Rabu, 04 Juli 2018

Curug Goa Lumut Indah - Tracknya sangat bersahabat bagi anak dan orang tua


Taman Nasional Gunung Halimun Salak seperti kompleknya curug dengan beragam ketinggian air terjun dan juga kejernihan mata air yang terdapat di tiap curug. Memang setiap curug memiliki keunikannya tersendiri, semua tergantung dari penilaian kalian masing- masing.

Sejak lama saya memang sudah jatuh cinta dengan curug. Kenapa? karena kejernihan mata air yang begitu segar dengan keindahannya yang beragam membuat saya ingin terus kembali ke Bogor hanya untuk menikmati keindahan alam yang disertai bermain air tanpa takut rambut rusak ataupun kulit gosong seperti di pantai. Hihiii....

Memang rasa dingin yang merasuk kedalam tulang membuat tubuh begitu menggigil dan terkadang membuat kaki dan tangan keram seketika. Ada baiknya saat kamu renang memang harus membawa ban pelampung atau jangan terlalu jauh.

PENGALAMAN HAMPIR TENGGELAM DI CURUG

Dulu saya pernah hampir tenggelam di Curug Leuwi Lieut. Saat itu beruntungnya memang pengunjung sedang ramai. 

Saya sedang renang santai di curug tetiba kedua kaki saya keram yang membuat saya tidak dapat menggerakan kedua kaki saya saat renang. Beruntung saya masih bisa teriak minta tolong ke teman-teman saya yang juga sedang bermain air. Walhasil saya masih bisa selamat dari kejadian itu.

Jadi sebelum renang cantik di curug, ada baiknya pemanasan terlebih dahulu agar tidak merasakan kejadian yang pernah saya alami sebelumnya. Kondisi fisik tiap orang berbeda-beda. Maka dari itu, ketahuilah kondisi fisik diri sendiri agar tidak terjadi suatu hal yang tak diinginkan.

LOKASI CURUG GOA LUMUT INDAH

Setelah kunjungan singkat dari Curug Cikuluwung 2 kami melanjutkan perjalanan menuju Curug Goa Lumut Indah dengan jarak lokasi sekitar 11 KM. Selama di perjalanan kami menggunakan Waze agar tidak kesasar untuk menuju Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Curug Goa Lumut Indah terletak di Jl. Raya Pasir Reungit, Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Bogor.

Selama di perjalanan ada banyak sekali nama-nama curug yang kami lewati gitu saja. Karena memang di kecamatan pamijahan pun jug masih banyak curug tersembunyi yang bisa kamu kunjungi. Saya pun tergoda ingin mendatangi satu persatu curug yang ada di Bogor.

TIKET MASUK CURUG GOA LUMUT INDAH

Tepat di belokan setelah melewati Curug Pangeran, kami telah menemukan spot Curug Goa Lumut Indah. Namun sayangnya di curug ini untuk parkir mobil hanya bisa di pinggir jalan dan memang tidak ada tukang parkir yang berjaga alias parkir gratis.

Untuk parkir motor pun juga bisa dititipkan di depan warung tapi khusus motor bisa bayar langsung ke pemilik warung yang berada tepat di dekat pintu masuk Curug Goa Lumut Indah.

Satu kawasan pintu masuk Curug Goa Lumut Indah juga terdapat curug lain yang bisa kamu kunjungi yaitu Curug Pasir Reungit. Kalian bisa berkunjung kedua spot curug sekaligus dengan biaya tiket masuk hanya Rp. 10.000/orang di tiap spot curug yang berbeda.

Kalau kamu mau mengunjungi kedua Curug tersebut, brati biaya tiket masuknya menjadi Rp. 20.000/orang. Akan tetapi, untuk pembelian tiket berbeda loket pembelian.

Memang wisata curug di Bogor ini sangat bersahabat dengan saku kamu kalau sudah menipis tapi masih mau jalan-jalan dan menikmati keindahan alam.


TRACK CURUG GOA LUMUT INDAH

Memasuki pintu yang telah bertuliskan Curug Goa Lumut Indah dan Curug Pasir Reungit, kami masih harus berjalan kaki sekitar 200 meter dengan track menuruni beberapa puluh anak tangga yang telah tersusun sangat rapi dan aman pula bagi anak kecil atau pun orang tua.

Saat turun pun telah ada papan pemberitahuan lokasi Curug Goa Lumut Indah masih harus trekking selama 10 menit saja. Waktu yang sangat sebentar untuk bisa bermain ke curug. Biasanya ada juga beberapa curug yang harus kamu kunjungi dengan waktu tempuh mencapai sejam.seperti Curug Seribu.


Pepohonan rindang di bagian kanan kiri dengan tangga yang telah dibaluti bebatuan alam dengan sekat yang tidak terlalu tinggi masih dapat dilalui dengan santai, kami pun masih harus turun melewati beberapa anak tangga.

Curug Goa Lumut Indah memiliki fasilitas musholla dan 3 toilet untuk bilas atau pun buang air dengan biaya Rp. 2.000 saja. Jadi kamu tak perlu kesusahan cari tempat untuk bilas.

CURUG GOA LUMUT INDAH

Keberadaan Curug Goa Lumut Indah yang sangat mudah dijangkau membuat curug ini pun ramai oleh pengunjung. Tepat pada pukul 14.40 PM kami sudah melihat banyak sekali pengunjung yang sudah bermain air disana. Yah walaupun tak sebanyak pengunjung di Curug Cikuluwung 2 yah.

Saya pun sudah mulai mencari tempat untuk menyimpan tas. Ingat berhati-hatilah saat menyimpan tas saat kondisi pengunjung sedang ramai. Karena kita tidak pernah tau keamanannya terjaga atau tidak. Walaupun disana ada juga penjaga curugnya. Tapi yang saya tau, penjaga itu lebih fokus memperhatikan pengunjung yang sedang asik bermain air.


Curug Goa Lumut Indah terbilang curug yang berbentuk kecil dengan air yang begitu jernih. Tapi jangan salah, kedalaman curug ini bisa mencapai hingga 5 meter. Walaupun kalian bisa berenang tetap saja harus berhati-hati. Kenapa? Karena kalian tidak pernah tau kondisi fisik tubuh kalian saat berenang di air yang sangat dingin.

Terkadang tubuh kita pun bisa kaget dengan kondisi air yang sangat dingin dan bisa membuat kaki ataupun tanganmu keram seketika.

Di bagian tengah curug terdapat seutas tali yang menandakan bahwa kedalaman air curug sudah berbeda. Itu tandanya pengunjung dilarang melewati tali pembatas untuk keamanan. Tapi tetap saja masih ada pengunjung yang bandel loncat disana. Saran saya, ada baiknya jangan melakukan hal yang sudah diberitahukan oleh pihak pengelola yah.

Karena jika kamu melakukan hal itu dan terjadi sesuatu dengan keselamatanmu. Maka kalian akan tanggung sendiri. Karena sudah ada pemberitahuan bahwa pengunjung dilarang melewati tali pembatas yang telah dipasang oleh pihak pengelola wisata.


Curug Goa Lumut Indah memiliki pesonanya yang begitu unik. Semua batu terbalut oleh lumut hijau. Beberapa bagian batu yang dipijak pun terasa begitu licin. Sehingga saat ingin melewati beberapa batu yang berlumut harus sangat berhati-hati agar tidak terjatuh.

Akan tetapi, saat saya memijakkan kaki pada aliran air sungai yang begitu deras. Batunya tidak ada lumut sedikitpun. Batu terasa begitu kesat sehingga saya pun bisa berdiri tepat di tengah derasnya air mengalir. 


Ingin rasanya turun kebawah tapi kok saya selalu merasa ketakutan. Padahal dibagian bawahnya seperti berada di tengah hutan yang begitu rindang. Malahan sempat terlintas di pikiran saya kalau saya berada di Jurassic Park. Hahahhaa...

Puas sekali bisa bermain air di Curug Goa Lumut Indah. Tapi sayangnya, waktu semakin sore. Tak terasa sudah 2 jam saya bermain air. Tubuh pun menggigil karena kedinginan, walalupun sudah cemal cemil ini itu tetap saja masih terasa dingin. Walhasil kami pun tidak melanjutkan bermain air di Curug Goa Lumut Indah.

Sekian perjalanan kami dari Curug Cikuluwung menuju Curug Goa Lumut Indah. Perjalanan yang begitu mengesankan dengan kejadian yang tak terduga sebelumnya. Pengalaman pertama juga harus rela antri demi mendapatkan pesona keindahan alam air terjun di Bogor.

Buat kamu yang ingin merencanakan liburan namun keadaan uang sedang menipis. Kunjungi saja Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Maka kamu akan menemukan kebahagiaan disini bersama keluarga, kerabat atau pun orang tercinta sekalipun.

BUDGET CURUG GOA LUMUT INDAH

  • Parkir Mobil Taman Nasional Gunung Halimun Salak Rp. 15.000
  • Tiket Masuk Taman Nasional Gunung Halimun Salak Rp. 12.500
  • Parkir Curug Goa Lumut Indah GRATIS
  • Tiket Masuk Curug Goa Lumut Indah Rp. 10.000



Cheers,

Dian Juarsa
4 July 2018


6 komentar:

  1. Syegeeer banget airnya. Nah iya nih yang tracknya pendek cocok buat ajak keponakan. Kalau trackingnya lama, kasihan punggung gue encok gendong bocah T.T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buahahahaha makanya cari yang gampang aja yes. Nah curug ini cocok banget buat keluarga. Gak akan ada drama encok dah

      Hapus
  2. Utk wisata alam, aku lbh memilih curug ato air terjun Daripada pantai. Krn pantai panas, dan aku ga kuat panas :p. Kalo curug kan selalunya ada di tempat2 yg tinggi, jd udaranya juga sejuk. Ga masalah medan kesana berat, yg ptg pemandangannya cakeep :D. Kapan2 aku mau jelajah curug yg daerah bogor ini deh. Apalagi kalo medannya cm 10 menitan, anak2 bisa ikut. So far medan terberat yg pernah aku alamin ke air terjun pas main ke air terjun dua warna di sibolangit. Itu butuh 2.5 jam dengan medan terjal. Tp samasekali ga rugi saat sampai.

    Yg kedua curug malela di bandung. Ga terlalu berat tp ttp butuh 1 jam jalan kaki :p. Cuma berasa terbayar semua capeknya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh aku pernah mau ke curug malela tapi karena jauuuuhhhh banget dan gak sampe2, udah gitu semakin gelap karena udah malam. Walhasil aku gatot kesananya. huhuhuuu

      Hapus
  3. wahh curugnya jernih banget yaa. asik buat berendam ini mah

    BalasHapus

Yuk ah komen sambil rumpi lebih baik, daripada cuma sebarin Spam

FANPAGE FACEBOOK

Twitty

Contact Us


Haloha...Jika kalian menemukan kendala atau masalah dengan Blog Untold Story. Kalian bisa menghubungi kami dengan mengisi Contact Form dibawah ini. Apabila ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau ingin bekerja sama dengan kami. Dengan segera mungkin kami akan cepat tanggap dan menyediakan waktu untuk anda. Kami juga menerima kritik dan saran yang membangun agar Blog Untold Story dapat berkembang lebih baik lagi. Terima Kasih 


Name :

Email: *

Message: *



Hubungi Kami :
Nama : Dian Juarsa
Email : dianpjuarsa@gmail.com
Phone : 0813 222 030 93