Rabu, 08 Februari 2017

Daya tarik Gua Sunyaragi di Cirebon bagi penikmat photography

Memang ditempat bersejarah yang identik dengan bangunan kuno nya selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi para penikmat photography. 

Mereka mencari suasana yang terlihat mistis namun dikemas menjadi lebih indah dengan angle yang pas. Seperti photo yang ada disini semua photo hasil jepretan Mas Fajar yang terus mencari spot dan angle yang pas untuk berfoto. 

Memang setiap photographer memiliki ciri khasnya tersendiri dalam pengambilan gambar. Ada yang suka landscape photography dan potrait photography. 

Perbedaan dari landscape dan potrait yaitu :
  • Landscape Photo : Jenis foto yang merekam keindahan alam yang dapat dikombinasikan oleh manusia, hewan dan lainnya namun lebih didominasikan oleh pemandangan alamnya
  • Potrait Photo : Jenis foto gambaran keindahan dari manusia dimana ekspresi wajah lebih dominan untuk mengungkapkan karakter dari objek yang difoto.

Gua Sunyaragi dengan segala kemistisannya


Gua Peteng

Kali ini saya jadi korbannya Mas Fajar #ehsalah maksudnya jadi model dadakannya Mas Fajar untuk dijadikan objek yang akan dia foto dengan angle yang berbeda dan lebih menonjolkan dari tempat yang terlihat mistis namun tetap terlihat manis karena ada sayanya dengan adanya objek disana.

Seperti foto yang ada dibawah ini Mas Fajar tidak mengandalkan lighting atau apapun itu, hanya bermodalkan setting kamera dan cahaya matahari yang kadang muncul kadang tidak. Maklum saat itu cuaca sedang tidak menentu antara mau hujan tapi kadang ada sinar matahari. 

Foto tanpa editan didalam Kamar Kaputen
Foto tanpa editan didalam Gua Peteng 
Pintu Keluar Gua Sunyaragi
Foto tanpa editan di Gua Langse

Saya tidak begitu paham cara men-setting kamera DSLR disaat sedang berada diluar ruangan atau didalam ruangan. Tapi yang saya paham hanyalah trik dalam pengambilan gambar yang bagus, seperti :
  • Sesekali arahkan kamera kalian dari bawah menghadap keatas atau mungkin bisa coba sebaliknya dari atas kearah bawah. Tapi ingat, Semua itu tergantung objek apa yang akan kalian ambil. Misalkan kalian akan foto objek yang memiliki badan tidak terlalu tinggi, kalian bisa coba arahkan kamera dari bawah menghadap keatas agar terlihat lebih tinggi. Tapi kalau kalian mau foto objek makanan yang ada dimeja makan, mungkin akan terlihat lebih menarik dengan cara arahkan kamera dari atas ke bawah. Itu sebagian contoh saja yaaahhh...Selebihnya kalian bisa bereksperimen dengan cara lain
  • Ada baiknya jangan pernah crop foto kalian karena resolusinya akan semakin rendah dari sebelumnya dan gambar akan terlihat tidak begitu jelas. Nah untuk mengakali hal seperti ini, lebih baik mendekatlah dengan objek yang akan kalian ambil gambarnya. Karena crop bukan sebagai zoom. Cateeeettt!!!
  • Jangan pernah mengambil gambar kearah sumber cahaya karena akan terlihat gelap seperti siluet, mending kalo siluetnya kece. Lah ini terlihat samar-samar antara mau siluet tapi masih terlihat berbayang. Oiyaaahhh...Kalau memang sengaja akan mengambil gambar siluet, ini sih sah-sah aja yah. 

Pintu Kamar Kaputen


Duuhhh...Keliatan aslinya deh ah (-___-")

Lihat tuanya bangunan ini memiliki kesan mistis karena tuanya bangunan
Editan foto menggunakan aplikasi snapseed

Apapun kamera yang kalian miliki mau itu kamera mahal atau kamera murah tetap saja kalian harus bisa melihat sudut mana yang terlihat bagus dalam proses pengambilan gambar dengan kamera. Karena angle yang akan kalian ambil menentukan hasil yang berkualitas sehingga terlihat enak dipandang. 

Jadi lebih baik kenali terlebih dahulu teknik pengambilan gambar yang baik dan benar, Coba sesekali perhatikan foto teman kalian yang kece dan perhatikan cara pengambilan gambarnya. Pasti dengan sendirinya kalian akan tahu posisi yang tepat untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus. 

Saya pun masih terus belajar dalam teknik pengambilan gambar. Terkadang foto yang saya ambil pun masih dapat komentar dan kritik dari teman photographer untuk bisa lebih fokus terhadap gambar yang ingin saya tonjolkan. 

Seperti contoh :
Ada dua gambar yang saya ambil dalam satu frame yaitu sawah dan langit yang disertai awan. Ternyata agar foto terlihat lebih menarik saya harus pilih salah satu apa yang ingin ditonjolkan. 
Misalnya saya ingin menonjolkan bagian langit biru dan awan putih. Nah agar terlihat lebih ciamik saat dipandang jadi arahkan kamera saya kearah langit biru yang disertai awan putih tapi tidak menghilangkan warna hijau sawahnya. Jadi sawahnya tetap terlihat namun porsinya tidak sebanyak langit biru dan awan putih. Paham kan maksud saya guys?!?

Selamat mencoba yaaa dan semoga berhasil yes!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Comment and Follow ya guys ^.^

FANPAGE FACEBOOK

Twitty

Contact Us


Haloha...Jika kalian menemukan kendala atau masalah dengan Blog Untold Story. Kalian bisa menghubungi kami dengan mengisi Contact Form dibawah ini. Apabila ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau ingin bekerja sama dengan kami. Dengan segera mungkin kami akan cepat tanggap dan menyediakan waktu untuk anda. Kami juga menerima kritik dan saran yang membangun agar Blog Untold Story dapat berkembang lebih baik lagi. Terima Kasih 


Name :

Email: *

Message: *



Hubungi Kami :
Nama : Dian Juarsa
Email : dianpjuarsa@gmail.com
Phone : 0813 222 030 93