Selasa, 30 Oktober 2018

Team Building Oentoeng Suria and Partners di Pantai Segara


Wohooooo... Pertama kalinya basah-basahan bareng #ehgimana. Gak disangka team building yang tidak diinginkan ini bisa terjadi juga dan ternyata diluar dugaan guys.

Awalnya hampir satu kantor yang keberatan diadakan team building karena memang biasanya di kantor saya ini terbilang unik karena judulnya bisa dibilang outing bebas sebebas-bebasnya.

Memang awal penerbangan dan kepulangan kami bersama - sama. Bahkan saat makan siang dan makan malam pun juga tetap bersama. Tapi ada yang unik lagi guys. Saat menghabiskan liburan selama di Bali atau Jogja kami bisa jalan masing-masing.

Pasti kalian bingung kan? Banyak teman saya dari luar kantor pun heran, kok ada sih outing kantor tapi jalannya bisa masing-masing gitu sesuka hati.

Jadi gini guys, Kantor kami ini yang bernama Oentoeng Suria & Partners memang seringkali setiap tahunnya mengadakan outing ke Bali atau ke Jogja. Nah kami diberi kebebasan mau ikut jalan-jalan bareng yang di biayai kantor atau mau jalan sendiri tapi dengan dana sendiri pula.

Biasanya saya selalu memisahkan diri dari jalan-jalannya teman kantor. Tapi beda dengan tahun ini. Totalitas banget saya ikut semua acara kantor, dari Team Building (Acara Wajib), Waterbom Bali, Makan Siang di Bebek Tepi Sawah dan Makan Malam di Menega Cafe tapi sempat misah saat setelah bermain di Waterbom Bali. Karena saya harus bertemu dengan teman lama untuk singgah ke Pantai Melasti.

***

Jumat, 19 Oct 2018 Kedatangan kami di Bali sudah siang hari. Kami pun sempat makan siang dulu bersama. Setelah makan siang barulah kita langsung pergi ke Pantai Segara.

Pantai Segara ini terletak di Jl Wana Segara 33, Kuta - Tuban, Badung Bali yang letaknya tepat di belakangnya Holiday Inn Resort.

Kegiatan kami dibantu oleh Bali Group Organizer yang dibantu dengan beberapa pengarahan yang harus kami ikuti secara bersamaan.

Berkumpul membuat lingkaran besar

Kami semua berkumpul dan membuat lingkaran besar, lalu sebelum acara dimulai pemanasan kami harus mengucapkan salam secara berteriak agar lebih terasa semangatnya.

Awal mula pemanasan kami harus mengikuti arahan bli yang seakan-akan kami semua ini memiliki pedang di genggaman tangan kami. 

PERMAINAN SAMURAI


Posisi tangan ke arah depan selayaknya sedang memegang pedang lalu mengikuti arahan dengan aba-aba depan dan belakang. Ingat permainan ini dibutuhkan konsentrasi penuh dan juga fokus. Tangan yang dilayangkan bisa ke arah kanan ataupun kiri. Semua bebas tergantung kenyamanan masing-masing.

Posisi kaki pun satu didepan dan satunya lagi dibelakang. Pokonya aktinglah seakan-akan kamu memang seperti samurai.

Aba-aba yang diberikan oleh bli masih tahap pelan lalu sedang dan akhirnya cepat. Sehingga kami harus mengingat apa saja arahan yang telah diucapkan bli ini.

Ada yang salah arah hahaa

Sesuai foto diatas yang dimana kami masih sedang berlatih konsentrasi dengar apa yang telah diucapkan. Ternyata masih juga ada yang salah.

Kalian lihatkan di foto itu yang arahnya salah hanya sedikit saja, selebihnya mengikuti apa yang telah diucapkan. Permainan ini berlangsung hingga empat kali pengulangan. Tapi yang namanya masih pemanasan jadi belum ada hukumannya.

PERMAINAN KERANG DAN MUTIARA

Mari kita lanjutkan permainan selanjutnya yaitu Kerang dan Mutiara. Seperti yang kita ketahui bahwa mutiara berada di dalam kerang. Sehingga kami pun harus mengikuti arahan tersebut.

Masih dengan lingkaran besar, kami harus konsentrasi mendengarkan aba-aba yang dilontarkan bli untuk mengikuti arahannya.

Bli tersebut akan mengucapkan "Empat Kerang dan Tiga Mutiara"

Itu artinya harus ada yang berdiri sebanyak empat orang membuat lingkaran dan harus ada tiga orang yang jongkok di dalam lingkaran.

Berebut mencari pasangan hidup #ehsalah

Lihatlah permainan ini, saking sibuknya mencari kelompok untuk membentuk Kerang dan Mutiara, kami harus berebut mencari pasangan masing-masing agar tidak kalah dalam mencari partner.

Disini butuh kesigapan masing-masing orang, berlarilah dan carilah partner yang tepat agar dapat membentuk empat kerang dan tiga mutiara.

Empat Kerang dan Tiga Mutiara

Akhirnya sukses juga, semua orang dapat kelompoknya masing-masing. kami berlarian mencari pasangan agar terbentuk empat kerang dan tiga mutiara. Lihatlah di foto atas, formasi kami sudah benar jadi tidak ada yang mendapatkan hukuman.

Setelah itu beraksi kembali dengan teriakan "Enam Kerang dan Dua Mutiara"

Masih berlarian kesana kemari mencari partner agar tidak terkena hukuman. Akhirnya saya pun menclok ke tempat yang sudah membuat lingkaran dan sudah tepat mutiaranya sudah ada dua. Tapi karena saya salah hitung, saya pikir dengan datangnya saya malah jadi kelebihan dan saya harus berlari kembali mencari partner kembali.

Ternyata saya salah, Sudah benar saya masuk ke kelompok mereka. Eeehhhh malah kabur jadilah kehilangan partner yang jelas-jelas butuh satu orang lagi untuk jadi kerang. Hahahahaa...

Padahal udah bener, saya malah kabur

Akhirnya kena hukuman juga
Nah berhubung sudah empat kali ulang dan permainan terakhir saya tidak mendapatkan pasangan. Walhasil kena hukuman. Mau tau hukumannya apa? Udah pastinya Joget emang lagi cantik. yaudahlah yaaaa ikutin aja deh hukumannya. Gak usah pake malu, emang udah putus urat malunya juga :p

YEL-YEL TIAP KELOMPOK

Sebelum dimulai permainan yang sesungguhnya. Kami sudah ditentukan jumlah kelompoknya. Masing-masing kelompok berjumlah sembilan orang. Saya dan teman-teman kebagian kelompok berwarna orange, sedangkan yang lainnya ada yang berwarna merah, Ungu dan Biru.


Kami semua diberi tugas untuk membuat yel-yel terheboh dan terkreatif. Karena kelompok kami males mikir semua. 

Bang Zaldy celetuk "Udahlah kita pake tari kecak aja tar Dian muncul dari tengah"

Lanjut Dian "Wah boleh bang, tapi tar aku dari jongkok terus berdiri. Nah kalian semua dari berdiri ke jongkok yah. Biar agak drama dikit gitu"

Akhirnya terbuat sudah yel-yel yang simple dan agak malas mikir ini telah kami buat. Oiya yel-yelnya saya cuma bilang Orange pasti menang. Sedangkan yang lainnya teriak selayaknya penari kecak beraksi. Hahahha...

Dian Jongkok dulu, semuanya masih berdiri
Setelah itu Dian berdiri, baru deh yang lainnya jongkok, simplekan

Siapa sangka ternyata yel-yel kami paling heboh dan memang saat saya muncul keatas saya sedikit improvisasi dengan gaya meliuknya. Makanya semua teman saya pun kaget, kan gak ada di skenario. Hhaahhahahaa....emang iya sih gak ada :p

Bocoran aja, tenyata team Orange menang yel-yel terheboh dari yang lainnya loh. Padahal kalau dilihat yel-yel kelompok lain, mereka bener-bener totalitas sampe bikin lirik lagu segala. Hahahaha...

HULA HOOP ESTAFET

Nah sekarang ini permainan Hula Hoop Estafet. Dibutuhkan kecepatan, ketangkasan dan juga Team Work. Bagaimana caranya agar Hula Hoop terus berputar mengelilingi kelompok kami. Siapa yang jumlahnya banyak, merekalah pemenangnya.

Ternyata permainan ini tidak mudah guys. Kebayang gak sih Hula Hoopnya segede apa, sedangkan kita segede apa pula. Jadi dibutuhkan kesabaran pula agar Hula Hoop bisa terus berputar.

Hula Hoop bermula dari saya karena badan saya paling kecil dan gampang masuknya. Siapa bilang? Ternyata tidak mudah loh. Saya harus berusah memasukkan Hula Hoop ke bagian kepala saya terlebih dahulu setelah itu dilanjutkan dengan kaki kanan terlebih dahulu baru kaki kiri. Akhirnya berhasil.

Penghitungan dimulai dari Dian

Ternyata satu kendala yang masih harus saya hadapi yaitu. Menggeser Hula Hoopnya ke arah bagian kepalanya Mba Rini. Akhirnya berhasil, Namun mba rini kesulitan untuk memasukkan kakinya lalu keluar dari Hula Hoop. Hampir saja mba Rini terjatuh karena kesulitan memindahkan Hula Hoopnya.

Sempat beberapa kali saya dan mba rini harus berusaha keras agar Hula Hoop tersebut dapat berpindah. Memang benar, Tak semudah yang kami kira. Begitu terus mengelilingi satu kelompok agar bermula dari saya dan berakhir dari saya dengan hitungan yang tepat.

Mba Rini berusaha keras memindahkan Hula Hoop ke bagian kepalanya

Awalnya memang semangat tapi karena waktu yang diberikan panitia terlalu lama. Jadilah kami kelelahan, sehingga kecepatan kami pun semakin berkurang tapi tetap saja ada tingkah pola yang lucu. Jadi walaupun lelah tetap saja semangat kalau ada yang lucu.

Berputar terus mengikuti poros hingga akhirnya panitia mengatakan stop. Ternyata jumlah Hula Hoop Estafet kami sebanyak 25  kali putaran. Masih kalah dengan team ungu.

ESTAFET BALL

Cuaca tak menentu kadang mendung tapi kadang panas. Awan sudah mulai menghitam, rasanya ingin sekali hujan turun biar makin seru gitu. Tapi ternyata langit mendung hanya numpang lewat saja. Jadi kondisinya masih tetap cerah di Pantai Segara.

Gerakan dari Hula Hoop sebelumnya bikin badan berasa encok. Emang susah ya kalo udah umur, dikit-dikit encok. hahahahaa...

Nah permainan kali ini menguji kekompakan team, kerja sama dan juga strategi. Bagaimana caranya bola kecil yang bergelinding bisa masuk ke dalam ember yang letaknya memang terlihat tidak jauh, tapi kenyataan saat permainan dimulai. Kok yah berasa jauh ameetttt (-___-)

Awan Mendung tapi tetap cerah
Estafet Ball makin lama makin kebawah 

Estafet Ball ini memang sepertinya melatih kesabaran kita juga loh. Kenapa? Karena kita harus tau caranya agar bola yang menggelinding mengikuti arah pipa yang kami pegang tidak terpental lalu jatuh. Kalau sampai bolanya terjatuh, maka tim kami akan mengulang kembali.

Sudah beberapa kali bola kami terpental lalu jatuh, sehingga kami harus bersabar untuk mengulang kembali walaupun perjalanan kami sudah tinggal dikit lagi. Itu rasanya nyesek loh guys.

Akhirnya kami semua pun bikin strategi agar bola yang menggelinding secara perlahan di dalam pipa tidak terjatuh. Akhirnya kami pun memiliki ide, semua tangan jangan ada yang menghalangi pergerakan bola. Lalu saat bola menggelinding di pipa yang kamu genggam, peganglah secara mendatar agar bola tidak menggelinding secara cepat, begitupun seterusnya dan akhirnya berhasil.

Kami berusaha semampu mungkin agar menang

Secara terus menerus kami menggunakan ide briliant tersebut, hingga akhirnya bola yang terkumpul didalam satu ember hanya berjumlah tiga buah saja, selebihnya ada dua bola yang tidak terkejar karena waktu yang sangat terbatas.

BREAK

Permainan Estafet Ball cukup menguras tenaga. Apalagi matahari muncul sangat cerahnya disaat kami butuh awan mendung agar tidak terlalu silau dan panas. Kami disuguhkan makanan kecil dan juga air aqua botol kecil  yang dingin lumayan bisa menyegarkan tenggorokan yang kering karena abis berteriak heboh kalau bolanya jatuh.

Panas, Capek dan Juga Lapar!!

Kami hanya diberi waktu selama lima belas menit saja. Akhirya kami masih harus melanjutkan permainan yang belum terselesaikan.

MEMINDAHKAN AIR KE GALON

Hampir sama dengan permainan sebelumnya, tapi bedanya sekarang ini berhubungan dengan air. Yap air!!!

Kami harus mengumpulkan air pantai yang diambil secara perlahan dari ember kecil yang dimana bagian tengahnya banyak lubangnya. 

Kebayang dong betapa lelahnya mereka yang bertugas untuk mengambil air dari pantai lalu memberikan air tersebut kepada kelompoknya yang sudah berjajar duduk rapi.

Awal mula kami mengikuti rules dari panitia

Beginilah kompetisi kami untuk mendapatkan air

Disini pun juga melatih kerja sama agar air yang kami pindahkan satu persatu tidak cepat habis sampai di titik terakhir. Karena air yang terkumpul hingga satu galon itu tidaklah mudah.

Akhirnya karena yang berlarian mengambil air dari pantai sudah lelah, Kami pun berlaku curang hahahahaa....

Jangan ditiru ya guys!!

Yap curang, sebut saja itu tidak curang melainkan strategi agar air yang terkumpul bisa cepat penuh dalam satu galon. Tak disangka, semua kelompok pun juga melakukan hal yang sama, Fair Enough dong yah!!

Akhirnya kami lelah berlaku jujur hahahaha...

Akhirnya strategi kami adalah setiap kelompok kami mengambil air dari pantai, ember yang telah berisi penuh dengan air langsung diambil mas ardi lalu mba rini setelah itu saya sampai akhirnya mba pia dan terakhir mas tenny. Tapi bagian pengambil air di pantai akan membawa ember kosong yang dipegang mas ardi.

Simple kan?!?

Jadi bukan estafet airnya melainkan embernya saja. Hhahahaaa...

Begitu terus yang kami lakukan hingga akhirnya satu galon telah penuh terisi air. Tapi sayang bukan kelompok kami yang menang. Karena kami kelompok kedua yang menang.

MENGELUARKAN BOLA DARI PIPA

Permainan terakhir yang tidak kalah pecah hebohnya adalah mengeluarkan bola yang berada di pipa paralon dengan cara memasukkan air pantai sepenuhnya. Tapi pipa paralon tersebut terdapat banyak lubang kecilnya. 

Kebayang gak sih, Ember banyak lubangnya terus pipa paralon juga banyak lubang kecilnya. Emang tega yeeee panitianya bikin kita susah. Kayanya gak seneng gitu kita cepet menangnya. Masih aja semuany dilubangin. Gak sekalian baju kita di lobangin juga bli (-___-)

Mas Ardi sibuk ambil air, kita semua malah foto #ehgakdenk

Berusaha keras mencapai kesuksesan bersama

Bagian yang memegang pipa paralon bang zaldy dan mas tenny. Merekalah yang berusaha menutupi lubang kecil yang banyak itu. Posisi bang zaldy pun memeluk paralon, sedangkan mas tenny menutupi lubang kecil itu dengan kedua tangannya.

Kami semua sibuk mengambil air dari pantai lalu berlarian menuju pipa paralon agar air terkumpul penuh sehingga bola yang berada di dalam pipa paralon bisa keluar.

Nah kalau dipermainan ini tidak bisa curang hahahaa...

Kami semua benar-benar berusaha sekuat tenaga. Ketinggian pipa paralon pun melebihi tinggi badan saya sehingga saat memasukkan air agak kesusahan dan harus jinjit. Tapi saya pun tetap berusaha semampu mungkin.

Bang Zaldy terus berteriak "Diaaaannn jangan sama pasirnya jugaaaa"

Saya emang sengaja sama pasirnya, soalnya saat mengambil air pas ombak datang. Makanya pasirnya juga ikut kebawa kedalam ember. Hahahahahhaa :p

Tak lama kemudian bola pun terpental keluar dan kami semua bersorak gembira. Tapi sayang lagi-lagi juara kedua dan kalah dengan kelompok lain.



Tak apalah yang namanya permainan pasti ada menang dan ada juga yang kalah. Apapun itu, kami merasa senang mengikuti acara team building ini. 

Ternyata acara team building yang awalnya banyak yang tak berminat, malah ada keseruan yang memberikan pengalaman mengesankan.

Sampai jumpa tahun depan, semoga kami semua masih terus bersama.

Cheers,

Dian Juarsa
30 Oct 2018

2 komentar:

Yuk ah komen sambil rumpi lebih baik, daripada cuma sebarin Spam

FANPAGE FACEBOOK

Twitty

Contact Us


Haloha...Jika kalian menemukan kendala atau masalah dengan Blog Untold Story. Kalian bisa menghubungi kami dengan mengisi Contact Form dibawah ini. Apabila ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau ingin bekerja sama dengan kami. Dengan segera mungkin kami akan cepat tanggap dan menyediakan waktu untuk anda. Kami juga menerima kritik dan saran yang membangun agar Blog Untold Story dapat berkembang lebih baik lagi. Terima Kasih 


Name :

Email: *

Message: *



Hubungi Kami :
Nama : Dian Juarsa
Email : dianpjuarsa@gmail.com
Phone : 0813 222 030 93