tidak usah terlalu banyak dan jangan masukkan link aktif yah. Kalau memang kalian mau memasukkan link aktifpun sebenarnya tidak apa-apa tapi jangan lupa pilih No-Follow pada link yah.

kalau saya pribadi sepertinya tidak akan memasukkan eksternal link berupa link aktif. Karena kita tidak pernah tahu, artikel tersebut akan bertahan berapa lama. Karena kalau sampai artikel tersebut menghilang, maka link aktif itu akan ter-detect 404 page not found. Malah jadi jelek toh dalam pencarian di google.

  • Tips memberi foto
Foto harus milik pribadi yah, jangan mengambil dari google. Sebelum dimasukkan pada artikel blog, usahakan foto di edit terlebih dahulu dan diberikan watermark pada foto. Agar tidak ada yang sembarangan memakai foto pribadimu. 

Setelah itu semua file foto yang akan kamu masukkan kedalam artikel blog harus di rename dengan cara masukkan keyword, nama blog. Contoh : (konten seo, dianjuarsa).

Jika kamu mau mengambil foto dari google, kalian bisa ambil foto tersebut dari web gratis tanpa lisensi. 

  • Meta Description
Buatlah ringkasan kata sebanyak 156 karakter pada meta description yang terletak dibagian bawah samping kanan yang didalamnya mengandung keyword.

Sayangnya, saat saya mencoba di blog pribadi, Meta descriptionnya tidak ada. Entahlah apa setiap template memiliki perbedaan masing-masing.


  • KBBI (Kamus Besar bahasa Indonesia)
Ada lagi nih yang harus kalian perhatikan dalam penulisan yaitu cek ejaan dalam penulisan kata baku dan tidak baku yang baik dan benar. 

Terkadang kalian suka bingung kan kata yang tepat seperti Cengkerama atau Cengkrama. Penulisan tersebut dapat dibedakan yaitu dalam penulisan Cengkerama adalah Kata Baku sedangkan Cengkrama adalah Kata Tidak Baku.

Nah penulisan ejaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar bisa kamu cek di https://kbbi.kemendikbud.go.id/

  • Rumus Bahasa
Dalam penulisan pun terdapat rumus juga loh seperti penjelasan dibawah ini :

Di/Ke + Keterangan tempat = pisah

Contohnya seperti Di Jakarta, Ke Bali, Di Bandung, Ke Lembang. Semua kalimat yang berdekatan dengan keterangan tempat harus ada spasinya yah. Itu pun juga harus kamu perhatikan.

Partikel PUN yang tidak dipisah dibawah ini :

Maupun, Kalaupun, Ataupun, Meskipun, Adapun, Bagaimanapun, Sungguhpun, Andaipun, Walaupun, Sekalipun, dan Biarpun

Semua kalimat yang diatas jangan pernah dipisahkan. Jika ada penulisan lain seperti saya pun, itu wajib dipisah. Rumit yah, penulisan pun juga sangat diperhatikan.

Para pemenang tulisan blog di workshop

***

Gimana teman-teman, sudah cukup paham kan bagaimana cara mengoptimalkan konten SEO pada blog agar artikel kita bisa terindeks pada halaman utama google. Memang sangat rumit dan berlika liku. Namun  perjalanan seperti ini wajib kamu lalui agar lebih banyak pengunjung yang mengunjungi blog kamu.

Selamat belajar dan selamat menikmati konten SEO pada blog. Semoga kita semua bisa berhasil bersama-sama.

Cheers,

Dian Juarsa
6 Mar 2018



12 komentar:

  1. sebenarnya semua langkah di atas mudah kalau udah kebiasaan, tapi kadang suka lupa, hahaha...
    harus diterapkan terus-menerus biar melotok. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iyaaa samaaa hahahaha...Apalagi kalau udah nentuin keyword kadang suka lupa.

      Hapus
  2. SEO
    Semakin banyak belajar, semakin saya kesasar...

    akhirnya nulis2 aja deh, SEO seadanya aja. Tapi makasih mbak tips nya, mulai belajar lagi deh
    :D

    btw....masa baru 600view perhari mbak?
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prioritas ke keyword dulu aja sama struktur artikel biar gak kemana2.

      Dulu sehari bisa 1.000 tp semenjak ada masalah sama google adsense jadi viewernya menurun bgt :(

      Hapus
  3. Akumah selama ngeblog ya ngeblog aja ga pernah mikirin SEO.
    Sekarang baru kebuka matanya kalo riset keyword itu penting heuheu -_-
    JAdi nyesel kenapa ga tau dari dulu :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pun juga samaaaa...nulis ya nulis aja. Ternyata mikirin keyword tuh penting bgt. Itu baru untuk pemula ya. Kalo lbh kedalam lg pelajari SEO hrs tau codingan kali -_-

      Hapus
  4. Harus lebih banyak belajar lg... Btw, Blogger Laki2 ada gak yaak ?? Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kak...ada banyak loh blogger cowo. Tenang aja kak kamu gak sendirian kok hehee

      Hapus
  5. ah untunglah kamu menulisnya runut mbak. bisa jadi referensi buat nulis menggunakan teknik seo di blog :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat mencoba kaka. Akupun masih banyak belajar nih biar bisa masuk dihalaman utama

      Hapus
  6. Aaah makin banyaaaak nih ilmunyaa.. TFS Diaaan

    BalasHapus

Yuk ah komen sambil rumpi lebih baik, daripada cuma sebarin Spam

FANPAGE FACEBOOK

Twitty

Contact Us


Haloha...Jika kalian menemukan kendala atau masalah dengan Blog Untold Story. Kalian bisa menghubungi kami dengan mengisi Contact Form dibawah ini. Apabila ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau ingin bekerja sama dengan kami. Dengan segera mungkin kami akan cepat tanggap dan menyediakan waktu untuk anda. Kami juga menerima kritik dan saran yang membangun agar Blog Untold Story dapat berkembang lebih baik lagi. Terima Kasih 


Name :

Email: *

Message: *



Hubungi Kami :
Nama : Dian Juarsa
Email : dianpjuarsa@gmail.com
Phone : 0813 222 030 93