Minggu, 28 April 2019

Undangan Pernikahan Simple dan Murah


Biasanya setelah menentukan tanggal baik untuk pernikahan, barulah mulai bergerak untuk mencari perintilan yang wajib ada dihari besarmu yaitu undangan pernikahan. 

Memang di tahun 2019 ini ada banyak cara untuk membuat undangan pernikahanmu terlihat simple dan unik dengan bikinan sendiri. Bagi kamu yang tidak mengundang banyak orang, harus lebih kreatif dalam membuat undangan pernikahan seunik mungkin.

Akan tetapi, jika tak ada waktu membuat sendiri, ada baiknya mulai rajin hunting percetakan untuk undangan pernikahanmu karena harga cetak undangan juga terbilang tak sedikit loh.

Apalagi bagi yang mengadakan pesta pernikahan dengan budget yang terbatas. Sudah diharuskan rajin mencari dan memilih undangan pernikahan dengan biaya seminim mungkin. Karena memang undangan pernikahan terlihat tidak terlalu penting. Tapi siapa sangka heeeyyyy...Undangan pernikahan ini wajib ada jika kamu mengundang orang tua.

Misalkan ada yang ingin membuat digital invitation. Memang tak jadi masalah, akan tetapi masih ada beberapa orang tua yang masih awam akan kemajuan teknologi yang sudah kita rasakan ditahun ini. Jadi tetap saja, cetakan undangan itu wajib ada untuk pernikahanmu.

Ada yang bilang kalau mau nyebar undangan untuk orang tua itu harus berupa undangan cetak, jangan digital invitation melalui whatsapp ataupun email. Katanya gak sopan hihihiiii...

Maklum orang tua kalau sudah bersabda jangan diganggu gugat deh. Daripada tar makin puyeng dan ada drama selanjutnya. Lebih baik mengalah saja sambil mengangguk-anggukan kepala :D

HUNTING KE PASAR TEBET

Belum lama ini teman saya menikah dan akhirnya mulai bertanya-bertanya dimana cetak undangannya. Teman saya bilang ada banyak percetakan di Pasar Tebet dan harganya pun bersahabat.

Akhirnya tepat pada tanggal 7 April 2019 setelah acara lamaran selesai kemarin. Kami pun meluncur ke Pasar Tebet. Ternyata vendor yang dituju sedang tutup karena sedang ada acara. Walhasil saya pun sekalian keliling Pasar Tebet untuk menanyakan biaya cetak undangan disana.

Hampir semua toko percetakan menawarkan harga yang sama yaitu Rp. 8.000 untuk soft cover dan hard cover bisa diatas Rp. 15.000 tergantung desainnya seperti apa.

Dikarenakan budget terbatas dan kami memiliki pemikiran bahwa undangan pada akhirnya akan dibuang. Jadilah kami lebih memilih mencari undangan dengan harga murah.

Setelah keliling sana sini dan bertanya sana sini, saya pun memutuskan untuk mencarinya via online saja lewat instagram. Ada banyak pilihan undangan yang harganya jauh lebih murah.

THE ROYAL DESIGN

Tak mudah mencari via online karena memang kita harus teliti dalam pencarian. Ada baiknya lihat terlebih dahulu testimoni yang diberikan oleh pelanggan kepada pihak vendor. Kalau perlu sekalian kepoin juga instagram pelanggannya mereka. Hehehe...

Apakah benar adanya mereka memesan kartu undangan dengan pihak vendor tersebut. Jangan langsung bertanya ini itu, cari tahu dulu kebenarannya. Tidak mudah mencari by online karena ada banyak kasus penipuan.

Berhati-hatilah dalam pencarian vendor untuk mencetak undanganmu. Pilihlah vendor cetak undangan sesuai dengan seleramu.

Memang sih, bagi kamu yang butuh cepat lebih baik cari percetakan yang berada didekat sekitar area kamu. Karena kalau pengiriman dari luar kota bisa memakan waktu hingga lima hari lamanya. Tergantung jasa pengiriman apa yang kamu gunakan. Bisa juga pakai paket express kok, sehari sampai tapi biayanya pun berbeda.

Sudah empat hari pencarian vendor belum juga ditemukan. Sampai akhirnya saat saya iseng buka instagram lagi, keluarlah akun instagram @theroyal_design di explore instagram saya. Akhirnya saya pun kepo dengan semua desain yang tertera pada feed instagramnya.

Hampir semua design undangannya saya suka. Apalagi simple dengan cetakan bolak balik yang berupa soft cover.

Sebelum bertanya pun saya sempat kepo dengan highlight yang ada di instagramnya. Semua testimoni hingga foto yang dikirimkan oleh pelanggannya real dan memang sesuai dengan deskripsi yang diberikan oleh pihak vendor @theroyal_design

The Royal Design ini terletak di Sukoharjo, Jawa Tengah dan terima undangan dari seluruh Indonesia. Jadi sejauh apapun tempat tinggal kalian. Mereka akan melayanimu dengan senang hati.

ALUR PEMESANAN

Seringkali kalian pasti pernah mengalami slow respon dari vendorkaannn. Mendingan cari yang lain saja deh.

Sebelumnya saya pernah mengalami hal ini, slow respon nya bisa sampai 2 hari baru dibalas. Daripada nantinya ada kendala lebih baik cari yang lain saja.

Beda banget sama The Royal Design yang tidak pernah mengecewakan. Setiap saya bertanya sesuatu via whatsapp, mereka akan cepat sekali merespon semua pertanyaan saya. Bahkan kebawelan saya dalam meminta sesuatu pun masih dilayani oleh pihak vendor.

Tepat pada tanggal 11 April 2019 saya bertanya kepada mereka "Apa saja prosedur yang harus saya lakukan untuk pemesanan undangan pernikahan dengan jumlah 300 undangan".

Ternyata alur pemesanannya cukup mudah. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk pemesanan kartu undangan :

ISI DATA

Mereka akan bertanya data-data yang dibutuhkan untuk kebutuhan cetak undangan seperti nama mempelai calon pengantin pria (CPP) dan calon mempelai pengantin wanita (CPW), Nama kedua orang tua CPP & CPW, Tanggal Pernikahan, Turut Mengundang dan Denah Lokasi/Scan Barcode.

ISI FORM PEMESANAN

Setelah itu, kalian akan ditanya nama, jumlah undangan, alamat kirim, nomor handphone, transaksi pada tanggal berapa, jasa pengiriman, target pengiriman dan resepsi pernikahan. Nah untuk biaya pengiriman bervariasi.

JNE OKE estimasi waktu 3 - 4 hari Rp. 56.000, JNE REG Rp. 68.000 estimasi waktu 2 - 3 hari, JNE YES esok sampai Rp. 160.000, Wahana Normal entah berapa hari, mungkin lima hari Rp. 28.000, POS Paket Kilat Khusus estimasi waktu 2 - 3 hari Rp. 72.000, POS Express next day barang Rp. 120.000 sehari sampai dan J&T express Rp. 92.000.

Silakan pilih mau pesan dengan menggunakan pengiriman yang mana. Kalau saya sih menggunakan JNE REG dengan estimasi waktu dua hari saja sudah sampai dirumah.

TOTAL BIAYA

Pihak vendor akan memberikan total biaya yang harus dibayarkan down payment nya sebesar 40% hingga 50% setelah pembayaran down payment maka pihak vendor akan mulai pembuatan undangan pernikahan kalian sesuai data yang telah diberikan.

PREVIEW DESIGN

Pihak vendor akan mulai mendesain sesuai keinginan kalian dilengkapi dengan data yang dibutuhkan oleh pelanggan. Jika ada kesalahan maka pihak vendor akan melakukan revisi hingga dua kali. 

Jika kesalahan dilakukan oleh pihak vendor maka mereka akan langsung menggantinya. Namun jika kesalahan tersebut dari pihak pelanggan, maka revisi sebanyak dua kali tidak akan dilakukan kembali oleh pihak vendor. Kecuali ada konsekuensi lain dari pihak vendor.

Kartu Undangan The Royal Design

CETAK UNDANGAN

Setelah semua revisi telah dilakukan dan disetujui oleh pihak pelanggan. Maka vendor undangan pernikahanmu akan mencetak seluruh undangan pernikahanmu sesuai pemesanan yang telah dilakukan sebelumnya. 

Jika telah selesai dan semua undangan telah terbungkus rapi oleh pihak vendor. Mereka akan mengirimkan foto dengan alamat pengiriman yang akan dilakukan.

Jangan lupa cek kembali alamat yang telah tertera, karena pengiriman saya hampir saja salah karena nomor kodepos yang saya berikan angkanya terbalik. Seharusnya 15226 tapi data yang saya berikan dengan kodepos 12556. Kebalik bangeetttkan!!!

PELUNASAN

Undangan pernikahan yang telah terbungkus rapi tidak akan dikirimkan jika kamu belum melakukan pelunasan. Jadi sebelum pengiriman, pihak vendor akan menagih sisa biaya yang belum terbayarkan dari pihak pelanggan. Setelah pelunasan dilakukan, hari itu juga pihak vendor akan mengirim undanganmu.


Menurut saya dari semua pelayanan yang dilakukan sangat cepat dan puas dalam respon yang tidak bertele-tele. Berikut rincian diskusi yang telah saya lakukan dengan pihak vendor :
  • Pemesanan awal dilakukan pada tanggal 11 April 2019
  • Setelah diskusi dengan calon suami dan dapat persetujuan. Akhirnya mulai transfer DP pada tanggal 13 April 2019
  • Revisi pertama pada tanggal 16 April 2019 ternyata masih banyak yang harus diubah dari penulisan hingga salah tulis.
  • Revisi kedua pada tanggal 18 April 2019 dikarenakan kesalahan dari pihak vendor akhirnya revisi dilakukan hingga tiga kali.
  • Revisi ketiga pada tanggal 20 April 2019 baru semuanya oke dan siap dicetak
  • Setelah cetak dan packaging pada tanggal 24 april 2019, pihak vendor memberikan informasi untuk membayar pelunasan.
  • Akhirnya pada tanggal 25 April 2019 mulai bayar pelunasan ke pihak vendor agar pengiriman dilakukan hari itu juga.
  • Target pengiriman pada tanggal 6 May 2019 harus sudah sampai di Ciledug, Tangerang Selatan.
  • Kenyataannya tanggal 27 April 2019 semua undangan pesanan sudah sampai di rumah. Jadi paket terkirim hanya butuh waktu dua hari saja.
Kartu Ucapan Terima Kasih

REVIEW UNDANGAN

Sabtu, 27 April 2019 pengiriman dari JNE datang dan membawa orderan saya dari Sukoharjo, Jawa Tengah. Sempat kaget kok kecil juga ya paketnya. Ternyata ukuran undangan yang datang dengan ukuran 18x26 cm.

Di dalam packaging sudah lengkap dengan dengan plastik dan tom&jerry untuk cetak nama beserta dengan kartu ucapan terima kasih.

Untuk desainnya sesuai dengan apa yang dikirimkan pihak vendor sebelumnya tapi pada bagian denah lokasi untuk tulisan nama jalannya tidak terlalu terlihat. But its oke...Wong sudah ada scan barcode ini sih. Jadi lebih akurat lah, karena denah lokasi yang tertera hanya sebagai formalitas saja. 






Harganya pun jauh lebih murah Rp. 1.999/pcs dengan beragam desain pilihan yang bisa kita pilih sesuai selera. Sebenarnya ada tiga desain yang saya suka, karena bingung akhirnya minta saran calon suami dan pilihannya jatuh dengan kode undangan T29.

Ternyata kode undangan T29 paling banyak diminati. Apalagi ada tiga warna pilihan yaitu putih, peach dan cream. Jadi kalian bisa pilih sesuai dengan seleramu.

Berikut adalah spesifikasi undangannya :
  • Bahan kertas TIK 220 gram, Kertas BC, Tebal
  • Free plastik pembungkus
  • Free label nama polos tanpa print
  • Free tambah denah lokasi yang dibuat sendiri oleh client
Nah paling gak enaknya tuh saat ditunggu denah lokasi oleh pihak vendor. Saya dan calon suami pun tidak bisa bikin denah lokasi. Walhasil bikin seadanya aja, apalagi lucunya saya bikin denah lokasi tanpa pertigaan atau perempatan. Jadi jalanannya lurus aja gitu sama belok kanan kiri. Hahahaha...




Makanya lain kali kalau dapet undangan dari tetangga, di keep yaaaa. Biar denah lokasinya bisa kita contoh kalau memang tempat undangannya sesuai dengan tempat kita menikah nanti. HIhiiii...

Sekian curhatan saya dalam pencarian undangan pernikahan yang simple dan murah. Apalagi desain undangannya sangat saya suka karena kekinian sekali. 

Semoga buat teman-teman yang masih dalam tahap pencarian untuk cetak undangan bisa dicoba aja follow instagramnya @theroyal_design. Kali aja gitu ada yang sesuai dengan selera kamu.

Cheers,

28 April 2019

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk ah komen daripada cuma sebarin Spam

Copyright 2012 Dian Juarsa. Diberdayakan oleh Blogger.