Senin, 05 Agustus 2019

Pap Smear Murah di Yayasan Kanker Indonesia Lebak Bulus Jakarta


Ada banyak wanita yang sangat menjaga kondisi tubuhnya agar tetap sehat. Namun ada pula yang enggan memperhatikan kesehatannya lalu tidak ingin memeriksakan kondisi tubuhnya sedini mungkin dengan alasan takut menerima kenyataan.

Sebenarnya hal diatas juga tidak bisa disalahkan karena terkadang saat mengetahui kenyataan yang tidak sesuai dengan ekspektasi kita membuat kondisi jadi semakin drop. Akan tetapi, jika tidak dicegah sedini mungkin. Maka hasilnya akan menjadi lebih parah.

Bagi wanita memang ada banyak kesehatan yang harus dijaga apalagi yang berhubungan dengan bagian intim kewanitaan. Tidak bisa sembarangan dan memang harus dijaga kebersihannya. Belum lagi sekarang ini ada banyak produk kebersihan wanita yang diperjual belikan diluar sana.

Kalian juga harus memahami caranya, boleh saja menggunakan pembersih kewanitaan yang bebas dijual di pasaran. Akan tetapi, pembersih kewanitaan tersebut juga ternyata kurang baik jika pemakaiannya dilakukan setiap hari.

Mengapa?

Karena pembersih kewanitaan tersebut akan membunuh semua bakteri atau kuman yang ada ditubuh kita. Sedangkan ada pula bakteri baik yang dapat membantu kondisi tubuh kita.

Bakteri yang baik disebut dengan probiotik, sedangkan bakteri jahat disebut dengan prebiotik.

Bakteri baik merupakan mikroorganisme yang memberikan efek positif bagi kesehatan dengan cara mengatur keseimbangan tubuh. Disebut bakteri baik karena probiotik mampu mencegah invasi bakteri jahat yang menghasilkan antibiotika yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri jahat.

Jadi jika kamu menggunakan pembersih kewanitaan cukup seminggu dua kali saja. Itu saran dokter kepada saya saat saya melakukan pemeriksaan di Yayasan Kanker Indonesia.

Yayasan Kanker Indonesia

Pusat Diagnostik Dini YKI

YAYASAN KANKER INDONESIA

Yayasan Kanker Indonesia diresmikan oleh Ibu Tien Soeharto pada 1990 yang memiliki tujuan untuk mengupayakan penanggulangan kanker dengan menyelenggarakan kegiatan di bidang promotif, preventif dan suportif yang terletak di Lebak Bulus Tengah. No. 9. Jakarta Selatan.

Tujuan saya ke Yayasan Kanker Indonesia adalah untuk memenuhi persyaratan saat akan melakukan Vaksin HPV (Human Papilloma Virus). Sebelum melakukan vaksin tersebut harus ada pengecheck-an terlebih dahulu agar ketawan sedari awal apakah ada penyakit yang membahayakan atau tidak.

Kamis, 13 Juni 2019 kedatangan saya menuju YKI tepat pada pukul 11.00 AM. Memang letaknya sangat jauh dari rumah saya. Akan tetapi, untuk biayanya jauh lebih murah ketimbang di rumah sakit.

Yayasan Kanker Indonesia buka pada hari Senin - Jumat pukul 08.30 AM - 14.00 PM. Sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu tutup.

Peresmian YKI

Gedung tua Yayasan Kanker Indonesia

Sesampainya di Yayasan Kanker Indonesia sempat agak ragu karena suasananya seperti gedung yang terabaikan. Gedung tua yang tak ada satu orangpun terlihat batang hidungnya. Saya pikir gedung tersebut sudah tidak digunakan karena gedung sebelahnya begitu terlihat modern.

Saat akan berjalan dan menuju gedung yang terlihat lebih modern. Ternyata di gedung tua tersebut ada beberapa orang yang sedang menunggu di kursi tunggu. Barulah saya memberanikan diri untuk masuk kedalamnya.

Tepat di sebelah kiri dari pintu akan ada ruangan untuk pendaftaran. Saat akan mendaftarkan diri. Akan ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab sebelum pemeriksaan Pap Smear berlangsung, yaitu :
  • Sudah pernah mendaftar sebelumnya?
  • Tujuannya mau memeriksa apa?
  • Untuk Pap Smear, sudah menikah apa belum? (Bagi yang belum menikah diwajibkan Kontrol Dokter dan Bagi yang sudah menikah bisa langsung cek Pap Smear tanpa periksa dokter)

Oiyah di Yayasan Kanker Indonesia tak hanya untuk Pap Smear aja yah. Bahkan untuk kamu yang ingin suntik HPV pun bisa dilakukan disana. Tapi sayangnya, bagi pengguna asuransi tidak dilayani. Jadi jika kamu dapat fasilitas dari asuransi untuk suntik HPV gratis, tetap saja di YKI akan diminta biaya cash, tinggal reimburse aja deh sama pihak asuransinya.

Setelah semua jawaban sudah terjawab maka kalian akan diberikan 3 formulir untuk pengisian data diri dan kondisi terakhir tubuh kalian. 

Apakah pernah melakukan pemeriksaan Pap Smear sebelumnya atau belum pernah sama sekali. Pap Smear dilakukan setahun sekali bagi yang sudah pernah berhubungan seksual untuk deteksi dini.

Saat pengisian data sudah di recheck, barulah menunggu panggilan dokter untuk pemeriksaan selanjutnya.

Di ruangan dokter saya jelaskan semua keluhan yang saya rasakan. Keluhan saya yaitu masalah keputihan yang seringkali timbul. Akan tetapi, keputihan yang saya rasakan tidak membuat gatal, tidak berbau dan juga tidak ada rasa terbakar. Normal saja seperti tidak ada apa-apa.

Sayangnya yang membuat saya tidak nyaman yaitu saat harus menggunakan panty liner. Padahal kurang baik juga loh kalau tiap hari pakai panty liner. Akhirnya beralih lah untuk rajin ganti celana dalam.

Dari penjelasan dokter yang sudah diterangkan, ada beberapa point yang saya dapatkan dari dokter.

Bahwa keputihan juga bisa berasal dari faktor hormonal yang tidak seimbang. Oke sekarang kita bahas untuk masalah keputihan terlebih dahulu.

Keputihan itu kondisi ketika cairan atau lendir keluar dari vagina yang merupakan cara alami tubuh untuk menjaga kebersihan dan kelembaban organ kewanitaan. Akan tetapi, kondisi keputihan tiap orang berbeda.

Pendaftaran di Yayasan Kanker Indonesia
Pintu masuk kontrol dokter

Ada banyak gejala keputihan yang wajib kamu ketahui, seperti :
  • Keputihan normal mengeluarkan cairan tidak berwarna atau berwarna putih, tidak berbau, meninggalkan bercak kekuningan di celana dalam dan tekstur keputihan dapat berubah tergantung siklus menstruasi
  • Keputihan tidak normal mengeluarkan cairan berbeda warna, mengeluarkan bau yang menyengat, cairan keputihan keluar lebih banyak dan keluar darah setelah berhubungan seks atau diluar jadwal haid
  • Keputihan abnormal akan merasakan gatal yang luar biasa pada area vagina, nyeri panggul ketika buang air kecil dan vagina terasa terbakar.

Kalau kamu sudah tahu, apakah cairan keputihanmu memiliki gejala yang mana. Jangan lupa sampaikan semua keluhanmu kepada dokter saat diperiksa. Pengalaman saya pribadi berada pada bagian keputihan normal. 

Ruang Tunggu bagian tengah Gedung yayasan kanker Indonesia

Ada banyak kursi di ruang tunggu

PENYEBAB KEPUTIHAN

Ada beberapa faktor yang menyebabkan keputihan atau infeksi pada bagian vagina yaitu :
  • Terlalu sering membersihkan area kewanitaan dengan semprotan air yang berada dibagian belakang. Ternyata membersihkan yang baik adalah dari air yang mengalir dari atas dan cara membersihkannya pun dari atas ke bawah. Ada aturannya untuk membersihkan area kewanitaan.
  • Sering menggunakan sabun atau lotion yang mengandung pewangi atau membersihkan area kewanitaan dengan sabun kewanitaan. Ada baiknya bersihkan dengan sabun seminggu dua kali saja cukup.
  • Melakukan seksual tanpa kondom dan sering berganti pasangan.  
  • Menderita penyakit diabetes
  • Konsumsi Pil KB
  • Terdapat iritasi pada bagian dalam atau area kewanitaan
  • Menurunnya sistem kekebalan tubuh

Ada beberapa cara untuk mencegah keputihan yaitu istirahat yang teratur, minum air putih 2L sehari, konsumsi yoghurt, jangan menggaruk area kewanitaan saat gatal, pada saat haid gunakan pembalut sekitar 3 - 5 jam dan gunakan pencuci celana dalam dengan sabun ringan tanpa pewangi.

Sekarang sudah tau kan apa saja penyebab keputihan dan bagaimana pencegahannya. Ternyata tak hanya itu saja, faktor gaya hidup pun bisa menjadi salah satu faktor keputihan loh. Jadi jaga pula pola makanmu yang teratur yah.

Biaya Pap Smear

BIAYA PAP SMEAR


Saat konsultasi dengan dokter sudah selesai. Saya pun diarahkan kebagian pembayaran untuk membayar seluruh administrasi sebelum melakukan cek lab Pap Smear. Pembayaran keseluruhan untuk konsultasi dokter dan Pap Smear sebesar Rp. 190.000.

Setelah melakukan pembayaran, saya pun masih harus menunggu di depan lab Pap Smear. Ada beberapa hal yang membuat saya tidak nyaman saat akan check Pap Smear. 

Memang benar adanya untuk pertanyaan seperti sudah menikah atau belum? dan pertanyaan terakhir yaitu Kapan terakhir berhubungan seksual?. Itu memang pertanyaan yang harus ditanyakan kepada pasien.

Akan tetapi, sangat disayangkan mengapa harus ada pertanyaan berhubungan seksualnya dengan siapa? itu semacam pertanyaan aneh. Pap Smear yang saya lakukan pun bukan pertama loh tapi sudah kedua kalinya.

Pertama kalinya saya Pap Smear di Klinik AIC di Kuningan City. Tidak ada tuh pertanyaan dengan siapa saya berhubungan seksualnya. Tapi sangat disayangkan sekali, ada salah satu staff yang mempertanyakan hal itu di Yayasan Kanker Indonesia.

Setelah itu, saat harus membuka celana tidak ada kain penutup seperti di Klinik AIC. Jadi kita langsung buka celana didepan salah satu staffnya. Walaupun sesama wanita tapi tetap saja terasa tidak nyaman dan agak risih.

Memang untuk segi biaya pun berbeda tapi ada baiknya dari Yayasan Kanker Indonesia pun juga seharusnya menyediakan kain penutup berwarna putih. Jujur, saya pun merasa risih kalau harus buka celana di depan salah satu staff ahlinya (-___-").

Taman antara gedung tua dan gedung modern


PERSYARATAN PAP SMEAR

Bagi yang mau melakukan Pap Smear ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi yaitu :
  • Tidak melakukan hubungan seksual selama dua hari sebelum pemeriksaan
  • Tidak menggunakan kebersihan wanita
  • Tidak sedang haid
  • Tidak mengunakan tampon
  • Tidak menggunakan alat kontrasepsi seperti obat-obata vagina selama dua hari sebelum pemeriksaan
  • Kosongkan kandung kemih 

Untuk pemeriksaan Pap Smear tidak memerlukan waktu yang terlalu lama. Tak sampai semenit untuk menyelesaikan pemeriksaan Pap Smear. Buat kamu yang baru pertama kali melakukan Pap Smear, pasti akan merasa sangat tidak nyaman dan pastinya tegang karena akan ada alat berupa cocor bebek yang masuk ke area kewanitaan.

Prosedur pemeriksaan yang akan dilakukan didalam lab yaitu :
  • Pasien akan disuruh berbaring terlentang diatas kursi pemeriksaan dengan lutut ditekuk keatas dan kaki diletakkan diatas sandaran sanggudi.
  • Setelah itu, salah satu staffnya akan memasukkan alat logam yang disebut spekulum untuk membuka jalan vagina hingga dinding vagina dan leher rahim terlihat jelas. 
  • Lalu area kewanitaan akan dimasukkan dengan scraper kayu atau sikat kecil khusus untuk serviks. Kegunaannya untuk mengambil sampel lendir dan sel yang akan diambil dari serviks dan endocerviks (Pembukaan Serviks)
  • Selanjutnya, sampel yang berhasil diambil dioleskan secara merata pada kaca slide dan disemprot dengan fiksatif.

Memang tidak ada rasa sakit hanya saja rasanya tidak nyaman saat ada alat logam yang masuk ke area kewanitaan. Apalagi perasaan tegang pun dapat memperlambat pemeriksaan karena pemeriksaan Pap Smear harus dilakukan secara rileks.

Jadi kesimpulannya, Harga Pap Smear di Yayasan Kanker Indonesia relatif sangat murah. Akan tetapi, kenyamanan masih kurang dari pelayanan salah satu staffnya (ini tidak semua staffnya yah, cuma kebetulan saja dapat staffnya yang terlalu kepo) dalam memberikan pertanyaan dan tidak adanya kain penutup saat akan membuka celana didepan dokter/staff.

Dari hasil pencarian saya ke berbagai rumah sakit untuk biayanya mematok harga diatas Rp. 500.000 belum ditambah lagi dengan biaya konsultasi dokternya yah. Untuk di rumah sakit pun, biasanya biaya konsultasinya terbilang tak murah. Beberapa rumah sakit pun biaya konsultasi dokter ada yang mematok harga hingga Rp. 550.000.

Nah kebayangkan kalau kamu melakukan pemeriksaan Pap Smear di rumah sakit akan memakan biaya berapa. Jadi kalian bisa langsung datang saja ke Yayasan Kanker Indonesia.

Hasil Tes Lab Pap Smear

HASIL PAP SMEAR

Jumat, 28 Jun 2019 Ternyata hasil lab Pap Smear bisa diambil setelah 8 hari kemudian. Dari hasil Pap Smear tedapat Sel Epitel Skuamosa Normal, Sel-sel Metaplastik dan Leukosit. Kesimpulannya pun tidak ditemukan sel-sel abnormal dan saya disarankan untuk Pap Smear lagi di tahun yang akan datang.

HOW TO GET THERE

Saran saya saat kesana menggunakan kendaraan umum, ada baiknya naik MRT Jakarta karena letaknya sangat dekat dengan Yayasan Kanker Indonesia. Kalian bisa turun di Stasiun MRT Fatmawati lalu jalan kaki melewati showroom mobil Peugeot, showroom Toyota dan Gedung Mega Kreasi lalu belok kiri. Letaknya di sisi kiri setelah melewati warung pinggir jalan.


Cheers,

21 June 2019


DISCLAIMER :
Tulisan ini murni dari pengalaman saya pribadi. Seluruh biaya yang dikeluarkan pun dari uang sendiri. Tidak ada paid promotecollaboration ataupun Sponsorship.

2 komentar:

  1. di sana bisa sekalian dicheck kanker serviks jg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya gimana yah?
      kalau Pap Smear itu memang pengecheck-an dini untuk kanker serviks. Jadi kaka bisa tau, Apakah kita terkena kanker serviks atau tidaknya. Gitu kaka

      Hapus

Yuk ah komen daripada cuma sebarin Spam

Copyright 2012 Dian Juarsa. Diberdayakan oleh Blogger.