Jumat, 26 April 2019

Cari Souvenir Pernikahan Murah di Jatinegara


Mempersiapkan pernikahan memang terbilang tak mudah. Ada banyak hal yang harus dilakukan, Apalagi mempersiapkannya sendiri tanpa bantuan Wedding Organizer. Jadi perintilan kecil pun jangan sampai terlewatkan.

Souvenir termasuk salah satu yang memang harus dipersiapkan. Walaupun terbilang tidak terlalu penting tapi tetap saja harus masuk dalam anggaranmu. Tanpa disadari, souvenir juga seringkali diperhatikan oleh para tamu loh.

Ada banyak aneka souvenir yang dapat kalian pilih untuk diberikan ke para tamu dari mangkok kecil, gelas, botol, gunting kuku, kipas dan ada banyak lagi. Tak perlu khawatir untuk masalah motifnya karena memang beragam pilihan dapat kamu tentukan sesuai seleramu.

Biasanya kaum milenial akan mencarinya by online. Tak masalah jika kamu mencari souvenir murah di situs online. Tapi ada baiknya hunting langsung ke pasar karena jauh lebih murah. Selain itu, pencarianmu pun akan jauh lebih bervariasi.


BERKUNJUNG KE PASAR JATINEGARA

Sempat bingung dengan lokasi pencarian souvenir murah karena ada beberapa tempat yang dapat dikunjungi. Saran saya, lebih baik kalian pilih lokasi terdekat dari rumahmu. 

Kebetulan saat saya habis hunting undangan pernikahan di Pasar Tebet. Karena tidak dapat harga yang sesuai, walhasil kami pun mencari souvenir saja sekalian. Menurut saran teman, lokasi pencarian souvenir murah ada di pasar jatinegara.

Jadilah kami pun langsung menuju Pasar Jatinegara. Kondisi macet saat itu terbilang agak padat merayap. Ada baiknya saat berkunjung ke Pasar Jatinegara menggunakan kendaraan umum karena lokasi parkir mobilnya harus melewati area pasar yang jalanannya begitu sempit karena ada banyak orang lalu lalang di area tersebut.

Untuk biaya parkirnya pun jangan kaget kalau kamu harus membayarnya hingga tiga kali. Pertama saat di pintu masuk Rp. 4.000, Di dalam area parkir Rp. 4.000 dan pintu keluar setelah lewat dari sejam Rp. 4.000. Kalau lebih dari sejam biaya parkirnya pun berbeda. Khusus untuk mobil yah, kalau parkir motor beda lagi biayanya.

LOKASI PASAR JATINEGARA

Lokasi Pasar Jatinegara berada di Jl Jatinegara Timur, Balimester. Jakarta Timur. Berhubung kedatangan kami menuju Pasar Jatinegara menggunakan mobil jadi jalur yang kami lewati dari Pasar Tebet menuju ke arah kampung melayu setelah itu putar balik ke arah stasiun jatinegara, lurus saja mengikuti jalan dan ambil sebelah kanan.

Buat yang mau naik kereta dari Stasiun Tanah Abang bisa langsung saja ke Peron 3 naik kereta jurusan Bogor lalu turun di Stasiun Manggarai (Transit). Setelah itu, lanjut lagi naik kereta jurusan Bekasi lalu turun di Stasiun Jatinegara.

Dengan menggunakan kereta jauh lebih mudah untuk menuju ke Pasar Jatinegara walaupun harus transit terlebih dahulu di Stasiun Manggarai. Setidaknya tidak perlu repot cari parkiran disana.


BERAGAM PILIHAN SOUVENIR

Sesampainya di Pasar Jatinegara, kami parkir mobil di lantai satu. Ternyata khusus untuk souvenir berada di lantai basement. Kami harus turun tangga hingga dua kali. Padahal ada lift disana tapi kami lebih memilih menggunakan eskalator ketimbang harus naik lift, agak menyeramkan liftnya :D

Ternyata surganya souvenir memang ada di Pasar Jatinegara. Ada banyak pilihan yang akan membuatmu tergoda saat akan memilih souvenir manakah yang akan kamu ambil.

Bahkan harganya pun bersaing ketat. Padahal di tiap toko yang berada di pasar jatinegara menjual barang yang sama tapi harganya bisa berbeda. Yah walaupun bedanya bisa sampai seribu tapi bagi capeng (calon pengantin) yang sedang mencari souvenir murah terbilang sangat lumayan perbedaannya.


Bagi para capeng saat tiba di lantai Basement jangan dulu melakukan transaksi saat melihat-lihat souvenir yang kamu temukan. 

Ada baiknya keliling terlebih dahulu di dalam Pasar Jatinegara. Biasanya semakin dalam toko itu berada, harganya pun semakin murah. Bahkan semakin beragam pilihan yang dapat kamu temukan.

Harganya pun dibandrol dari Rp. 1.000 - Rp. 25.000 tergantung souvenir mana yang akan kamu pilih untuk dijadikan souvenir pernikahanmu. 

Biasanya konsumen yang akan membeli souvenir bisa sekaligus 1.000 item sekali beli dan untuk pemesanannya pun bisa langsung diambil jika barangnya tersedia. 

Akan tetapi, bila pemesanannya tidak mencukupi apa yang dipesan, diharuskan menunggu hingga 3 - 5 hari. Tergantung barang pesanan yang tersedia oleh pihak penjual. Jadi sebelum membeli souvenir, tanyakan terlebih dahulu untuk ketersediaan barangnya agar souvenir yang kamu pilih tidak berbeda-beda.


HARGA BERSAING

Setiap toko yang menjual aneka souvenir ada banyak kesamaan bentuk dan bungkusannya. Ada yang terbungkus dengan plastik, tutup mika, kain tile dan box . Untuk harganya bervariasi menyesuaikan tawaran dari penjualnya.

Biasanya bungkusan souvenir yang terlihat lebih elegant dan simple bisa berupa box. Ada banyak pilihan seperti gelas, mangkok hingga botol minuman bisa dipilih dengan bungkusan berupa box.

Untuk souvenir yang terlihat sederhana tapi berkesan manis bisa pilih dengan bungkusan kain tile. Ada banyak pilihan warna bungkusan kain tile yang dapat menghiasi souvenirmu. 

Biasanya untuk bungkusan kain tile ada biaya tambahannya lagi. Jangan lupa tanyakan, apakah bungkusan souvenir dengan kain tile ada biaya tambahannya atau tidak.

Harganya pun berbeda, awal mula saat pertama kali saya datang dan mengunjungi toko souvenir. Mereka membandrol harga mangkok bola dengan harga 2.500 tapi saat mencari lagi ke toko lain dibagian dalam harganya berbeda hanya Rp. 2.000 saja. 

Maka dari itu, bagi capeng yang ingin mencari souvenir jangan malas bertanya untuk harga souvenir. Walaupun bedanya hanya Rp. 500 saja, jika pembelian souvenirnya banyak bisa save money juga loh untuk digunakan ke biaya penikahan lainya.

CARI SOUVENIR PROMO

Inilah alasannya mengapa para capeng jangan pernah mudah putus asa, malas bertanya hingga mudah mengeluh. Karena akan ada banyak cara untuk mendapatkan harga souvenir yang jauh lebih murah ketimbang mencarinya lewat situs online.

Sebenarnya tergantung para capeng, apakah punya cukup banyak waktu atau tidak ada waktu. Jika memang masih memiliki banyak waktu, lebih baik cari terlebih dahulu di Pasar Jatinegara. 

Memang tidak hanya di Pasar Jatinegara saja. Ada pasar lainya yang bisa kamu bandingkan seperti Pasar Asemka, Pusat Grosir Cipinang dan Thamrin City. Biasanya di Pasar Mayestik pun juga ada, tapi sayangnya hanya sedikit saja pilihannya.


Sebelum saya berkunjung ke Pasar Jatinegara, saya sempat mencari souvenir pernikahan di instagram. Harganya beraneka ragam dan setiap souvenir memiliki harga yang jauh berbeda dengan yang ada di Pasar Jatinegara.

Sempat bertanya untuk pemesanannya, apakah ada batas maksimal atau tidak. Ternyata untuk pemesanan souvenir minimal 250 pcs. Sedangkan pemesanan souvenir kurang dari itu tidak dilayani oleh mereka. Untuk harganya pun jauh berbeda. Lumayan juga bedanya bisa mencapai hingga Rp. 1.500 - 3.000.

Pernah bertanya untuk harga gelas, rata-rata harga gelas di pasar jatinegara sudah include dengan biaya sablon Rp. 3.500. Sedangkan di instagram bisa mencapai hingga Rp. 5.000. Perbedaannya  cukup lumayan untuk save cost souvenir pernikahanmu.

Bahkan harga botol minuman saja, di pasar jatinegara dipatok dengan harga Rp. 12.000 tapi di instagram dibandrol dengan harga Rp. 15.000. Perbedaan harganya bisa mencapai Rp. 3.000. Coba saja dikalikan dengan biaya yang akan kamu keluarkan jika membelinya di pasar jatinegara dengan di instagram.


Sekarang kita ambil contoh jika kamu membeli souvenir botol minuman di Pasar Jatinegara dengan di Instagram. Berikut perbandingan biaya yang akan kamu keluarkan untuk souvenir pernikahanmu.

Nah dibawah ini, kita coba perhitungan biaya yang akan dikeluarkan jika beli souvenir di Pasar Jatinegara :
Pembelian Botol Minuman sebanyak : 300 buah
Harga Botol Minuman : Rp. 12.000
Total biaya yang dikeluarkan : Rp. 3.600.000

Sekarang saatnya mulai perhitungan biaya yang dikeluarkan jika membeli souvenir di instagram :
Pembelian Botol Minuman sebanyak : 300 buah
Harga Botol Minuman : Rp. 15.000
Total biaya yang dikeluarkan : Rp. 4.500.000

Lihat perbedaanya jika kamu beli langsung di Pasar Jatinegara dengan di Instagram. Kamu bisa save cost hingga Rp. 900.000, cukup jauh bukan perbedaan harganya. Belum lagi untuk biaya ongkos kirim kalau kamu membelinya dari luar kota. Biasanya dihitung perkilogram dan sesuai dari tiap kota manakah barang tersebut akan dikirimkan.  


Jika kamu membeli souvenir di Pasar Jatinegara biasanya akan ada biaya tambahan untuk tukang panggul barang. Biaya yang harus dikeluarkan untuk sekali jalan tukang panggul sebesar Rp. 30.000.

Berhubung souvenir yang saya beli sebanyak 400 buah mangkok dengan harga promo terdapat 2 kardus besar. Jadilah biaya yang dikeluarkan sebesar Rp. 60.000 untuk membawa souvenir pernikahan menuju parkiran yang terletak dilantai satu.

Kelebihannya membeli souvenir promo, harganya jauh lebih murah dari yang lainnya dan bentuk mangkoknya pun lebih bervariasi. Akan tetapi, kekurangannya hanya dari motif box nya saja. Karena bentuk mangkoknya berbeda-beda jadi motif boxnya pun ikutan berbeda.

Sekian informasi dari saya, semoga buat para capeng yang sedang bingung mencari souvenir murah untuk pernikahan bisa jadi referensi kalian agar dapat lebih berhemat dalam pengeluaran biaya pernikahanmu. Selamat berhunting ria capeng :D

Cheers,

24 Apr 2019

14 komentar:

  1. Kalau mau parkir enak di City Plaza .lalu nyebrang lewat JPO .jangan lupa makan di Diana Kuningan di lantai basement Pasar Jatinegara. Endeus

    BalasHapus
    Balasan
    1. waahhh kak kamu serba tau yah. Seharusnya sebelum aku kesana tanya kamu dulu yes hahhaaa

      Hapus
  2. Wahh banyak sovenir murah nih cocok yg mau nikahan :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa kak banyak banget dan murah-murah. Lumayan bisa save cost kan

      Hapus
  3. makasih mba say..aq lsg jalan ini mo cari mangkok atau lepek gelas utk pernikahan anakku. sdh pesan di online 3 mgu yg lalu lepek jago dg harga 5rb an eh malah kosong stok nya. ini pilihan yang praktis dan ekonomis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waahhh semoga lancar ya tante pernikahan anaknya. Di Jatinegara malah harganya jauh lebih murah ya tante

      Hapus
  4. trimakasih infonya, kemarin kesana krn belanja tempat seserahan,ga ngelirik suvenir,tapi berhubung pesanan suvenir online batal krn stoknya kosong,ini menjadi pilihan praktis mengingat bulan depan anakku married.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waahhh akhirnya ada jalan keluarnya ya tante. Selain cari seserahan bisa langsung cari souvenir

      Hapus
  5. Makasih kak, sudah memberikan pencerahan pada capeng yang bingung ini huhu.. udh liat2 di bbrapa akun ig, tapi ragu beli nya krn masih penasaran, pasti kalau mau cape dikit (jalan ke pasar jatinegara) dapet harga murah. FIX insyaAllah minggu ke 2 abis lebaran langsung cusss pasar jatinegaraa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuaaahhh syukurlaahhhh. Semoga dapet souvenir yang diinginkan yaaa. Lumayan kan souvenir bisa lbh irit. Kalo beli online harganya lumayan jauh. Blm tentu barang yg didapat mulus2 kan. Apalagi barang yg pecah belah yah. Pasti saat pengiriman ada aja yang pecah. Semoga berhasil dapat souvenirnya. Semangaattt!!!

      Hapus
  6. Thanks for sharing, sukses terus,.

    BalasHapus
  7. Buka tutupnya jam brp ya kak ? Soalnya sy bisanya after office hour

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak waktu aku kesana aja sore jam 4 an udah ada beberapa toko yg tutup. Untuk jam buka dan tutup saya kurang tau karena tiap toko beda2 tutupnya. Ada yg dari jam 3 sore malah udah tutup

      Hapus
  8. kak jatinegara sebelah mananya ya??

    BalasHapus

Yuk ah komen daripada cuma sebarin Spam

Copyright 2012 Dian Juarsa. Diberdayakan oleh Blogger.