Sabtu, 04 Mei 2019

Ide Kreatif membuat Backdrop Photo Booth


Ada banyak ide kreatif yang bisa kamu tuangkan menjadi karya yang unik dan menyenangkan. Apalagi semua ide yang telah ada dibenak pikiran pun menjadi nyata di depan mata.

Kalian tahu kan Pinterest?

Disana ada banyak ide kreatif yang bisa diikuti dan diterapkan jika kita mau berusaha sendiri. Backdrop pun menjadi satu hal yang wajib ada agar saat berfoto dengan tunanganmu, backgroundnya terlihat lebih manis dengan hiasan sendiri.

Banyak tema yang bisa kamu tuangkan dan kerjakan sendiri dalam mendekor ruangan agar terlihat lebih menarik. Berbagai tema bisa kamu pilih sesuai keinginan.

Sempat bertanya-tanya kepada beberapa vendor untuk biaya sewa backdrop untuk mini studio ruangan dan nyatanya mereka membandrol harga minimal Rp. 800.000 keatas selama beberapa jam saja dan ada batas maksimal peminjaman hingga akhirnya harus dikembalikan kepada pihak jasa sewa.

Yap harga yang cukup mahal untuk sewa backdrop yang hanya dipakai beberapa jam saja. Sedangkan acara lamaran saya pun tidak sampai lebih dari dua jam. Makanya saya pun mulai berkreasi sendiri untuk membuat backdrop sendiri dengan bunga kertas dan kain.

DIY BACKDROP LAMARAN

Dari beberapa foto yang ada di pinterest, saya lebih tertarik membuat kreasi dengan menggunakan kertas untuk dijadikan sebuah bunga yang besar untuk menghiasi bagian atasnya. Lalu dipadu padankan dengan kain berwarna peach.

Bahan apa saja yang dibutuhkan untuk pembuatan bunga kertas :

  • Kertas Jasmine warna bebas tergantung pilihan
  • Lem Tembak 
  • Penggaris
  • Pensil
  • Kawat

Apa saja yang harus dilakukan :

  • Buat pola bunga
  • Ukuran besar sebanyak 12 lembar
  • Ukuran sedang sebanyak 6 lembar
  • Ukuran kecil sebanyak 3 lembar
  • Bentuk lingkaran sebanyak 1 lembar
  • Double Tape 3M atau Peniti besar
    Source : Pinterest

Cara Pembuatan Bunga Kertas :

  • Buatlah putik bunga ukuran besar sebanyak 12 lembar dengan ukuran 25x10 cm dan pada bagian atas putik bunga dengan lebar 20 cm.
  • Pada bagian atas bagian putik kalian bisa bentuk sesuai keinginan apakah berbentuk bagian atas tanda hati atau setengah lingkaran saja
  • Setelah semuanya sudah dibentuk polanya. Mulai gunting satu persatu sebanyak 12 lembar
  • Buatlah putik bunga ukuran sedang sebanyak 6 lembar dengan ukuran 22x10 cm dan pada bagian atas putik bunga dengan lebar 17 cm. Gunting kembali kertas yang sudah terbentuk oleh pola yang dibuat.
  • Buat pola kembali untuk putik dengan ukuran kecil sebanyak 3 lembar dengan ukuran 19x10 cm dengan lebar 14 cm.  Gunting kembali kertas yang sudah terbentuk oleh pola yang dibuat.
  • Buat lingkaran untuk bagian bawah agar semua putik dapat tertempel dengan baik
  • Setelah itu gunakan lem tembak untuk menempelkan bagian putik dari yang terbesar hingga ke putik yang kecil.
Source : Pinterest
Bisa pasang peniti besar atau pakai kawat kecil

Setelah membuat beberapa bunga, kalian bisa pilih mau ditempel di dinding atau mau membuat penyangga yang bisa kamu buat dengan menggunakan paralon. 

Berhubung rumah saya baru saja di cat ulang dan kalau pun menempelkan bunga kertas pada dinding beresiko cat rumah akan rusak. Walhasil saya pun membuat stand backdrop yang akan dibaluti oleh beberapa helai kain sepanjang 3 meter.

Kain yang saya butuhkan hanya kain satin dan kain tile sepanjang 3 meter. Sayangnya setiap kain yang saya beli memiliki lebar hanya 1.5 meter saja. Sedangkan stand backdrop yang saya bikin memiliki ukuran 2 meter x 2.5 meter. Jadilah kain yang dibeli harus ada beberapa helai.

Kain satin yang saya beli permeternya hanya Rp. 20.000 permeter dan kain tile yang saya beli harganya Rp. 10.000 permeter. Sekarang saatnya membuat stand backdrop dengan menggunakan paralon. 


DIY STAND BACKDROP 

Dalam pembuatan stand backdrop kalian cukup beli paralon ukuran 4 meter sebanyak 4 buah dengan harga Rp. 22.000 per paralon. Lalu paralon knee sebanyak 6 buah dengan biaya satuannya Rp. 6.000, Paralon T sebanyak 10 buah dengan harga satuan Rp. 3.500 dan terakhir pilok emas Rp. 30.000 saja.

Setelah semua bahan sudah kamu kumpulkan saatnya membuat paralon dengan ukuran sebagai berikut :

  • Buatlah paralon sebagai penyangga yang berdiri kokoh dengan ukuran 2 meter sebanyak 4 buah
  • Paralon dengan ukuran 1,5 meter sebanyak 4 buah
  • Lalu buat paralon yang kecil sebanyak 4 buah dengan ukuran 30 cm
  • Penyambung paralon knee dengan ukuran 3 cm sebanyak 8 buah.

Setiap bagian paralon yang sudah kamu buat sesuai dengan ukuran masing-masing, barulah kamu bisa menyambungkan tiap paralon seperti gambar dibawah ini. 

Untuk ukurannya tidak sama seperti yang digambar tapi pastinya bentuk stand backdrop yang saya bikin sesuai dengan gambar dibawah ini :



Setelah semuanya jadi, jangan lupa kain yang telah kamu beli pada bagian ujungnya bisa dikaitkan dengan peniti atau kamu bisa menjahitnya di tukang jahit agar kain bisa tergantung diparalon. 

Begitu pula dengan kain tile, ada baiknya untuk kain tile dijahit saja karena kalau menggunakan peniti akan sangat terlihat. Beda halnya dengan kain satin yang tak terlihat dari depan.

Untuk bagian paralon yang sudah kamu pilok, pada bagian ujungnya yang disambungkan dengan paralon T atau paralon knee harap di amplas lagi. Biasanya pilok pada bagian paralon akan membuat sambungan paralon tidak akan tersambung di paralon knee atau paralon T.


Ada lagi resiko lain yang harus kamu hadapi adalah saat mengaitkan bunga kertas pada kain. Biasanya akan terasa sulit sekali jika bunganya terasa begitu berat sehingga pada bagian bunga akan terlihat sedikit menurun kebawah.

Bahkan untuk menempelkan bunga kertas dengan double tape 3M pun terkadang masih juga tidak menempel pada bagian kain. Jadi harus punya beberapa solusi. Kalau tidak menempel dengan menggunakan double tape 3M bisa menggunakan peniti besar.

Namun jika peniti besar membuat bunga terlihat sedikit menurun kebawah, ada baiknya buatlah penyangga dengan menggunakan kawat kecil agar tiap bunga bisa digantungkan pada bagian paralon.

Oiyaaahhh budget yang saya keluarkan untuk backdrop lamaran, ada dibawah ini yah :
  • Asturo Paper (Tidak ada kertas jasmine) sebanyak 15 lembar (4.500) Rp. 67.500
  • Bahan Tile Marun dan Peach 10 meter (10.000) Rp. 100.000
  • Bahan Satin 4 meter (20.000) Rp. 80.000
  • Paralon T sebanyak 10 buah (3.500) Rp. 35.000
  • Paralon Knee sebanyak 6 buah (3.000) Rp. 18.000
  • Paralon ukuran 4 meter (22.000) Rp. 88.000
  • Pilok Emas 2 kaleng (30.000) Rp. 60.000
  • TOTAL Rp. 448.500

Lumayankan bisa save cost sampai Rp. 351.500 apalagi paralonnya bisa digunakan untuk stand backdrop pernikahan saya nanti yang akan berlangsung pada bulan July 2019. Tapi dengan model yang berbeda.

Kalau lamaran dengan menggunakan bunga kertas, Beda halnya dengan pernikahan yang akan menggunakan daun rambat dan bunga rambat. Untuk backdrop pernikahan nantikan update selanjutnya yah.

Sekian sharing ide kreatifnya, semoga bermanfaat dan bisa diterapkan oleh teman-teman semuanya agar bisa berhemat ketimbang membuang uang untuk hal yang tidak terlalu diperlukan sekali.

Cheers,
4 May 2019

4 komentar:

  1. Kereeeeen bangett siiih.. aku setuju sama konsepnya mbak buat ndekor sendiri.. sangat menginspirasi..
    Btw selamat menempuh hidup baru ya mbak, semoga sakinah mawaddah warohmah.. (walopun telat ✌)

    BalasHapus
  2. sangat membantu informasinya kak
    semoga sukses selalu kak

    BalasHapus
  3. Wah kalau di Soloraya ada lho kak yang ga sampai 800.000, bahkan sewa backdrop sehari semalam mulai harga 200.000, bisa cek instagramnya @elm.decor :)

    BalasHapus

Yuk ah komen daripada cuma sebarin Spam

Copyright 2012 Dian Juarsa. Diberdayakan oleh Blogger.