Kamis, 19 Januari 2017

Melihat lebih dekat Proses Pengasinan Telur di Brebes

Bebek..Bebek..Bebeeeekkkk....Telor kalian sangat bermanfaat sekali untuk disajikan dengan makanan lainnya. Kenapa harus telor bebek yang dijadikan telor asin? Kenapa gak telor ayam? 

Jawabannya adalah karena telor bebek memiliki pori-pori kulit yang lebih besar ketimbang telor ayam makanya akan lebih mudah proses pengasinan telornya. Ditambah lagi telor asin memiliki kadar lemak yang tinggi, coba aja deh liat kuning telornya yang bertekstur creamy seperti memiliki kadar minyak pada bagian kuning telornya yang membuat rasa lebih gurih. Cangkang telor bebek juga lebih tebal sehingga tak mudah retak ataupun pecah saat proses pengasinan telor sehingga daya simpan telor lebih lama. 

Begitulah kawan alasannya telor bebek jadi inceran dalam pembuatan telor asin. Kami langsung meluncur ke peternakan bebek milik Pak Abdillah. Jangan ditanya wanginya seperti apa yah. Pokoknya parfum kalian semua kalaaahhh deh sama bau khasnya si bebek. Mendingan kalo kesana gak usah sok pake parfum segala yah, Percuma!!!!


Haiiii Bebek Betina...Lagi Lagi Betina Lagi yang jadi korbannya
*Taken by Bang Surya*

Brebes adalah kota yang identik dengan telor asin bahkan ada patung yang berbentuk telor asin loh disana. Pemandangan kalian pun sepanjang perjalanan selalu ada toko yang menjual Telor Asin. Kalian bisa bebas deh tuh mau pilih telor asin yang mana.

15.45 PM  Saya dan Travel Blogger lainnya berkesempatan melihat lebih dekat proses pengasinan telor bebek. Banyak yang saya tidak tahu kini menjadi tau bagaimana proses pengasinan itu tejadi dan membuat telor semakin gurih. Kalian pasti penasaran dong cara pengasinan telor asin seperti apa?

Sore itu hujan sangat deras sekali, beberapa teman blogger lainnya berlari menuju pabrik telor asin dan ada juga yang berjalan santai menggunakan payung sambil tertawa riang. Beruntungnya kami sesampainya di pabrik hujan angin semakin deras sehingga jarak pandang dekat sekali. Setidaknya baju kami tidak basah kuyup.

Sesampainya di pabrik telor asin, Kami dijelaskan satu persatu cara pengasinan nya :

  1. Siapkan telor yang akan di asinkan dari tengkulak
  2. Jangan lupa bersihkan telor bebek dari kotoran yang menempel agar higienis
  3. Lalu keringkan telor asin dengan kain. Pelan-pelan aja yah, harus pake perasaan!!
  4. Rebus air laut didalam dandang agar menghasilkan garam yodium 
  5. Setelah mendapatkan garam yodiumnya barulah buat adonan telor asin
  6. Campuran adonan telor asin : Abu Gosok, Bata Merah, Garam Yodium dan Air hangat campur jadi satu sehingga terbentuklah adonan.
  7. Diamkan adonan tersebut selama semalam agar berkerak menjadi warna kecoklatan
  8. Keesokan harinya adonan tersebut dicampur dengan air hangat
  9. Barulah proses pembalutan telor dengan adonan dilakukan oleh para pekerja 
  10. Lalu kumpulkan telor tersebut dalam keranjang dan diamkan selama 15 - 20 hari agar hasilnya lebih maksimal
  11. Setelah melewati beberapa hari, Barulah telor asin tersebut dibersihkan
                       
1. Air laut direbus didalam dangdang perebusan

2. Adonan yang di diamkan semalaman agar berkerak
Setelah berkerak barulah tambahkan dengan air panas agar jadi adonan untuk dibalut dengan telor

3. Inilah proses pembalutan telor dengan abu gosok, bata merah dan garam yodium

4. Telor yang sudah dibaluti adonan harus di diamkan selama 15 - 20 hari

FYI : Lihat dikertas itu bertuliskan 10.1.17 Jen AB
Maksudnya adalah Tanggal pengambilan Telor dari tengkulak dan Jen adalah nama tengkulaknya

5. Telor Asin yang siap diantarkan ke pembeli
BTS (Behind The Scene) Pembuatan Telor Asin



Akhirnya selesai juga proses pembalutan telor dengan adonan agar proses pengasinannya berjalan dengan baik. Kini saatnya kita tanyakan lagi proses pembuatan telor asin asap (Pengasapan batok Kelapa) dan telor asin panggang.

Pembuatan Telor Asin Asap ( Pengasapan Batok Kelapa) :
  1. Rebus telor yang sudah melalui proses pengasinan dengan campuran adonan
  2. Telor asin di oven dengan asap yang berasal dari tempurung kelapa
  3. Diamkan dalam oven selama 4 jam dan perlu diperhatikan kadar suhunya
  4. Setelah selesai dari proses pengasapan, Angkat telor asin dan bersihkan telor dengan lap bukan kain pel yah!!


Tempat pengasapan Telor Asin
Pembuatan Telor Asin Panggang :
  1. Rebus telor yang sudah melalui proses pengasinan dengan campuran adonan
  2. Masukkan telor asin kedalam pemanggang
  3. Tunggu hingga 4 jam proses pemanggangannya
  4. Angkat telor dari pemanggang lalu bersihkan

Masukkan telor asin kedalam pemanggang
Telor Asin yang sudah siap di Jual dengan Harga Rp. 4.000/butir
Telor Asin berwarna kecoklata itu Telor Asin Asap
Kalau yang masih berwarna alami itu Telor Asin Panggang
Hayyyyoookkk berburu Telor Asin


Telor asin Brebes ini rasanya tidak terlalu asin loh dan banyak yang bilang juga rasanya lebih gurih. Teman Travel blogger lainnya langsung memborong telor asin. Puas sekali dengan melihat lebih dekat cara pengasinan telor. 

Bahkan saya pun diberitahu omset perbulannya dapat berapa. Tertarik sekali mendengar omset yang didapat tiap bulannya. Tapi semua itu balik lagi ke individual masing-masing. Dalam berbisnis apapun usaha yang dilakukan kalau kita tidak tekun tidak akan menghasilkan apa-apa. Tapi kalau tekun dalam berbisnis dan konsisten, sudah dipastikan akan berhasil dikemudian hari. So you guys...jangan pernah menyerah dalam melakukan sesuatu. Semua yang kamu perjuangkan pasti akan ada hasil akhir dari jerih payah kalian.

Waktu cepat sekali berlalu tapi kami tidak berakhir disini saja karena masih ada spot berikutnya yang harus kami kunjungi agar kami bisa makan kepiting bakau yang telah mereka sajikan. Makanya dari pada penasaran seperti apa sih kepiting bakau yang menjadi idolanya warga desa kaliwlingi, Yuuukkkk kita tinjau kembali Hutan Mangrove Pandansari yang bikin ketagihan untuk bisa berkunjung kesana

9 komentar:

  1. Wuih komplit banget infonya !!
    Tapi harus diakui kalau kualitas Telur Asin disini Juara. Enak. Ga terlalu Asin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya komplit biar banyak yang ngeborong telor asin hihihii....

      Hapus
  2. hmmmm,,
    bena terfokus sama fotonya.
    emang bener ya foto yang diammbil sama ahlinya beda.
    hahahahaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Foto si bebek yaaaa. Jangan bilang elo ngayalin bebek itu digoreng lagi. Pliiisss Bena kasian kan kalo mereka digoreng. Pikiran lo makanan mulu sih,. Hih!!! :p

      Hapus
  3. Gak sia-sia ya nongkrongin mas-mas pembuat telur asinnya. Lengkap banget bok informasinya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyeeesss gak sia-sia banyak tanya sama si mas-masnya. Untung mereka sabar ngadepin gw yang bawelnya tingkat dewa haahaaa :D

      Hapus
  4. Oh pake abu gosok, gw dulu waktu sekolah diajari pake bata yg di tumbuk halus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyeesss kalo disana pake abu gosok kaka. Tapi pake bata merah juga sama kak

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus

Please Comment and Follow ya guys ^.^

FANPAGE FACEBOOK

Twitty

Contact Us


Haloha...Jika kalian menemukan kendala atau masalah dengan Blog Untold Story. Kalian bisa menghubungi kami dengan mengisi Contact Form dibawah ini. Apabila ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau ingin bekerja sama dengan kami. Dengan segera mungkin kami akan cepat tanggap dan menyediakan waktu untuk anda. Kami juga menerima kritik dan saran yang membangun agar Blog Untold Story dapat berkembang lebih baik lagi. Terima Kasih 


Name :

Email: *

Message: *



Hubungi Kami :
Nama : Dian Juarsa
Email : dianpjuarsa@gmail.com
Phone : 0813 222 030 93