Senin, 17 September 2018

Biaya pengobatan cedera engkel (sprain ankle) MAHAL!!!


Kita tidak pernah ada yang tau apa yang akan terjadi nanti. Entah itu sesuatu yang bisa membuatmu bahagia atau sebaliknya. Lagi lagi semua itu menjadi rahasia yang maha kuasa. Kita hanya bisa menjalani apa yang sudah terjadi saat itu.

SEBELUM KEPLESET DI TANGGA

Minggu, 19 Aug 2018 Tepat saat Asian Games berlangsung saya habis menyaksikan permainan bulu tangkis antar negara bersama teman. Tapi pertandingan yang paling saya suka adalah saat Malaysia melawan Jepang. Tapi disini saya bukan mau bercerita tentang Asian Games yah, melainkan kecelakaan kecil yang terjadi saat menuju ke rumah.

Setelah nonton Asian Games, Saya bertemu dengan Esa dan masih menyempatkan waktu untuk nonton Wiro Sableng di Hollywood XXI. Sepulangnya dari bioskop, saya pulang sendiri karena memang Esa tidak membawa kendaraan. Jadilah saya naik gojek untuk menuju ke Stasiun Palmerah.

KRONOLOGI KEPLESET DI TANGGA

Sesampainya di Stasiun Palmerah, memang ada safety sign yang menandakan harus berhati-hati karena lantai licin. Saya tetap turun lewat tangga itu dengan memegang tiang tangga agar tidak terjatuh. Tapi ya namanya memang apes, kaki saya tergelincir jatuh hingga tiga tangga yang mengakibatkan posisi kaki saya salah saat menopang tubuh.

Kondisi kaki saat terjun bebas dan menahan beban tubuh

Untuk bangun saja tidak sanggup karena kaki terasa nyeri sehingga ada orang yang membantu saya agar bisa turun dari tangga. Saya masih tetap melanjutkan perjalanan menuju Stasiun Jurang Mangu dengan kondisi masih menahan sakit tapi sayang air mata terus bercucuran dan tidak bisa berhenti.

Turun dari kereta pun sulit, masih dibantu juga dengan penumpang lainnya. Saya sangat bersyukur saat itu karena banyak yang menolong. Tidak disangka ternyata bagian engkel (ankle) saya bengkak. Rasa nyeri pun masih tak tertahankan.

Ankle bengkak di bagian kiri

KESALAHAN DI PERTOLONGAN PERTAMA

Akhirnya orang tua pun mengantarkan saya untuk berobat ke tukang urut ahli patah tulang dan menurut beliau tulang kaki saya retak.  Walhasil selama seminggu saya harus rawat inap.

Setelah seminggu saya rawat inap, Akhirnya saya bisa berjalan dengan bantuan tongkat (Kruk) dengan kondisi kaki masih di perban. Seminggu 3 kali saya rawat jalan dengan biaya Rp. 150.000 per kedatangan. 
  • Biaya rawat inap Rp. 2.500.000
  • Kedatangan saya sudah 5 kali rawat jalan dan menghabiskan biaya Rp. 750.000.
  • Obat yang saya tebus sudah 2 kali dengan biaya Rp. 200.000 (4 jenis obat)
  • Ganti perban sudah 3 kali Rp. 264.000 (Harga perban Rp. 88.000)

Jadi total biaya yang sudah saya keluarkan sebesar Rp. 3.714.000

Apakah biaya saya ditanggung asuransi?

Jawabannya adalah TIDAK!!!!

Pihak asuransi tidak meng-cover biaya pengobatan herbal. Walaupun pake cara reimburse tetap saja tidak akan di cover. Karena asuransi hanya bekerja sama dengan rumah sakit yang sudah tertera. jadi resiko seperti ini ya di tanggung sendiri.

Kondisi kaki setelah di urut beberapa kali

****

Saya pun merasa rugi karena biaya yang saya keluarkan tidak membuahkan hasil. Kaki saya masih saja terus bengkak karena kondisinya masih harus diperban. Sampai akhirnya, bapak saya pun membuka perban agar kaki tidak bengkak dan langsung ke rumah sakit untuk di rontgen.

Ternyataaaaaa!!!!!

Tulang kaki saya tidak retak, Sendi pun dalam kondisi baik dan tidak ada kelainan tulang. Yang artinya adalah kondisi tulang saya tidak ada masalah sama sekali. Terus kenapa kaki saya dibilang retak atuh maliiiiihhh. huwaaaaaa.....Saya sangat menyesal dengan keadaan ini.

Tau gitu kan saya turuti saja kemauan saya sedari awal langsung di bawa ke rumah sakit biar semua biaya ditanggung asuransi. Tapi karena perdebatan yang alot dengan orang tua saya. Walhasil saya pun nurut apa kata mereka #hiks

BERUBAH PIKIRAN KE MEDIS

Akhirnya saya rontgen di Rumah Sakit Sari Asih Ciledug dan biaya yang dikeluarkan untuk rontgen pun di tanggung asuransi sebesar Rp. 230.000 dengan rincian biaya :
  • Konsultasi Dokter IGD Rp. 70.000
  • Ankle Joint Rontgen Rp. 140.000
  • Registrasi Rp. 20.000

Setelah di rontgen saya di rujuk dokternya untuk ke Dokter Ortopedi karena bagian kaki yang bermasalah di bagian ligamennya yang robek. Sempat bingung apa itu ligamen?

Ligamen itu adalah pita keras jaringan ikat yang ditemukan pada bagian sendi yang menghubungkan antara tulang dengan tulang lainnya dan dirancang untuk membantu menstabilkan sendi dan menyediakan struktur untuk tulang.

Apa penyebab ligamen robek?

Akibat kaki terkilir dapat menyebabkan kerusakan ligamen yang terjadi ketika meregang melampaui batasan normal gerak kaki. Hal ini lah yang menyebabkan penyembuhan butuh waktu beberapa bulan.

Kejadian saya pada bagian INVERSION


RS PREMIER BINTARO

Tapi saya tidak langsung berobat ke dokter ortopedi karena memang jadwal dokter tidak ada malam itu.

Akhirnya keesokan harinya saya membuat appointment dengan salah satu dokter ortopedi di RS Premier Bintaro pada hari sabtu.

Tapi nyatanya kaki saya mulai bengkak sehingga saya pun tak bisa menunggu sampai hari sabtu.

Kamis, 14 Sep 2018 saya langsung bikin appointment di RS Premier Bintaro. Berharap mendapatkan informasi yang lebih efektif agar kaki saya bisa cepat sembuh.

Setelah 2 jam menunggu ternyata saya dapat kabar kalau dokternya ada bedah sehingga saya pun masih harus menunggu hingga 2 jam lagi. Total waktu menunggu hingga 4 jam.

Saya pun bersabar menunggu kedatangan dokter dan akhirnya saya mulai dipanggil untuk konsultasi.

Dari hasil rontgen yang saya bawa memang benar adanya kalau ligamen saya robek dan kaki saya harus di gips selama sebulan. Biayanya pun tidak murah, saya bisa mengeluarkan biaya hingga dua juta rupiah untuk biaya pembuatan gips dan alat kesehatan.

Untuk biaya gips sebenarnya di cover asuransi, hanya saja alat kesehatan seperti alat bantu jalan atau alas gips tidak di cover asuransi.

Saya pun tidak langsung menerima saran itu karena saya harus memikirkan apakah separah itu harus di gips. Saya sudah sebulan terjatuh dan memang dokter bilang penyembuhan ligamen itu tidak sebentar. Membutuhkan waktu 4 bulan untuk penyembuhan total.

Karena saya menolak di gips, akhirnya dokter hanya memberikan obat pain killer agar rasa sakit yang ditimbulkan dari bengkak kaki saya bisa mereda.

Biaya yang saya keluarkan pun di cover asuransi. Akan tetapi plafon dokter spesialis melebihi biaya yang saya miliki.

Maka saya pun masih harus membayar biaya kekurangan sebesar Rp. 165.000 dari uang pribadi saya. Berikut princiannya :
  • Konsultasi Dokter Andito Wibisono Rp. 525.000
  • Ostelox Tablet 7.5 MG Rp. 147.540
  • Forres Tablet 50MG Rp. 146.660
  • Lapraz Capsule 30MG Rp.313.500
  • Total Rp. 1.132.700

Harga obatnya fantastiiissss mahal sekali. Bayangkan saja untuk obatnya aja seperti Ostelof Tablet Rp. 7.377/tablet, Forres Tablet Rp. 7.333/tablet da Lapraz Capsule Rp. 15.675/capsule.

Ternyata cedera engkel (sprain ankle) itu biaya pengobatannya lumayan juga. Tapi selagi di cover asuransi saya masih bisa bernafas lega. Kebayang gak sih kalau tidak punya asuransi. Saya harus bayar jutaan rupiah sekali berobat.

Kondisi kaki bengkak yang agak mendingan

MENOLAK DI GIPS

Apa sih alasan saya tidak mau di gips?
  • Saya tidak tahan gatal kalau keringetan
  • Sudah pasti tidak nyaman saat melakukan aktivitas
  • Selalu jadi sorotan orang banyak dengan tatapan kasihan
  • Kulit saya sensitif sehingga mudah lecet, jadi gak mau ada luka baru lagi
  • Sudah tidak punya duit lagi karena udah keluar biaya sekitar empat juta rupiah

Setelah itu, teman saya banyak yang menyarankan saya untuk konsultasi dengan Dokter Ortopedi di RS Siaga Raya.

Banyak dari teman saya yang sudah berobat disana kalau dokternya tidak komersil. Melainkan banyak memberikan saran sesuai dengan budget yang kita miliki.

Kemana-mana harus menggunakan tongkat (Kruk)

RS SIAGA RAYA

Akhirnya saya pun memutuskan untuk konsultasi di RS Siaga Raya pada hari sabtu, 15 Sep 2018 dengan dr. Gazali Said, Sp. OT(K), MARS.

Ternyata disana banyak Dokter Ortopedi yang masih berjaga hingga pukul 18.00 PM.

Beda halnya dengan rumah sakit lain yang kebanyakan Dokter Ortopedi jadwalnya hanya di pagi hari dan siang hari saja. Tidak ada yang jadwal sore.

Appointment pada pukul 15.00 PM, ternyata dokternya sangat tepat waktu, saya dapat nomor antri ke 10 yang membutuhkan waktu menunggu hingga satu jam.

Grade 2 Ligament Robek

Di rumah sakit ini Dr. Gazali sangat detail memberikan penjelasan ke saya. Bahkan banyak pilihan yang bisa saya pilih sesuai budget yang saya miliki. Ibarat kata yah, dokter di RS Siaga Raya emang dokter selera rakyat lah. Tidak langsung memberikan option yang memberatkan.

Awalnya memang penjelasannya sama seperti dokter sebelumnya bahwa penyembuhan ligamen itu tidak sebentar, bahkan bisa sampai berbulan-bulan. Tapi bedanya adalah dokter ini memberikan beberapa penawaran yang tidak memberatkan pasiennya.

Pertama, dokternya hanya bilang, kalau penyembuhan ligamen itu hanya butuh istirahat total saja. Jangan banyak aktivitas yang memberatkan apalagi naik turun tangga. Itu termasuk dari larangan keras kalau kakinya tidak mau bengkak dan sakit lagi.

Kedua, cara yang paling cepat adalah cek MRI lalu di operasi. Tapi kendalanya biaya cek MRI saja membutuhkan biaya Rp. 2.500.000 (biaya dapat berubah sewaktu-waktu). Belum lagi biaya operasinya yang lebih mahal. Kalau biayanya ada silahkan, tapi kalau tidak ada lebih baik tidak usah memaksakan kehendak. Karena kalau di operasi nantinya akan menimbulkan bekas jahitan di kaki.

Ketiga, Bisa juga dengan menggunakan gips. Tapi harus kuat menahan rasa gatal akibat keringat dan kalau kulitnya sensitif ya sudah pasti akan menimbulkan ruam-ruam. Tapi penyembuhan bisa memakan waktu sebulan saja.

Keempat, dengan cara fisioterapi. Tapi dokternya bilang kalau rumah saya kejauhan untuk menuju ke RS Siaga Raya karena terapi seminggu dua kali. Jadilah Dr. Gazali tidak menyarankan saya untuk fisioterapi karena kasian kejauhan. Nanti yang ada kaki jadi makin banyak aktivitas.

Kelima, Akhirnya dokter pun memutuskan untuk menggunakan alat bantu gerak seperti LP Support Ankle. Harganya pun tidak terlalu mahal hanya merogoh kocek Rp. 97.000. Agar ankle lebih terbatas gerakannya. Sehingga dokter pun menyarankan untuk selalu menggunakan saat aktivitas padat. Tapi saat tidur jangan digunakan agar darah mengalir dengan lancar.

LP Support yang saya beli

Penjelasan dari dr. gazali sangat detail dan kita bisa memilih sesuai budget yang dimiliki. Sehingga tidak memberatkan pasien. Emang dokter selera rakyat lah. Hahahahaa...

Biaya perinciannya :
  • Biaya Konsultasi dr. Gazali Said Rp. 272.000
  • Biaya Registrasi Rp. 50.000
  • Biaya Pembuatan Kartu Rp. 20.000
  • Total Rp. 342.000

Seluruh biaya pun ditanggung asuransi. Sehingga saya tidak mengeluarkan biaya sedikitpun.

Nah untuk alat bantu LP Support itu beli sendiri di apotik Rp. 97.000 karena memang tidak di cover asuransi.

Jadi saran saya buat kamu yang cedera engkel atau patah tulang, ada baiknya langsung ke medis aja deh karena lebih aman dan ketawan sebab musababnya apa. Jelas terpampang dari hasil rontgen yang terlihat bagian manakah yang mengalami cedera.

Untuk Rumah sakitnya saya lebih menyarankan berobat ke RS Siaga Raya karena penjelasan dokternya sangat membantu dan memberikan banyak pilihan sesuai dengan kemampuan pasien.

Bahkan walaupun dokternya tau kalau saya bayar dengan menggunakan asuransi. Dokter pun tetap menyarankan semua kembali ke pasien mau dengan cara apa agar cepat sembuh.

Berhubung uang yang saya keluarkan sangat banyak sebelumnya, jadi saya sudah merasa bokek banget. Jadilah saya lebih memilih untuk banyak istirahat dengan menggunakan alat bantu LP Support dengan konsekuensi penyembuhan sedikit lebih lama. Kalau mau cepet ya bener-bener istirahat total.

Sekian sharing biaya pengobatan dan manfaat memiliki asuransi saat cedera dan mengharuskan mengeluarkan biaya hingga jutaan rupiah. Setidaknya sebagai pelajaran bahwa sakit itu biayanya lebih mahal berkali-kali lipat.

Mungkin kalau dari awal perawatan medis sih, tidak akan keluar uang hingga jutaan rupiah #hiks

PERTOLONGAN PERTAMA CEDERA ENGKEL

Bagi kamu yang juga mengalami cedera engkel, ada baiknya lakukan hal dibawah ini agar kamu tau pertolongan pertama yang harus dilakukan :

  • REST : Istirahatkan cedera engkel kaki dengan meminimalisasi gerakan pada area yang cedera dan bila perlu menggunakan brace atau tapping saat akan melakukan aktivitas.
  • ICE : Lakukan kompres es di area cedera engkel selama 15-20 menit tiap 2-3 jam sekali. Kompres dilakukan 48 - 72 jam pertama setelah cedera engkel
  • COMPRESSION : Lakukan kompresi dengan menggunakan bebat atau perban elastik atau non adhesive bandage di area engkel kaki. Fungsi bebat ini adalah untuk mengurangi bengkak dengan dan pendarahan di area cedera engkel.
  • ELEVATION : Mengelevasikan area yang cedera engkel lebih tinggi dari level jantung untuk mengurangi pendarahan dan bengkak pada engkel.

Saat akan menggunakan perban, pakailah jenis Tensocrepe 7.5 cm x 4.5 cm untuk bebat bagian kaki agar tidak banyak pergerakan pada bagian cedera engkel. 

Usahakan setiap hari untuk selalu menggunakan perban agar pada bagian cedera dapat beristirahat lebih lama.

UPDATE KONDISI KAKI

Alhamdulillah dalam waktu 4 bulan kini saya sudah lancar berjalan tanpa alat bantu apapun. Kegiatan yang saya lakukan pun tidak terlalu banyak. Untuk pulang pergi kerja di jemput orang tua. Lalu saat di dalam rumah pun lebih banyak istirahat di atas kasur.

Kaki sehari-harinya selalu di balurin Voltaren agar kondisi kaki bagian ligamennya masih tetap terasa hangat dengan di bantu menggunakan LP Support. Saya tidak melakukan treatment apapun dan memang benar harus banyak istirahat.

***

Sudah 6 bulan akhirnya kaki bisa berjalan dengan lancar. Sudah bisa menggunakan high heels 5 cm tapi hanya dalam waktu 2 jam saja. Kalau lebih dari itu, kaki masih terasa linu dan nyeri.

Untuk jalan kaki bisa sampai 6 jam saja. Kalau lebih dari itu kaki masih terasa cenut-cenut dan terlihat sedikit pincang.

***

Setelah 8 bulan saya sudah bisa olahraga dan berlari tanpa rasa sakit. Tapi kalau berlebihan olahraganya sampai lebih dari 3 jam masih tetap merasakan cenat cenut.

Sayangnya saya belum mencoba olahraga renang karena memang masih takut tiba-tiba ankle terasa linu dan nyeri.

***
Setahun sudah melalui semua proses, kaki sudah tidak terasa apapun. Bahkan untuk menggunakan heels dalam jangka waktu lebih lama pun sudah tak terasa linu ataupun cenat cenut. Palingan cuma pegel aja, itu sih wajar yaaaa. Hahahaha...

Jadi buat teman-teman yang mengalami hal serupa, tidak usah terlalu terburu-buru harus cepat sembuh, karena memang cedera ankle butuh waktu yang cukup lama.

Semoga kalian semua yang mengalami hal yang serupa dengan saya bisa cepat pulih dan jangan mudah menyerah dalam tahap pemulihannya yah.



Cheers,
17 Sep 2018

71 komentar:

  1. makasih udah berbagi pengalaman, info yg bermanfaat

    BalasHapus
  2. Halooo, mbak saya juga didiagnosa ankle sprain (inversion) derajat 2 kamis lalu, artikelnya sangat membantu saya mbak, tapi mbaknya bisa selama itu ya? Saya juga gak betah mbak pakai gips terasa berat. Mbak pakai LP support setelah berapa lama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya lama karena aktivitas saya kak. Kerja aja masih harus naik turun tangga untuk bisa naik kereta. Kalau saya banyak istirahat dirumah gak akan selama itu kak

      Hapus
  3. Halo mbak, infonya bermanfaat buat saya yang baru terdiagnosa ankle sprain grade 2, kasusnya sama kaya mbak. Mbak setelah berapa lama untuk memutuskan pakai LP support?

    BalasHapus
  4. Setelah sebulan kemudian, waktu saya disuruh di gips sama dokternya. Karena kalau pake perban agak ribet jadi saya pakai LP Sipport saja. Sebenarnya jangan banyak bergerak saja kaki yang cedera itu kak

    BalasHapus
  5. Hai kak, mau tanya
    Dokternya tau kondisi ligament kita dari mana ya kak? karena info dari mbah google rontgen itu ngga bisa ngasih liat kondisi ligament kita seperti apa. Terimakasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak nita ini udah rontgen atau baru cari2 info aja di google? Tiap kita rontgen itu pasti akan diksh tau hasilnya sama dokter kak. Dokter itu tau dr mananya ya mereka pasti udah belajar

      Hapus
    2. Itu ligament brti urat, klw urat ga bs nampak di rontgen tpi nampak di MRI

      Hapus
  6. Halo kak, mau tanya
    Dokternya tau kondisi ligament kaka saat itu bagaimana? Apakah dengan hasil rontgen? Karena info yang aku dapat dari google itu kalau rontgen ngga bisa ngasih tau kondisi ligament kita seperti apa jadi harus scan MRI dan harganya mahal...
    Terimakasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak mendingan km periksa langsung ke dokter aja deh. Tar jg dokter pasti kasih tau hasilnya kok yg bermasalah itu dibagian tulang, sendi atau ligament. Jgn kebanyakan cafi info di google kak. Mendingan action lngsung aj ke dokternya biar bisa dijelasin

      Hapus
  7. Halo ka,thanks ya infonya. Medis emang pilihan 1. Btw aku udh 10 hr bedrest. Bengkak jg berkurang. Pgn masuk kerja krn cuma duduk dpn computer kan, tp kok kaki bengkak ya. Ad solusi ga k? Spy kaki g bengkak pas lg duduk berjam2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo emang kalo masalah ligament suka bikin bengkak. Apalagi kalo pas duduk juga sama bikin bengkak. Ada baiknya saat duduk kaki disimpan di jengkok atau kursi kecil itu. Semua bagian kaki setidaknya jauh lebih tinggi. Setelah itu rajin2 di balurin voltaren. Itu bisa mengurangi rasa bengkak. Kalo aku karena gak punya jengkok. Jaedi tong sampah aku jadikan sandaran kaki hahahaha...

      Hapus
  8. Hi kak, setelah 4 bln apakah ukuran kaki dah kembali sama? Soalnya saya jg mengalami hal yg sama. Setelah 1 bln kejadian kaki masih bengkak. Dan skrg lg fisiotherapi min 5x.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah 4 bulan saya masih blm berani menggunakan sepatu. Jd msh pake sendal kemana-mana dengan menggunakan LT support. Jd untuk ukuran kaki sama atau tidaknya kurang saya perhatikan. Kalo baru 1 bln mah udah pasti msh bengkak

      Hapus
  9. hai mba salam kenal..
    aku cyntia 2 minggu lalu habis operasi ligamen pergelangan kaki, kenapa akhirnya di putuskan operasi karna hasil MRI kondisinya si ligamen bener2 udah robek..
    kalo ga di operasi ngilunyaaaa sampe bikin ga bisa tidur :'(
    ini juga masih buka tutup gips dan istirahat total 3 minggu.

    kaki mba gimana kah kondisinya sekarang ? apa sudah coba MRI mba buat liat kondisi ligamennya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo salam kenal juga. Alhamdulillah kaki ku back to normal setelah lebih dr 6 bulan saat bengkak. Sekarang udah bisa lari malah. Aku gak berani operasi jd gak perlu cek MRI lagi deh. So far sih penyembuhannya istirahat total aja

      Hapus
    2. hallo kak mau tanya, untuk kisaran harga operasi ligamen itu berapa ya?

      Hapus
  10. Makasih atas infonya mbak,dan saat ini saya jg mengalami nasib seperti mbak,cuma kalau saya kedua kaki yang cedera,sdh 3 minggu,obat yg di tulis di atas tadi apa ada di apotik mbak,mau ke rumah sakit terkendala biaya,sekarang saya belajar berdiri tapi terasa sakit dan ngilu,makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Obat yg saya sebutkan atas resep dokter ya. Jadi gak bisa beli sembarang obat. Lagipula biaya obat yg saya rincikan jauh lbh mahal loh drpd biaya konsultasi dokter. Knp gak konsul aja biar cpt penyembuhannya?

      Hapus
  11. Makasih atas infonya mbak,dan saat ini saya jg mengalami nasib seperti mbak,cuma kalau saya kedua kaki yang cedera,sdh 3 minggu,obat yg di tulis di atas tadi apa ada di apotik mbak,mau ke rumah sakit terkendala biaya,sekarang saya belajar berdiri tapi terasa sakit dan ngilu,makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak jgn trlalu memaksakan diri untuk belajar jln ataupun berdiri. Karena ligamen robek itu memang dibutuhkan istirahat total. Seminggu pertama saja saya pakai pampers loh untuk pipis dan pup. Saking kaki saya gak boleh gerak sama sekali

      Hapus
  12. Kak,saya mw tanya 3bln lalu kn sy psg pen krn bergeser ny tulang kcl ats mta kaki n bru sebln lalu buka pen.tp kaki sy saat ini msh bgkak tp dokterny nyuruh sy bljr jln.tp ktka sy duduk n lthn jln kaki sy ttp sj bgkak.n klo dingin trsa ngilu shgga drmh sy pke sendal.hal ini sdh diinfokn suami sy ke dokter tp knp dokter ny nyruh sy bljr jln y?mkany bgung sy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiii kak semoga cepet sembuh ya. Untuk kasus kakak saya kurang paham. Lbh baik percaya apa kata dokter kak bukan kata saya karena saya juga pasien bukan dokter.

      Hapus
  13. Postingannya membantu saya yg sedang galau saat penyembuhan cedera ankle nih. Saya sedang bergelut dengan rasa linu dan dan peer latihan jongkok...😨

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat kak. Memang cedera ankle penyembuhannya gak sebentar kak, butuh waktu lama untuk bnr2 bisa sembuh. Saya aja 6 bulan yg udah lancar jalan aj msh ttp linu kalo jalan kelamaan. Apalagi harus jongkok. Jangan dipaksa ya kak latihannya

      Hapus
  14. Terima kasih atas infonya, Kak. Maaf, saya ingin bertanya, menurut dokter Kakak, apakah cedera ankle akan sembuh dengan istirahat yang cukup? Saya mengalami cedera ankle sejak 2 bulan yang lalu tapi belum melakukan perawatan apapun. Saat ini masih ada benjolan di belakang mata kaki dan terkadang terasa nyeri. Saya khawatir kalau benjolannya menjadi permanen dan kaki saya tidak bisa kembali normal, Kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak kalo dikasus saya memang diharuskan untuk istirahat total. Tapi ada beberapa obat yg diberikan dokter ke saya. Nah permasalahannya setiap orang kasusnya berbeda loh. Lebih baik km cek ke dokter aja bukan konsultasi sama saya karena saya orang awam jg kak. Gak mengerti tnt medis

      Hapus
    2. Saya sama dengan mas Nopal, cedera ankle. Sudah 4 bulan dan salah di penanganan pertama, saya pijat ke tukang pijat...nyeselll banget rasanya 😭

      Kondisi ankle saya sekarang, bagian belakang mata kaki dan bagian depan mata kaki masih bengkak, kesemutan, saya tidak bisa jongkok dengan posisi kaki rapat dan tidak bisa duduk bersila ...nyeri rasanya.

      Saya tinggal di solo sudah ke rumah sakit ortoped dgn 3 dokter secara tulang baik2 saja.

      Harus kemana saya berobat

      Oengen sembuh

      Mohon doanya teman2 senasib

      Semoga kita semua sehat sembuh ...Amiin

      Hapus
  15. Terima kasih atas infonya, Kak. Saya ingin bertanya, menurut dokter Kakak, apakah cedera ankle akan sembuh dengan istirahat yang cukup? Saya mengalami cedera ankle sejak 2 bulan yang lalu tapi belum melakukan perawatan apapun. Saat ini masih ada benjolan di belakang mata kaki dan terkadang terasa nyeri. Saya khawatir kalau benjolannya menjadi permanen dan kaki saya tidak bisa kembali normal, Kak.

    BalasHapus
  16. Mbak. Saya mengalami kasus yg sama. Sdh 12 hari ini, bengkak nya sdh berkurang. Cuma kaki masih blm bisa diinjak ke lantai, tdk bisa menopang tubuh. Fisioterapi yg dimaksud mbak itu apakah yg menggunakan penyinaran infrared. Itu ada dijual, apakah bisa digunakan di rumah sendiri, selain menggunakan LP suport

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak saya sebulan loh kaki gak boleh napak di lantai dulu. Makanya kemana-mana saya selalu menggunakan kruk agar kaki saya yang kiri tidak memijak lantai. Untuk fisioterapi yang menggunakan infrared, kalau diperjual belikan saya kurang tau. Tapi kalau LP Support bisa dibeli di Guardian atau century. Bisa juga di klinik lain kok. LP Sipport kaya pakai kaos kaki aja kak. Gampang banget, malah ada pula yang dililit gitu. tapi saya belinya yang model kaya kaos kaki jd lbh mudah pemakaiannya

      Hapus
    2. Skedar berbagi. saat insiden sya dibawa ke UGD RS di daerah, hasil rongten dinyatakan tidak ada patah tulang. Setelah 2 minggu blm ada kemajuan itu, krmaren tgl 13 sept '19 saya berinisiatif utk cek ke spesialis orthopedi di RS di propinsi. Kemudian di rongten ternyata hasilnya menurut dokter ada retak seperti rambut di tulang tumit. Tindakannya harus di Gips selama 1,5 bln. Saya tanya apakah ada alternatif lain, dijawab: alternatif lain adlh operasi pemasangan pen. Hualah ngeri bgt denger operasi.., maka lgsg saya iyakan utk di pasang gips selama 1,5 bln ke depan, kontrol per 2 minggu. Jadi menurutku setiap org pasti berbeda kasusnya, pastikan aja dulu cek ke dokter.

      Hapus
    3. Memang iya benar setiap orang punya kasus yang berbeda. Jadi untuk lebih pastinya diharuskan cek ke dokter biar tau apa saja yang harus dilakukan saat penyembuhan

      Hapus
  17. Hai kak, aku jg lagi keseleo, sudah hampir 1 bulan ini belum bisa jalan normal. 2 minggu pertama sangat susah untuk berjalan. Saat ini aku sudah dapat berjalan tetapi masih pincang karena masih agak sakit dan mata kaki saya masih bengkak sampai sekarang.
    Kalo boleh tau sampai brp lama kak bengkaknya mengecil atau menghilang?
    dalam berapa lama kak bisa berjalan dengan normal kembali?
    oh ya, skrg udah bisa jongkok atau sujut blm kak? brapa lama ya kak biar bisa jongkok atau sujud lg?
    ankle suportnya dipakai kemana pun saat berkerja ya kak? apa ga sakit pas makenya?
    soalnya selama ini saya cuma diurut saja dan ga pakai kruk.

    maaf byk nanya kak.. mohon dijawab ya kak.. terimakasih

    BalasHapus
  18. Hai kak, aku jg keseleo.. udah satu bulan ini masih bengkak mata kakinya. butuh berapa lama ya untuk bengkaknya mengecil atau menghilang kak?
    saat ini aku udah bisa jalan tapi masih pincang, karena masih terasa agak nyeri di mata kaki. untuk sujud atau jongkok masih belum bisa karena terasa nyeri dan kaku, kakak merasa begini juga ga ya sebelumnya?

    untuk ankle support itu ga berasa sakit ya kak pas dipake? soalnya aku jg sambil kerja dikantor, kalau pakai kruk berasa ribet jg dan kulit aku jg sensitif kaya kakak, jadi pengen coba ankle support aja kalo emg manfaatnya bagus.

    tolong dijawab ya kak. terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai juga...Waktu aku sih sampe 3 bulan tuh bengkak masih ada terus. Apalagi kalau udah kecapean, bengkaknya bisa makin parah. Kak kalau masih sebulan tuh sebenarnya jangan terlalu banyak gerak. Sholat kan bisa sambil duduk dulu. Aku aja waktu itu sholat sambil duduk kok.

      Terus juga kalau jongkok, ini yang sebenarnya tidak diperbolehkan. Agak susah yah kalau pakai toiletnya yg toilet jongkok. Jadi mau gak mau saat jongkok, ankle yang bengkak harus tetep lurus. Ribet yah, tapi demi cepet pulih ya mau gak mau.

      Sakit bangeeettt kak pake LP Support tuh karena bagian bengkaknya kaya di press banget. Yah hampir sama lah kaya di bebat pake perban.

      Hapus
    2. Hai kak terima kasih atas infonya sangat membantu sekali sebelum akhirnya langsung periksain ke dokter spesialis tulang, udah hampir 2 bulan ini bengkaknya gak kempes2 dan bagian pergelangan kaki blm bisa ditekuk2 sesuka hati, kasusnya hampir sama kek kak Dian, salah penanganan awal langsung ke tukang pijet karena saran ortu pdhl mau langsung ke dokter akunya :( dan akhirnya tetep ke dokter juga karena tak kunjung sembuh, kata dokter ligamennya ketarik jadi dibiarkan aja gak usah diapa2in (dipijet) dan harus istirahat total biar gak nambah bengkak dan bisa sembuh dengan sendirinya soalnya kalau kecapekan bengkaknya membesar lagi, tapi Alhamdulillah sih gak separah kak Dian masih bisa berdiri shalatnya walaupun gak sempurna gerakannya hehe, saya juga duduk di toilet jongkok soalnya masih nyeri kalau buat jongkok haha
      Kak Dian sampai berapa lama anklenya bisa ditekuk2 sesuka hati? Rasanya jg masih gak enak nih kek masih ada yang ganjel gitu
      #maafkepanjangan :)

      Hapus
    3. Hai jugaaa...Semoga artikel ini membantu yah, jadi gak hopeless gegara sembuhnya lama banget. Kenyataannya emang bener bisa lama banget penyembuhannya. Aku aja sudah mulai bisa di tekuk itu pas udah 6 bulan. Mulai tuh lancar untuk olahraga lari atau pakai high heels berjam-jam. Jangan patah semangat yaaaaa. Semoga cepet sembuuuhhhh :D

      Hapus
  19. Hallo kak, terima kasih sudah menceritakan pengalamannya. Aku ngalamin sama seperti kkak dan ini udah masuk sebulan. Awalnya aku merasa sedih kenapa ini udah sebulan engga sembuh² tp setelah baca cerita dari kkak jadi mengerti bahwa kesembuhan perlu proses yang cukup lama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau masih sebulan mah masih bener2 harus sabaaaarrrr banget sama bengkaknya. Belum lagi tar bakalan ngerasain tiap kecapean bengkaknya malah makin besar. makanya harus banyakin istirahat yah dan tetap semangat untuk tahap penyembuhannya. Semoga bisa cepat pulih yah :D

      Hapus
  20. makasih udah berbagi, udah 2 bulan cidera ankle parah kirain udah lama. ternyata emang berbulan bulan sembuhnya. merasa sedikit lega.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dokter bilang kalo umurnya masih di bawah sekitaran 20, penyembuhan paling cepet sekitar 4 bulanan bisa normal lagi. kalo umurnya diatas 30 bisa lebih lama lagi sembuhnya. Semoga cepet pulih ya dan bisa beraktivitas kembali

      Hapus
  21. Nop, saya juga sudah 4 bulan bagian belajang mata kaki masih bengkak.saya keseleo biasa tp salah di penanganan pertama

    BalasHapus
  22. Halo kak, saya juga cedera ankle kaya kak dian. Untung saya kekeh gamau ke tukang urut, tapi krn saya jatuhnya pas weekend, baru ketemu dokternya hari selasa, langsung ke dokter orthopaedi. Sama kaya kakak juga diaksih ankle support sama obat. Resepnya sih buat 10 hari, kalo kakak minum obatnya brp lama ya? Aku sedih banget mana aku mau wisuda 3 hari lagi 😔

    BalasHapus
    Balasan
    1. syukurlah dari awal penanganan udah bener yah. Aku juga dikasih obat gak lama kok tp lupa berapa harinya karena obat itu kan cuma buat pereda nyeri aja. Semoga cepat pulih yaaaa. Gpp tar wisudanya pake kruk aja biar kaki jangan dulu dipaksain napak yah

      Hapus
  23. hi kak .. saya pun sama sdg cedera ankle sdh 5 hari, sy jln menggunakan alat bantu walker, kaki msh diperban, rasa nya sempit apalagi lg bengkak. sakit nya luar biasaa 😫 kmrn sy ke bengkel tulang, tp sdh bnyk rekomendasi nya bagus, suami pun pernah 2x dan sembuh. pas dicek disana, gak diurut cuma di betulkaan tulang yg geser, dan efek yg dirasa memang berbeda stelah dibetulkan. sblm dibetulkan kaki sama sekali gak bisa gerak & napak, stelah dibetulkan bisa gerak & napak, cuma sakit masih tetap. bapak nya bilang saya harus tidur kaki nya lurus, tp saya pegal pgn tidur nyamping. apakah kak dian pun disuruh tidur kaki posisi lurus selama pengobatan alternatif & medis ? tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya kaka ini yang bermasalah di tulangnya atau ligamennya? Beda loh kak tulang sama ligamen. Artikel yang saya tulis tidak membahas masalah tulang. jadi saya gak bisa jawab apa-apa. Kenapa gak di rontgen dulu biar lebih jelas permasalah di ankle kaka ini lebih kena ke tulang atau ligamen. kalau kaka baca tulisan saya dari awal, kaka akan paham kalau pengobatan awal saya salah karena tidak ke dokter terlebih dahulu.

      Hapus
  24. Sy sdh hampir 2thn mengalami hal yg sama, rasa nteri blm kunjung ilang bhk masih berasa panas..jln bru sj bbrp bln bisa menapakkan kaki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak kalo udah selama itu kenapa gak ambil tindakan operasi? kaka periksa ke dokter tidak? Karena saya saja setelah 6 bulan udah bisa berjalan normal. Setahun ini bnr2 tidak ada rasa sakit sama sekali. Alhamdulillah sudah sembuh total.

      Hapus
  25. Halo saya mau tanya. Saat bengkak, apakah diperbolehkan untuk menapak dan jalan seperti biasa? Dan mulai berjalan dua kaki dgn 1 kruk itu setelah brp lama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat kaki masih bengkak gak diperbolehkan menapak. Malah kalau perlu setiap tidur, posisi kaki harus lebih tinggi. Mulai bisa jalan normal setelah 5 bulan. Itupun gak boleh terlalu lama jalan

      Hapus
  26. Halo Mba saya ingin bertanya saat sebelum ke dokter apa kah kaki yg bengkak sudah diperbolehkan utk menapak dan jalan (dgn kruk)? Saya baru bbrp minggu yg lalu jg jatuh dan bengkak tp saya belum berani berjalan krn sakit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau jalan menggunakan kruk tidak apa2. Kan kaki yg bengkak tidak perlu menapak

      Hapus
  27. malam ka,kondisi kaki saya mirip dengan yang kaka alami, hanya saja saya mengalami retak ankle kanan,yang mau saya tanyakan adalah saya di gips selama 1,5 bulan dan sudah seminggu yang lalu gips saya di buka dan sampai sekarang terkadang masih suka bengkak,dan merah,apakah hal itu wajar?

    BalasHapus
  28. Terima kasih informasinya sangat membantu, kasusnya hampir sama saya terjatuh dari tangga kerja setinggi 1,2 meter. Alhasil engkelnya cedera . Karena panik dan ortu jg mnyaramenyake pengobatan tradisional tulang dan dibilang ada retak, biaya pertama 400 ribuan, yang kedua 300 ribuan . Bagi saya itu berat jika memang proses nya lama dan jika harus rawat jalan terus pasti akan habis banyak. AhirnAkhsaya putuskan untuk istirahat total saja . Umur cidera sudah sebulan sudah tidak ada pembengkakan cm linu saja atau cenut cenut jika buat Napak .

    BalasHapus
  29. kak, saya juga mengalami seperti itu. tetapi yang saya rasakan justru nyeri di atas tumit kaki kiri. sudah 3 minggu saya berjalan seperti orang pincang. apakah dengan menggunakan perban elastis dapat mempercepat penyebuhan?

    BalasHapus
  30. Kalau untuk makan dan minum, selama proses istirahat, ada pantangannya tidak? Tidak boleh atau hindari makan ini, minum itu mba?

    BalasHapus
  31. Makasih udah mau berbagi pengalaman pengobatan cedera engkelnya, ternyata sis Dian Juarsa jauh lbh kuat dan cerdas....bravo

    BalasHapus
  32. Wah seneng bisa nyasar di page ini.. banyak temen senasib ternyata. Kak aku jg kena ankle joint sprain kaki kiri inversion uda 3 minggu.
    Kesalahan penanganan awal karena di urut uda 4 kali dgn 2 orang tukang urut berbeda. Akhirnya benkak merah kayak mau meletus..hehe

    Terus hari ke5 ke RS ke dokter ortopedi, Alhamdulillah tulang dan sendi aman tapi ligamen nya yg robek. Sayang dokter tidak menjelaskan ditingkat 1,2 atau 3.
    Sekarang sudah 3 minggu lebih masih ngilu dan bengkak karena obat dokter uda habis..
    Oia mohon doanya semua, 3 minggu setelah cedera ankle aku tes kehamilan dan ternyata positif.
    Doakan segera sehat ya.. agar ankle ku bisa kuat menopang tubuhku dan tubuh anakku.. aamiin

    BalasHapus
  33. Sungguh bermanfaat,apakah suka dibalut dengan es juga selama penyembuhan?

    BalasHapus
  34. Kak,pengobatannya berbulan bulan dibalut es gak

    BalasHapus
  35. Kalau saya juga cedera engkel kanan
    Pasang pen juni 19 dan juni 20 pen sdh dibukak..tapi sdh 2 bulan hbs bukak pen engkel msh sakit..kalau bnyk jalan agak bengkak.. Mungkin karena faktorvumur saya sdh 58 tahun

    BalasHapus
  36. Makasih sudah berbagi kaka, untung pas kena langsung saya komores pakai air es.. walaupun brobat ke rs klw kita pake bpjs paling yg di kasih penahan sakit bener.. untuk beli ini itu kita beli sndiri.. saya juga pake voltaren untuk skrg ga bengkak lagi tp blum bs di pakai jalan.. salam okamotret

    BalasHapus
  37. Terimakasih sudah berbagi ceritanya kaka, bener ini sangat sakit sekalai dan saya sudah mulai sembuh setelah 4 bylan padahal tidak ada yang patah . menurut hasil ronsesn ada ligemen atau apalah namanya yang robek dan suspe fraktur.. tapi skrg sudah mulai bisa di bawa berjalan.. pada saat jatuh saya langsing kompres pake es pas liat videonya di youtube dan langsung bawa ke RS, tapi cuma di ronsen doang akhirnya saya inisiatif beli voltaren kata teman itu bisa membantu, iya bener ..

    BalasHapus
  38. Hai mbak dian... akhirnya aku mengalami hal yg sama tapi patah tulang :( akibat kecelakaan sepeda motor eh sama bpjs kesehatan katanya gak ditanggung akhirnya aku bohong biar dtanggung bpjs kesehatan bilang keblowok selokan.
    Jaman corona sekarang malah ribet mbak dian sebelum operasi / gips disuruh swab 750rb screening torax 260rb dan test hiv 200rb itu wajib bayar gak dtanggung asuransi .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuah baru tau nih harus ada screening torax dan HIV segala. Emang ada hubungannya yah sama corona. Kalau swab sih make sense yah karena sekarang ini semua penyakit pun diwajibkan swab. Biayanya malah jd nambah ya. Semoga cepet pulih dan beraktivitas kembali. Tetep semangat yaaaa

      Hapus
  39. Hai kak aku juga mengalami hal yg sama. Dulu pernah juga dikaki kiri, konsul ke dokter orthopedi pas lagi study di Korea. Disuruh rontgen, gak ada retak tapi beliau belum bisa mastiin ada robek ligamen atau tidak. Jadi untuk penangan pertama disuruh minum obat dan diberi gips (gips nya korea beda kayai model sepatu gitu bisa dicopot pasang) diliat sikonbya selama seminggu kalo masih bengkak brrti ada masalah sm ligamen dan tendon untung setelag seminggu bisa jalan normal biaya ini sekitar 4jutaan. Nah sekarang kena lagi di Indo, baru konsul ke dokter online aja. Kira2 kall biaya orthopedi penangan pertama di Indo berapa ya?

    BalasHapus
  40. Kak aku cedera angkle sudah 2 bulan pas, penanganan pertamanya diurut, 3 minggu gk ada perkembangan berarti akhirnya kedokter , dikasih obat pereda nyeri dll, jalan ke 2 bulan obat udh abis , udh bisa jalan sama naik turun tangga, kira2 untuk sembuh total brapa lama ya kak?

    BalasHapus

Yuk ah komen daripada cuma sebarin Spam

Copyright 2012 Dian Juarsa. Diberdayakan oleh Blogger.