Minggu, 21 April 2019

Tips Nyaman Belanja Baju Murah di Pasar Baru Jakarta


Pasar Baru terkenal dengan keunikannya. Awal mula bernama Passer Baroe yang berdiri sejak masa penjajahan Belanda VOC pada tahun 1820. Pasar Baru adalah pusat perbelanjaan yang tersohor, tak heran pasar ini seringkali digandrungi tak hanya oleh pengunjung dari Jakarta saja melainkan pengunjung dari berbagai luar kota pun berdatangan kesini.

Ada banyak toko yang sudah berdiri sejak tahun 1873 atau bahkan sejak tahun 1943 yang masih tetap berjualan hingga kini. Bangunannya pun masih tetap bergaya klasik. Sehingga tempat ini pun sangat digandrungi oleh para photographer yang haus akan keindahan Kota Jakarta.

Jangan heran kalau tempat ini seringkali dijadikan sebagai spot foto untuk pemotretan karena memang bangunannya yang masih bergaya klasik dan masih dipertahankan hingga kini. Makanya photographer seringkali hunting foto disini juga.



CARA MENUJU PASAR BARU JAKARTA

Untuk mengunjungi Pasar Baru ada baiknya menggunakan kendaraan umum karena jika membawa kendaraan pribadi akan sangat susah untuk mencari parkir disana. Jangan heran kalau kamu membawa mobil atau motor dan parkirnya harus diluar kawasan Pasar Baru Jakarta.

Keamanannya pun belum tentu terjaga karena memang tidak ada parkir resmi disana. Beberapa kali saya kesana menggunakan kendaraan pribadi dan lagi lagi kendalanya adalah saat parkir mobil. Susahnya minta ampun cari parkir disana.

Nah sekarang saya akan memberikan informasi untuk jalan ke Pasar Baru dengan menggunakan kereta : 

Dari Stasiun Tanah abang kalian naik kereta dari peron 3 untuk menuju ke arah Bogor tapi turunnya di Stasiun Manggarai. Setelah itu transit, lanjutkan naik kereta jurusan Jakarta Kota lalu turun di Stasiun Sawah Besar. 

Keluar dari Stasiun Sawah Besar kalian bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojeg online atau naik mikrolet menuju Pasar Baru. Turunnya tepat di depan Jco. Kalian bisa masuk ke Pasar Baru dari sana.

Sekarang jika kamu jalan ke Pasar Baru dengan menggunakan Busway :

Untuk menggunakan busway tergantung dimana kah posisi kalian sekarang. Berhubung lokasi saya dari Ciledug jadi untuk menuju ke Pasar Baru dari Halte Puri Beta menuju Halte Terminal Blok M. Setelah itu, cari koridor 1 dengan rute Blok M - Stasiun Kota turun di Halte Harmoni Central. Lalu lanjutkan perjalanan dengan menggunakan Transjakarta jurusan Halte Pasar Baru. 

Keluar dari Halte Pasar Baru kalian akan melihat begitu megahnya bangunan klasik yang terpampang di sebrang halte. Kalian bisa masuk melalui pintu depan. Jadi tak perlu bingung lagi mencari dimanakah letaknya Pasar Baru.


Keperluan saya berbelanja di Pasar Baru yaitu mencari baju vintage dengan harga miring. Memang awalnya ingin mencari pakaian untuk kebutuhan pemotretan. Tapi tak disangka ada banyak pakaian dengan kondisi sangat bagus sekali disini.

Ternyata di Pasar Baru ini ada banyak baju ex import pria dan wanita dengan kondisi masih sangat mulus. 

Untuk menuju ke pusat belanja Ex Import dari Halte Busway Pasar Baru, kalian lurus saja terus hingga ujung. Setelah itu belok kanan masuk ke dalam ruangan dengan tulisan Metro Pasar Baru lalu naik ke lantai 3 dan lantai 4.

Ada banyak tips nyaman yang harus kalian perhatikan saat berbelanja di Pasar Baru. Walaupun kondisi Pasar Baru masih terbilang nyaman ketimbang Pasar Senen, tapi tetap saja harus waspada dan teliti saat berbelanja.


TIPS NYAMAN SAAT BERBELANJA

Dimana pun saat berbelanja memang harus teliti saat akan mencari kebutuhan yang sangat diperlukan. Apalagi saat melakukan Thrift Shopping (Belanja Baju Second/Bekas). Kalian harus tau apa saja sih yang harus kamu lakukan.

1. GUNAKAN PAKAIAN YANG PRAKTIS

Saat berbelanja di Pasar Baju gunakanlah pakaian yang praktis agar saat mencoba pakaian bisa langsung bongkar pasang. Jangan harap disana ada Fitting Room karena pada kenyataannya tidak semua toko menyediakannya.

Kebetulan toko yang saya kunjungi ada Fitting Room tapi sayangnya ada pengunjung yang sangat lama sekali mencoba pakaian satu persatu yang dia beli. Mending cuma satu pakaian yang dia ambil, ada puluhan pakaian yang dia coba. Memang disini tidak ada batasan berapa pakaian yang akan kita coba. Bebaaassss!!!

Maka dari itu, gunakanlah tanktop dengan outer dan celana jeans atau legging. Agar saat akan mencoba pakaian, kalian tinggal lepas saja outernya lalu coba pakaian yang kamu taksir. 

Begitupun saat akan mencoba celana. Kalau pakai celana jeans atau legging setidaknya bisa langsung di pakai saja celana yang kamu taksir saat belanja.

Jangan lupa juga gunakan sendal jepit atau flat shoes. Agar saat mencoba pakaian tidak perlu ribet dengan membuka tali sepatu terlebih dahulu. Kalau dengan sendal jepit atau flat shoes kan bisa langsung lepas saja.


2. WASPADA DENGAN BARANG BAWAAN

Biasanya cewe tuh kalau berbelanja suka lupa dengan barang bawaan. Apalagi dengan yang namanya tas. Pasti ada barang berharga kan di dalam tas. Maka dari itu, saat kalian akan berbelanja berhati-hatilah dengan tas bawaanmu.

Agar nyaman berbelanja, gunakanlah tas selempang atau tas backpack. Jadi saat berjalan di keramaian kalian bisa letakkan tas dibagian depan. Sehingga lebih aman saat berbelanja. Lalu saat mencoba pakaian pun, kalian juga bisa titipkan ke temanmu.

Kalau ada teman lebih enak saat akan mencoba atau memilih pakaian. Tak masalah jalan sendirian pun, tapi selalu ingat dengan tas. Selalu letakkan tasmu dibagian depan yah. Supaya tidak ada tangan jahil yang menggerayangi tasmu.


3. TELITI DALAM PENCARIAN HARTA KARUN

Banyak sekali baju vintage yang dijajakan di Pasar Baru. Tak hanya pakaian wanita saja, ada pula pakaian pria. Bahkan tak cuma pakaian saja melainkan bikini, jaket, topi, kupluk dan masih banyak lagi dengan harga miring.

Tapi tetap harus teliti dalam pencarian karena tidak semua pakaian terlihat mulus. Ada pula cacatnya seperti noda yang tertempel di baju atau juga ada yang robek sedikit. Bahkan parahnya lagi, ada juga kancing yang tidak lengkap di pakaian yang kamu pilih.

Berhati-hatilah dalam pencarian, ada banyak jebakan yang kamu dapat jika kamu tidak teliti dalam pencarian baju bekas.

Kebetulan baju yang saya pilih kebanyakan masih sangat mulus karena nyatanya tidak semua baju bekas itu buruk kalau kita teliti dalam pencarian.


4. JANGAN TERKECOH DENGAN HARGA

Pakaian yang dijajakan pun bervariasi harganya. Dari yang paling murah dengan harga Rp. 10.000 hingga ratusan ribu pun ada disini. Semuanya tergantung apa kebutuhanmu. Kamu tinggal pilih saja toko manakah yang menjual pakaian yang kamu butuhkan.

Jangan terkecoh dengan harga sangat murah, karena kenyataannya harga sangat murah malah lebih banyak jebakannya.

Seperti contoh saat saya ingin membeli kemeja oversized ala Korea yang dimana badannya kecil tapi selalu memakai pakaian kegombrongan. Padahal kemejanya bagus dan lucu tapi sayang saat saya screening di pakaiannya terdapat noda seperti karat berwarna kuning dibagian kantong kemeja dan dibagian belakang kemeja.

Sudah gitu pelayannya sombong, tidak melayani customer dengan baik. langsung saja balik badan dan cari toko lain. Karena masih banyak toko lain dengan pelayanan yang lebih ramah dan sangat membantu dalam pencarianmu.


5. JANGAN LUPA TRIK TAWAR MENAWAR

Tidak semuanya harga disana dibawah lima puluh ribu. Ada juga banyak dress dan pakaian lain yang menjualnya dengan harga lebih dari ratusan ribu rupiah. Jangan sungkan untuk tawar menawar karena pada dasarnya baju yang dijajakan kebanyakan baju bekas kok. Jadi agak kesel juga yah kalau jual dengan harga lebih dari ratusan ribu rupiah.

Memang tawar menawar tuh agak susah susah gampang. Karena seringkali udah jatuh hati dengan pakaian yang dipilih jadilah lemah saat menawar harga. Soalnya bukannya apa-apa sih, pencarian pakaian bekas itu tidaklah mudah.hiks...

Saat mendapatkan pakaian yang kita taksir, jangan terlalu memperlihatkan kita suka banget yah. Stay cool dan terus lakukan proses tawar menawar. 

Beberapa dress dan kemeja yang saya beli rata-rata harga yang ditawarkan penjual sebesar Rp. 65.000 tapi karena saya beli sekaligus 3 pakaian. Jadilah saya tawar semua pakaian yang saya beli menjadi Rp. 150.000. 

Jadi masing-masing dress dan kemeja yang saya beli dipatok dengan harga Rp. 50.000 saja. Akhirnya berhasil juga. Yes!!!

Saya bisa save money sebesar Rp. 195.000 - Rp. 150.000 = Rp. 45.000. Seru kaaannn masih bisa cari baju yang lainnya lagi deh. Ihiiiyyyy!!!


6. WAJIB MENCOBA HASIL BURUANMU

Ada dress polkadot kecil berwarna hitam. Dress tersebut terlihat imut dan kecil, saya pun mengambilnya tanpa mau mencobanya karena saking yakinnya kalau dress itu cukup disaya. Teman saya pun kendall celetuk :

"Jangan Jumawa belanja disini, cobain dulu tuh baju daripada tar gak muat"

Hmmm baiklaahhhhh...Sesuai saran suhu yang seringkali bolak balik belanja di Pasar Baru sedangkan saya baru pertama kalinya kesini tepat pada tanggal 20 April 2019. Jadilah menuruti apa yang dikatakan kendall. Akhirnya saya coba juga tuh dressnya.

Tetoooottttt....Saya pikir cukup dibadan saya ternyata kekecilan boookkkk. Gak disangka dress tersebut berasal dari Korea dan penjaganya pun bilang kalau orang Korea memiliki pinggang yang sangat kecil. Padahal kedua tangan masuk tapi bagian pinggang gak masuk sama sekali.

Padahal ukuran baju yang sering saya pakai dengan ukuran XS tapi nyatanya orang sana pakai baju jauh lebih kecil lagii ukurannya. Oke baiiikkkk...Kali ini saya nurut deh. Kadang apa yang kita lihat belum tentu sesuai dengan ukuran yang kita butuhkan.


7. PISAHKAN BAJU PILIHANMU

Pasar Baru tuh siapa cepat dia dapat. Jadi kalau kamu mendapatkan baju pilihanmu, cepatlah langsung dipisahkan dari tempat asalnya. Terserah dengan cara apa, seperti digantungkan ditangan ataupun dibahu. Hal terpenting jangan sembarangan meletakkan baju pilihanmu.

Mencari baju bekas sama seperti mencari harta karun. Tidaklah mudah mendapatkan baju yang sesuai dengan ukuranmu. Apalagi mencari baju yang sesuai dengan selera kamu. Jangan tanyakan ukuran baju disana karena memang baju yang dijajakan tidak ada yang sama.

Jangan samakan pencarian baju bekas dengan seperti yang kamu lakukan di mall. Disana ada beberapa size yang kamu butuhkan tapi beda halnya dengan Thrift Shopping, pilihanmu hanya satu saja. Take it or leave it!!!


8. JANGAN TERBURU-BURU

Saat berbelanja, gunakan waktumu sesantai mungkin. Jangan terlalu terburu-buru dalam pencarian. Kamu pun juga jangan mudah putus asa dalam pencarian. Memang terkadang apa yang kita butuhkan seringkali tidak kita temukan. Tapi jangan sedih, biasanya baju yang tidak kita butuhkan akan bermanfaat dikemudian hari.

Jadi intinya, gunakanlah waktumu sebaik mungkin saat pencarian. Terus mencari antara rak demi rak ataupun antar toko demi toko. Selalu ada baju unik dan tidak ada dipasaran ada di Pasar Baru.

Sebelum melakukan hunting baju bekas, saya akan membeli minuman terlebih dahulu agar tidak dehidrasi dan membawa cemilan seperti roti atau coklat agar tetap berenergi saat pencarian baju yang sesuai dengan ukuran dan selera.

Sekian sudah tips nyaman dalam pencarian baju bekas yang berada di Pasar Baru. Ada banyak hal yang harus kamu lakukan agar tetap merasa nyaman dalam melakukan pencarian.


TOKO CELANA KESUKAANKU

Kalau kamu mendapatkan toko yang sangat tepat sasaran dengan apa yang kamu butuhkan, TANDAI!!!

Agar saat kamu akan datang berkunjung kesana lagi. Kamu tau toko manakah yang paling tepat dengan pilihanmu. Catat saja alamat tepatnya dimana agar kamu tak perlu muter-muter lagi dalam pencarian baju bekas.

Saatnya saya kan berbagi informasi untuk alamat toko celana yang wajib kamu kunjungi. Ditempat inilah ada banyak celana kulot dan celana kerja yang mungkin kamu butuhkan dengan harga rata-rata Rp. 50.000 dan ada pula celana yang dijual dengan harga Rp. 100.000/3 celana.

Jangan lupa tandanya A.L04.010

Toko celana ini terletak di lantai 4. Jangan lupa bawa kipas elektrik karena di lantai ini tidak ber-AC, semua toko memiiki kipas masing-masing dan tentunya kondisi udaranya pun terasa begitu pengap. Tapi harganya jauh lebih murah ketimbang yang berada di lantai 3.

Tetap harus teliti dalam pencarian celana, memang terlihat mulus tapi terkadang masih ada pula cacatnya seperti kurang kancing ataupun ada robekan sedikit. 



Jangan pernah lupa untuk mencoba celana yang kamu suka. Terkadang celana yang terlihat begitu besar tapi saat saya pakai malah cukup banget. Kebanyakan celana yang saya pilih selalu ada karetnya agar mudah untuk dicoba karena tidak perlu disesuaikan dengan ukuran pinggang.

Biasanya karet itu lebih fleksibel bisa digunakan oleh seluruh ukuran. Tetap saja ada beberapa celana yang memiliki karet tapi tidak muat dipinggang saya karena ukuran pinggangnya masih terlalu besar dipinggang saya yang notabene sering menggunakan celana dengan ukuran 27.

Tokonya tidak memiliki nama tapi semua celana dibandrol dengan nama Classic Heroine Collection yang terletak dengan tanda A.L04.010 yang artinya toko tersebut terletak di Blok A, Lantai 4, No. 10. Nah kalian tinggal cari saja deh tuh tokonya dimana.

Seingat saya kalau kamu melihat toko yang berjualan bikini bekas itu masih tetap lurus agak kedalam. Tokonya terlihat agak besar dengan berjualan seluruhnya rok, celana kulot, celana jeans dan celana kantor dengan kondisi supeeerrrrr mulus. Dijamin tidak akan menyesal saat pencarianmu bisa dilakukan dengan cara teliti. 



Tak terasa waktu semakin sore sedangkan Pasar Baru buka dari jam 9 AM - 6 PM setiap harinya. Tapi saat pemilu kemarin 17 April 2019 Metro Pasar Baru satu gedung tutup. Sedangkan toko lainnya di Pasar Baru masih tetap buka.

Terima kasih atas perhatiannya dan kunjungannya ke blog saya. Semoga saja pengalaman saya bisa menjadi saran yang terbaik saat kalian akan melakukan Thrift Shopping di Pasar Baru. Oiyah tak hanya pencarian baju saja loh. Di Pasar Baru ada banyak kuliner yang wajib kamu coba juga.

Seru kaaannnn bisa melakukan banyak kegiatan yang tak terduga bersama kerabat terdekat atau mau melakukannya sendiri pun juga tak jadi masalah kalau kamu berani melakukannya. See you di cerita selanjutnya saat saya akan melakukan Thrift Shopping di tempat yang lain.


Cheers,
21 April 2019

8 komentar:

  1. Wah asyik banget belanja baju dimpasar baru. Ngeliat koleksinya seru banget. Kebayang rasanya membenamkan diri dalam kebingungan milih yang mana hahahaha. Tq mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa ada banyak bgt koleksi baju daan celana dengan harga miring. Bingung pilih ini itu, pas dapet yang pas bahagia bangeeettt

      Hapus
  2. Akhirnya ya keracunan thrift shopping :))
    Mayan bu buat meredam hasrat belanja. Hasrat tetap terpenuhi, tapi dompet kaga teriak-teriak amat dah. Paling batuk2 doank :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah bener bangeeetttt keracunan abiiisss gegara liat bajunya kok masih banyak yang muluuusssss. Lumayan bisa ngilangin stress yes hahahaa

      Hapus
  3. yolooooo, salah banget baca beginiaaan. aku jd pgn kalap juga di sanaaaaa #eh :D. padahal ya mbaaaa, ini pasar baru cm selemparan kancut doang dr kantorku di mangga dua. tiap hr aku lewtin :D. tapiiii blm prnh ksana wkwkwkwkwk. pernah ding, pas duluuuuu mau cari kebaya nikah :p. udh lama banget. aku ga tau kalo ada toko baju bekas yg lucuk2 di dalam :D

    BalasHapus
  4. Hahahahaa ngakak aku bacanya selemparan kancut doang. Aku aja kalap kak belanja dsna karena bnyak yg lucu2

    BalasHapus
  5. Duh bisa kalap kalau kesini yaa. Mesti bawa koper biar belanjaan masuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaa bawa koper biar bisa banyak belanjaannya ya kak

      Hapus

Yuk ah komen daripada cuma sebarin Spam

Copyright 2012 Dian Juarsa. Diberdayakan oleh Blogger.