Kamis, 25 April 2019

Edit Background Foto dengan cara mudah

Seringkali kita malas untuk berfoto ke photo studio hanya karena mengikuti peraturan pemerintah untuk membedakan warna background photo seperti background berwarna biru untuk kebutuhan KUA, background berwarna putih untuk photo passport dan background berwarna merah untuk pembuatan SIM.

Kebayang gak sih kalau kita butuhnya cepat tanpa menunggu lama. Belum lagi untuk biaya photonya pun terbilang mahal. Saya dan calon suami tidak memiliki foto dengan background berwarna biru. Jadilah kami harus mencari tempat photo studio.

Dibilangan bintaro sektor 3 terdapat Fujifilm Plaza yang dimana tak hanya menjual frame saja melainkan juga menyediakan tempat untuk berfoto dengan berbagai warna background sesuai kebutuhan kita.

Kebetulan saat itu kami ingin membuat foto untuk kebutuhan pernikahan. Jadilah background yang dibutuhkan berwarna biru. Harga Paket foto untuk pernikahan Rp. 80.000/orang jadi untuk berdua Rp. 160.000 dan ada biaya tambahan Rp. 10.000 untuk burning CD, jadi totalnya Rp. 170.000.

Berikut harga paket yang kami dapatkan dari Fujifilm Plaza :
  • Photo 3 kali jepret untuk melihat perbandingannya (Tetap satu foto yang dipilih)
  • 2x3 sebanyak 8 lembar jadi untuk berdua sebanyak 16 lembar
  • 3x4 sebanyak 8 lembar jadi untuk berdua sebanyak 16 lembar
  • 4x6 sebanyak 8 lembar jadi untuk berdua sebanyak 16 lembar
  • Beserta CD untuk penyimpanan foto

Nah sudah tau kan rincian yang kami dapatkan untuk apa saja. Sedangkan untuk biaya segitu terbilang cukup mahal. Berhubung dalam keadaan urgent jadi tak masalah. Setidaknya sudah punya foto dengan menggunakan baju berwarna putih.

Sehingga saat kami membutuhkan foto untuk keperluan lain. Kami bisa mengeditnya dengan cara mudah tanpa harus berfoto kembali ke photo studio. Tinggal belajar editing foto, setelah itu bayar biaya cetak deh. Jauh lebih murah bukan, ketimbang harus photo ulang lagi. 

Iya kalau hasilnya cakep, kalau mood lagi jelek terus di foto, tetep aja keliatannya jelek. hahahaa...

Yuk sekarang kita coba belajar mengedit background photo tanpa menggunakan photoshop.

Seperti yang kalian tau, kalau edit foto dengan photoshop agak sulit bukan. Belum lagi gak tiap laptop bisa support photoshop dengan alasan memory nya tidak cukup.

www.remove.bg

CARA EDITING TANPA PHOTOSHOP

Seperti yang kita ketahui bahwasannya untuk editing foto selalu menggunakan photoshop agar hasilnya lebih baik lagi. Memang benar adanya kalau photoshop itu dewanya editing banget deh. Tak menutup kemungkinan banyak para profesional lebih senang mengedit hasil karyanya dengan photoshop.

Tapi kan belajar instan dengan photoshop itu tidak mungkin yah. Buat kamu yang mau belajar instant dengan photoshop mendingan gak usah ngayal deh, karena ada banyak tool di photoshop yang harus kalian pahami.

Kini saatnya mencoba editan terbaru agar kalian bisa ikut mencoba dan lebih mudah dipahami. Apalagi editannya bisa lewat HP juga loh. Jadi tak perlu repot buka laptop.


Perhatikan original image dan image without background

EDITING BACKGROUND PHOTO

Kalian bisa klik link di google chrome www.remove.bg. Setelah itu pilih Select Photo, di menu ini kalian bisa pilih photo yang akan kamu pakai untuk di edit pada bagian backgroundnya. 

Agar foto terlihat lebih lengkap pilih explore/jelajah. Jika kamu pilih gambar kamera, kamu bisa langsung foto saja lalu edit.

Setelah dapat foto yang ingin kamu edit, tunggu loading hingga 100 persen. Maka akan keluar seperti foto diatas dan dibawah ini.


Setelah pilih editing, kalian bisa berkreasi
Ada beberapa menu yang harus kamu ketahui apa saja fungsinya. Berikut fungsi pada menu yang tersedia pada remove.bg :

FOREGROUND

  • Erase : menghapus bagian yang tidak diperlukan
  • Restore : mengembalikan bagian yang ingin kamu perlihatkan. Seperti contoh, pada bagian image without background. Jika ada beberapa bagian yang ingin kamu kembalikan agar tetap terlihat. Kalian geser saja kursornya pada kotak-kotak kecil. Maka bagian bakground awal akan muncul kembali.
  • Tanda bulat kecil dan besar : Sebagai penanda kursor bisa dikecilkan dan dibesarkan

BACKGROUND

  • Color : Kalian bisa ganti warna background dengan memilih menu color
  • Photo : Kalian bisa ganti background dengan foto yang telah disediakan oleh remove.bg
  • Save : Setelah kelar editing, pilih menu save untuk menyimpan foto
  • Undo : Untuk mengulangi hasil editanmu yang sebelumnya
  • Reset : Entah mengapa menu ini tidak berfungsi
  • Min Plus : Untuk mengubah ukuran foto yang akan diedit agar dapat lebih terlihat
Pilih Photo untuk mengganti bagian background

Sekarang ini saya mau edit photo arisan gengges yang awalnya foto tersebut terletak di depan rumahnya Jo. Lalu berubah seperti berada di ilalang yang baru saja dipotong. hahaha...

Jadi editan ini menggunakan menu Background lalu pilih Photo. Nanti menu tersebut akan keluar Photo by Unsplash yang bisa kalian pilih mau foto sunset, sunrise, gedung tinggi dan masih banyak lagi foto yang bisa kalian pilih.

Berhubung duduknya lagi ngampar dibawah lantai. Jadilah foto yang saya pilih sedang berada di ilalang berwarna kecoklatan. 

Maafkan editannya masih agak kurang rapi karena kuku saya terlalu panjang. Jadilah saat menggeser jari-jari untuk menghapus bagian lantai yang berada dibagian tengah bawah, jadi sedikit gagal. hehehee...

BEFORE EDITING

AFTER EDITING

HASIL EDITAN PHOTO

Tadaaaa....Hasil editan foto telah selesai dan beginilah hasilnya. Kalian juga bisa loh coba background foto yang lain sesuai keiginanmu. 

Buat yang masih bingung step by stepnya apa saja untuk edit foto dengan background foto lain. Berikut saya berikan langkah demi langkahnya yah :
  • Buka link www.remove.bg
  • Pilih Select Photo
  • Setelah itu, pilih bagian Background dengan menu PHOTO
  • Maka akan tampil photo by unsplash. Pilih sesuai pilihanmu
  • Tadaaaa...hasilnya sudah keluar. Jangan lupa save ya teman-teman

Nah sekarang mari kita belajar edit foto untuk membuat bagian backgroundnya berganti warna sesuai yang kamu butuhkan. Apakah berubah menjadi warna merah, putih, biru atau kuning. Terserah mau pilih warna yang mana. Tapi pastinya, perhatikan terlebih dahulu warna apa yang akan kamu butuhkan.

Berikut langkah -langkah yang harus kamu lakukan saat akan mengedit background photo sesuai dengan warna yang kamu butuhkan :
Original Image
Image without background


EDITING COLOR BACKGROUND PHOTO 

Setiap langkah yang telah kamu lakukan sama seperti diatas, maka pilihan menu yang harus kamu lakukan adalah dengan memilih bagian Background dengan menu Color.

Kamu tinggal pilih saja warna manakah yang kalian butuhkan. Dibagian bawah seluruh warna ada tulisan semacam kode #cc1212 tak perlu kamu khawatirkan. Karena kode tersebut bisa dipakai untuk coding warna di blog.

Langkah-langkah yang harus diperhatikan yaitu :
  • Buka link www.remove.bg
  • Pilih Select Photo
  • Setelah itu, pilih bagian Background dengan menu COLOR
  • Maka akan tampil seluruh warna yang kalian inginkan
  • Geser saja bulatan putih tersebut menuju warna yang kalian butuhkan
  • Setelah keluar warnanya dibagian background. Barulah save foto hasil editanmu


Beberapa menu dibagian edit photo

Hasil dari editan background photo

HASIL EDITAN COLOR UNTUK FOTO

Hasilnya lebih rapi bukan untuk editan background photo tanpa edit menggunakan photoshop. Ada baiknya, kalian harus memiliki foto dengan menggunakan baju berwarna putih. Agar hasil editanmu terlihat sempurna ketimbang kamu edit foto dengan pakaian warna lain.

Lihat saja pada bagian rambut disebelah kanan ada lekukan yang dimana background berwarna biru pun langsung berubah warna merah. Karena memang editing dengan mengunakan remove.bg akan mengubah semua warna background tanpa perlu editan dengan menu eraser.


Bagaimana? masih ada yang belum terlalu paham gak? apa gampang banget saat kamu mencoba editing dengan remove.bg?

Semoga share editing background photo bermanfaat buat kalian yang males ke photo studio. Hihihii....

Selamat mencoba teman-teman \(^.^)/

Cheers,

25 April 2019

8 komentar:

  1. Paling pas emang buat pas foto ya..
    Kalau foto rame-rame dengan latar yang polos, seringnya beberapa bagian background ngikut.. Kalau enggak fotonya ikut dianggep background dan kehapus..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa agak susah editnya kalau foto rame-rame karena harus lebih teliti editannya. Kalau foto sendiri gini lebih gampang ngeditnya hihihii

      Hapus
  2. Thx mba ulasannya jd gak ssh lg kl mo edit ft background..emg kdang susah buat ngedit"apalgi buat edit ft di blog... 😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaa kadang buat belajar edit foto di photoshop susah kak. Jadi ada cara mudahnya buat kebutuhan online shop atau blog juga bisa. ya gak?

      Hapus
  3. Bermanfaat banget tipsnya untuk kebutuhan blogging kak

    BalasHapus
  4. Wah lumayan banget ini gak usah ke foto studios. Bisa edit sendiri Kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaa iyaaa kak lumayan banget bisa tinggal ganti background aja. Siapa dulu dong yang kasih infonya. Kak aaiiippppp :D

      Hapus

Yuk ah komen daripada cuma sebarin Spam

Copyright 2012 Dian Juarsa. Diberdayakan oleh Blogger.