Rabu, 20 November 2019

Test Kehamilan setelah telat haid 4 hari dan hasil testpack adalah


Impian tiap pengantin baru biasanya memiliki momongan. Walaupun untuk memiliki momongan tidak selamanya dapat berjalan mulus. Beruntungnya mereka setelah menikah bisa langsung mendapatkan momongan. Namun ada pula yang harus berusaha lebih maksimal untuk mendapatkan momongan.

Tak hanya itu saja, bagi calon pengantin baru pun ada pula sebulan sebelum menikah melakukan treatment agar cepat dikaruniai seorang anak. Namun semuanya kembali lagi kepada yang maha kuasa. Kita hanya bisa pasrah dengan apa yang diberikan oleh yang diatas.

Pernikahan kami pun telah berjalan hampir 4 bulan. Sebulan sebelum menikah saya pun sudah mengkonsumsi asam folat sesuai anjuran dokter agar bisa cepat mendapatkan momongan.

Asam Folat untuk 3 bulan


Kami menikah pada tanggal 27 July 2019. Keinginan saya untuk memiliki seorang anak pun selalu tertunda. Padahal selama ini haid saya selalu lancar, tak pernah telat. Sempat ingin periksa ke dokter tapi banyak yang menyarankan untuk bersabar karena percuma.

Yah memang percuma, pernikahan kami belum menginjak satu tahun. Makanya saya hanya bisa bersabar saja dan pasrah dengan keputusan yang maha kuasa. Saya berusaha untuk positif thinking kalau memang sudah waktunya pasti akan diberi jalan dan kemudahan.

Sampai akhirnya, tak ada sedikitpun pikiran saya untuk terlalu fokus memiliki anak. Saya juga bilang sama suami mungkin bukan tahun ini kami diberi kepercayaan tuhan untuk dikarunia seorang anak. 

Semoga saya bisa bersabar dan suami pun bisa makin bersabar menghadapi istrinya yang seringkali sensitif saat banyak pertanyaan "UDAH ISI BELUM?". 

Belum lagi kalau sudah di kamar, bawaannya sering emosi kalau lagi curhat sama suami. Namanya juga kita tetap berusaha kok, kalau emang belum dikasih momongan ya mau diapain lagi kan.

Suami saya pun hanya bilang "Udah gak usah didengerin, biasanya juga kamu cuek sama omongan orang"

Memang biasanya saya tidak pernah memikirkan apa kata orang. bahkan sering dibully dan dikatain pun saya peduli setan dengan mereka. 

Tapi entah mengapa kalau pertanyaan nya menyangkut dengan kehamilan saya sering sensitif dan sedih banget. Karena memang sedari awal pernikahan, kami tidak ingin menunda memiliki momongan.

P TRACKER APP

Sampai akhirnya saya pun melihat aplikasi P Tracker yang dimana saya rajin mencatat awal kedatangan haid dengan berakhirnya haid. Jadi saya tau kalau haid saya lancar atau tidak. Selama ini haid saya selalu lancar.

Seperti tanda garis berwarna pink yang artinya garis tersebut menandakan bahwa haid saya sedang berlangsung. 

Setiap bulannya haid saya selalu berlangsung dari 7 hari hingga 8 hari. Saya termasuk dari salah satu orang yang tiap bulannya minimal haid selalu seminggu atau bisa lebih. Bahkan bisa sampai 10 hari saya haid.

Sempat ada yang bilang kalau itu tidak normal. Tapi haid tersebut berlangsung dari saya SMA yang memiliki siklus haid sangat lama hingga 13 hari pun pernah. Sehari saja saya bisa ganti pembalut sampai 6 kali karena saking banyaknya.


Tapi tetap saja saya tidak ingin memeriksakannya ke dokter karena selama ini saya tidak mengalami kendala yang terlalu serius. Makanya saya selalu mengabaikan apapun perkataan orang.

Saat saya melihat aplikasi P Tracker ada tulisan 2 days late. Saya mengabaikannya, Saya pikir memang mau berubah tanggal saja. 

Biasanya tiap setahun sekali saya pasti ada yang telat karena perpindahan tanggal. 

Pada tahun 2018 lalu saya pernah telat 3 hari. Biasanya selalu awal bulan haidnya, sekarang berubah menjadi pertengahan bulan hingga saat ini tahun 2019.

Makanya sekarang haid saya selalu jatuh di tanggal 16 tiap bulannya. Sebelum saya menikah, tepat pada tanggal 17 July 2019  saya haid. Nah akhir bulan July kami menikah. Sempat pede dong, abis menikah pasti langsung dikasih momongan. Nyatanya tidak kawan-kawan, jadilah saya selalu kecewa tiap bulannya.

Gak disangka tulisan LATE pun telah tertulis kembali di aplikasi P Tracker. Tapi saya tidak mau mencobanya terlebih dahulu karena takut kecewa lagi. Hingga akhirnya tubuh saya mendapatkan sinyal palsu.

Perut saya mules gak karuan seperti mau haid, rasanya kaya diremes-remes. Payudara saya pun sakitnya luar biasa dan sangat tegang. Muka saya makin banyak jerawatnya, badan terasa pegal-pegal dan kepala saya pusing gak karuan. Sempat mikirnya karena telat haid.

Tapi ada satu yang membuat saya curiga yaitu saya jadi semakin rakus, kalau mau makan apapun harus dapat saat itu juga dan perut terasa kembung gak jelas, begahnya minta ampun. Apalagi kondisi perut saya yang sangat buncit.

Buncitnya terlalu parah

Akhirnya saya pun menanyakan kondisi awal saat kehamilan apa saja yang dirasakan. Apa iya sama seperti saat sedang haid atau berbeda. Ternyata semua pernyataan dari teman saya, semuanya sama persis dengan apa yang saya rasakan.

Googling sana sini untuk menguatkan hasil pertanyaan saya kepada teman. Ternyata apa yang ada di google pun sama persis dengan apa yang saya rasakan juga. Rencananya nanti setelah telat 7 hari, saya akan mencoba menggunakan testpack.

Ternyata saat di hari keempat saya telat haid, secepatnya saya beli berbagai macam testpack agar hasilnya bisa terlihat sama atau tidaknya.

Saran dari mba nde (Salah seorang teman saya) bilang untuk beli testpack onemed, selain murah hasilnya pun sangat akurat. Tapi saat saya ke century disana tidak ada testpack onemed.


Dari pencarian testpack yang ada di Century. Akhirnya pilihan saya jatuh dengan ketiga pilihan yaitu Value, Akurat dan Sensitif.

Ketiga testpack tersebut yang paling mahal yaitu Sensitif dengan biaya sebesar Rp. 52.000. Sedangkan Akurat dengan biaya sebesar Rp. 21.600 dan Value sebesar Rp. 20.600.

TESTPACK 

Bagi kamu yang mencurigai kalau kondisimu saat ini seperti sedang hamil. Cobalah untuk melakukan tes uji kehamilan sendiri dengan menggunakan testpack. Banyak dokter yang merekomendasikan untuk melakukannya di pagi hari.

Alasannya adalah karena saat buang air kecil pertama kali di pagi hari karena urin cenderung mengandung konsentrasi tinggi Human Chorionic Gonadotropin (HCG).

Human Chorionic Gonadotropin (HCG) adalah hormon kehamilan yang dihasilkan plasenta selama tubuh wanita hamil, kurang lebih sepuluh hari setelah sel telur dibuahi oleh sperma. Sel telur akan melekat pada dinding rahim dan sejak itulah plasenta berkembang dan memproduksi HCG yang dapat ditemukan di dalam darah dan air seni. (Sumber : www.fimela.com)

Pada alat tes uji kehamilan terdapat tulisan C dan T. Jika garis merah berada di kedua tulisan tersebut, tandanya kamu hamil. Tapi jika garis merah hanya berada pada tulisan C saja, artinya kamu tidak hamil. Sedangkan jika garis merah berada di tulisan T yang artinya hasilnya tidak sah atau gagal percobaannya.

Arti dari tulisan tersebut yaitu :
  • C artinya Contol Line
  • T artinya Test Line

Menurut informasi yang saya dapat jika kalian melewatkan buang air kecil pertama di pagi hari. Kalian tetap bisa melakukannya dengan cara tidak minum air putih terlalu banyak agar urin tidak terlalu encer dan tunggu sampai 4 jam berikutnya. Barulah setelah itu di coba kembali dengan urin yang telah kalian hasilkan selama 4 jam itu.

Nah berhubung saya sudah tidak sabar untuk mengetahui hasil tes kehamilan saya. Akhirnya saya pun memutuskan untuk membeli testpack dan mencari testpack yang bisa digunakan kapan saja. Tidak harus di pagi hari.

CENTURY VALUE

Testpack Strip dari merek Value adalah salah satu testpack yang saya temukan untuk kalian bisa gunakan kapan saja. Jadi tak perlu menunggu di pagi hari baru bisa digunakan. Saya pun tertarik saat penjaga Century mengatakan hal tersebut.

Rencana saya memang ingin menggunakannya di malam hari saat sampai di rumah. Jadi bisa saya coba kapan saja dan kebetulan beberapa hari ini saya sering banget buang air kecil.


Kemasannya berwarna pink, pada bagian dalamnya terdapat kemasan aluminium foil yang tertutup rapat dan di dalamnya terdapat alat uji tes kehamilan.

Sebelum menggunakan testpack, kalian harus membaca cara penggunaannya agar tidak terjadi kesalahan. Menurut saya testpack Value terbilang agak ribet karena kalian harus memiliki wadah kecil untuk nantinya bisa dicelupkan kedalamnya.

Cara penggunaannya yaitu :
  • Celupkan ujung alat tes kehamilan ke dalam sampel urin selama 10 detik.
  • Sampel urin jangan sampai mengenai plastik dari alat tes 
  • Urin yang dicelupkan harus sesuai dengan batas garis zigzag yang ada di testpack
  • Pasang kembali penutup, letakkan alat tes di permukaan datar dan kering
  • Baca hasilnya setelah 3 - 5 menit
  • Jangan membaca hasil setelah 5 menit


Pada bagian alat tes kehamilan terdapat tulisan C dan T dan disana ada informasinya apakah kalian dinyatakan hamil atau tidak.

Selasa, 19 Nov 2019 tepat pukul 07.30 PM saya langsung mencoba menggunakan alat tes uji kehamilan dari Value dengan menggunakan wadah dari tutup botol. 

Urin telah berada di wadah tutup botol, lalu saya celupkan alat tes uji kehamilan. Menurut cara penggunaan testpack Value, hasilnya akan keluar setelah 3 menit. Tapi kenyataannya, hasil tersebut langsung saya dapatkan saat itu juga setelah mencelupkan testpack Value.

Tanda merah memenuhi wadah yang bertuliskan C dan T lalu garis yang begitu terang yang berwarna kemerahan muncul di kedua strip. Sempat kaget dan tidak percaya. Akhirnya saya memastikannya untuk bertanya ke teman.

Teman saya bilang kalau itu memang positif hamil. Saya pun akan mencoba alat testpack lainnya saat di pagi hari, agar hasilnya lebih akurat lagi. Saya belum berani memberitahukan kepada suami karena takut ada kesalahan.

Akhirnya teman saya pun menyarankan untuk mencoba semua alat testpack saat itu juga karena pastinya semua hasil akan sama keluarnya.

AKURAT COMPACT

Testpack yang kedua dengan merek Akurat yang memiliki 2 jenis yaitu testpack strip dan testpack digital. Dari kedua pilihan tersebut saya lebih memilih yang digital karena tidak perlu repot cari wadah untuk urin.

Testpack Akurat digital jauh lebih praktis ketimbang testpack akurat strip.

Pada bagian dalam testpack akurat terdapat kertas cara penggunaan dan kemasan aluminium foil yang di dalamnya terdapat testpack yang bisa digunakan. 

Kalau kemasan tersebut rusak, minta ditukar yah karena hasilnya nanti tidak akurat karena ada kerusakan di dalam kemasannya.

Cara penggunaannya yaitu :
  • Sobek kemasan aluminium foil dan keluarkan Akurat Compact Test
  • Buka tutupnya dan pegang Akurat Compact Test ke arah kucuran urin saat buang air kecil dengan posisi ujung resapan menghadap ke bawah selama minimal 10 detik hingga kondisi ujung resapan cukup basah.
  • Jangan membasahi jendela penunjuk hasil yang ada tulisan C dan T
  • Setelah itu pasang kembali penutup Akurat Compact dan letakkan pada posisi mendatar dengan layar penunjuk hasil menghadap ke atas.
  • Tanda merah akan mengalir di jendela kontrol.
  • Tunggu hingga 1 - 3 menit hingga garis merah muncul. Jika garis merah tidak muncul, tunggu 1 menit lagi. Hasil positif mungkin baru timbul semenit lebih lama tergantung dari banyaknya konsentrasi hormon HCG.



Masih di malam yang sama tepat pada tanggal 19 Nov 2019 pukul 08.05 PM. Setelah setengah jam saya mencoba menggunakan testpack Akurat yang jauh lebih praktis. 

Saya mencoba seperti apa yang di instruksikan. Namun saya agak bingung dengan posisi ke bawahnya. Saya pikir lubang kecil yang berjumlah lima itu harus menghadap kebawah. Akhirnya saya basahi lah bagian belakang dari lubang kecil tersebut.

Setelah saya tunggu setengah jam, hasilnya tidak keluar sama sekali. Akhirnya saya mencoba dengan membasahi lubang kecil yang berjumlah lima buah. Tak sampai sepuluh detik, hasilnya pun langsung keluar tanpa menunggu hingga semenit. Ternyata saya salah menggunakan testpack Akurat saat pertama kali. Hahahahaa...

Garis dua pun telah bertengger di jendela hasil yang ada pada testpack Akurat Compact. Benar juga hasilnya masih tetap menyatakan hal yang sama. Kaget, lemes dan bahagia pun campur aduk. Tetap masih tak percaya, akhirnya saya pun menunggu hingga setengah jam kemudian.

Maklum akhir-akhir ini selalu buang air kecil tiap setengah jam sekali. huft.

SENSITIF COMPACT

Testpack Sensitif Compact saya gunakan paling terakhir untuk final decision. Sebenarnya sih perasaan saya antara percaya dan tidak percaya. Apa iya beneran hamil, takutnya hanya kebahagiaan semu saja. Makanya saya harus test hingga 3 kali untuk memastikan apakah benar saya hamil atau tidak.

Penggunaan testpack Sensitif Compact hampir sama dengan Akurat. Berikut cara penggunaannya :
  • Sobek kemasan aluminium foil dan keluarkan Sensitif Compact Test
  • Buka tutupnya dan pegang Sensitif Compact Test ke arah kucuran urin saat buang air kecil 
  • Pegang Sensitif Compact Test dengan posisi ujung resapan menghadap ke bawah selama minimal 10 detik hingga kondisi ujung resapan cukup basah karena di aliri urin. Jangan membasahi jendela hasil.
  • Setelah itu pasang kembali penutup Sensitif Compact Test dan letakkan pada posisi mendatar dengan layar penunjuk hasil menghadap ke atas.
  • Tanda merah akan mengalir di jendela kontrol. Tunggu selama satu menit hingga garis merah muncul . Jika garis merah tidak muncul, tunggu semenit lebih lama tergantung dari banyaknya konsentrasi hormon HCG.



Sensitif Compact Test terdapat jendela yang berbentuk bulat dan persegi. Untuk jendela yang berbentuk bulat adalah Jendela Kontrol sedangkan jendela yang berbentuk persegi adalah jendela hasil. 

Jika hasil tes menunjukkan munculnya garis di jendela yang berbentuk bulat maka tes yang dilakukan sesuai dengan prosedur dan urin telah terserap dalam jumlah yang tepat.

Maka dari itu, jika garis hanya muncul di jendela yang berbentuk bulat saja (Jendela Kontrol) artinya tidak hamil. Sedangkan jika garis muncul di kedua jendela (Jendela Kontrol dan Jendela Hasil) artinya Hamil.

Tepat 19 Nov 2019 pukul 08.30 PM saya masih mencoba kembali dengan menggunakan testpack dari Sensitif Compact dengan cara penggunaan yang hampir sama dengan Akurat. Tanpa perlu menunggu semenit hasilnya langsung keluar dengan cepatnya.

Padahal kondisinya saya habis minum air putih banyak sekali. Biasanya hasil akan keluar lebih sulit jika minum air putih terlalu banyak yang mengakibatkan kondisi urin lebih encer. Ternyata hal itu pun tidak berpengaruh sama sekali dengan saya.

Hasilnya masih tetap sama yang artinya saya POSITIF HAMIL.


Dari ketiga testpack yang saya beli, hasilnya masih tetap sama bergaris dua. Bahagia banget karena akhirnya impian kami bisa terwujud dalam waktu yang tidak terlalu lama. Bersyukur sekali dengan kepercayaan yang diberikan oleh Allah SWT.

Semoga kondisi saya dengan dedek bayi sehat selalu dan dalam lindungan Allah SWT. Terima kasih buat mba nde yang banyak kasih pengarahan dan masukan yang terbaik. 

Sampai saat ini saya masih belum berani memberitahukan kabar gembira ini ke suami karena saya takut suami jadi shock. hahahaha...

Mungkin dalam waktu dekat saya akan memberanikan diri untuk memberitahukan kalau saya sudah hamil :)

Cheers,
20 Nov 2019

DISCLAIMER :
Tulisan ini murni dari pengalaman pribadi. Seluruh biaya yang dikeluarkan pun dari uang kami sendiri. Tidak ada paid promote, collaboration ataupun Sponsorship.

2 komentar:

  1. Berita bahagia ini dipersembahkan oleh Babang Eza Suhendra yang telah berhasil mencetak goal di gawang Dian Juarsa.

    Selamat Dian & Esa!!! Semoga kehamilannya lancar dan sehat selalu.. Aminnn

    Adududu jadi pengen cepet2 beli sensitif juga #eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh bangga banget akutu dikomen kendall jenner. Gak nyangka bisa berteman sama artis hollywood hahahahaaa....
      bahasa lo mentcetak goal di gawang. Geleeeuuuhhh...
      Tiati beli sensitif teru ketawan emak bapak. Bisa amsyong ngana. Thank youuuuu ya kendall

      Hapus

Yuk ah komen daripada cuma sebarin Spam

Copyright 2012 Dian Juarsa. Diberdayakan oleh Blogger.