Jumat, 03 Mei 2019

REVIEW Villa Aman D'sini : Harga tak sebanding dengan kualitas pelayanan


Ada banyak resto atau cafe yang menyajikan pemandangan alam dengan beragam aneka minuman, makanan dan cemilan. Pelanggan pun dengan senang hati memesan makanan yang dibutuhkan dengan menyaksikan pemandangan alam yang begitu indah di depan mata.

Destinasi wisata di sekitaran Bogor pun sering dijadikan tempat pelarian warga Jakarta yang butuh akan kesegaran alam dan menghilangkan penat sesaat di tanggal merah ataupun weekend. 

Maka tak heran dimana-mana resto, cafe atau tempat makan di pinggir jalan selalu ramai dengan pengunjung yang ingin menghabiskan waktunya di tempat yang begitu sejuk.

Bertepatan hari buruh yang jatuh pada hari Rabu, 1 May 2019 dimana beberapa pengunjung dari Jakarta akan menghabiskan waktu sehari di dataran yang lebih tinggi. Sehingga pemandangan alam seperti pegunungan dan hutan pinus bisa dijadikan sebagai tempat pelarian sesaat untuk menghilangkan penatnya kota Jakarta.


Bogor adalah salah satu tempat selain Bandung yang bisa dikunjungi saat libur kerja atau sekolah hanya sehari saja. Kami pun sempat bermain dulu di Hutan Pinus, Gunung Pancar.

Setelahnya dari sana, akhirnya kami mencari makanan di salah satu resto heits di Bogor yang terletak di Sentul yaitu Villa Aman D'sini. Letaknya tak terlalu jauh dari Gunung Pancar. Namun sayangnya perjalanan kami menuju Villa harus melewati jalanan sempit yang dimana saat berpapasan dengan mobil di lawan arah harus ekstra hati-hati, saking sempitnya jalanan tersebut.

Parkirnya pun sangat sempit, tidak disediakan parkir mobil yang layak. Sedangkan tamu yang datang ke Villa Aman D'sini notabene bermobil semua. Jarang ada yang membawa motor untuk berkunjung ketempat ini.

TIKET MASUK

Sesampainya di Villa Aman D'sini, kami diminta untuk biaya masuk perorangnya sebesar Rp. 50.000. Untuk anak dibawah umur 5 tahun tidak dikenakan biaya tersebut. Jadi ibarat kata, biaya tersebut semacam deposit para pelanggan.

Bingung kan? Oke sekarang saya akan menjelaskan kepada kalian yang membaca tulisan ini.


Pertama :
Jika kamu memesan menu utama seperti Paket Ayam, Paket Bebek, Paket Empal dan lain-lain. Maka harga makanan yang tertera akan dikurangi Rp. 50.000. Jadi jangan dibuang yah kertas tiket masuknya.

Kedua :
Jika kamu tidak memesan menu utama dan hanya memesan minuman saja yang notabene harganya pun antara Rp. 20.000 - 40.000. Maka sisa dari harga minuman tersebut tidak dapat diuangkan kembali. Ikhlasin aja ya manteman Hahahhaa...

Ketiga :
Jika kamu tidak pesan makanan dan minuman. Maka harga tiket masuk sebesar Rp. 50.000 tidak dapat dikembalikan sama sekali. Jadi anggap aja uang tersebut sebagai uang sewa tempat untuk pemotretan kalian selama di Villa Aman D'sini.  #ahiiiiyyyy pinter amet nih marketingnya.


HARGA MUAHAALLL

Untuk sebuah resto di destinasi wisata memang tak heran kalau harganya mahal karena seringnya memang lebih menjual keindahan alamnya ketimbang cita rasa makanan dan minuman itu sendiri.

Tapi agak tidak masuk akal dengan harga paket ayam yang dimana porsinya sama persis seperti pecel ayam dikenakan biaya Rp. 104.500. Sedangkan porsi yang diberikan sangat sedikit. Namanya saja paket ayam tapi yang datang cuma paha ayam saja.

Untuk cita rasanya pun B aja, jauh dari kata enak. Paket Bebek saja dikenakan biaya Rp. 113.500 sedangkan Spaghetti Carbonara dikenakan biaya Rp. 85.000, lucunya lagi baru kali ini makan spaghetti pakai telor ceplok. Hahahaha...

Teman saya yang chef saja sempat kaget melihat postingan saya di instagram yang dimana saat penyajian spaghetti dengan ceplok telor. Udah aja tulis di menu mie goreng aja sekalian, bukan spaghetti. Lucu banget sih yang bikin menu makanan di Villa Aman D'sini


Jangan kaget kalau pesananmu lama datangnya. Awalnya sempat positif thinking karena tanggal merah jadi banyak pesanannya. Ternyata teman saya sebelumnya yang pernah datang kesini juga, mereka datang saat resto masih sepi, Tetap saja pesanannya lama sampainya.

Sangat disayangkan kalau kualitas pelayanannya jauuuhhhhh dibawah standard. Kalah banget sama tempat makan di pinggir jalan yang dimana mereka melayani para tamu dengan sigap dan cepat. Apalagi pesanan yang diminta pun sesuai dengan apa yang kita pesan.

Seharusnya saat dihari libur atau ditanggal merah, jumlah karyawannya ditambah agar tidak keteteran. Kasian pelayan yang melayani kami, mukanya sangat lesu dan tidak ada semangatnya saat melayani tamunya.

Bahkan untuk pesanan pisang goreng yang harganya Rp. 40.000 saja sudah lebih dari sejam belum datang juga. Giliran saya minta cancel pesanan pisang gorengnya, barulah pisang gorengnya keluar dan langsung diantarkan ke meja kami.

Sungguh amat disayangkan, sekelas resto heiittsss yang selalu ramai dan tidak pernah sepi memiliki kualitas pelayanan yang kurang baik. Apalagi saat mau bayar pesanan kami, harga pisang gorengnya di charge double jadi Rp. 80.000. Sontak kami pun kaget!!

Buat kamu yang mau bayar pesanan, jangan lupa selalu lihat dan cek kembali semua pesananmu yah karena biasanya dalam kondisi ramai seringkali kasir pun bisa skip memasukkan jumlah pesanan.



Nah ingat, kartu tanda tiket masuk yang kalian dapatkan harus langsung kasih ke kasirnya. Agar dapat potongan harga sebesar Rp. 50.000 perorangnya. jadi jumlah keseluruhan pesananmu akan dikurangi sesuai dengan tiket masuk yang kamu miliki.

Sempat cek pesanan kami yang kelebihan biaya pisang goreng sebesar Rp. 40.000. Awal mula total keseluruhan sebesar Rp. 617.500 - Rp. 40.000 = Rp. 577.500.

Setelah itu biaya pesanan kami Rp. 577.500 dikurangi dengan 4 tiket masuk dengan jumlah Rp. 200.000. Jadi total pesanan yang harus kami bayarkan sebesar Rp. 372.500.


BOGOR RASA BALI
Sepintas resto ini terlihat seperti di Bali. Udaranya yang sejuk dengan pemandangan alam pegunungan yang masih berwarna hijau dimana bagian tengah villa resto terdapat kolam renang yang dapat dinikmati oleh para tamu.

Untuk berenang ada biaya lagi yah manteman. Kamu harus siap mengeluarkan biaya renang sebesar Rp. 200.000 #uwooowww harganya mahal banget yaaa. Pantas aja jarang ada yang mau renang disana. Hihihii...

Ada beberapa tempat pilihan untuk kalian yang ingin menghabiskan waktu sejenak di Villa Aman D'sini. Kalian bisa pilih duduk di kursi bar, gazebo, resto indoor atau resto outdoor.


Udara sejuk dengan pemandangan alam menjadi incaran para tamu yang berdatangan kesini. Tak hanya itu saja, bahkan posisi tempat pun menentukan untuk menikmati hidangan yang tertera dimenu.

Berbagai pilihan tempat bisa kamu pilih untuk menghabiskan waktu bersama orang terdekat. Jika kamu datang di sore hari, jangan heran kalau posisi duduk dibagian kursi bar yang menghadap ke arah pegunungan selalu ramai dengan anak muda.

Memang pemandangan pegunungan dapat menyegarkan mata dengan udara sejuk. Apalagi kalau datang kesana bersama orang tersayang, berasa romantis banget gitu. Hihihii...


Jika datang bersama orang tua dan anak sembari bersantai bisa pilih tempat di gazebo. Untuk duduk di gazebo sangat diwajibkan untuk booking terlebih dahulu.

Gazebo di Villa Aman D'sini terdapat 3 buah tempat saja. Kebanyakan gazebo selalu dipenuhi dengan anak-anak dan juga orang tua. Memang gazebo memberikan kenyamanan untuk bersantai tapi tidak untuk santap makanan.

Tetap saja terasa kurang nyaman saat makanan dan minuman tiba. Jadi harus bisa makan di atas gazebo tersebut atau mungkin bisa numpang sebentar dibagian kursi makan area outdoor dan indoor.


Kursi makan di Villa Aman D'sini sangat terbatas. Kalau bikin acara disini, ada baiknya booking terlebih dahulu agar dapat tempat. 

Saat kedatangan saya kesana tepat pukul 15.00 PM sudah kehabisan tempat di bagian dalam ruangan dan gazebo. Sedangkan bagian kursi bar masih sangat kosong. Tapi jam 3 sore itu matahari lagi lucu-lucunya.

Akhirnya kami pun memasuki resto berharap ada yang kosong. Ternyata ada juga tempat yang kosong di resto outdoor dengan pemandangan kamar villa dan pohon cemara. Sayangnya pelayanan disini kurang atraktif dengan tamunya.

Yah lagi lagi positif thinking saja, mungkin pelayannya sangat terbatas jadi agak keteteran yah untuk melayani tamu. 

Bahkan kita harus cari sendiri kursinya. Biasanya kan untuk kelas resto yang sudah tersohor, pelayanan juga bisa lebih ditingkatkan lagi. Agar sebanding harga dengan pelayanannya gitcuuuhhh.

HATI-HATI DENGAN RULES

Setiap resto pasti ada peraturan yang dibuat untuk para tamu saat berkunjung ke Villa Aman D'sini. Ada baiknya baca terlebih dahulu peraturan tersebut dibagian belakang tiket masuk. Disana tertera peraturan apa saja yang harus kamu lakukan.

Kalian boleh berfoto disana tapi hanya menggunakan handphone saja, tidak boleh menggunakan DSLR. Jika kamu tidak membaca peraturan tersebut lalu ketawan oleh pihak resto. Maka kamu harus rela merogoh kocek Rp. 1.000.000.

Apalagi bagi tamu yang bandel sering bawa makanan atau minuman dari luar ke area resto. Tanpa sengaja kalian memakan atau meminum apa yang kamu bawa di dalam resto. Maka kalian akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 50.000

Jangan lupa bawa cash yah manteman karena pihak resto Villa Aman D'sini tidak melayani pembayaran berupa debit card atau credit card. Tapi bisa melalui M-Banking loohhh, uwooowwww!!!

Mungkin banyak tamu yang membawa cash secukupnya kali yah. Jadi saat para tamu ingin membayar namun tak bawa cash lebih bisa transfer melalu M-Banking. Apalagi kan cari mesin ATM disana mana ada. Yakaaannn!!

Teknologi udah maju loh kaka, moso bayarannya cuma bisa cash aja. Untungnya sudah tersedia M-Banking yes.


Villa Aman D'sini bisa dibilang lokasinya sangat instagramable dengan perpaduan warna langit yang begitu biru dengan cerahnya matahari yang menyinari di sore hari. Walaupun tidak ada sunset yang terlihat disana. Tapi tetap saja, tamu yang berkunjung lebih memilih berfoto bersama disana.

Belum lagi saat berfoto, kamu harus siap antri dengan geng ibu-ibu komplek yang menguasai spot yang paling diincer oleh para kaum milenial #caelah

Yah tetap saja, kalau kita pintar cari spot pasti ada aja kok angle yang pas dan bisa kita abadikan. Akhirnya kami pun berfoto hanya dengan menggunakan handphone. 


VILLA AMAN D'SINI

Villa Aman D'sini sudah ada sejak tahun 2.000an. Dulu sih harganya masih murah banget, hihihii yaiyalaaaahhh dulu apa-apa masih murah. Beda sama sekarang yang harganya terlampau jauuuhhh lebih mahal.

Bagi tamu yang datang kesana hanya untuk makan saja, kalian juga bisa berkeliling villa kok tapi dengan syarat yang bisa survey hanya dua orang saja. Tidak boleh segerombolan melihat-lihat villa. Saya dan rizki pun sekalian survey untuk melihat villanya seperti apa.





Pepohonan rindang yang kami lewati dengan beberapa anak tangga dengan kondisi sangat terjaga kebersihannya. 

Bahkan kamarnya pun terasa begitu nyaman. Jendela tinggi dengan tirai putih yang menghiasi bagian kusen. Pemandangan hijau mengelilingi kamar villa yang dapat menampung hingga 5-6 orang.

Untuk harganya pun di Regular Room yang dapat menampung hingga tiga orang saja dikenakan biaya mulai dari Rp.  2.500.000 permalamnya sudah termasuk breakfast

Sedangkan Suite Room yang dapat menampung hingga enam orang dikenakan biaya hingga Rp. 5.000.000 permalamnya sudah termasuk breakfast.







Sayangnya Villa Aman D'sini tidak bersahabat dengan difable karena setiap kamarnya harus melewati banyak anak tangga yang dimana tiap anak tangga sangat tinggi. Bahkan buat tamu yang membawa anaknya pun harus ekstra hati-hati.

Sama halnya seperti resto, saat akan menginap di Villa Aman D'sini sangat diwajibkan untuk booking terlebih dahulu karena jumlah kamarnya sangat terbatas. Tak hanya sewa kamar saja melainkan Villa Aman D'sini juga bisa loh dijadikan tempat untuk pernikahan, acara ulang tahun hingga tempat shooting.

Ternyata harga sewa tempat untuk shooting saja bisa dikenakan biaya hingga 45 juta untuk sehari saja. Uwoooowww fantastis, harga yang tidak murah itu untuk sewa tempat sehari saja. Kalau kamu mau prewed saja biaya sewa tempatnya Rp. 3.500.000 perhari.

Bahkan untuk acara pernikahan saja biayanya bisa sampai 85 juta, nah kalau ini untuk detailnya bisa tanyakan langsung saja yah teman-teman. Karena pasti akan selalu ada perubahan setiap tahunnya.



Ada beberapa hotel hingga resto yang memberikan tarif bagi para tamu yang ingin berfoto. Bukan hal yang baru untuk biaya tersebut. 

Tapi ada baiknya kualitas pelayanan dan makanannya pun bisa disesuaikan dengan harga yang tertera. Setidaknya enak deh makanannya, kalau enak kan harga mahal juga tak jadi masalah.

Sebenarnya kalau harga makanannya sesuai dengan yang tertera mungkin tidak akan sekecewa ini sih. Agak sedih saja sekelas Villa Aman D'sini memberikan harga yang fantastis hanya untuk sebuah paha ayam saja. 

Padahal kan tulisannya Paket Ayam tapi yang datang paha ayam :(

Sekian sudah review jujur tak berbayar ini saya ulas. Semoga saja ada pihak Villa Aman D'sini membaca ulasan saya sehingga dapat memperbaiki kualitas pelayanannya agar setimpal dengan harga yang diberikan.

Biar bagaimanapun sekelas Villa Aman D'sini jangan sampai standard pelayanannya dibawah pedagang kaki lima. Apalagi akan sangat menyedihkan jika makanan yang disajikan pun tidak lebih enak daripada pedagang kaki lima #hiks

Cheers,
3 May 2019


4 komentar:

  1. Wow,Bogor bukan terkenal karena punglinya saja. Lewat tulisan ini, Resto hits seperti itu ternyata nakal juga..
    Bogor rasa bali hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pelayanannya saja yg perlu diperbaiki sih. Apalagi gak sebanding dengan harga paha ayam yg di charge untuk paket ayam. Hiks

      Hapus
  2. Saya hanya bisa geleng - geleng aja lihat harga tiket masuk, harga menu makanan dan peraturan yang tertera. Skip deh tempat ini buat saya dan keluarga, hiks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi mikir berkali-kali ya kak. Cari tempat lain aja yang lebih nyaman dan lebih bersahabat dengan kantong hehehee...

      Hapus

Yuk ah komen daripada cuma sebarin Spam

Copyright 2012 Dian Juarsa. Diberdayakan oleh Blogger.