Senin, 31 Juli 2017

Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di Allianz Ecopark Ancol

Pic taken by Nidy

Setiap weekend dipagi hari biasanya kebanyakan orang akan melakukan aktivitas seperti jogging atau hunting makanan. hihihiii...itu sih saya denk yang suka hunting makanan. Sebenarnya kegiatan dipagi hari yang benar itu ya jogging atau bermain sepeda agar badan tetap bugar dan sehat. Namun untuk melakukan kegiatan tersebut diharuskan sarana olahraga yang terbuka, Tak jarang di Jakarta ini kurangnya fasilitas ruang terbuka yang hijau selalu menjadi kendala bagi masyarakat untuk melakukan aktivitas di pagi hari bersama keluarga atau kerabat terdekat.

Sabtu, 22 July 2017 tepat pukul 07.00 AM saya sudah keluar dari Puri Marina Townhouse tempat dimana saya menginap bersama teman-teman blogger. Sepatu olahraga pun sudah menandakan kalau saya mau olahraga pagi. Yaaa walaupun dari segi pakaian terlihat seperti saya cuma ingin mejeng aja. Haha

Baca juga : 9 Spot Instagramable di Taman Impian Jaya Ancol



Pagi itu kami sudah berada di Allianz Ecopark, dulunya bernama Ocean Ecopark. Ternyata perubahan nama tersebut sudah dari beberapa bulan yang lalu. Penamaan tersebut pun akan berlaku hingga lima tahun kedepan.

Allianz Ecopark menjadi lokasi yang tepat untuk mendorong masyarakat hidup sehat di ruang terbuka yang hijau sehingga dapat dimanfaatkan untuk melakukan beragam kegiatan luar seperti telah disediakannya zona untuk berlari, zona untuk berjalan, zona untuk bersepeda serta ada zona flora dan fauna yang dapat dimanfaatkan untuk #wisataedukasi terhadap anak #onestoprecreation.

Taman seluas 42 hektare merupakan #wisataedukasi dan wisata nature sport edutainment dimana para pengunjung dapat melakukan beragam aktivitas melalui pendekatan green lifestyle. Allianz Ecopark ini memiliki beberapa kawasan yang berbeda fungsi dan fasilitas seperti Eco Market, Eco Nature, Eco Care, Eco Art, Learning Farm serta beragam aktivitas outdoor.


  • ECO MARKET

Saat saya memasuki kawasan Allianz Ecopark sudah dipenuhi pengunjung yang sedang berjalan santai lengkap dengan pakaian olah raga. Banyak diantara mereka yang mengajak sanak keluarganya untuk mengitari Allianz Ecopark. memang sarana dan fasilitas disini sudah lengkap dengan beragam aktivitas. Namun aktivitas awal yang saya lakukan yaitu membeli makanan untuk sarapan pagi. Biar bagaimana pun olah raga itu butuh energi, makanya saya harus sarapan sebelum lari pagi. itupun juga hanya wacana sih lari paginya. Haha


Jajanan disini beraneka ragam, kalian bisa pilih makanan kesukaan kalian bahkan bagi kalian yang mau beli sayur mayur pun disini juga ada. Tak perlu khawatir kalau tak sempat kepasar karena disini aneka sayuran bebas dari pestisida. 

Saya dan teman blogger memilih untuk sarapan pagi dengan bubur ayam. Harga dari bubur yang kami beli Rp. 20.000 dan untuk air mineral Rp. 5.000.


Ada yang unik dalam cara pembayaran di eco market yaitu kalian harus menukarkan cash dengan voucher yang bertuliskan angka 5, 10 dan 20 yang artinya Rp. 5.000, Rp. 10.000 dan Rp. 20.000. Jika kalian membayarnya dengan cash, mereka tidak akan mau menerima cash kalian. Jadi sebelum melakukan transaksi harap tukarkan cash kalian secepatnya yah. Agar proses pembelian disana tidak repot. 


  • ECO NATURE

Danau yang begitu bersih dan banyak sekali ikan dengan moncong yang lebar seraya meminta makanan dari pengunjung memang menjadi wahana yang sangat menarik bagi anak. Bagaimana tidak? anak yang berkunjung kemari sangat tertarik untuk memberikan pakan ikan. mereka sangat senang dengan kedatangan puluhan ikan besar dengan beragam warna yang berkumpul untuk mendapatkan pakan dari pengunjung yang datang. Untuk membeli pakan ikan bisa di loket pembayaran Rp. 5.000.




Untuk memberikan pakan ikan tak perlu repot bawa dari rumah karena disana pun ada jual pakan ikan. jadi buat para orang tua yang mengajak anaknya berkunjung ke Allianz Ecopark, memang sangat disarankan bisa berkunjung kemari karena banyak aktivitas yang dapat dilakukan oleh si kecil. Selain itu juga ada Flying Fox nya loh Rp. 20.000 untuk sekali permainan. Bagus juga nih untuk melatih keberanian anak.

Ada lagi yang lebih asik yaitu berkeliling danau dengan menggunakan kano atau sepeda air. Kalau menggunakan kano akan dikenakan biaya Rp. 75.000/jam bisa untuk berlima loh. Sebelum kami dilepaskan begitu saja di danau. Penjaganya pun memberikan pengarahan dalam hal dayung mendayung. Kalau mau belok kanan berarti yang ngedayung disebelah kiri begitu pun sebaliknya. Tapi kalau mau lurus saja tanpa embel-embel belok kanan ataupun kiri berarti yang ngedayung harus keduanya. 
Kaka Nidy hauuussss beneerrr yaaa
Pic taken by Nidy


Saat mendayung Nidy dan Nugi lah yang semangat mendayung karena posisi mereka pas berada di tengah kano. Jadi kak Arief dan kak Vika sibuk dibelakang dengan hp nya masing-masing, sedangkan saya sibuk foto-foto didepan. Sempat saya pun merasakan mendayung sebentar, ternyata capek juga ya boookkkk. Tangan berasa kaya abis olahraga push up, asli pegeeelllll beneeeerrrr. Hebat euy si Nidy dan Nugi, mereka kuat mendayung dari awal sampai akhir. Wohoooo good job!!! 




Ada lagi nih selain kano-an kalau gak mau capek mendayung bisa bermain sepeda air Rp. 35.000 / 15 menit. Kalian tak perlu capek lagi menggunakan kedua tangan untuk mendayung dari ujung ke ujung. Cukup menggunakan kedua kaki seperti menggowes sepeda aja. Tapi tetep aja yaaa olahraga juga, haha..

  • ECO CARE

Pengunjung yang datang ke eco care ini akan diajak untuk menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan. Bagaimana tidak? Suasana di eco care ini memang sangat cocok untuk kalian bersepeda bersama keluarga. Harga sewa sepeda  Rp. 35.000 sepuasnya. Kalian dapat berkeliling Allianz Ecopark dengan menggunakan sepeda. Jalan yang begitu tertata rapi, kondisi jalan yang tidak ada sampah berserakan memang melatih pengunjung akan kesadaran lingkungan sekitarnya. Ingat yah, dimana pun kalian berada diwajibkan untuk membuang sampah pada tempatnya.




Buat kalian yang senang bersepeda tidak perlu lah capek-capek bawa sepeda dari rumah karena di Allianz Ecopark banyak sekali sepeda yang berjajar. Jadi jangan takut kalau kalian kehabisan stock sepeda selama disana. Hooo iyaaa...Ada juga loh sepeda untuk anak, sepeda kecil ini cukup terbatas. Jadi harap maklum kalau misalkan bisa sampai kehabisan sepeda bagi anak yah.

  • Learning Farm

Asiiiikkkkk di Allianz Ecopark juga ada Learning Farm nya loh. Lihat deh si kecil bisa belajar cara menanam tumbuh-tumbuhan. Bagi para orang tua jangan sampai anak kalian takut kotor yah. Karena walaupun kotor bermain tanah tapi juga dapat mengajak anak untuk belajar menanam dan menyayangi tumbuh-tumbuhan. Banyak sekali para orangtua yang excited mengajak anaknya untuk bermain di Learning Farm
Credit Image by Ancol
Sarana edukasi ini sangat baik untuk anak dengan hiburan atau wahana bermain sambil belajar karena pengunjung atau anak kalian akan diajarkan cara berkebun dilengkapi dengan lahan untuk bercocok tanam yang cukup luas selayaknya seorang petani, lengkap dengan capingnya loh. Learning Farm buka dari pukul 08.00 AM - 18.00 PM. 

  • Archery Land

Ada tambahan kegiatan lagi nih di Allianz ecopark, disini ada Archery Land juga. Bagi pemula tak perlu khawatir jika tidak bisa memanah karena disini ada yang akan mengarahkan caranya memanah loh. tapi bukan memanah hati kamu ya #aheeeyyy


Memanah adalah salah satu olahraga yang cukup populer era sekarang sehingga banyak ditemukan sekolah panahan yang tersebar di Jakarta. Untuk memanah ini harus tau beberapa teknik agar tidak meleset dari sasaran. Tidak mudah untuk mencoba memanah karena memang untuk menarik tali busur pun dibutuhkan kekuatan tangan. Kalau mau mencoba memanah kalian harus merogoh kocek Rp. 35.000/10 panah untuk Fun Trial Archery Sedangkan Rp. 125.000/jam untuk Archery Class.



Tak hanya untuk orang dewasa saja bisa memanah melainkan si kecil pun juga bisa mencoba olahraga panah ini. Akan ada yang melatih si kecil agar bisa menarik tali busur sehingga tepat sasaran apa yang ingin si kecil bidik. Tidaklah mudah untuk berkonsentrasi agar anak panah dapat menancap target dengan tepat. Saya pun hanya 2 kali mencoba sudah menyerah akibat kelamaan gaya untuk di foto walhasil tangan saya bagian kanan sudah ngegeter karena tak kuat menarik tali busur. haha



Teknik yang digunakan untuk memanah itu antara lain Stance (cara berdiri), Nocking (cara memasang ekor panah), Extend (mengangkat lengan), Drawing (menarik tali busur), Anchoring (menjangkarkan tali penarik), Tighten/Hold (menahan sikap), Aiming (membidik), Release (melepas panah) dan After hold (menahan sikap memanah). 

Awal mula melihat teman saya yang memulai memanah lebih dulu seperti mudah tapi setelah saya mencoba sendiri untuk memasangkan Nocking Point (Anak Panah) ke tali busur pun butuh perjuangan karena nocking point nya terus terjatuh akibat tidak pas dibagian nock nya. Itu kendala pertama yah, ada lagi kendala keduanya yaitu cara menarik tali busur ternyata letak tangan saya pun salah. Terakhir saat menarik tali busur dan fokus mencapai target itu pun kesulitan yang saya alami karena tidak kuat menarik tali busur sehingga membuat saya tidak dapat fokus. Walhasil anak panah tertancap ke dasar tanah. Haha


  • Paintball

Ada lagi wahana adrenaline di Allianz Ecopark buat keluarga. Sayangnya saya tidak sempat mencoba permainan paintball karena waktu yang tidak memungkinkan. Padahal yah kalau kesininya rame-rame tuh paling asik maen battle disini loh. Tanah seluas 1.5 hektare di area GMP Ecopark dibagi menjadi 3 zona pertempuran yaitu Battle Savanna (Zona pertempuran yang merupakan hamparan rumput), Battle Village (Zona pertempuran diarea reruntuhan bangunan perkampungan) dan Battle Field (Zona ladang pertempuran yang terdapat benteng tempur 2 meter). paintball dikhususkan untuk yang memiliki tinggi badan lebih dari 145cm. Minimal usia pun ditentukan yaitu 14 tahun bisa ikutan battle. Kalau mau main Paintball buka nya dari pukul 08.00 AM - 16.00 PM.
Credit Image by Ancol

Lama waktu pertempuran di Battle Savanna yaitu 20 menit. Para peserta sebelum memulai battle akan di briefing terlebih dahulu cara menggunakan senjata, menembak, meng-lock senjata agar tidak bisa menembak, system permainan dan rule dari permainan. Dalam battle akan ada wasitnya yang secara tegas menentukan siapa saja yang gugur dalam permainan. jadi kalian tidak bisa berbuat curang loh dalam permainan ini. Seru yah...Nanti balik kesana mau main paintball aaahhh. Ada mau join? :D

Sekarang sudah tau kan apa saja kegiatan yang dapat kalian lakukan selama di Allianz ecopark. Serunya lagi kalau kesini ajak keluarga atau kerabat terdekat. karena memang banyak sekali wahana yang ditawarkan kepada pegunjung agar betah berlama-lama di Allianz Ecopark. Tunggu apalagi sih, yuk #kembalikeancol biar bisa bernostlagia sembari mencoba wahana baruuuu.





8 komentar:

  1. Auuus kak... Kan ceritanya abis olahraga (((CERITANYA))) ������

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaa abis olahraga mulut ya kaka. Ngeganyeeemmmm muluuu

      Hapus
  2. Keren Dian. Liputan komprehensif

    BalasHapus
  3. Komplit sekali ulasannya. Beruntung warga Jakarta punya fasilitas seperti Allianz Ecopark ini. Lumayan banget gak usah jauh2 keluar Kota.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus komplit kak biar gak usah jauh2 kalo mau cari #wisataedukasi buat anak. Apalagi kalau mau jalan pagi bisa ke Allianz Ecopark. Tp sayangnya aku bisa kesana sesekali aja karena jauh #hiks

      Hapus
  4. Info yang menarik, looking good dear :)

    http://www.heelsandbeyond.com/

    BalasHapus

Please Comment and Follow ya guys ^.^

FANPAGE FACEBOOK

Twitty

Contact Us


Haloha...Jika kalian menemukan kendala atau masalah dengan Blog Untold Story. Kalian bisa menghubungi kami dengan mengisi Contact Form dibawah ini. Apabila ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau ingin bekerja sama dengan kami. Dengan segera mungkin kami akan cepat tanggap dan menyediakan waktu untuk anda. Kami juga menerima kritik dan saran yang membangun agar Blog Untold Story dapat berkembang lebih baik lagi. Terima Kasih 


Name :

Email: *

Message: *



Hubungi Kami :
Nama : Dian Juarsa
Email : dianpjuarsa@gmail.com
Phone : 0813 222 030 93