Rabu, 16 Oktober 2013

Idul Adha 1434H


Umat muslim merayakan Idul adha 1434 H yang jatuh pada hari Selasa, 15 oct 2013. Dan pertama kalinya saya menyaksikan langsung sapi dan kambing di sembelih. Gak tega juga liatnya, tapi saya suka sekali daging hewan ini. Dan saya pun juga tidak pernah mengetahui proses pemotongan hewan qurban.
Ternyata banyak sekali orang-orang yang menyaksikan hewan di sembelih dengan jarak yang sangat dekat. Sebenarnya harus hati-hati juga buat mereka yang menyaksikan langsung pemotongan hewan qurban. Karena akan sangat berbahaya jika hewan itu mengamuk. Belum lagi, banyak dari hewan-hewan tersebut meronta-ronta karena tidak ingin di sembelih. Menurut beberapa narasumber, katanya sih hewan yang di sembelih pada saat idul adha. Hewan itu tidak merasakan kesakitan yang luar biasa. Karena hewan itu akan menjadi kendaraan kita di dunia akhirat nanti bagi mereka yang menyumbangkan dana untuk hewan qurban. 

Kebetulan saya tinggal di per-komplekan Sekretariat Negara. Jadi ada beberapa hewan qurban sumbangan dari wakil presiden Boediono dan menteri sekretariat negara. Jumlah Sapi 10 ekor dan Kambing 41 ekor.

 Kambingnya sedang dikuliti "mungkin"


Tempat pembagian daging

Ada yang unik dari sapi sebelum di potong. Katanya biar sapinya gak ngamuk harus dielus-elus dulu bagian kepalanya. Karena sapi akan langsung tenang jika kepalanya dielus. Tapi setelah itu, bagian kaki sapi akan diikat agar gampang untuk dijatuhkan ketanah. Butuh 6 orang untuk dapat menjatuhkan sapi. Nah dibawah ini, sapi dari Wakil Presiden, Pak Boediono. Dan ada juga proses pemotongan sapi dari awal sampai akhir. Buat kalian yang gak bisa lihat darah. Lebih baik jangan dilihat videonya yah. Saya tidak bertanggung jawab penuh kalau anda kenapa-napa :))

 Sapi langsung nunduk ketika bagian kepalanya dielus-elus

 Perhatikan tangan mas-masnya, masih dielus-eluskan

Buntut tetap ditarik saat pemotongan

Jangan tekan Play Kalau gak kuat liatnya :))

Abis video-in Sapi qurban, masih sempet-sempetnya gendong anak tetangga. Yah mayanlah buat penghiburan sebentar. Setelah eneg liat darah yang ngucur kaya air terjun. Untungnya gak muncrat tuh darah.

 Dian with Refaldo *abaikan cowo yg dibelakang saya, gak kenal*


 Crowd di TKP ( Tempat Kejadian Pemotongan )

Bumil juga ikut-ikutan liat pemotongan qurban

Selesai bahas pemotongan hewan qurban. Sekarang kita lanjutkan nyate daging kambing dan sapi. Salah satu teman saya dapet paha kambing. Nah di sate aja deh tuh semuanya. Ada bagian-bagiannya juga loh. Saya perkenalkan satu persatu yah nama manusia-manusia nya :))

 Mba Nde bagian potong memotong 

 Doni bagian Kipas-kipas te sate

Deni bagian bakar arang

Sebenernya saya (Dian) bagian tusuk-tusuk sate, Silvia bagian pembuatan sop kaki kambing dan andes bagian yang ngambil barang yang diperlukan. Tapi sayangnya, saya lupa fotoin mereka satu persatu. Jadi saya kasih aja yah foto yang lain 

Andes dan Silvia

 Sate setelah dibumbui dan ditusuk

 Beberapa sate yang lupa di bumbuin Hahaha...

 Santap Sateeeee kambing dan sapi

 Beserta Sop kaki kambing *abaikan handphonenya yah*

Perut kenyang dan hati pun senang :))


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Comment and Follow ya guys ^.^

FANPAGE FACEBOOK

Twitty

Contact Us


Haloha...Jika kalian menemukan kendala atau masalah dengan Blog Untold Story. Kalian bisa menghubungi kami dengan mengisi Contact Form dibawah ini. Apabila ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau ingin bekerja sama dengan kami. Dengan segera mungkin kami akan cepat tanggap dan menyediakan waktu untuk anda. Kami juga menerima kritik dan saran yang membangun agar Blog Untold Story dapat berkembang lebih baik lagi. Terima Kasih 


Name :

Email: *

Message: *



Hubungi Kami :
Nama : Dian Juarsa
Email : dianpjuarsa@gmail.com
Phone : 0813 222 030 93