Rabu, 23 Oktober 2019

Persiapan pernikahan dengan budget minim - Target 50 juta kenyataanya?


Impian pernikahan setiap orang pasti berbeda-beda. Ada yang ingin melangsungkan pernikahan di outdoor dan ada pula yang ingin melangsungkan pernikahan di gedung. Eiiitss tapi tak hanya di dalam gedung saja loh. Ada pula yang ingin lebih hemat pernikahannya jadilah di rumah saja dengan dekorasi yang sederhana.

Semua itu kembali lagi dengan budget yang telah di persiapkan sebelumnya. Jika memang memiliki budget yang berlebih, kalian pasti bisa mewujudkan impian dengan pernikahan yang fantastis. Tapi sebaliknya, jika memang memiliki budget yang terbatas, ada baiknya sesuaikan saja dengan budget yang dimiliki.

TENTUKAN JUMLAH TAMU YANG DIUNDANG

Pernikahan kami pun berlangsung secara sederhana karena kami memiliki waktu persiapan untuk menikah selama 7 bulan. Sedangkan tabungan yang kami miliki sebelum adanya rencana menikah pada tanggal 27 July 2019 pun belum terlalu banyak.

Jadilah kami berdua berjuang bersama untuk mewujudkan pernikahan kami yang dimana kedua orang tua menginginkan untuk mengundang tamu sebanyak-banyaknya.

Nah inilah kendala kami saat merencanakan pernikahan. Sebenarnya saya sendiri memiliki keinginan untuk menikah dengan tamu dari sanak saudara dan teman terdekat saja. Tapi sayangnya pendapat kami di tentang keras oleh kedua orang tua.

Tantangan bagi para calon pengantin adalah mencari solusi yang dimana kedua belah pihak dari calon pengantin dan kedua orang tua sama-sama menyenangkan. Jadilah kami mengikuti saran kedua orang tua kami dengan syarat jumlah tamu yang diundang terbatas.

Kami tidak ingin merepotkan kedua orang tua kami untuk mengeluarkan biaya. Maka dari itu, kami lah yang memiliki kendali untuk acara pernikahan kami sendiri.

Keluarga dari Suami

Akhirnya kami sepakat untuk mengundang tamu sebanyak 300 undangan yang artinya kedatangan tamu yang datang bisa mencapai 600 tamu undangan. Ingat setiap jumlah tamu yang diundang harus dikalikan dua yah atau lebih amannya lagi bisa dikalikan tiga.

Jumlah tamu tersebut akan diperhitungkan untuk biaya catering yang dikeluarkan agar tidak ada kejadian kekurangan makanan saat pesta sedang berlangsung. Kejadian seperti ini sangat ditakutkan oleh orang tua dan juga calon pengantin. Semoga kalian semua dijauhkan dari kejadian itu yah.

Alhamdulillahnya makanan di acara pernikahan kami melimpah. Belum lagi banyak tamu yang berkomentar kalau makanannya enak sekali, Sehingga mereka pun bisa tambah makanan terus menerus. Hahahaa

Jumlah tamu pun tak hanya dihitung untuk biaya catering saja melainkan untuk kartu undangan, souvenir dan kapasitas gedung yang akan digunakan saat acara pernikahan berlangsung.

Setelah mendapatkan jumlah tamu yang akan diundang dan sudah membagikannya kepada orang tua dan calon pengantin. Sekarang saatnya kita berhitung untuk biaya yang harus dikeluarkan :

1. CATERING

Catering pernikahan akan merogoh kocek lebih dalam lagi. Kalian harus persiapkan biaya lebih besar dari yang lainnya. Apalagi setiap menu makanan utama pun harus dihitung kembali agar makanan tetap berlimpah saat acara berlangsung.

Menu utama makanan yang kami pilih yaitu Ayam Teriyaki, Rendang, Ikan Asam Manis, Sambal Goreng Ati, Sop Kimlo, Asinan Buah dan Kerupuk.

Food Stall yang tersedia yaitu Bakso, Siomay, Puding dan Ice Cream. Sedangkan Minuman aqua gelas dan fanta merah.

Dari tiap menu makanan yang tersedia kami menginginkannya setiap menu berjumlah 600. Biasanya kalau pakai paket pernikahan perhitungannya berbeda.

Jika kita dapat harga untuk 300 undangan jadi menu makanan utama yang didapatkan sebanyak 600pax untuk semua menu. Jadi hitungannya bukan satu menu mendapatkan 600pax.

Kalau catering yang saya pilih beruntungnya setiap menu makanan utama semuanya berjumlah 600 di tiap menu. Maka dari itu, makanan di acara pernikahan kami masih tetap berlimpah.

Bahkan setelah acara pernikahan selesai pun. Makanan dari acara pernikahan kami masih bisa di bagikan ke semua tetangga, sanak saudara dan tamu yang tidak bisa kami undang.

Gak kebayang sih kalau sampai satu komplek saya undang, tar yang ada budget yang dikeluarkan malah melebihi dari biaya yang telah kami kumpulkan. Maka dari itu, untuk kalian yang memiliki budget minim harus siap memangkas apa saja yang harus kalian pangkas.

Biaya catering yang dikeluarkan pun hanya Rp. 27.500.000.


2. GEDUNG

Tentukan tempat pernikahan sesuai dengan budget yang kamu miliki. Jangan lupa juga tentukan tema pernikahan yang diinginkan agar kamu dapat menentukan biaya yang akan dikeluarkan untuk gedung dan juga dekorasi.

Biasanya biaya gedung dan dekorasi ada juga yang sepaket. Tapi tidak dengan pernikahan kami karena kami tidak menggunakan paket pernikahan yang telah tersedia. Kami mencari semuanya sendiri agar dapat menentukan biaya yang akan dikeluarkan.

Untuk harga paket pernikahan memang terlihatnya murah tapi kalian harus tetap berhati-hati saat memilih paket pernikahan karena terkadang apa yang dijabarkan seringkali tak sesuai dengan apa yang didapatkan.

Bagi para calon pengantin harus jauh lebih teliti saat memilih paket pernikahan. Jangan cepat tergiur dengan harga murah.

Sebenarnya keinginan mama saya untuk acara pernikahannya bisa berlangsung di rumah saja. Tapi saya menentang dengan alasan tidak ingin merepotkan kedua orang tua. Bukan apa-apa saat acara pernikahan selesai sudah pastinya kondisi rumah akan jauh lebih berantakan.

Jadilah saya memilih di gedung yang letaknya tidak jauh dari rumah. Beruntungnya di area komplek rumah ada Gedung Serbaguna yang cukup luas dan dapat menampung tamu hingga ratusan orang.

Ruangan untuk Penata Rias Pengantin


Fasilitas yang kami dapatkan ada 2 ruangan kosong yang dapat digunakan untuk merias pengantin, kedua orang tua calon pengantin dan penerima tamu. Lalu ada 4 security yang akan mengatur parkir mobil dan motor.

Akad nikah kami berlangsung pada pukul 08.00 WIB dan Resepsi Pernikahan dari pukul 11.00 - 14.00 WIB. sedangkan ruangan kosong yang tersedia pun telah kami gunakan dari pukul 05.00 WIB untuk merias pengantin.

Biaya sewa gedung serbaguna di area komplek rumah Rp. 5.500.000. Berhubung saya salah satu warga komplek jadi biayanya berbeda dari harga normal yaitu Rp. 3.500.000 dengan persyaratan tidak boleh lebih dari pukul 16.00 WIB.

Gedung Serbaguna Komplek
Kedua Orang Tua saya dan Among Tamu yang menyambut kedatangan keluarga suami

3. DEKORASI GEDUNG

Setelah menentukan gedung yang akan digunakan barulah mulai memperhitungkan biaya yang akan dikeluarkan untuk menghias gedung.

Biasanya biaya untuk dekorasi bisa banyak banget yang dipangkas dan kalian bisa tentukan apa saja yang sangat penting dan digunakan untuk acara pernikahan.

Bagi saya untuk tata dekorasi ruangan yang paling ingin ditonjolkan hanyalah bagian pelaminannya saja dengan meja akad nikah.

Untuk ruangannya tidak perlu terlalu banyak hiasan karena hanya akan mengeluarkan biaya yang terlalu besar. Belum lagi untuk tata ruangannya kalau satu gedung harus di karpet merah akan memakan banyak biaya lagi.

Namanya juga budget minim jadi harus cek apa saja yang harus dikurangi kalau memang terlihatnya tidak terlalu penting, bisa kalian pangkas saja agar dapat dialokasi kan ke yang lain.

Menurut kami untuk pernikahan hal terpenting dan utama adalah Makanan dan Pelaminannya.

Mengapa begitu?

Alasannya simple sih, untuk makanan jangan sampai ada tamu yang telah jauh datang ke pernikahan kami malah kehabisan makanan karena kami pernah mengalami itu dan rasanya tidak nyaman.

Kebayang gak sih kita sudah jauh datang kesana dan sempatkan waktu jalan sembari kena macet dan nahan lapar. Eeehhh sampai sana malah kehabisan makanan. Kasian kan!!

Jadi jangan sampai kejadian kehabisan makanan terjadi dengan kalian yah.

Nah untuk pelaminan wajib harus terlihat cantik karena saya dan suami bisa dibilang raja dan ratu seharian. Apalagi pelaminan juga tempat yang wajib tersorot oleh dokumentasi sehingga saat foto, backgroundnya pun sama-sama terlihat menonjol.

Biaya yang kami keluarkan untuk dekorasi gedung sebesar Rp. 14.690.000.


4. MUA & BUSANA PENGANTIN

Bagi calon pengantin akan merasa sulit saat akan mencari Make Up Artist (MUA) yang sesuai dengan keinginan. Terkadang bagi calon pengantin yang telah memilih paket pernikahan harus siap terima jadi siapa yang akan merias wajahnya.

Setiap orang memiliki standard make up yang berbeda. Ada yang pasrah saja dengan tangan MUA, ada pula yang lebih kritis dalam pemilihan produk make up yang akan dipakai dan ada juga yang ingin merias wajahnya dengan produk-produk pilihan walaupun harus siap dengan harganya yang jauh lebih mahal.

Semua itu kembali ke budget yang kalian miliki. Jika kalian memiliki langganan MUA, coba tanyakan terlebih dahulu apakah bisa kalian booking untuk pernikahan lengkap dengan pakaiannya. Terkadang tidak semua MUA yang memiliki paket pernikahan lengkap.

Ada beberapa MUA yang saya tanyakan, mereka hanya menyediakan keperluan untuk pengantin saja. Jadi untuk penerima tamu dan among tamu harus dari luar lagi.

Akhirnya saya pun menolak tawaran tersebut hingga akhirnya saya menanyakan terperinci kepada MUA yang juga teman saya sendiri, dulu pernah merias wajah saya saat wisuda.

Wajah plong setelah SAH

Berhubung saya suka dengan tata riasnya. Maka dari itu, saat menikah pun saya ingin menggunakan jasanya lagi.

Baca juga : Test Make Up Pengantin wajib dilakukan sebelum pesta pernikahan

Paket pernikahan yang diberikan oleh teman saya @adindasoenarto yaitu Busana Akad Nikah dan Resepsi Pernikahan (Make Up dan Hair Do), 2 pasang baju orang tua pengantin untuk resepsi pernikahan, 4 baju penerima tamu dan bunga melati beserta accesories pengantin.

Untuk biaya baju akad nikah untuk kedua orang tua kami masih diluar harga paket yang telah disediakan oleh @adindasoenarto. Balik lagi, semua tergantung kebutuhan. Kalau memang tidak mau ganti pakaian untuk orang tua pun tak jadi masalah sebenarnya.

Akan tetapi, kami menginginkan untuk membeli kembali pakaian baru untuk kedua orang tua kami. Berhubung baju akad nikah pilihan sendiri, jadi tak perlu saya sebutkan nominalnya yah.

Oiya ada tambahan lagi untuk bunga taburnya sebesar Rp. 65.000. Ini pun optional loh yah, kalian mau tambah atau tidak.

Dari semua yang telah dijabarkan kami tetap harus menambah sendiri jika ingin ada Hand Bouquet flower-nya. Padahal sih menurut saya yang telah melangsungkan pernikahan, ternyata Hand Bouquet flower tidak terlalu penting.

Tapi karena saya sudah pesan Hand Bouquet flower dari luar, jadilah sempat agak menyesal dikit karena saya harus mengeluarkan biaya sebesar Rp. 350.000 untuk bunga tangan.

Saya pikir akan terpakai saat pelemparan bunga. Ternyata tidak sama sekali, malah digantikan dengan bunga yang tersedia di depan pelaminan hahahaha...

Menurut WO yang telah saya sewa jasanya, bunganya sayang kalau dilempar dan takut kena kepala orang saat pelemparan bunga. Memang sih bunganya agak sedikit besar.

Menurut saya pribadi, Hand Bouquet flower masih bisa dipangkas agar tidak terlalu banyak pengeluaran.

Biaya yang kami keluarkan untuk bunga tabur, hand bouquet, MUA dan Wardrobe sebesar Rp. 6.915.000.

Hand Bouquet yang tidak jadi dilempar

Foto bareng Penerima Tamu

5. WEDDING ORGANIZER

Awalnya saya sempat congkak bahwa acara pernikahan kami bisa saya handle sendiri tanpa bantuan jasa wedding organizer. Padahal teman saya sudah berkali-kali menyarankan jika memang tidak ada saudara yang bisa membantu, ada baiknya sewa jasa WO agar tidak keteteran.

Sempat saya menolak karena menurut saya akan mengeluarkan budget berlebih lagi. Ditambah untuk MC, ada tetangga ini kok yang akan membantu. Jadi biayanya bisa dialokasikan hanya untuk MC saja. Sedangkan panitia acara pernikahan sudah di handle ibu-ibu komplek.

Maklum di komplek saya, semua ibu-ibu PKK seringkali membantu tetangganya saat acara apapun. Begitu pun dengan mama saya yang selalu jadi seksi ribet di tiap acara pernikahan tetangga.

Jadi saya tak perlu khawatir karena untuk seksi konsumsi ada ibu-ibu komplek ini. Tapi kenyataannya, saya salah besar!!

Yah memang untuk panitia yang menjaga makanan ada ibu-ibu komplek. Tapi siapa yang mengatur jadwal kapan pengantin keluar dari ruangan, seksi sibuk menjemput penghulu dan mengatur jadwal acara agar berjalan sesuai rencana.

Ditambah lagi, sebulan sebelum hari H saya baru dikabarkan kalau tetangga saya tidak dapat membantu menjadi MC di hari pernikahan saya. Sumpah inilah hal yang tidak diinginkan malah kejadian.

Seriously, mendingan bayar orang daripada mengharapkan bantuan orang lain. Walaupun mereka yang menawarkan bukan saya yang meminta.

DUUUUAAAARRRR!!!!!

Detik-detik mau menikah malah ada saja kejadian yang tak diharapkan. Kami sempat ketar-ketir dengan kejadian ini karena nantinya siapa yang akan menjadi MC dan siapa pula yang akan mengatur acara pernikahan kami.

Akhirnya saya ingat punya teman yang juga sering membantu pernikahan dengan budget yang dapat disesuaikan oleh para calon pengantin. Saya pun menghubungi teh liswanti, kalian bisa cek instagramnya @bantunikah.

Beruntungnya di tanggal pernikahan kami, jadwal mereka sedang kosong. Jadilah lega juga karena pasti ada saja jalan keluarnya di tengah kericuhan yang ada.

Biaya yang kami keluarkan untuk 1 MC dan 2 Panitia sebesar Rp. 3.500.000.

Foto bareng MC dan 2 Panitia Wedding Organizer

6. DOKUMENTASI

Pernikahan adalah acara yang sakral dan moment ini tidak akan terulang kembali. Maka dari itu, kami memilih untuk sewa photographer dan videographer.

Sebenarnya untuk sewa jasa dokumentasi bisa dibilang penting gak penting sih.

Menurut saya penting karena saya ingin ada beberapa jepretan moment yang tak akan terulang kembali. Walaupun ada banyak foto dari teman saya yang tak kalah kecenya juga.

Jadi buat teman-teman yang memang memiliki budget terbatas, untuk sewa jasa photographer juga bisa digantikan oleh teman atau saudara yang bisa foto moment kalian kok.

Moment sungkeman yang di dokumentasikan oleh photographer

Tradisi saweran yang didokumentasikan oleh @exenzawedding

Bahkan ada juga teman saya yang meminta foto jepretan temannya dikumpulkan untuk nantinya bisa mereka cetak.

Ingat untuk budget minim prioritaskan yang terpenting dulu yah. Kalau ada uang berlebih, sewa photographer atau videographer pun tak jadi masalah. Asalkan jangan terlalu memaksakan kehendak.

Kebetulan harga yang kami dapatkan adalah harga promo dari @exenzawedding. Jadi jauh lebih murah ketimbang harga aslinya. Biaya yang kami keluarkan adalah  Rp. 2.750.000

Moment seperti ini yang tidak akan terulang

7. KARTU UNDANGAN

Bagi anak millenial jaman now sebenarnya untuk kartu undangan bisa lebih praktis lagi. Kalian bisa membuatnya dengan desain sendiri agar bisa dikirim ke semua nomor whatsapp atau bisa juga dengan via email.

Kalau tidak bisa desain sendiri kartu undangannya pun, tak perlu khawatir karena sekarang ada banyak jasa pembuatan e-invitation. Kalian bisa dapatkan dengan biaya antara Rp. 90.000 - 300.000 tergantung dari desain yang kalian pilih.

Kalian bisa pilih antara foto saja, slide show foto atau video. Semua tergantung dari tingkat kesulitan. Kalau pakai video sudah dipastikan harganya jauh lebih mahal ketimbang foto saja.

Akhirnya saya memilih desain foto saja untuk e-invitation khusus teman-teman terdekat dan saudara yang seumuran dengan harga Rp. 85.000.

E-Invitation Dian dan Esa

Sedangkan untuk orang yang dituakan beserta teman kantor, saya kasih yang berbentuk kartu undangan karena teman kantor kebanyakan bukan anak muda lagi. hihihiii...

Untuk harga kartu undangannya Rp. 1.999/kartu. Sedangkan kami mencetak sebanyak 300 undangan. Kami terlalu banyak bikin kartu undangan sehingga ada beberapa puluh kartu undangan tak terpakai. huhuhuuu...

Jadi total biaya yang dikeluarkan untuk kartu undangan sebesar Rp. 740.700. Harga tersebut sudah termasuk dengan biaya ongkir yah. Untuk lebih jelasnya bisa baca di link bawah ini :

Baca juga : Undangan Pernikahan Simple dan Murah

Invitation Card

8. SOUVENIR

Souvenir adalah salah satu benda yang selalu ada untuk buah tangan saat event tertentu. Untuk harga souvenir pun beragam, Ada yang dimulai dari harga Rp. 1.000 hingga ratusan ribu rupiah. 

Buat para calon pengantin yang masih bingung untuk mencari souvenir dengan harga terjangkau. Kalian bisa cek harga di Pasar Jatinegara, Pasar Asemka, Thamcit dan Mayestik.

Biasanya di tempat itu kalian bisa membeli souvenir dengan jumlah banyak hingga ribuan barang pun bisa kalian beli.

Baca juga : Souvenir Pernikahan Murah di Jatinegara

Tapi untuk jumlah souvenir yang banyak diharuskan pesan terlebih dahulu dan membutuhkan waktu hingga seminggu lamanya. Pembayarannya pun harus ada DP dulu.

Berhubung tamu undangan kami tidak terlalu banyak jadi kami bisa memilih souvenir yang sedang promo dan bisa diambil hari itu juga. Pilihan kami jatuh kepada mangkok kecil yang nantinya bisa digunakan untuk tempat sambal.

Biaya yang dikeluarkan untuk souvenir sebesar Rp. 800.000



Biaya diatas adalah biaya secara garis besarnya harus ada dalam pernikahanmu. Sebenarnya masih banyak lagi biaya perintilan lainnya yang harus kamu siapkan.

Tapi setidaknya untuk kamu calon pengantin yang ingin melaksanakan pernikahan dalam waktu dekat dapat jadi bayangan apa saja biaya yang harus dikeluarkan.

Jangan lupa saat hari pernikahan kalian harus tetap pegang duit sekian juta yah. Hal tersebut untuk jaga-jaga kalau nantinya ada biaya dadakan yang harus kamu keluarkan.

Berikut biaya yang akan saya rangkum untuk pengeluaran pernikahan yang dimana target kami hanya mengeluarkan biaya sebesar 50 juta saja. Namun meleset dari target perkiraan kami. Hiks!!
  • Catering Rp. 27.500.000
  • Gedung Rp. 3.500.000
  • Dekorasi Gedung Rp. 14.690.000
  • MUA Rp. 6.915.000
  • Wedding Organizer Rp. 3.500.000
  • Dokumentasi Rp. 2.750.000
  • Kartu Undangan Rp. 740.700
  • Souvenir Rp. 800.000
  • TOTAL 60.935.700

Yap kami meleset dari dugaan. Jadilah biaya yang dikeluarkan jauh lebih besar. Tapi setidaknya, kami bisa menekan biaya jauh lebih baik ketimbang saya ambil paket pernikahan dan pastinya akan ada banyak biaya tambahan lainnya.

Kalau kalian malas cari-cari vendor terpisah, memang lebih baik cari paket pernikahan saja yang sudah menyediakan semuanya. Akan tetapi, dari pencarian saya kebanyakan untuk jumlah tamu sebanyak 300 undangan mematok harga mulai dari 80 juta.

Maka dari itu, kami termasuk beruntung karena dapat memangkas biaya lebih dari 19 juta untuk keseluruhan biaya pernikahan.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman yang memiliki budget minim namun tetap ingin merayakan pernikahan bersama kerabat terdekat.

Ingat, sebenarnya biaya pernikahan tidak mahal. Gengsi lah yang membuat seluruh biaya pernikahan menjadi jauh lebih mahal.


Cheers,
23 October 2019

DISCLAIMER :
Tulisan ini murni dari pengalaman pribadi. Seluruh biaya yang dikeluarkan pun dari uang kami sendiri. Tidak ada paid promote, collaboration ataupun Sponsorship.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk ah komen daripada cuma sebarin Spam

Copyright 2012 Dian Juarsa. Diberdayakan oleh Blogger.