Selasa, 02 November 2021

Hasil Testpack Samar Tapi Rahim Kosong saat USG

Sebenarnya sempat ada rasa aneh saat perjalanan pulang dari rumah mertua, saya muntah-muntah selama perjalanan pulang. Ada sekitar 10 kantong plastik hasil muntahan saya yang tak kunjung henti. Dari sanalah saya sempat berpikir "Apa jangan-jangan hamil ya".

Rasa sering muntah ini seperti flashback saat kehamilan pertama saya yang seringkali muntah tiap perjalanan jauh. Memang saya sedang telat haid tapi baru 5 hari karena biasanya saya haidnya selalu mundur. Jadi tidak terlalu saya pikirkan.

Tapi berhubung muntah ini selalu membayangi saya seperti saat kehamilan pertama. Akhirnya saya coba untuk testpack. hasil yang saya dapatkan garis 2 tapi samar sekali, bahkan bisa terlihatnya pun harus pakai senter. Saya sempat tanya suami, suami pun bilang negatif tapi saya tanya ke orang tua saya terlihat seperti ada 2 garis.

Saya pun melihat ada garis samar, Tapi karena suami kekeh bilang kalau hasilnya negatif. Akhirnya saya bawa hasil testpack dan menanyakan hal yang sama kepada mertua dan kaka ipar saya. Mereka pun jawabannya sama seperti orang tua saya kalau hasilnya garis 2 tapi masih samar-samar.

Saat itu, Saya sudah telat haid selama 10 hari, Kaka ipar menyarankan kami untuk kontrol ke dokter karena mereka yakin kalau saya hamil. Sebenarnya feeling saya pun mengatakan demikian. Saya pun yakin kalau hasil testpcaknya sudah garis 2 dan saya Hamil.


RSIA ASIH

Sabtu, 18 Sep 2021 Akhirnya saya dan suami kontrol ke RSIA Asih, sesampainya disana saya cek USG Transvaginal. Dari hasil yang saya dapatkan, dokter bilang RAHIM DAN JANIN KOSONG tanpa dijelaskan penyebabnya kenapa. Saya merasa kecewa sekali dengan pernyataan dokter ini. Seharusnya bisa dijelaskan apa penyebabnya? kenapa kosong? Beliau hanya bilang "Ya berarti ibu belum hamil, tar cek aja lagi"

Sebenarnya mau itu hasilnya saya hamil atau tidak, bukan penjelasan seperti itu yang ingin saya dengar. Kalau memang saya tidak hamil, kan bisa dijelaskan secara detail apa penyebabnya? kok bisa garis 2 samar? Apa ada kendala lain? Setidaknya jelaskan lah secara gamblang karena kami orang awam perihal medis.

Setelah saya cari tahu sendiri lewat internet, Ternyata ada banyak faktor kenapa hasil testpack garis 2 samar tapi rahim masih kosong yaitu :

  • Terlalu awal saat memeriksa kandungan
  • Hamil namun keguguran
  • Gangguan kehamilan seperti hamil anggur
  • Tidak hamil
Kehamilan saya sebelumnya memang berbeda dengan saat ini. Haid telat 4 hari saja hasil testpack garis 2 dan terlihat jelas. Jadi saat pemeriksaan kehamilan memang langsung terlihat di USG Transvaginal kalau saya Hamil. 

Nah kali ini berbeda, Padahal sudah telat 5 hari tapi hasil garis 2 samar. Bahkan setelah telat haid 10 hari pun hasilnya masih tetap samar juga. Makanya saya sempat bingung sebenarnya saya hamil atau tidak.

Daripada bingung walhasil saya pun periksa ke RSIA Asih. Tapi sayangnya dapat informasinya tidak begitu jelas dan membuat saya kecewa dengan penjelasannya. Biaya yang saya keluarkan sebesar :
  • Administrasi Rp. 90.000
  • Pemakaian USG 2D Rp. 200.000
  • Expertise USG 2D Rp. 100.000
  • Konsultasi spesialis kebidanan Rp. 450.000
  • kondom Sutra Rp. 1.833
  • Latex Exam Gloves Rp. 1.650
  • TOTAL 846.200
***

RSIA BINA MEDIKA

Saya masih tetap kekeuh kalau saya sedang hamil karena ada banyak sekali perubahan yang sedang saya alami. Beberapa kali mual, kliyengan, badan terasa ngilu pada bagian punggung. Persis sekali saat saya sedang mengandung anak pertama kami.

Maka dari itu, saya pun ngotot untuk cek kandungan ke dokter lain. Selang beberapa hari, Kami pun berpindah ke rumah sakit ibu dan anak Bina Medika Bintaro. Disana saya kontrol dengan dr. Sandy Prasetyo, Sp.OG.

Saya tahu informasi dokter tersebut dari teman saya Adinda. Banyak dari temannya yang kontrol ke dokter itu, Selain dokter hits di RSIA Bina Medika. Beliau juga dokter kesayangan para artis haahaaa.... Katanya sih banyak artis yang kontrol ke dokter itu.

Tapi semuanya balik ke persepsi masing-masing ya moms. Setelah saya coba kontrol ke dokter tersebut, memang antriannya luar biasa banyak sekali. Saran saya kalau mau kontrol lebih baik daftar lewat aplikasinya biar jelas waktu kedatangannya. Jadi gak terlalu menunggu juga. 

Sebelum saya kontrol ke dokter, Saya sempat testpack kembali untuk memastikan kalau garis 2 nya tidak samar dan Alhamdulillah hasilnya sudah tidak samar lagi dan semakin terlihat jelas garis 2 nya. Jadi saya semakin yakin kalau saya benar-benar hamil.



Sabtu, 29 Sep 2021 Sayangnya saya harus sendirian kontrol ke dokter. Disana dokter pun menjelaskan saat USG Transvaginal bahwa perhitungan saya sangat tepat sekali. Terakhir kali saya haid pada tanggal 16 Agustus 2021 dan usia kandungan saya saat ini masuk di usia 6 minggu.

Ukuran janin saya pun sangat normal dengan denyut nadi normal dan tidak ada miom. Alhamdulillah kondisi saya sehat walafiat sehingga tidak ada ganguan apapun dengan janin saya. Disanalah saya pun bertanya kenapa sebelumnya hasil saya RAHIM DAN JANIN KOSONG.

Sebenarnya saya mau tau respon dari Pak dokter seperti apa, Ternyata semuanya dijelaskan sesuai dengan pencarian saya di internet. Disanalah saya merasa dokter ini sangat menghargai pasiennya. Sehingga saya memutuskan untuk tetap lanjut kontrol ke dr. Sandy Prasetyo, Sp.OG.

Kalau saja penjelasannya tidak mengenakan, mungkin saya akan ganti dokter lagi. Hehehhee...Maklum namanya juga ibu-ibu hamil ya. Jadi sensitif banget perasaanya.

Setelah konsul selesai, Saya diarahkan untuk ke laboratorium untuk test urin dan cek darah pada kehamilan awal trimester. Biaya yang saya keluarkan sebanyak :
  • Pregnancy test Rp. 1.174.000
  • Konsultasi dr. Sandy Prasetyo, Sp.OG Rp. 300.000
  • Administrasi Rp. 75.000
  • USG Transvaginal Rp. 375.000
  • FERRITIN (Laboratorium) Rp. 430.000
  • Golongan Darah & Rhesus Rp. 90.000
  • Kondom Sutra Rp. 3.413
  • Underpad 60x90 Green Rp. 5.775
  • Vitamam Rp. 139.100
  • TOTAL Rp. 2.592.288 
Sekian sudah pengalaman saya yang sempat bikin degdegan dan perasaan gak tenang karena terus bertanya-tanya "Saya hamil atau tidak?" Sumpah deh bikin galau loh cuma perkara garis 2 di testpack. soalnya semua yang saya rasakan ya benar-benar menujukan kalau saya hamil.

Akhirnya setelah dapat pencerahan dan semuanya begitu jelas, Saya pun tenang dan bisa jaga kondisi tubuh saya agar tidak terlalu capek dan untuk makanan pun harus sangat dijaga sekali agar pengalaman sebelumnya tidak saya rasakan untuk kedua kalinya.

Sekian sudah sharing saya perihal hasil Testpack samar tapi rahim dan janin kosong. Jadi buat para moms di luar sana jangan berkecil hati ya kalau dapat hasil yang tidak sesuai. Setidaknya kita sudah mencoba dan berjuang. Semangat moms!!


Cheers,
2 Nov 2021

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk ah komen daripada cuma sebarin Spam

Copyright 2012 Dian Juarsa. Diberdayakan oleh Blogger.