Selasa, 11 Juli 2017

Batu Angus akibat aliran lahar bekas letusan Gunung Gamalama, Ternate


"Apa kisah dibalik Batu Angus?" 
"Mengapa dinamakan Batu Angus?" 
"Apa daya tarik dari Batu Angus?"


***

Batu Angus memiliki nama yang sangat unik. Pelataran depan Batu Angus banyak ditumbuhi tanaman liar yang menghijau. Saya pikir hanya berupa hutan buatan, Namun saat saya memasuki kawasan Batu Angus, Ternyata banyak sekali bebatuan yang berwarna hitam di pelataran Batu Angus.





Batu Angus adalah batu dari hasil aliran lahar bekas letusan Gunung Gamalama pada tahun 1673, dimana bebatuan dari lahar tersebut mengeras dan mengering menjadi berwarna hitam kelam. Akan tetapi, meletusnya Gunung Gamalama tidak selamanya menyisakan kerusakan saja melainkan adanya hamparan luas Batu Angus yang kini menjadi Destinasi Wisata yang diminati pengunjung.



Letak Batu Angus yang tak jauh dari Kota Ternate sekitar 10km bisa dilalui oleh kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Jadi bagi para pengunjung tidaklah sulit untuk menemukan Batu Angus. Selain itu, jika kalian ingin berfoto diantara bebatuan yang angus ini juga bisa kalian dapatkan dipinggir jalan. Karena selama perjalanan menuju Destinasi Wisata memang dikeliling Batu Angus.




Cuaca yang tak menentu membuat pemandangan saya yang awalnya gelap karena warna awan yang berubah menjadi keabuan tak lama kemudian matahari muncul dan menyinari tempat dimana saya berpijak. Yaapppp luar biasa pemandangan di Batu Angus. Jalan terbentang dengan beberapa kelokan disertai pemandangan tanaman hijau yang mengelilingi area Batu Angus menuju arah lautan lepas. Saat berjalan lurus mengikuti arah jalan yang dapat dilalui oleh kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, Kami disuguhkan lautan luas terbentang dengan pegunungan yang terlihat mengecil karena dari kejauhan. Sedangkan saat saya menoleh ke arah belakang, Gunung Gamalama yang tertutup kabut pun menjadi pemandangan yang tak kalah cantiknya dari lautan yang begitu biru. Gunung Gamalama terlihat sangat besar sekali, seakan saya sudah mecapai setengahnya dari Gunung Gamalama. Padahal saya masih dibawah kaki Gunung Gamalama. Hehee..





Gunung Gamalama memang tak pernah pelit akan keindahannya. Pemandangan cantik ini bisa kalian saksikan secara dekat di Batu Angus. Gunung Gamalama adalah sebuah gunung stratovolcano yang berbentuk kerucut terdapat di keleuruhan Pulau Ternate, Maluku Utara dengan ketinggian 1715 MDPL. 

Kawasan Batu Angus memiliki luas hampir 10 hektare dibagian ujung Kota ternate. Memang di kawasan ini jarang sekali ditemukan warung jajanan karena memang tempat ini seringkali dijadikan persinggahan sementara oleh para pengunjung. Banyak sekali diantaranya membawa bekal sendiri sembari menikmati panorama indahnya Batu Angus dengan bagian sisi barat Gunung Gamalama, sisi timur hamparan lautan luas.


 
Memang tak selamanya bencana alam akan terus membawa nestapa dan penderitaan. Namun juga keindahan yang tidak dimiliki tempat lainnya dengan tanah yang sangat subur sehingga masyarakat Ternate mendapatkan banyak keuntungan akibat gunung meletus. 

Biarkan Batu Angus ini menjadi saksi bisu dari apa yang terjadi pada abad ke 17 yang menewaskan banyak warga setempat dengan aliran lahar yang begitu panas mengaliri setiap celah dari atas Gunung Gamalama hingga pesisir pantai. Kini, Batu Angus menjadi ikonnya Ternate bahwa setiap pengunjung akan dikatakan belum pernah ke Ternate jika belum berkunjung ke Batu Angus. So you guys...Kalau ke Ternate jangan pernah lewatkan Batu Angus yah.  

2 komentar:

  1. selain batunya yang angus, kulit kita juga bisa angus kalau kelamaan main di sini. haha, panas cyin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangeeettttt yukiiii katoooo...Mana gak ada tempat teduh pula. Makin eksotiisss kulit kita hahahaa

      Hapus

Please Comment and Follow ya guys ^.^

Contact Us


Haloha...Jika kalian menemukan kendala atau masalah dengan Blog Untold Story. Kalian bisa menghubungi kami dengan mengisi Contact Form dibawah ini. Apabila ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau ingin bekerja sama dengan kami. Dengan segera mungkin kami akan cepat tanggap dan menyediakan waktu untuk anda. Kami juga menerima kritik dan saran yang membangun agar Blog Untold Story dapat berkembang lebih baik lagi. Terima Kasih 


Name :

Email: *

Message: *



Hubungi Kami :
Nama : Dian Juarsa
Email : dianpjuarsa@gmail.com
Phone : 0813 222 030 93

Copyright 2012 Dian Juarsa. Diberdayakan oleh Blogger.