Selasa, 10 April 2018

Ayo Naik Bus RoyalTrans Bekasi


Seperti yang kita ketahui bahwa permasalahan kemacetan di Jakarta memang tidak ada habisnya untuk dibahas. Banyak cara yang telah dilakukan Pemerintah namun tetap saja kemacetan terus terjadi. Sebenarnya dalam keadaan seperti ini, kita tidak bisa saling menyalahkan. Ada baiknya cari solusi terbaik yang harus dilakukan.

Pernah gak sih kalian merasa jenuh selama diperjalanan karena macet yang semakin menjadi dengan kondisi jalan seperti parkir di tengah jalan. 

Kalian tau kan rasanya gimana saat sudah lelah pulang kantor harus menghadapi kemacetan dengan posisi yang lebih seringnya tak jalan-jalan melainkan stuck saja ditengah jalan.

Karena seringnya terjadi kemacetan akhirnya telah diberlakukan Ganjil Genap bagi kendaraan pribadi dari Bekasi menuju Jakarta pada pukul 05.30 AM - 09.00 AM. Cara yang paling ampuh adalah dengan menggunakan transportasi umum agar dapat mengurangi kemacetan itu sendiri.

Akhirnya Badan Pengelola Transportasi Jakarta (BPTJ) dan PT Transportasi Jakarta menyediakan angkutan Royaltrans dengan fasilitas lengkap. Saya pun sudah merasakan kenyamanan saat berada didalam bus Royaltrans Bekasi bersama team @kamadig_nusantara.

Akhirnya ada bus yang sangat nyaman
Hati-hati dengan pintu otomatis
Tarif normal Royaltrans Bekasi

TARIF ROYALTRANS PREMIUM

Pintu otomatis yang dihiasi dengan pegangan tangan berwarna kuning dengan tangga yang menyerupai seperti tangga bioskop memberikan kenyaman pada penumpang saat akan naik dan turun dari bus. Penumpang pun bisa leluasa untuk naik kedalam bus Royaltrans Bekasi.

Royaltrans Bekasi dilengkapi dengan CCTV yang berjumlah hingga 12 kamera pengintai. Sudah dipastikan keamanannya. Tiap letak CCTV terdapat ditiap sudut untuk keamanan penumpang. 

Letak CCTV berada di bagian luar bus, ada juga kamera yang menghadap keluar bus, dibagian dalam kabin penumpang dengan posisi kamera menghadap kedepan, kebelakang, samping kiri, samping kanan, arah pintu masuk dan satu lagi terdapat kamera yang menghadap ke pengemudi bus untuk mengamati perilaku pengemudi selama menjalankan tugas.

PT Transjakarta telah menyiapkan bus kelas medium large yang dibuat di atas chassis Mercedes Benz OF917 dengan tarif normal Rp. 20.000 sekali jalan. Akan tetapi, mengenai tarif untuk sementara waktu ada diskon hingga 50 persen bagi penumpang menjadi Rp. 10.000 yang berlaku hingga Juni 2018.

Jangan pura-pura lupa yah kalau lihat sign ini

PERHATIKAN PRIORITY SEATS 

Kebanyakan penumpang seringkali menutup mata dengan tanda yang telah terpampang di kaca. Seharusnya kalian bisa memperhatikan apa yang telah tertera dan ikuti kebijakan yang telah bus berikan. Karena kenyamanan tidak hanya disediakan oleh pihak PT Transjakarta melainkan kesadaran penumpang untuk mengikuti kebijakan tertentu.

Tak hanya penumpang saja kok yang harus memperhatikan tanda yang terpampang di kaca melainkan pengemudi pun juga harus mengikuti peraturan yang ada untuk keselamatan penumpang dan juga dirinya sendiri. Adanya kesadaran penumpang maka kendaraan umum pun akan semakin layak bagi para penumpang.

Kaca yang lebar bagaikan menatap masa depan yang cerah #caelah

Jarak antar kursi tak berdekatan

Kalau kamu lihat tanda yang ada di kaca itu artinya adalah :
  • Kecepatan bus hanya 50km/jam
  • Utamakan bagi para lanjut usia, wanita hamil, penyandang cacat dan ibu membawa anak.
  • DILARANG MEROKOK.
  • DILARANG MAKAN DAN MINUM.
  • DILARANG CABUL eh maksudnya harus tetap sopan walaupun dalam kondisi apapun.
Kenyamanan yang diberikan Royaltrans sangat patut diacungi jempol karena fasilitas yang diberikan pun sesuai dengan harga yang tertera. Kemacetan pun dapat dilalui dengan santai karena tidak perlu injak pedal main gas dan rem selama diperjalanan. Kalian bisa duduk manis saja sembari menikmati fasilitas yang telah tersedia di Royaltrans Bekasi.

Kursi yang nyaman

Tak ada hordeng yang menutupi kaca #kusuka

Gagang tangan yang dapat dinaikkan

 COMFORTABLE SEATS

Kapasitas bus Royaltrans Bekasi bisa menampung 50 penumpang yaitu 30 penumpang duduk dan 20 penumpang berdiri. Bagi penumpang yang berdiri sangat tidak disarankan berdiri dekat pintu otomatis karena akan sangat berbahaya saat pintu tersebut terbuka.

Tiap kursi memiliki jarak yang dapat memberikan kenyamanan pada penumpang bahkan kursinya pun tidak saling berdempetan. Terdapat 2 kursi yang tersedia seatbelt yang terletak dekat pada pintu otomatis disebelah kanan saat penumpang akan naik ke dalam bus RoyalTrans Bekasi.

Kursi kulit yang berwarna merah marun memiliki fungsi untuk charger handphone loh dan bagian belakang kursi pun terdapat tempat untuk botol minum. USB Charger Portable tak hanya terpajang dibelakang kursi melainkan terdapat di gagang tangan bagian aisle seat. 

Seat belt untuk disable
Ada USB Charger Port nya loh guys
Bahkan di gagang tangan pun ada. Warbiyasa!!!

JADWAL KEBERANGKATAN ROYALTRANS PREMIUM

Sebelum menggunakan Bus Royaltrans Premium, ada baiknya tahu jadwal keberangkatan bus saat akan menuju Jakarta. Karena jadwal ditiap terminal tidaklah sama. Untuk RoyalTrans Premium Bekasi. Jadwalnya dibawah ini yah :

1. Summarecon Bekasi Barat untuk tujuan :
  • Blok M : 06.00 AM, 06.50 AM, 07.40 AM, 08.20 AM  dan 08.50 AM 
  • Kuningan : 05.30 AM, 06.20 AM, 07.00 AM, 07.50 AM dan 08.40 AM
  • Thamrin City : 05.00 AM dan 05.20 AM 
2. Bekasi Trade Center (BTC)
  • Tebet : 05.40 AM, 06.00 AM, 06.20 AM, 06.50 AM, 07.30 AM, 08.00 AM, 08.10 AM dan 08.40 AM
  • Kalideres : 06.10 AM, 06.30 AM, 07.00 AM, 07.20 AM, 07.40 AM, 08.30 AM dan 08.50 AM
3. Mega City 
  • Kuningan : 05.40 AM, 06.30 AM, 07.10 AM, 08.00 AM dan 08.50 AM
  • Blok M : 06.10 AM, 07.00 AM, 07.50 AM, 08.30 AM dan 09.00 AM
4. Grand Dhika 
  • Tebet : 05.50 AM, 06.10 AM, 06.30 AM, 07.00 AM, 07.40 AM, 08.10 AM, 08.20 AM dan 08.50 AM
  • Kalideres : 06.20 AM, 06.40 AM, 07.10 AM, 07.30 AM, 07.50 AM, 08.40 AM dan 09.00 AM
Saat saya dan teman saya kak @ariefpokto merasakan kenyamanan bus RoyalTrans Premium. Kami mencoba dari Blok M. Sempat kebingungan mencari bus RoyalTrans karena tidak tahu letaknya dimana. 

Setelah kebingungan di Terminal Blok M, akhirnya kami menanyakan kepada petugas keamanan disana. Ternyata mereka juga tidak tahu, walhasil kami menuju kasir busway untuk menanyakan pembelian tiket RoyalTrans dimana.

Ternyata untuk pembelian tiketnya langsung di dalam bus. kami harus menuju Terminal 3 setelah itu pilih tujuan ke Bekasi Barat. Masuk bus langsung duduk manis dan pembayaran dilakukan setelah penumpang sudah ramai di dalam bus. Biasanya pembayaran akan dilakukan saat sudah berada di jalan toll.

Dilarang Berdiri didekat pintu. Bahaya!!

Lorong ini bisa menampung 20 orang untuk berdiri

DILARANG BERDIRI DEKAT PINTU OTOMATIS

Pada bagian sisi kanan belakang terdapat pintu yang dijadikan sebagai pintu masuk penumpang dari Halte Transjakarta dengan platform tinggi. Maka dari itu, Dilarang keras bagi penumpang untuk berdiri di sisi kanan belakang. Karena hanya bagian tengah lah penumpang dapat berdiri selama di perjalanan.

Kalo dingin peluk aku aja. Eh salah tutup aja Louver AC nya :p

Fire Estinguisher
Dari segi keamanannya pun juga sudah terlihat dari kelengkapan safety equipment yang berada di dalam bus. 

Tunggu apalagi #AyoNaikBus dan rasakan perbedaannya saat menggunakan transportasi umum dengan membawa kendaraan pribadi. Sudah dipastikan tidak akan mudah lelah jika menggunakan transportasi umum.

Semoga penumpang bisa menjaga fasilitas yang telah disediakan dengan segala kenyamanannya. Karena kita jugalah yang akan menikmati kenyamanan bus. 


Cheers,

Dian Juarsa
10 Apr 2018

7 komentar:

  1. Bis kesayangan akuhh tp yg dr Bogor...

    BalasHapus
  2. Kapan ya ada bus semacam ini di Pulau Lombok ? hehehe...

    Salam dari Pulau Lombok :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haaaiiii,
      Semoga lombok bisa punya bus yg kece jg ya. Salam juga dari Jakarta

      Hapus
  3. Baru tau bgt bus premium ini, kursinya kece bgt sih ya ada USB segala. Pengen deh sekali-kali nyobain :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa cobain deh, nyaman bgt tau

      Hapus
  4. Kalau dari Pasar Festival Kuningan sekitar jam 3-5 sore busnya jam berapa. Mohon info yang pernah menggunakan. Thanks

    BalasHapus

Yuk ah komen sambil rumpi lebih baik, daripada cuma sebarin Spam

FANPAGE FACEBOOK

Twitty

Contact Us


Haloha...Jika kalian menemukan kendala atau masalah dengan Blog Untold Story. Kalian bisa menghubungi kami dengan mengisi Contact Form dibawah ini. Apabila ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau ingin bekerja sama dengan kami. Dengan segera mungkin kami akan cepat tanggap dan menyediakan waktu untuk anda. Kami juga menerima kritik dan saran yang membangun agar Blog Untold Story dapat berkembang lebih baik lagi. Terima Kasih 


Name :

Email: *

Message: *



Hubungi Kami :
Nama : Dian Juarsa
Email : dianpjuarsa@gmail.com
Phone : 0813 222 030 93